in

Ketahui Nutrisi dan Manfaat Buah Matoa

Manfaat buah matoa – Buah matoa merupakan buah yang berasal dari Papua. Buah matoa banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Selain dimakan langsung, buah matoa juga dapat diolah menjadi makanan yang lezat.

Buah dalam nama latin phomatia pinnata famili merupakan jenis sapindaceae yang banyak tumbuh di daerah Papua. Buah matoa memiliki warna daging buah yang kekuningan, terdapat biji didalamnya, seperti biji durian yang sudah matang.

Aroma buah matoa juga disinyalir mirip seperti durian. Selain itu, buah matoa memiliki rasa yang khas, seperti perpaduan antara durian dengan lengkeng.

Secara tampilan, buah matoa memiliki bentuk mirip dengan buah lengkeng, sehingga banyak juga orang menyebutnya lengkeng Papua. Dikarenakan keunikan cita rasa dan bentuknya, maka buah matoa ditetapkan termasuk varietas unggulan, yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Belum banyak yang tahu bahwa buah eksotis ini ternyata makanan khas Papua. Buah matoa ini berbentuk oval dan memiliki citarasa yang sangat manis. Jadi, apa kamu tahu manfaat buah matoa ini? Mari kita simak penjelasan berikut.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Buah Matoa

Buah matoa juga diketahui memiliki banyak nutrisi. Kandungan nutrisi yang banyak dan cukup lengkap pada buat matoa ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan.

Dikutip dari data Komposisi Pangan Indonesia, dalam buah matoa memiliki beberapa nutrisi yang penting bagi tubuh. Beberapa nutrisi tersebut yaitu, 76,5 gr air, 1,2 gr protein, 90 kal energi, 21,1gr karbohidrat, 0,1 gr lemak, 1,1 gr abu, 0,5 gr serat, 40 mg fosfor, 20 mg kalsium, 10 mg natrium, 0,6 mg besi, 0,30 mg tembaga, 190,0 mg kalium, 2 mcg beta-karoten, 0,6 mg seng, 0,09 mg vitamin B2, 0,18 mg vitamin B1, 54 mg vitamin C, 0,5 mg niasin.

Manfaat Buah Matoa

wikipedia

Menurut penelitian, buah matoa banyak mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Lalu, apa manfaat buah matoa. Berikut beberapa manfaat buah matoa.

1. Manfaat Untuk Kesehatan

Dikutip dari beberapa sumber seperti HealthBenefit, penelitian lanjutan pada nilai gizi buah matoa perlu dipelajari lebih lanjut. Namun, yang sudah diketahui, matoa kaya akan vitamin E dan vitamin C, yaitu sumber antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut kami rangkum beberapa manfaat buah matoa baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Dikutip dari alodokter.com, hellosehat.com, dan sebagainya, berikut manfaat dari buah matoa untuk kesehatan.

a. Sumber Nutrisi Bagi Tubuh

Manfaat pertama buah matoa ialah sumber nutrisi bagi tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, buah matoa kaya akan vitamin E dan vitamin C. Yang mana fungsi kedua vitamin tersebut ialah, vitamin C dapat meningkatkan imun tubuh secara signifikan dan menyeluruh.

Kemudian, kombinasi antara vitamin C dan vitamin E juga dapat memberi efek antioksidan lebih kuat, yang dibutuhkan tubuh dalam melawan radikal bebas.

b. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti yang diketahui, kandungan dalam buah matoa cukup banyak dan baik untuk kesehatan, maka tak heran, manfaat buah ini pasti dapat dirasakan. Telah jadi rahasia umum, bahwa semua buah yang mengandung vitamin C, memiliki manfaat sebagai booster alami atau meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Jadi, mengonsumsi buah matoa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh, buah matoa juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit lho.

c. Mencegah Infeksi Virus

Manfaat berikutnya untuk kesehatan ialah dapat mencegah infeksi virus. Hal ini tidak perlu diragukan lagi. Infeksi virus yang berbahaya dapat berakibat fatal, tetapi kita bisa mencegahnya dengan mengonsumsi buah satu ini.

Sebab, untuk melawan infeksi virus, maka kita harus memastikan imunitas tubuh kita dalam keadaan prima. Salah satu caranya dengan mengonsumsi buah matoa yang mengandung banyak vitamin C dan antioksidan. Tentu ini menjadi suatu langkah perlindungan untuk mencegah infeksi virus.

d. Meredakan Stres

Buah matoa juga dapat di olah menjadi camilan yang sehat, jadi kamu bisa konsumsi buah matoa tiap hari karena banyak mengandung nutrisi, tentu dalam jumlah yang wajar.

Buah matoa kaya akan vitamin E, vitamin ini salah satu nutrisi yang dapat membantu meredakan stres. Pekerjaan dan aktivitas sehari-hari membuat kita dilanda stres. Jadi, jangan khawatir, salah satu manfaat buah matoa ternyata dapat meningkatkan nafsu makan dan tidak akan menimbulkan penambahan berat badan, malah dapat membantu menghilangkan stres secara efektif.

e. Menurunkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Kemudian, manfaat buah matoa lainnya untuk kesehatan ialah buah ini dipercaya dapat menurunkan darah tinggi alami. Ekstrak buah matoa ternyata mengandung senyawa aktif bersifat diuretik, senyawa ini dapat membantu meningkatkan cairan yang dikeluarkan tubuh. Jika tubuh banyak mengeluarkan cairan, itu tak lain berasal dari pembuluh darah, jadi tekanan darah akan lebih stabil.

Pada penemuan penelitian, menyebutkan bahwa ekstrak buah matoa dapat mengeluarkan kelebihan garam dan air melalui urine. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi atau darah tinggi.

f. Kadar Gula Darah Tetap Normal

Manfaat matoa selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar gula dalam darah, yang artinya gula darah dalam tubuh tetap terjaga dalam batas normal. Senyawa fenolik yang terkandung didalam buah matoa, mampu menstabilkan penyerapan gula dalam usus. Jadi, buah matoa ini sangat aman dikonsumsi untuk para penderita diabetes.

g. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti semua orang, kanker dapat terjadi saat radikal bebas berhasil masuk dan menyerang tubuh seseorang. Nah, seseorang harus memiliki senyawa antioksidan dalam tubuhnya untuk membantu melawan radikal bebas yang dapat menimbulkan sel kanker.

h. Menjaga Kesehatan Jantung

Kemudian manfaat buah matoa selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan berbagai vitamin seperti vitamin E sangat baik untuk kesehatan jantung, sebab menjaga sel jantung tetap sehat, meningkatkan arteri dan vena, serta mencegah terjadinya degenerasi sel.

Selain itu, kandungan vitamin C buah matoa dapat membantu memperlancar aliran darah. Efek Antioksidan polifenolnya dapat menurunkan darah tinggi, menurunkan kolesterol jahat, dan mengurangi peradangan. Dari berbagai manfaat yang ada, maka penyakit kardio seperti serangan jantung, gagal jantung, hingga stroke dapat dicegah.

Jantung adalah organ yang mempunyai fungsi sangat penting dalam tubuh manusia, maka jaga jantung kita supaya tetap sehat. Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu bisa membaca buku Agar Jantung Sehat

i. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selanjutnya, buah matoa ternyata sering digunakan dalam oengo tradisional, khususnya melancarkan sistem pencernaan. Sebab buah matoa memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang dapat diserap oleh usus, dan juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan jumlah bakteri baik yang melawan atau mencegah berkembangnya bakteri jahat di usus.

j. Sumber Stamina dan Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan gula atau glukosa dalam buah matoa dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Gula tersebut nantinya akan diproses tubuh menjadi sumber energi. Hal ini akan membuat kamu lebih bertenaga. Jika buah matoa dikonsumsi secara rutin, tak hanya bermanfaat menambah stamina tubuh, tetapi akan membantu meningkatkan imun tubuh terhadap resiko penyakit.

2. Manfaat Untuk Kecantikan

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, buah matoa ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat dari buah matoa untuk kecantikan.

a. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 

Pasti semua orang sudah tahu bahwa berbagai vitamin dan mineral itu baik untuk kesehatan kulit secara menyeluruh. Khusus untuk kulit wajah, buah matoa mengandung vitamin E yang sangat bagus untuk kulit, sedangkan vitamin C berfungsi memproduksi kolagen, sehingga kulit terasa lembab dan elastis.

Kandungan antioksidannya berperan meregenerasi sel kulit lebih optimal, sehingga membuat kulit wajah terlihat lebih awet muda. Selain itu, buah matoa memberi beberapa manfaat untuk kesehatan kulit secara keseluruhan, seperti menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam, mencegah timbulnya jerawat, menyamarkan garis-garis halus pada wajah, melembabkan wajah, dan mencegah penuaan dini.

b. Membantu Mencerahkan Wajah

Buah matoa juga memiliki manfaat membantu mencerahkan wajah. Kandungan antioksidan pada buah matoa yang tinggi, membantu kulit wajah terlihat lebih cerah serta awet muda.

c. Mencegah Timbulnya Jerawat

Masalah jerawat memang cukup mengganggu penampilan, dan dapat terjadi pada siapa saja. Nah, dengan mengonsumsi buah matoa secara rutin, dapat mengatasi permasalahan jerawat. Sebab, buah matoa juga bersifat gen anti-mikroba.

  1. Acnes atau Propionibacterium acnes merupakan bakteri yang tumbuh di kulit  dan dapat memicu tumbuhnya jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat keparahan dan jumlah jerawat yang muncul tergantung jenis bakterinya. Walaupun sebenarnya, tidak semua bakteri memicu timbulnya jerawat.

Jadi, sebagai bentuk solusi, tak ada salahnya kamu rutin mengonsumsi buah matoa ini.

Ingin tau rahasia cantik alami dan bebas jerawat? Kamu bisa membaca buku 500 Rahasia Cantik Alami Bebas Jerawat

 

d. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah matoa untuk kulit lainnya yaitu mencegah penuaan dini, dengan cara membantu regenerasi sel pada kulit wajah. Ekstrak senyawa aktif dalam buah matoa bermanfaat untuk menghambat penuaan dini dan menghilangkan kulit kusam, serta garis-garis halus.

Jenis-Jenis Buah Matoa

Sekarang kamu sudah tahu ya berbagai manfaat buah matoa baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Sekarang, mari kita kenali jenis-jenis buah matoa ini.

1. Matoa Kelapa

Ternyata, ada dua jenis buah matoa yang tumbuh di Papua. Yang pertama yaitu Matoa Kelapa. Matoa kelapa memiliki ciri khas daging buah yang kenyal. Ukuran buahnya lebih besar dibanding jenis matoa yang lainnya. Ukurannya sekitar 2,9cm dan ukuran biji 1,40cm. Pohonnya pun tinggi mencapai 18meter lebih.

Kamu bisa menemukan pohon matoa tumbuh di Indonesia, khususnya tumbuh di daerah dengan curah hujan sedang dan tahan ditanah kering. Matoa jenis ini sama seperti yang lain, banyak mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti sumber vitamin C dan vitamin E, dan lainnya.

2. Matoa Papeda

Kemudian yang kedua, ada jenis matoa papeda. Sama seperti matoa kelapa, matoa papeda ini juga merupakan jenis matoa. Berbeda dari matoa kelapa, matoa Papeda memiliki tekstur yang lembek dan lengket. Dan ukurannya pun lebih kecil daripada matoa kepala, yaitu sekitar 1,4cm sampai 2,0cm.

Matoa Papeda memiliki biji mirip dengan biji leci atau durian. Banyak masyarakat Papua menggunakan bijinya untuk membuat teh, ini gunakan sebagai obat tekanan darah. Vitamin E dalam matoa ini juga sebagai sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan menangkal radikal bebas. Persebaran buah matoa ini terdapat di beberapa daerah seperti Maluku, Papua Nugini, dan Sulawesi.

Olahan Lezat Buah Matoa

Buah matoa yang memiliki citarasa yang manis ini bisa dimakan langsung setelah dikupas lebih dulu. Jika kamu bosan, kamu bisa mengolah buah matoa menjadi camilan atau makanan yang lezat. Kamu ingin mencobanya?

Simak resep olahan makanan dari buah matoa dibawah ini.

1). Puding Matoa

Bahan-bahan :

  • Buah matoa yang sudah dikupas, secukupnya.
  • Bubuk puding tanpa rasa sebanyak 1 bks.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Air secukupnya.

Cara membuat :

  • Kupas buah matoa, kemudian buang bijinya.
  • Masak bubuk puding dengan air sampai mendidih.
  • Letakkan buah matoa yang telah dikupas ke dalam cetakan puding.
  • Tuang puding pada cetakan, yang sebelumnya telah dimasak hingga mendidih.
  • Lalu, diamkan beberapa saat sampai suhu puding dingin.
  • Masukkan puding ke lemari es, lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

2). Es Buah Matoa

Bahan-bahan :

  • Buah matoa yang sudah dikupas 200 g.
  • Air putih 500 ml.
  • Sirup leci 200 ml.
  • Gula pasir 100 gr atau secukupnya
  • Biji selasih yang sudah diseduh.
  • Es batu secukupnya.

Cara membuat :

  • Siapkan semua bahan yang dibutuhkan tadi untuk membuat es buah matoa ini.
  • Masukkan seluruh bahan tadi ke dalam satu wadah mangkuk besar.
  • Aduk rata es buah matoa, lalu sajikan dalam gelas.

3) Asinan Matoa

Bahan-bahan :

  • Buah matoa yang sudah masak 500gr.
  • Air putih 200 ml.
  • Gula putih 3 sdm.
  • Jeruk limau 2 – 3 butir.
  • Garam secukupnya.
  • Cabai merah besar 2 buah, potong–potong, atau haluskan

Cara membuat :

  • Kupas buah matoa, buang bijinya, lalu sisihkan.
  • Masukkan garam, gula, irisan cabai, air perasan jeruk limau, dan air secukupnya ke dalam mangkuk.
  • Aduk rata semua bumbu tadi sampai gula larut, lalu masukan buah matoa yang telah dikupas sebelumnya.
  • Asinan matoa siap disajikan.

 

Penutup

Meski berpotensi besar dalam menjaga kesehatan, berbagai manfaat buah matoa tersebut masih memerlukan penelitian lanjutan. Jadi, jika kamu mengonsumsi buah matoa, maka makanlah dengan jumlah yang wajar. Sebab, mengonsumsi buah matoa secara berlebihan diduga akan menyebabkan mual dan pusing.

Tentunya, tidak ada makanan ajaib yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, jadi mengonsumsi buah matoa tetap perlu diimbangi dengan makanan bergizi lainnya, serta menjalani pola hidup sehat.

Itulah ulasan mengenai berbagai manfaat buah matoa untuk kesehatan, ternyata selain enak juga menyehatkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Jika ingin mencari buku tentang seputar manfaat buah matoa atau buah-buah lainnya, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

Rujukan:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti M

Bagi saya, menulis merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan karena selain bisa berbagai informasi, saya juga bisa menambah wawasan. Tema yang sangat suka dalam menulis adalah seputar ilmu pengetahuan serta pemerintahan.