in

Rasakan 17 Manfaat Strawberry Ini Saat Kamu Mengonsumsinya

Sumber: Pexels

Manfaat strawberry – Siapa sih yang tak tahu akan buah strawberry. Sampai saat ini kepopuleran dari buah strawberry juga tidak perlu diragukan lagi. Buah ini memang sudah banyak yang begitu menyukainya. Menariknya lagu banyak orang mengkonsumsi buah strawberry dengan berbagai cara.

Mulai dimakan langsung atau bisa juga dibuat menjadi minuman jus. Namun tahukah kalian jika buah strawberry sebenarnya juga mampu memberikan manfaat yang begitu banyak bagi tubuh manusia.

Nah tak perlu bingung jika kalian belum tahu apa saja manfaat yang mampu diberikan oleh buah strawberry untuk tubuh manusia. Sebab dalam artikel ini sudah ada penjelasan mengenai beberapa manfaat strawberry.

Buah strawberry pertama kali dikenalkan oleh bangsa Eropa sekitar abad 18. Adanya buah strawberry yang kita kenal saat ini tak lain karena proses hibrida dari dua jenis spesies buah strawberry dari Amerika Utara dan Chili yang memiliki warna merah cerah, berarir, manis serta lebih cenderung asam.

Strawberry juga terkenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan mangan yang begitu baik serta kandungan folat atau vitamin B9 dan potasium. Strawberry sendiri memiliki nama latin Fragaria Ananassa juga kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman.

Tak heran jika buah strawberry mampu memberikan manfaat bagi kesehatan jantung serta mampu mengontrol gula darah.

Selain beberapa kandungan yang dijelaskan sebelumnya, buah strawberry juga memiliki banyak kandungan lain di dalamnya yang tentunya begitu baik bagi kesehatan tubuh manusia. Lantas apa saja kandungan yang ada di dalam buah strawberry? Berikut adalah daftar kandungan dalam buah strawberry seberat 100 gram yang dikutip dari Food Data Central.

  1. Air: 90,95 gr
  2. Energi: 32 kcal
  3. Karbohidrat: 7,68 gr
  4. Vitamin C: 58,8 gr
  5. Vitamin A: 1 mcg
  6. Beta karotin 7 mcg
  7. Vitamin E (alpha-tocopherol): 0,29 mg
  8. Vitamin K: 2,2 mcg
  9. Vitamin B6: 0,047 mg
  10. Lemak total: 0,67 gr
  11. Gula: 4,89 gr
  12. Serat: 2 gr
  13. Kalsium: 16 mg
  14. Kalium: 153 mg
  15. Zat besi: 0,41 mg
  16. Magnesium: 13 mg
  17. Fosfor: 24 mg
  18. Zink: 0,14 mg
  19. Riboflavin: 0,022 mg
  20. Folat: 24 mcg
  21. Kolin: 5,7 mcg

Manfaat Buah Strawberry Bagi Tubuh Manusia

manfaat strawberry
Sumber: Kompas.com

Sebelumnya telah dijelaskan jika strawberry memiliki beberapa kandungan yang mampu memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Mungkin kalian hanya makan buah strawberry karena memang suka dengan rasa khas yang dimilikinya.

Padahal jika dilihat dari segi kesehatan, buah strawberry mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Lalu apa saja manfaat yang diberikan oleh buah strawberry untuk tubuh ketika dikonsumsi manusia? Begini penjelasan selengkapnya.

1. Membantu Menjaga Kesehatan Mata dan Rambut

Buah strawberry kaya akan kandungan vitamin C serta antioksidan seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals dan ellagic acid. Dimana pada dasarnya kedua kandungan tersebut dipercaya melawan adanya radikal bebas yang ada pada mata.

Tentunya mata akan bisa terhindar dari masalah seperti kondisi mata kering, degenerasi makula dan juga katarak. Selain itu kandungan antioksidan yang ada di dalam buah strawberry juga bisa membantu melindungi rambut.

Bahkan kandungan kalium pada buah strawberry dipercaya mampu mengatasi masalah seperti tekanan okular pada bola mata yang bisa membahayakan penglihatan manusia.

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

2. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut berbagai penelitian dijelaskan jika meminum jus strawberry bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal tersebut tak lain karena buah strawberry kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya.

Kekebalan tubuh manusia yang terjaga dengan baik mampu mencegah tubuh terserang oleh berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Tentu hal ini akan membantu kalian dapat hidup dengan lebih sehat lagi.

Tak hanya itu saja, pasalnya vitamin C yang terkandung dalam buah strawberry juga memiliki peran penting sebagai antioksidan yang bisa membantu menetralisir radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh manusia.

3. Mencegah Terjadinya Penyakit Kanker

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika buah strawberry memiliki kandungan yang cukup banyak di dalamnya. Mulai dari vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol yang merupakan jenis flavonoid juga terkandung di dalam buah strawberry.

Kandungan antioksidan ini ternyata bisa membantu melawan pertumbuhan tumor yang bisa menyebabkan penyakit kanker dan juga mencegah metastasis atau penyebaran sel kanker di dalam tubuh manusia.

Disarankan bagi kalian untuk mengkonsumsi minuman jus strawberry secara rutin agar terhindar dari adanya penyakit berbahaya seperti kanker.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat yang dimiliki oleh buah strawberry selanjutnya adalah mampu membantu meningkatkan fungsi otak manusia. Hal ini tak lain karena buah strawberry memiliki kandungan kaya akan antioksidan dan flavonoid yang dipercaya begitu efektif membantu mencegah terjadinya penurunan memori pada otak manusia.

Ada sebuah penelitian yang mengambil kesimpulan jika wanita lanjut usia yang rutin mengkonsumsi strawberry sebanyak dua pors atau lebih setiap minggunya akan berpotensi memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tak mengkonsumsi buah strawberry.

5. Membantu Mencegah Terjadinya Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit umum yang kerap diderita oleh manusia. Namun siapa sangka jika dengan mengkonsumsi buah strawberry bisa membantu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Ada sebuah penelitian yang menjelaskan jika mengkonsumsi makanan kaya akan anthocyanin seperti buah strawberry bisa membantu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dalam tubuh. Selain itu kandungan tersebut juga bisa membantu membuka aliran darah pada tubuh manusia.

Namun perlu diketahui juga jika efek ini akan lebih terlihat bagi mereka yang memiliki usia di bawah 60 tahun ke bawah. Akan tetapi bukan berarti jika sudah mengkonsumsi buah strawberry langsung mengabaikan pengobatan dari dokter. Akan lebih baik jika mengkonsumsi buah strawberry yang diimbangi dengan berkonsultasi dengan dokter.

Hal ini dilakukan agar kalian tetap mendapatkan penangan terbaik khususnya untuk permasalahan tekanan darah tinggi.

6. Mampu Membantu Mengurangi Risiko Terjadinya Serangan Jantung

Sebelumnya telah dijelaskan jika buah strawberry memiliki kandungan anthocyanin. Yang mana kandungan tersebut memiliki fungsi untuk membantu mencegah terjadinya serangan penyakit jantung.

Meski saat ini belum diketahui secara pasti, namun sejumlah penelitian telah menjelaskan akan hal tersebut. Mengkonsumsi buah strawberry dan buah lainnya secara rutin bisa mengurangi terjadinya serangan jantung dengan lebih rendah.

7. Mencegah Risiko Terjadinya Stroke

Manfaat yang mampu diberikan oleh buah strawberry yang berikutnya adalah mampu mencegah terjadinya serangan stroke. Hal ini tak lain karena pada buah strawberry memiliki kandungan zat anthocyanin yang mampu juga mencegah terjadinya hipertensi.

Perlu diketahui juga jika hipertensi merupakan salah satu penyebab terjadinya risiko penyakit kanker. Karena hal tersebutlah, dengan mengkonsumsi buah strawberry secara rutin bisa membantu mengontrol tekanan darah sehingga mengurangi terjadinya risiko stroke.

8. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Para ahli memberikan penjelasan jika antioksidan dan berbagai macam senyawa lainnya seperti phytochemicals, anthocyanin and ellagitannins yang ada di dalam buah strawberry mampu membantu mengontrol gula darah dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, pasalnya buah strawberry juga memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Sehingga buah strawberry sangat baik dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes. Bahkan ketika mengkonsumsi buah strawberry, kalian akan secara langsung mendapatkan rasa manis alami pengganti keberadaan gula biasa.

9.,Membantu Mengurangi Berat Badan

Bagi kalian yang ingin lebih mudah dalam proses penurunan berat badan, sebaiknya mulailah untuk memasukkan buah strawberry ke dalam daftar menu diet maupun tips diet harian lainnya. Hal ini karena kandungan serat yang cukup tinggi pada buah strawberry mampu membantu menurunkan berat badan.

Sejumlah studi klinis juga telah membuktikan jika serat memiliki peran yang begitu penting dalam menjaga metabolisme dan pengaturan pola makan terhadap penderita obesitas maupun pemilik berat badan yang berlebihan.

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang ada di dalam buah strawberry tak hanya membantu proses penurunan berat badan saja. Namun kandungan serat tersebut juga terbukti mampu membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

Serat memiliki fungsi untuk bisa mengikat lemak serta kotoran yang ada di dalam tubuh. Karena hal inilah serta dalam buah strawberry mampu membantu mencegah terjadinya berbagai penyakit dalam sistem pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Tak hanya itu saja, pasalnya serta pada buah strawberry juga bisa membantu flora usus agar bisa mencerna makanan dengan lebih baik lagi.

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-sop-buah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

11. Membantu Mengatasi Peradangan atau Anti Inflamasi

Berikutnya buah strawberry juga mampu membantu mencegah terjadinya peperangan. Kandungan yang ada pada buah strawberry mampu bertindak sebagai anti inflamasi. Beberapa kandungan tersebut seperti polifenol, antosianin, mikronutrien dan serat.

Sebuah penelitian mampu menyimpulkan jika zat yang terkandung dalam buah strawberry mampu membantu mencegah terjadinya peradangan pada jaringan tubuh, hiperglikemia serta berbagai macam penyakit yang ada di dalam pembuluh darah.

12. Mencegah Terjadinya Kolesterol Jahat (LDL)

Sebuah penelitian menjelaskan jika kandungan polifenol yang ada di dalam buah strawberry dan buah beri lainnya mampu membantu menyerap HDL atau kolesterol baik dan juga penyerapan kolesterol jahat. Oleh karena itu mengkonsumsi buah strawberry secara rutin bisa membantu mencegah terjadinya berbagai macam penyakit kardiovaskuler yang bisa diakibatkan oleh kolesterol tinggi seperti penyakit jantung.

13. Mengatasi Jerawat

manfaat strawberry
Sumber: Kompas.com

Buah strawberry tak hanya membantu menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya. Namun buah strawberry juga mampu mengatasi jerawat. Hal ini tak lain karena adanya kandungan zat anti inflamasi yang ada di dalam buah strawberry. Zat tersebut dipercaya mampu mencegah terjadinya peradangan pada kulit yang bisa menyebabkan terjadinya jerawat.

14. Membantu Menghidrasi Kulit

Manfaat berikutnya yang diberikan oleh buah strawberry adalah membantu mencegah kulit menjadi kering. Kulit akan terhidrasi dengan baik serta akan terjaga kelembabannya dengan bantuan buah strawberry. Ketika kelembaban pada kulit terjaga, maka kulit akan terasa segar dan dapat terhindar dari berbagai macam masalah yang diakibatkan oleh kondisi kulit kering.

15. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Sejumlah penelitian menjelaskan jika kandungan vitamin C yang ada di dalam buah strawberry mampu mencegah kulit dari adanya tanda-tanda penuaan dini seperti adanya keriput dan kerutan.
Salah satu cara untuk bisa mendapatkan manfaat dari vitamin C yang ada di dalam buah strawberry adalah dengan menghaluskannya lalu mengoleskannya pada kulit. Tak hanya itu saja, kalian juga bisa secara langsung mengkonsumsi buah strawberry agar lebih terasa manfaatnya.

16. Membantu Mencerahkan Kulit

Tak hanya membantu mencegah terjadinya penuaan dini, namun vitamin C yang ada di dalam buah strawberry juga mampu membantu membuat kulit menjadi lebih cerah. Adanya klandungan SAP (sodium ascorbyl phosphate) atau vitamin C lauru air yang ada di dalam buah strawberry dipercaya sebagai jenis vitamin C yang bisa memberikan hasil lebih efektif dalam mencerahkan kulit.

17. Membantu Melindungi Kulit Dari Bahaya Polusi dan Sinar UV

Manfaat yang terakhir yang diberikan oleh buah strawberry adalah mampu membantu kulit terlindungi dari bahaya polusi dan sinar UV. Hal ini tak lain karena buah strawberry memiliki kandungan antioksidan.

Antioksidan pada buah strawberry berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang diakibatkan oleh polusi serta membantu menjaga kulit dari bahaya sinar ultraviolet.

Nah itulah beberapa manfaat buah strawberry ketika dikonsumsi. Dari beberapa penjelasan di atas tentunya kita juga tahu jika kandungan yang ada di dalam buah strawberry mampu menjaga kesehatan tubuh.

Efek Samping Buah Strawberry

manfaat strawberry
Sumber: Kompas.com

Meski buah strawberry memiliki banyak manfaat seperti penjelasan yang ada sebelumnya. Namun perlu diketahui juga jika buah strawberry juga memiliki beberapa efek samping lho.

Tak bisa dipungkiri sampai saat ini buah strawberry memang masih disukai banyak orang termasuk anak-anak. Namun bagi beberapa orang dengan kondisi alergi, mengkonsumsi buah strawberry bisa menimbulkan efek samping yang buruk.

Buah strawberry memiliki kandungan protein yang bisa menyebabkan suatu gejala para orang yang sensitif terhadap serbuk sari birch atau apel. Kondisi ini juga biasa disebut dengan alergi serbuk sari makanan.

Gejala umum yang ditimbulkan biasanya seperti gatal atau kesemutan pada mulut, gatal-gatal, sakit kepala. Selain itu biasanya juga akan ada gejala pembengkakan pada beberapa bagian seperti wajah,bibir, lidah atau tenggorokan. Bahkan pada kasus kategori parah akan terjadi masalah pada bagian pernapasan.

https://www.gramedia.com/products/the-amazing-traveling-bukan-sekadar-jalan-jalan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Mengkonsumsi Buah Strawberry

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika strawberry adalah salah satu buah yang kaya akan manfaat. Akan tetapi perlu diperhatikan jug acara penyajian buah strawberry yang benar agar nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa tetap terjaga.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari buah strawberry sebaiknya kalian tidak memasaknya dengan suhu yang begitu tinggi. Hal ini dilakukan agar kandungan seperti vitamin, mineral, dan sejumlah zat gizi lain yang ada di dalam buah strawberry tidak ikut hilang.

Akan lebih baik jika kalian mengkonsumsi buah strawberry dalam kondisi yang masih segar. Sebagai contohnya adalah memakan buah strawberry secara langsung atau dibuat menjadi salad.

Tak hanya itu saja, kalian juga bisa mengolah buah strawberry menjadi smoothies atau jus strawberry dengan menggunakan tambahan air dingin maupun es batu.

Untuk penyimpanannya, kalian bisa meletakkan buah strawberry pada lemari pendingin. Hal ini dilakukan agar kondisi kesegaran yang dimiliki oleh buah strawberry tetap terjaga. Akan tetapi perlu diketahui juga agar tidak terlalu lama menyimpan buah strawberry di dalam lemari pendingin, sebab bisa menyebabkan kandungan nutrisinya menghilang.

Itulah beberapa manfaat strawberry yang bisa kamu rasakan saat mengonsumsinya dengan benar. Grameds juga bisa membaca buku-buku terkait strawberry dengan mengunjungi Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi