in

9 Manfaat Buah Plum dan Pemahaman Terkait Kandungan Didalamnya!

pexels.com

Manfaat Buah Plum – Buah plum selama ini dikenal sebagai buah mewah lantaran kandungan gizinya yang banyak dan harganya yang relatif tinggi. Namun demikian, untuk mendapatkan buah plum tidak semudah mendapatkan buah-buahan populer lainnya seperti pisang, jeruk, anggur, apel, dan lainnya. Kira-kira apa ya Grameds keistimewaan buah ini? Kabar baiknya, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas manfaat buah plum. Yuk Grameds kita simak bersama.

Sekilas Mengenai Buah Plum

Manfaat Buah Plum
pexels.com

Buah plum memang kurang begitu familiar di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan karena buah ini belum banyak dibudidayakan di tanah air. Kondisi iklim di Indonesia yang tropis menjadi penyebab mengapa buah ini belum banyak dibudidayakan di sini.

Secara tekstur, plum merupakan buah yang berbentuk bundar atau oval dan berukuran kecil sebesar anggur. Jika tidak diperhatikan dengan seksama, kita akan mengira buah plum dan anggur adalah buah yang sama.

Rasa buah ini manis, sebagian di antaranya ada yang rasanya asam namun terasa menyegarkan. Di dunia ini ada beberapa jenis buah plum, yakni damson plum, elephant heart plum, moyer plum, greengage plum, french prune, friar plum, Mirabelle plum, myrobalan plum, black beauty plum, plumcots, dan pluots.

Jangan kaget ya, Grameds. Fakta mencengangkan mengenai buah plum ini mungkin cukup mengejutkan. Berdasarkan sebuah buku berjudul Holticultural Reviews yang ditulis oleh Jules Janick, buah plum diduga kuat merupakan buah pertama yang dibudidayakan oleh manusia. Perlu diketahui bahwa Jules Janick merupakan seorang professor terhormat dalam bidang hortikultura di Universitas Purdue di West Lafayette, IN, Amerika Serikat.

Dalam buku yang tebalnya sebanyak 384 halaman tersebut, ia menyebutkan, tiga kultivar (varietas yang dibudidayakan oleh petani) utama buah plum, tidak dapat ditemukan di alam liar. Kultivar tersebut hanya dapat ditemukan di tempat-tempat yang telah dikelola oleh pembudidaya, yakni manusia.

Buah ini pertama kali diketahui jejaknya setelah ditemukan di daratan Eropa Timur, sekitar pegunungan Kaukasia, dan China. Ketika ditelusuri jauh ke belakang, ditemukan fosil buah plum yang diyakini berasal dari zaman Neolitikum. Zaman ini merupakan sebutan untuk zaman batu muda di mana manusia mulai menggunakan batu yang sudah diolah dengan baik untuk keperluan hidup. Diperkirakan zaman ini terjadi pada 5000-3000 tahun sebelum masehi.

Kembali pada bahasan mengenai penemuan fosil buah plum. Buah ini diyakini ditemukan pada masa dan tempat arkeologi yang sama dengan buah-buah seperti anggur, ara, dan zaitun. Dengan penemuan tersebut, para peneliti sepakat bahwa buah plum bermula dari Iran. Hal ini diungkapkan oleh Ken Albala dalam Food Cultures of the World Encyclopedia.

Buah ini kemudian dibawa dari Asia ke Britania Raya. Kemudian nama plum diduga berasal dari bahasa Inggris kuno, yakni plume. Kata ini sendiri diyakini berasal dari bahasa Jerman yang digunakan pada masa lalu.

Pada akhir abad ke-18 kata “plum” sering kali diasosiasikan untuk mendeskripsikan pada sesuatu yang membuat orang tergiur. Secara spesifik, istilah tersebut ditujukan untuk buah-buahan berukuran kecil yang seringkali digunakan sebagai makanan penutup.

Kandungan Nutrisi Buah Plum

Salah satu alasan buah ini disebut mewah adalah manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsinya. Manfaat tersebut tentunya didapatkan karena adanya kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Berikut ini merupakan kandungan nutrisi yang akan kita dapatkan dari buah plum, yakni serat, vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, B12, E, K, kalium, mangan, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, dan zinc.

Bagaimana? Banyak bukan, Grameds? Kandungan yang melimpah ini tentu saja menyebabkan buah ini memberikan banyak khasiat untuk manusia. Pada pembahasan selanjutnya kita akan masuk ke inti ulasan kita, yakni manfaat buah plum.

Manfaat Buah Plum

Supaya pembahasan kita tidak bertele-tele, kita langsung saja ya, Grameds. Di bawah merupakan manfaat dair buah plum.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Buah Plum
essilor.co.id

Di zaman teknologi mengalami perkembangan pesat saat ini, kita hampir tidak bisa lepas dari gadget. Entah itu berupa smartphone, PC, laptop, tablet, TV, dan alat elektronik lainnya yang melibatkan mata. Kebutuhan kita terhadap gadget begitu tinggi, baik itu untuk pekerjaan, pendidikan, bisnis, hiburan, dan lainnya.

Lamanya durasi mata terkena radiasi gadget dapat mempengaruhi kesehatan mata. Buah plum merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin A sekitar 5%. Kandungan vitamin A pada buah ini dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, bagi kalian yang banyak berinteraksi dengan gadget, buah ini bisa menjadi alternatif kalian untuk mensuplai vitamin A.

2. Mengurangi Resiko Kerusakan Hati dan Ginjal

Kandungan serat pada satu buah plum dikatakan dapat mensuplai 3% dari kebutuhan tubuh akan serat setiap harinya. Fungsi serat sendiri dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan menghambat produksi kolesterol di dalam hati. Hal ini karena kolesterol merupakan lemak yang diproduksi secara oleh alami oleh hati.

Serat terlarut dapat menyerap empedu yang diproduksi dengan menggunakan kolestrol. Dengan demikian, saat empedu diserap oleh serat larut dalam buah plum, kadar kolesterol dalam tubuh akan turun. Penjelasan singkat di atas menunjukkan bahwa keberadaan serat dapat membantu untuk menjaga kesehatan hati.

Sementara itu, Kidney Health New Zealand, sebuah organisasi di Selandia Baru yang fokus pada kesehatan ginjal di negara tersebut, merekomendasikan buah plum agar dikonsumsi untuk meredakan masalah hati dan ginjal. Berbagai kandungan vitamin dan mineral lainnya di dalam buah ini terbukti ampuh untuk mengatasi masalah hati dan ginjal.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah plum berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang terdapat di dalam buah plum dapat membantu sistem pencernaan tubuh kita untuk tetap sehat. Kurang lebih satu buah plum mensuplai 3% kebutuhan serat kita setiap harinya.

Menurut keterangan yang disampaikan National Center for Biotechnology Information, buah plum merah memang dapat membantu kita untuk menjaga kesehatan pencernaan. Salah satu buktinya adalah mencegah dan mengatasi sembelit. Serat pada buah plum dapat memadatkan massa feses. Tidak hanya itu, dengan adanya suplai serat dari buah plum, pembuangan feses dari dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Serat yang tidak larut di dalamnya dapat menjadi makanan untuk bakteri-bakteri baik yang berdiam di dalam usus besar. Dengan mendapatkan suplai makanan yang cukup, bakteri baik yang berupa flora alami tersebut dapat “dilestarikan” di dalam organ penting ini. Apakah bakteri baik ini penting?

Bayangkan saja, bakteri baik ini berperan untuk menghasilkan asam lemak berantai pendek yang berperan sebagai bahan bakar utama sel-sel usus besar. Tidak hanya itu, asam lemak yang disebut juga dengan asam butirat ini juga membantu usus untuk mempertahankan kesehatan organnya. Bakteri baik ini juga berperan untuk memerangi keberadaan bakteri patogen penyebab penyakit sekaligus mencegahnya agar tidak bisa berkembang biak di saluran pencernaan.

Apalagi? Masih ada, Grameds. Buah plum dipercaya dapat meredakan luka pada lambung.

4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat pada buah plum dapat memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama sehingga kita tidak perlu untuk makan dalam porsi yang banyak. Tidak hanya itu, indeks glikemik yang rendah dalam buah ini menjadikan buah plum dapat mengatur pelepasan kadar gula darah di dalam tubuh kita. Hal ini juga dapat mempertahankan rasa kenyang setelah makan.

Buah plum juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh tidak akan diproses menjadi energy. Sebaliknya, sisa kalori yang ada akan disimpan di dalam tubuh sebagai lemak. Oleh karena itu, orang yang sering mengonsumsi makanan berkalori tinggi memiliki kemungkinan untuk gemuk lebih besar jika tidak dibarengi dengan aktivitas yang menguras energi.

Kabar baiknya, buah plum memiliki kandungan serat yang baik, kadar indeks glikemik yang rendah, lemak tak jenuh, serta kalori rendah. Keempatnya sangat baik untuk kita yang sedang menurunkan berat badan berlebih. Jadi, menyimpulkan buah plum sangat baik untuk menurunkan berat badan tidaklah berlebihan.

5. Mencegah Anemia Defisiensi Besi

Pernah nggak Grameds, kalian merasakan sesak nafas, kelelahan, dan kulit pucat dalam waktu yang bersamaan. Jika pernah, mungkin saat itu kalian sedang mengalami gejala anemia ringan. Gejala ini dikarenakan tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat.

Jumlah produksi sel darah merah di dalam tubuh dipengaruhi oleh banyaknya zat besi yang masuk ke dalam tubuh kita. Apabila zat besi yang ada di dalam tubuh kita kurang, maka otomatis produksi sel darah merah juga menurun.

Hubungan antara keduanya dapat kita pahami karena zat besi merupakan zat gizi mikro yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Kondisi anemia jenis ini paling umum dialami oleh wanita dan anak-anak.

Dalam 100 gr buah plum, terdapat 0,2 milligram (mg) zat besi. Di sisi lain, kadar zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh orang dewasa adalah sebesar 18 mg untuk laki-laki dan 27 mg untuk perempuan. Artinya setiap mengkonsumsi 100 gr buah plum, kalian telah memenuhi 1,1% kebutuhan zat besi per hari. Dengan begitu, kalian telah mengurangi resiko terserang anemia defisiensi besi.

6. Berbagai Penyakit Kronis Karena Kandungan Antioksidan

Buah plum dipercaya mampu berperan sebagai antioksidan yang sangat baik. Antioksidan ini dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis akibat radikal bebas yang berasal dari dalam maupun luar tubuh kita. Mungkin Grameds bertanya-tanya sebenarnya apa itu radikal bebas?

Radikal bebas bisa diartikan sebagai molekul tidak stabil yang dapat menerima atau menyumbangkan elektron. Sifat dari radikal bebas sangat tidak stabil dan reaktif. Radikal bebas ini menyerang tubuh dengan berbagai macam wujud, misalnya asap rokok, asap kendaraan bermotor, cemaran limbah kimia industri, paparan sinar UV matahari, ozon, dan sebagainya.

Buah plum dapat berperan sebagai antioksidan sehingga radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat dinetralkan. Bagi kalian yang rentan untuk terpapar radikal bebas dalam menjalan aktivitas sehari-hari, kalian dapat mengkonsumsi buah plum ini.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi buah plum hitam beberapa kali dikatakan dapat meningkatkan kesehatan tulang. Bahkan beberapa penelitian yang diterbitkan National Library of Medicine mengaitkan antara kesehatan tulang dengan mengkonsumsi buah plum. Dalam beberapa penelitian tersebut, ditemukan hubungan antara mengonsumsi buah plum dengan penurunan resiko gangguan tulang seperti osteopenia dan osteoporosis.

Buah plum tidak hanya mencegah pengeroposan tulang, tetapi buah ini juga dapat membantu untuk mengembalikan bentuk tulang sebagaimana awalnya. Hingga saat ini, hubungan antara keduanya hanya berupa data dan kesimpulan. Sementara penjelasan mengenai alasan mengapa buah plum memiliki efek yang baik untuk kesehatan masih membutuhkan studi lebih lanjut.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan antioksidan, anthocyanin, serta quercetin pada buah plum diketahui dapat bermanfaat untuk kesehatan otak. Penelitian yang dilakukan oleh Health Research Harvard University menunjukkan kandungan antioksidan dapat memperlambat laju penyakit alzheimer. Dengan demikian, tidak ada salahnya mengkonsumsi buah plum untuk menjaga kesehatan otak.

9. Menjaga Kesehatan Secara Umum

Secara umum, buah plum memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun ada beberapa manfaat lain yang belum kita sebutkan di atas. Selain manfaat yang telah kita sebutkan di atas, buah plum dapat:

  1. Menjaga kadar kolesterol di dalam darah agar tidak terlalu tinggi.
  2. Kandungan antioksidan di dalam buah plum dapat mengurangi kecemasan atau anxiety. Agar buah plum efektif mengurangi kecemasan, sebaiknya buah ini dikonsumsi secara rutin.
  3. Mengurangi resiko kanker usus besar. Fungsi antioksidan dapat menjaga kesehatan usus besar dari ancaman kanker.
  4. Kandungan kalium dapat menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.
  5. Membantu untuk mengencangkan dan membersihkan kulit. Buah plum juga dapat membantu untuk memulihkan kulit yang terluka. Buah plum dapat mempercepat tumbuhnya kulit baru untuk menggantikan kulit lama.
  6. Kandungan zat besi dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokannya.

Kesimpulan

Buah plum pantas untuk dikategorikan sebagai buah mewah. Selain harganya yang mahal, khasiat buah plum dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Di antara manfaat buah plum adalah untuk menjaga kesehatan mata, mengurangi resiko kerusakan hati dan ginjal, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan berat badan, mencegah anemia defisiensi besi.

Selain itu, buah plum juga berperan sebagai penangkal radikal bebas karena kandungan antioksidan, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan otak, menjaga kadar kolesterol, mengurangi kecemasan, mencegah kanker usus besar, menjaga keseimbangan elektrolit, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan rambut.

Oleh karena itu, jika kalian merasakan adanya gangguan kesehatan seperti yang disebutkan di atas, buah plum bisa kalian jadikan alternatif. Meskipun buah ini tidak begitu banyak ditemukan di Indonesia, kalian dapat menemukannya di supermarket terdekat. Pasalnya, buah ini memang jarang ditemukan di pasar tradisional.

Meskipun manfaat buah plum sangat banyak dan baik untuk kesehatan, tetapi mengonsumsi buah plum tetap harus ada batasnya. Mengonsumsi buah plum secara berlebihan bukannya mendatangkan manfaat kesehatan, yang ada justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Kandungan serat yang tinggi di dalam buah plum dapat menyebabkan sembelit, perut kembung, dan diare jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, kamu harus mengonsumsi buah plum secukupnya saja.

Grameds, sebenarnya masih ada beberapa manfaat lain dari buah plum. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Kesempatan kita dalam membahas manfaat buah plum hampir tiba di ujungnya. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia dengan senang hati menyajikan buku-buku terbaik kami untuk menemani kalian meraih hidup sehat dan berwawasan. Yuk Grameds, borong bukunya.

Jika ingin mencari buku buah yang baik bagi kesehatan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Mutiani Eka Astutik

BACA JUGA:

  1. 15 Manfaat Buah Semangka Sebagai Buah Tropis Sumber Antioksidan
  2. 15 Manfaat Buah Naga untuk Tubuh
  3. 10 Manfaat Buah Jeruk yang Perlu Anda Tahu
  4. 10 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan dan Kecantikan
  5. 15 Manfaat Buah Tomat untuk Menjaga Kesehatan Tubuh


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 57 / 63
  • Tidak
    9% 9% 6 / 63


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah