in

Kandungan Gizi Alpukat dan Manfaatnya

Kandungan Gizi Alpukat – Alpukat merupakan buah dari golongan persea americana. Buah alpukat biasanya memiliki daging buah berwarna kekuningan dan kulit luar yang kasar. Tekstur daging buah alpukat yang sudah matang terasa lembut dan empuk.

Awal mulanya, buah alpukat berasal dari negara Meksiko. Dalam buku terbitan Bloomsbury Publishing berjudul Super Food : Avocado, penemuan arkeologis menyatakan bahwa buah alpukat telah temukan dan dikonsumsi sejak 10.000 tahun silam. Suku Mesoamerika kemudian mulai membudidayakannya alpukat dari 7.000 tahun yang lalu.

Mengutip buku dari Diane Kraft yang berjudul The A-Z Guide to Food as Medicine, buah alpukat merupakan sumber asam folat yang baik, sumber fitokimia lutein, beta-sitosterol, zeaxanthin, dan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh.

Lalu, apa saja kandungan gizi dalam buah alpukat ini? Dan apa manfaatnya untuk tubuh? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Kandungan Gizi Buah Alpukat 

 

Persea americana atau buah alpukat merupakan buah yang tumbuh didaerah tropis dan subtropis, asalnya dari kawasan Amerika bagian Selatan. Buah ini dikenal mengandung berbagai macam nutrisi, sehingga masuk golongan buah-buahan sehat.

Selain teksturnya yang dikenal lembut dan rasa yang enak, alpukat juga memiliki kandungan gizi yang melimpah. Yang sudah diketahui umum, buah alpukat mengandung vitamin, protein, karbohidrat, lemak baik, hingga mineral yang tentunya baik untuk kesehatan.

Mengutip dari DKPI atau Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah alpukat mengandung komposisi gizi sebagai berikut :

  • Air : 84,3 gram.
  • Protein : 0,9 gram.
  • Energi : 85 Kalori.
  • Lemak : 6,5 gram.
  • Abu : 0,6 gram.
  • Fosfor (P) : 20 mg.
  • Karbohidrat : 7,7 gram.
  • Zat Besi (Fe) : 0,9 mg.
  • Kalium (K) : 278,0 mg.
  • Kalsium (Ca) : 10 mg.
  • Seng (Zn) : 0,4 mg.
  • Natrium (Na) : 2 mg.
  • Beta-Karoten : 189 mcg.
  • Thamin (Vit. B1) : 0,05 mg.
  • Tembaga (Cu) : 0,20 mg.
  • Vitamin C : 13 mg.
  • Riboflavin (Vit. B2) : 0,08 mg.
  • Vitamin E : 2,07 mg.
  • Karoten Total (Re) : 180 mcg.
  • Niasin (Niacin) : 1,0 mg.

Selain kandungan tersebut di atas, buah alpukat juga mengandung beberapa gizi penting untuk kesehatan Grameds, yakni asam folat. Tiap 100 gram buah alpukat terdapat sekitar 0,081 mg asam folat.

Alpukat juga diketahui kaya akan antioksidan seperti lutein. Karena, dalam 100 gram buah alpukat, mengandung sekitar 0,271 mg lutein.

Oleh karena itu, sangat disarankan dan mengonsumsi buah alpukat untuk asupan buah setiap harinya.

Buah alpukat juga bisa diolah menjadi berbagai macam smoothies lho, atau campuran kue, jus alpukat dan berbagai olahan lezat lainnya.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Ada banyak sekali olahan makanan yang terbuat dari alpukat, apakah kamu pernah mencobanya? Namun, bagi kamu yang belum mengetahui resep dari buah alpukat, tak perlu khawatir. Melalui buku Ragam Olahan Buah Alpukat yang Sehat dan Kaya Manfaat pembaca akan mengetahui resep sekaligus manfaat dari buah alpukat.

Manfaat Buah Alpukat

Berbagai kandungan gizi buah alpukat bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan gizi buah harian.

Buah alpukat juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh bahkan untuk kecantikan. Berikut beragam khasiat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Untuk Kesehatan 

Beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung 

Mungkin sudah banyak yang mengetahui jika alpukat dapat menjaga kesehatan jantung. Kadar lemak tak jenuh yang terkandung dalam buah alpukat berfungsi mengurangi LDL atau kolesterol jahat pada tubuh.

Dengan menambahkan asupan alpukat harian, akan membantu memperbaiki kadar kolesterol LDL terhadap seseorang dengan kondisi obesitas atau kelebihan berat badan.

Kadar kolesterol yang baik akan membantu tubuh kamu terjaga dan tetap sehat, dan secara otomatis menjauhkan kamu dari resiko serangan jantung.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Buah Alpukat juga dapat mengontrol tekanan darah. Hal ini karena alpukat kaya akan kalium. Manfaat Mineral ini yaitu untuk mengontrol tekanan darah, sehingga terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kalium juga baik untuk membantu mengatur irama jantung supaya tetap teratur.

3. Mencegah Sindrom Metabolik

Dalam sebuah studi Nutrition Journal tahun 2013, menjelaskan bahwa buah alpukat memiliki khasiat yang dapat mencegah resiko sindrom metabolik.

Sindrom metabolik merupakan segala hal yang berkaitan dengan peningkatan resiko terkena gangguan kesehatan, seperti diabetes, penyakit arteri, stroke, dan lainnya.

Kadar lemak tak jenuh buah alpukat bisa membantu menghentikan resistensi insulin serta mengontrol kadar gula darah. Selain itu, buah alpukat kaya akan serat, vitamin-K, kalium, magnesium, dan serat.

Faktor-faktor itulah yang membuat buah alpukat berperan mengurangi resiko gangguan metabolik.

4. Memelihara Kesehatan Mata

Kandungan zeaxanthin dan lutein dalam buah alpukat memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata kamu. Kedua zat tersebut berperan sebagai antioksidan yang bisa memperbaiki dan mencegah kerusakan mata.

Asupan zeaxhantin dan lutein yang cukup, mampu mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

5. Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin

Buah Alpukat mengandung asam folat yang tinggi, dan zat ini sangat penting untuk ibu hamil. Sebab, kebutuhan akan asam folat dapat membantu meningkatkan pembentukan sel dan jaringan-jaringan baru.

Asam folat adalah zat gizi yang paling penting untuk pencegahan bayi lahir cacat, seperti cacat tabung saraf dan mengalami spina bifida.

Oleh sebab itu, para peneliti menyatakan bahwa buah alpukat menjadi suntikan gizi yang sangat cocok untuk ibu hamil.

6. Mencegah Osteoporosis

Buah Alpukat kaya akan kandungan kalsium, vitamin K, dan vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat ketiga nutrisi tersebut yaitu bisa mencegah kamu terkena osteoporosis.

Bagi Grameds yang tidak menyukai susu, buah alpukat bisa menjadi pengganti asupan harian dan mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut, agar kepadatan tulang tetap terjaga.

7. Mencegah Sembelit 

Manfaat lain dari buah alpukat yang perlu grameds ketahui ialah buah ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Alpukat sendiri sebagai makanan yang mengandung mineral kalium dan serat yang baik dan berfungsi mengoptimalkan fungsi pencernaan, seperti mencegah sembelit.

Alpukat juga merupakan buah yang rendah fruktosa. Jadi, mengonsumsi alpukat tidak beresiko terjadinya penumpukan gas, sehingga aman di lambung.

8. Mencegah Risiko Depresi

Manfaat buah alpukat juga dipercaya dapat mencegah resiko depresi. Sebab, buah alpukat mengandung folat, yang mana folat dapat mencegah penumpukan homosistein, yaitu zat yang mengganggu transportasi nutrisi dan sirkulasi ke otak.

Seseorang yang kelebihan homosistein, dapat mengalami gangguan pada produksi serotonin, norepinefrin, dan dopamin yang mengatur hawa tidur, nafsu makan, dan suasana hati.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan kulit. Sebab, dalam buah alpukat mengandung vitamin C dan E yang terbukti baik menjaga kesehatan kulit kita.

Vitamin C berperan memproduksi lapisan pelindung kulit yang berasal dari lemak atau lipid. Selain itu, kandungan vitamin E juga membantu peningkatan produksi sebum atau minyak alami kulit.

Gabungan antara Vitamin C dan E juga bersifat antioksidan, sehingga kulitmu dapat terlindungi dari paparan atau kerusakan akibat faktor lingkungan.

10. Meningkatkan Kesehatan Otak

Vitamin E dalam buah alpukat juga dapat melindungi kamu dari penyakit alzheimer. Sebab, kandungan alpukat tinggi akan antioksidan dalam vitamin-E.

Senyawa antioksidan sendiri dapat melawan kerusakan sel tubuh akibat paparan radiasi sinar ultraviolet dan polusi lingkungan.

11. Mencegah Penyakit Kanker

Senyawa khas tanaman atau fitonutrien dalam alpukat dipercaya dapat mencegah penyakit kanker, sekaligus membantu proses pengobatannya.

Kandungan fitonutrien alpukat juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Zat ini juga mempercepat proses penghancuran sel kanker tersebut.

Manfaat Untuk Kecantikan 

Beberapa manfaat buah alpukat untuk kecantikan di antaranya:

1. Merawat Kulit Kusam

Buah alpukat mengandung lemak alami yang sehat, antioksidan dan vitamin. Nutrisi ini penting untuk kulit, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menjadikannya sebagai masker alpukat, yaitu dengan melumatkan daging buah alpukat kemudian gunakan untuk masker wajah.

Kamu bisa menggunakan masker alpukat ini untuk perawatan wajah dengan mengurangi kulit wajah kusam. Sebab, masker ini bisa membantumu merevitalisasi dan melembabkan kulit wajah.

2. Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Paparan Sinar UV

Ketika kamu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan atau di bawah sinar matahari langsung, kamu bisa menggunakan alpukat untuk kondisi kulit terbakar akibat paparan sinar UV.

Dengan mengoleskan buah alpukat yang telah dihaluskan, dapat membantu meringankan masalah pada kulit yang terbakar. Sebab, alpukat mengandung lemak sehat dan antioksidan yang bisa membantu menghidrasi kulit dan mengurangi rasa sakitnya. Kamu juga bisa mencampurnya dengan minyak zaitun untuk olesan di wajah.

3. Mengurangi Keriput

Manfaat alpukat untuk kecantikan yang lainnya yaitu bisa mengurangi keriput di wajah. Kamu bisa memperoleh manfaat ini dari minyak alpukat.

Hal ini disebabkan, minyak alpukat kaya akan vitamin yang membantu menumbuhkan serta melembutkan kulit. Menggunakan Minyak alpukat secara rutin dapat mengurangi keriput secara perlahan.

4. Menjaga Elastisitas Kulit

Manfaat alpukat untuk kecantikan berikutnya yaitu menjaga elastisitas kulit wajah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C dan mangan dalam buah alpukat. Nutrisi tersebut berperan sebagai zat yang memproduksi kolagen.

Kolagen sendiri adalah protein yang dibutuhkan kulit agar tetap terjaga elastisitasnya. Selain itu, beberapa riset menunjukkan, kandungan lemak sehat bisa mengurangi kerutan wajah dan membantu meningkatkan elastisitas kulit.

5. Melembabkan Kulit

Alpukat juga dapat melembabkan kulit, sebab buah ini kaya akan air, lemak, mineral dan vitamin, yang berfungsi mengatasi masalah kulit pecah-pecah atau kulit kering.

Selain itu, kandungan antioksidan alpukat mampu memperbaiki kerusakan sel kulit akibat masalah tertentu, misalnya jerawat dan eksim.

6. Menumbuhkan Rambut

Buah alpukat juga kaya vitamin E dan vitamin B. Kedua vitamin ini berfungsi untuk menjaga dan merangsang pertumbuhan rambut. Untuk memperoleh manfaat tersebut untuk rambut, kamu bisa membuatnya menjadi masker alpukat.

Vitamin E berfungsi membantu mencegah kerusakan sel kulit kepala. Sedangkan vitamin B dapat meningkatkan pergantian sel, sehingga menghasilkan rambut yang lebih kuat.

7. Mencegah Timbulnya Jerawat

Manfaat alpukat lainnya yaitu mencegah timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan kandungan omega-3 dan vitamin-C buah alpukat membantu mengurangi peradangan kulit, sehingga jerawat tidak muncul.

Selain omega-3 dan vitamin C, alpukat yang telah diolah menjadi minyak alpukat ternyata mengandung antimikroba, sehingga menggunakan minyak alpukat bisa mengurangi jerawat di wajah.

8. Mengatasi Rambut Kusut

Menurut penelitian, lemak tak jenuh dalam buah alpukat dapat membantu mengembangkan sel dari dalam maupun dari luar tubuh.

Jika kamu ingin penampilan rambut yang mengkilap dengan tekstur halus pada rambut, kamu dapat memakai kondisioner yang mengandung bahan alpukat. Hal ini akan membantu menguatkan dan melembapkan rambutmu dari akar hingga ujung rambut.

Banyaknya manfaat yang ada pada alpukat membuat banyak orang yang mulai tertarik untuk membudidayakan alpukat. Supaya budidaya alpukat bisa tumbuh dengan baik, maka kamu bisa membaca buku Petunjuk dalam Bercocok Tanam Alpukat di Pekarangan

Beragam Manfaat Tanaman Alpukat 

Buah alpukat memang telah dikenal memiliki berbagai nutrisi dan vitamin yang penting untuk kesehatan dan kecantikan, tapi, tahukah Grameds, jika tanaman alpukat juga memiliki khasiat dan bisa digunakan untuk pengobatan lho, mulai dari daun, biji, kulit, kayu hingga akarnya lho!

Apa saja khasiatnya? Simak penjelasan di bawah ini ya!

1. Manfaat Daun Alpukat 

Daun alpukat ternyata juga memiliki banyak manfaat yang tidak banyak orang tahu, yaitu:

Mengobati Sakit Perut

Kami bisa memanfaatkan daun alpukat ini untuk mengobati sakit perut. Caranya yaitu, ambil 6 gram rimpang kunyit, 6 gram daun pegagan, gram akar temu kunci, dan 5-7 lembar daun alpukat.

Kemudian, campur semua bahan, dan rebus dengan 150 ml air hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api, kemudian dinginkan ramuan yang telah direbus tadi. Lalu, minum air rebusan tersebut 1 gelas sehari untuk mengobati sakit perut.

Mengobati Sakit Pinggang

Daun alpukat juga bisa mengobati sakit pinggang. Caranya yaitu, ambil 5-6 lembar daun alpukat, kemudian rebus dengan 200ml air, lalu didihkan sampai menyusut hingga setengahnya.

Kemudian diamkan air rebusan tersebut semalaman, lalu kamu bisa meminumnya pada pagi hari.

Mengobati Hipertensi 

Daun alpukat juga bisa mengobati hipertensi atau darah tinggi. Caranya yaitu, ambil 3-4 lembar daun alpukat, lalu cuci sampai bersih, kemudian seduh dalam segelas air panas. Setelah dingin, kamu bisa minum air daun alpukat tersebut 1 gelas setiap hari.

2. Manfaat Biji Alpukat

Selain daunnya, biji alpukat juga ternyata memiliki manfaat yang tak kalah bagusnya. Adapun manfaat biji alpukat tersebut yaitu :

Mengobati Diabetes Mellitus

Untuk pengobatan penyakit diabetes melitus, caranya yaitu, kamu ambil 1 butir biji alpukat, dan cuci bersih, lalu panggang biji tersebut hingga kecoklatan. Kemudian, potong kecil-kecil biji yang telah dipanggang itu, lalu rebus hingga matang. Setelah itu, kamu bisa meminum air rebusan tersebut 1 kali setiap hari.

Mengobati Sakit Maag

Buat kamu yang sering mengalami gangguan lambung atau penyakit maag, kamu bisa menggunakan biji alpukat ini.

Caranya, ambil beberapa biji buah alpukat kemudian parut sampai halus, lalu campurkan kedalam 100 ml air matang. Setelah itu, aduk rata dan saring untuk memisahkan air dengan ampasnya. Lalu, kamu bisa minum air ramuan tersebut secara rutin.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang ragam dan manfaat daun, biji, kulit, hingga akar alpukat? Kamu bisa membaca buku Ragam Olahan Biji, Kulit, Daun, Kayu, dan Akar Alpukat. Di dalam buku ini pembaca akan mengetahui Buku ini menjelaskan macam-macam pengolahan bagian-bagian buah alpukat.

Efek Samping Mengonsumsi Alpukat

Di balik segudang khasiat yang dimiliki buah alpukat, rupanya buah ini juga bisa menimbulkan resiko alergi lateks lho. Jadi Grameds perlu berhati-hati jika mengonsumsi buah alpukat dalam jumlah yang banyak.

Gejala umum alergi lateks yang biasa muncul seperti :

  • Kulit terasa gatal dan mengelupas
  • Hidung tersumbat
  • Batuk
  • Menggigil
  • Pembengkakan atau edema
  • Kulit kemerahan

Jika gejala-gejala tersebut kamu alami setelah mengonsumsi buah alpukat, maka cobalah untuk menghindari sejenak buah alpukat.

Manfaat buah alpukat memang sangat baik untuk kesehatan. Tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Jadi,. konsumsi lah sewajarnya ya Grameds!

Penutup

Ya, itulah ulasan berbagai macam kandungan gizi dalam buah alpukat dan khasiatnya yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, beserta khasiat tumbuhan alpukat.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan buah alpukat untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut. Jangan lupa, tetap perhatikan jumlah konsumsi buah alpukat secara wajar ya! Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu, Grameds.

Jika ingin mencari buku tentang alpukat atau manfaat dari buah-buah lainnya, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

Rujukan:

  • https://www.halodoc.com/artikel/7-kandungan-nutrisi-alpukat-dan-manfaatnya
  • https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-alpukat/%3famp=1
  • https://vivahealth.co.id/article/detail/12277/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-alpukat
  • https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/bali/berita/d-6484395/manfaat-buah-alpukat-untuk-kesehatan-dan-kandungan-nutrisinya/amp
  • https://www.liputan6.com/hot/read/4983935/20-manfaat-alpukat-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-gizinya-melimpah
  • https://www.google.com/amp/s/www.balipuspanews.com/ragam-manfaat-tanaman-alpukat.html


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah