in

12 Kandungan dan Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah pala – Apakah kamu pernah mendengar tentang buah pala sebelumnya? Biji buah pala ini biasanya digunakan sebagai rempah-rempah atau bumbu guna menambah cita rasa pada masakan. Namun sayang, masih sedikit orang yang mengetahui tentang manfaat buah pala itu sendiri.

Sebagian besar hanya mengetahui bahwa buah pala hanya dapat digunakan sebagai penyedap atau bumbu masakan saja. Padahal sebenarnya, manfaat buah pala untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak.

Buah pala termasuk ke dalam golongan rempah-rempah khas Indonesia. Biasanya, rempah-rempah ini akan dicari untuk menambah aroma dan kelezatan pada masakan, seperti pada kari atau semur. Jadi, tak heran jika buah pala cukup populer di Indonesia.

Meski cukup populer dan sering digunakan untuk pelengkap makanan, tetapi kebanyakan orang hanya memanfaatkan bagian biji pada buah pala saja. Sedangkan bagian daging buahnya diabaikan begitu saja. Padahal, daging buah pala mengandung serangkaian senyawa kuat yang mampu membantu meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit pada tubuh manusia secara keseluruhan.

Adapun senyawa yang terkandung dalam buah pala adalah karbohidrat, protein, minyak atsiri, kalsium, sodium, mangan, magnesium, fosfor, zink, tembaga, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin E, sampai asam oleanolat yang penting bagi tubuh. Senyawa ini juga yang membuat buah pala banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional guna mengatasi masalah kesehatan, seperti masuk angin, diare, mual, hingga gagal ginjal.

Selain mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang ada di dalam tubuh, rempah yang satu ini juga memiliki sifat seperti antiradang, antijamur, dan anti bakteri. Oleh sebab itu, pala juga mampu untuk mengatasi berbagai permasalahan peradangan di luar kulit. Tak hanya itu, bahkan pala juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh hingga ampuh mengatasi flu.

Dengan manfaat yang melimpah, buah pala justru termasuk ke dalam buah yang langka. Hal ini disebabkan karena tanaman atau tumbuhan buah pala tidak bisa tumbuh di seluruh wilayah Indonesia.

Mungkin rempah-rempah biji buah pala dapat ditemui dengan mudah. Tetapi sebenarnya, buah pala lah yang cukup langka keberadaannya. Hanya beberapa wilayah tertentu saja kita dapat menemui buah pala dan dikenal sebagai daerah penghasil buah pala.

Lantas, sebenarnya apa saja kandungan dan manfaat buah pala untuk kesehatan tubuh? Penasaran? Simak informasi selengkapnya pada rangkuman penjelasan di bawah ini. Check this out!

Kandungan yang Dimiliki Buah Pala

Sumber: pixabay

Setelah banyak orang mengetahui tentang manfaat buah pala untuk kesehatan, maka semakin banyak juga jenis olahan buah pala yang dibuat dengan tujuan sebagai suplemen kesehatan, seperti minuman kesehatan dan produk lainnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jadi, tidak heran jika saat ini, berbagai macam hasil olahan buah pala tersebut sangat mudah untuk ditemukan dan didapatkan. Terlebih, pada online shop atau e-commerce. Adapun beberapa kandungan yang terdapat dalam buah pala tersebut adalah sebagai berikut:

  • Energi sebanyak 42 kkal.
  • Protein sebanyak 0,3 gram.
  • Lemak sebanyak 0,2 gram.
  • Karbohidrat sebanyak 10,9 gram.
  • Minyak atsiri, zat pagi, zat samak, saponin, myristicin, scopoletin, enzim lipase, elemis, pektin limonene, asam oleanolat, dan zat besi sebanyak 2 miligram.
  • Kalsium sebanyak 32 milligram.
  • Vitamin A sebanyak 29 IU.
  • Vitamin B1 sebanyak 1 milligram, dan
  • Vitamin C sebanyak 22 milligram.

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan Tubuh

pixabay

Karena kandungan yang terdapat pada buah pala sangat banyak, maka semakin banyak juga berbagai manfaat buah pala yang dapat dirasakan untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah pala, simak penjelasan di bawah ini.

1. Mengandung Senyawa Antioksidan

Menurut penelitian para ahli, buah pala mengandung suatu senyawa yang bernama antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh. Buah pala sendiri menyimpan banyak kandungan antioksidan, termasuk phenylpropanoid, sianidin, asam protokatekuat, terpen, dan lain sebagainya. Kandungan antioksidan inilah yang kemudian memberikan manfaat untuk melakukan pencegahan terhadap kerusakan yang terjadi pada sel tubuh.

2. Memberikan Efek Anti Peradangan

Karena melimpahnya kandungan monoterpenes yang terdapat pada buah pala, maka tak heran jika pala memiliki manfaat berupa efek anti peradangan. Jenis kandungan monoterpenes pada buah ini meliputi terpineol, pinene, dan sabinene.

Sebuah penelitian buah pala yang dilakukan pada tikus menunjukkan hasil yang cukup signifikan pada pengurangan peradangan di dalam tubuh. Pengurangan peradangan tersebut, meliputi pengurangan nyeri akibat peradangan dan pengurangan pembengkakan sendi setelah diberikan obat berupa ekstrak buah pala. Meski demikian, penelitian tersebut masih harus dikembangkan lagi karena baru sebatas penelitian pada hewan saja, bukan penelitian pada manusia.

3. Memiliki Sifat Anti Bakteri

Manfaat pada buah pala yang selanjutnya erat kaitannya dengan sifat antibakteri yang dimilikinya. Buah ini telah terbukti memiliki efek berupa antibakteri pada strain bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Contohnya adalah, bakteri Aggregatibacter actinomycetemcomitans dan bakteri Streptococcus mutans. Kedua bakteri inilah yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang. Bahkan, penelitian lain menemukan jika ekstrak pala ini memberikan efek antibakteri yang kuat kepada bakteri jenis lain, termasuk bakteri porphyromonas gingivalis.

4. Sebagai Detoks Racun

Manfaat buah pala yang selanjutnya adalah sebagai detoks racun pada tubuh. Detoks sendiri adalah suatu proses pengeluaran racun atau toksin yang terdapat dalam tubuh seseorang.

Detoks ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tonik atau zat yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Racun yang terdapat di dalam itu dapat berupa obat-obatan, alkohol, makanan, hingga polusi.

Racun-racun tersebut biasanya tersimpan dan mengendap di berbagai organ tubuh manusia, seperti hati, ginjal, dan usus. Kemudian, senyawa kimia yang terdapat dalam buah pala pun akan membersihkan racun pada organ-organ tersebut dan dibuang keluar tubuh melalui keringat, urin, atau feses.

Tak hanya itu, senyawa aktif yang terdapat dalam buah pala juga bisa membantu untuk meningkatkan fungsi ginjal dan hati hingga melarutkan batu ginjal. Oleh sebab itulah buah pala disebut sebagai buah yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh seluruhnya.

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Buah pala memiliki kandungan vitamin C yang tinggi di dalam daging buahnya. Vitamin C inilah yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan dalam tubuh seseorang.

Selain itu, vitamin C dalam buah pala ini juga mampu meredakan dan menghilangkan influenza. Hal ini dapat terjadi karena buah pala memiliki kandungan asam oleanolat yang memiliki sifat sebagai antivirus dan tidak beracun. Asam oleanolat sendiri adalah suatu senyawa yang biasanya ada di dalam makanan atau minuman yang mampu meredakan penyakit influenza.

6. Menjaga Tekanan Darah

Apabila kamu memiliki masalah pada tekanan darah, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka kamu bisa mengkonsumsi buah pala untuk membantu mengontrolnya. Pasalnya, para ahli mengungkapkan jika buah pala mampu menjaga tekanan darah berkat kandungan antioksidan dan mineral yang cukup tinggi.

Kandungan mineral yang terdapat dalam buah pala ini terbukti efektif untuk menjaga fungsi organ dan mengatur tekanan darah. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi juga mampu membantu meregangkan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi tekanan darah pada diri seseorang. Bahkan, tak hanya itu, dengan meregangnya pembuluh darah ini maka tekanan darah pada sistem kardiovaskular untuk orang yang menderita kardiovaskular pun dapat diturunkan.

7. Dapat Melancarkan Peredaran Darah dalam Tubuh

Karena buah pala mengandung kalium yang dapat meregangkan pembuluh darah, maka manfaat buah pala pun bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Sebab, jika pembuluh darah meregang, maka aliran darah dalam tubuh pun akan lancar.

Fungsi utama dari kandungan kalium dalam buah pala ini adalah memang untuk meregangkan seluruh pembuluh darah tubuh. Bukan hanya dapat melancarkan peredarah darah, pembuluh darah yang renggang juga bisa dengan mudah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga, metabolisme tubuh pun dapat berjalan dengan normal.

Di sisi lain, kalium juga mampu membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dari berbagai makanan yang sedang dicerna tubuh. Sehingga, tubuh pun akan semakin sehat karena nutrisi yang diserap dengan mudah dan benar oleh tubuh.

8. Mengatasi Insomnia

Seperti yang kita ketahui, buah pala memiliki banyak kandungan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium ini adalah suatu senyawa mineral yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Senyawa ini dapat mengurangi ketegangan pada sel saraf dan merangsang pelepasan hormon serotonin, yakni hormon yang mampu menciptakan rasa rileks.

Setelah hormon serotonin ini dilepaskan oleh tubuh, maka hormon ini pun dapat berubah menjadi melatonin di dalam otak. Hal inilah yang kemudian dapat menjadi pendorong seseorang untuk tidur. Jadi, tak heran jika buah pala ini mampu menghilangkan insomnia, gangguan tidur, atau kegelisahan saat malam hari.

Insomnia tentu bukan hanya tentang penyakit sulit tidur saja. Namun, insomnia juga berkaitan dengan kualitas tidur seseorang. Tidur yang kurang berkualitas tentu akan mempengaruhi kualitas dari kehidupan seseorang. Sebab, berbagai macam penyakit dapat timbul dari akibat tidak berkualitasnya tidur seseorang.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat buah pala yang satu ini adalah dengan mengkonsumsi air rebusan buah pala sebelum tidur.

9. Menyembuhkan Masuk Angin

Saat kamu merasa kurang sehat atau masuk angin, maka kamu bisa mengkonsumsi buah pala untuk meredakannya. Biasanya, masuk angin ini bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi berbagai minuman kesehatan yang menghangatkan tubuh. Maka dari itu, kamu bisa mengkonsumsi air rebusan buah pala untuk menyembuhkan masuk angin.

Sebab, sama seperti jahe, buah pala juga dapat menghangatkan badan melalui air rebusannya. Selain itu, pala juga mampu meredakan perut kembung karena masuk angin. Hal ini terjadi karena kandungan minyak atsiri dalam buah pala sama dengan yang terkandung dalam jahe.

Tak hanya itu, buah pala juga mempunyai sifat antiemetik yang sangat bermanfaat guna menghilangkan perasaan mual hingga muntah. Maka buah pala ini cocok dikonsumsi untuk kamu yang mudah mabuk saat berkendara atau melakukan perjalanan.

10. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat buah pala yang selanjutnya adalah dapat mengatasi nyeri sendi. Pala ini memiliki kandungan berupa senyawa safrol, eugenol, dan juga miristisin. Kombinasi ketiga kandungan inilah yang membuat buah pala memiliki sifat antiinflamasi. Sifat antiinflamasi inilah yang dapat mengatasi nyeri sendi dan juga nyeri otot.

Selain itu, buah pala juga memiliki kandungan senyawa yang mirip dengan senyawa mentol. Senyawa ini juga yang dapat membantu untuk menghilangkan rasa sakit secara alami. Oleh sebab itu, dengan menambahkan buah pala ini sebagai bumbu masakan, maka kita dapat mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan luka. Tak hanya tentang luka dan nyeri sendi, buah pala juga mampu mengatasi ketegangan dan peradangan yang kronis dari berbagai kondisi seperti arthritis.

11. Membantu Memelihara Kesehatan Kulit

Masih sedikit orang yang mengetahui tentang manfaat buah pala untuk menjaga dan memelihara kesehatan serta kecantikan kulit. Padahal, manfaat buah ini sangat banyak dan tidak dapat diabaikan begitu saja.

Buah pala dapat memelihara kesehatan dan kecantikan kulit karena kandungan antimikroba dan anti peradangan yang terdapat di dalamnya. Oleh sebab itu, tak heran jika buah pala ini memiliki kemampuan untuk mengatasi jerawat, komedo, hingga pori-pori tersumbat pada kulit wajah.

Buah pala dapat mengurangi peradangan dan iritasi yang terjadi pada kulit. Selain itu, pala juga dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menghilangkan bekas cacar, bisul, atau jerawat. Zat scopoletin yang terdapat di dalam buah ini pun mampu untuk menghentikan peradangan pada kulit, sehingga kulit tetap halus dan lembut.

Meski nama buah pala untuk perawatan kulit masih belum terlalu ramai diperbincangkan, namun berbagai jenis obat herbal dan tradisional ternyata sudah menggunakannya sedari lama. Adapun, cara yang perlu dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari buah pala ini adalah dengan mengoleskan campuran buah pala dengan air dan madu pada kulit.

Pertama-tama, cobalah untuk memarut buah pala hingga halus. Setelah itu, campurkan hasil parutan tersebut dengan air serta madu dan aduk hingga merata. Kemudian, balurkan hasil campuran tadi pada kulit dan tunggu sekitar 30 menit. Setelah itu, kamu bisa membilasnya dengan menggunakan air yang hangat.

12. Meredakan Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung kerap kali ditandai dengan rasa perih dan juga mual yang berasal dari dalam perut. Hal ini dapat terjadi karena naiknya kadar asam lambung dalam perut melebihi kadar yang seharusnya. Dan kamu bisa menggunakan air rebusan buah pala untuk meredakan penyakit lambung yang satu ini.

Hal tersebut dapat terjadi karena buah pala memiliki kandungan zat saponin di dalamnya yang mempunyai manfaat guna meredakan dan menurunkan kadar asam lambung di dalam tubuh. Adapun cara yang bisa lakukan untuk memperoleh khasiat dari buah yang satu ini adalah dengan menghaluskannya.

Langkah pertama, siapkan air hangat sebanyak 100ml. Kemudian, campurkan air tersebut dengan buah pala yang sudah dihaluskan sebanyak satu sendok teh. Setelah itu, campurkan lagi dengan menggunakan dua sendok teh buah pisang batu dan aduk sampai merata. Kemudian, minum air ramuan tersebut selagi hangat.

Kesimpulan

Tak banyak yang mengetahui tentang manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh. Padahal, buah yang satu ini memiliki banyak kandungan senyawa yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Adapun, beberapa kandungan senyawa yang terdapat di dalam buah pala, adalah karbohidrat, lemak, protein, kalsium, minyak atsiri, dan lain sebagainya. Tal hanya itu, buah pala juga memiliki sifat seperti antiradang, antijamur, dan juga anti bakteri.

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah pala, maka manfaat yang terkandung dalam buah ini pun banyak. Diantaranya, yaitu mengatasi insomnia, melancarkan peredaran darah, memelihara kesehatan kulit, hingga meningkatkan imun tubuh.

Nah, itu dia rangkuman informasi mengenai kandungan dan manfaat buah pala untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat untuk #SahabatTanpaBatas semua, ya!

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang manfaat manfaat buah lainnya, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Nama Penulis: Raden Putri



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah