in

Manfaat Jus Sirsak Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Jus Sirsak – Dibandingkan dengan negara-negara Eropa atau Amerika Serikat, Indonesia memiliki lebih banyak jenis buah-buahan. Bagaimana pun, negara kita adalah negara tropis, dimana matahari bersinar hampir sepanjang tahun dan membuat tanah jadi subur dan tanaman apapun bisa tumbuh dengan mudah, termasuk buah-buahan.

Saking beragamnya buah-buahan di Indonesia, ada banyak jenis buah yang hanya bisa ditemukan di negara kita dan beberapa negara Asia lainnya, dan sirsak adalah salah satunya. Bagi orang Indonesia, sirsak jelas bukan jenis buah yang asing. Beda ceritanya kalau kamu nanya sirsak ke orang Eropa, atau Amerika. Jangankan tahu, mereka bahkan belum pernah mendengar nama buah sirsak apalagi mencicipinya.

Sirsak adalah buah tropis. Dari penampilan luar, buah ini sama sekali tidak terlihat menarik. Dengan kulit hijau kehitaman dan tekstur kulit kasar, siapa sangka jika sirsak memiliki daging buah yang lembut di dalam.

Daging buah sirsak berwarna putih, mengandung banyak air, dengan rasa asam manis yang dominan. Sama seperti kebanyakan jenis buah tropis lainnya, sirsak juga memiliki banyak biji. Biji sirsak berwarna hitam dan berjumlah banyak. Biasanya, selain dimakan langsung, sirsak juga dinikmati dalam bentuk jus.

Masalahnya, buah ini kurang begitu populer. Memang hampir semua orang Indonesia pernah mengonsumsi sirsak, itupun biasanya memetik langsung dari pohon dan bukannya membeli.

Alhasil, tidak sedikit orang yang kebingungan dalam membedakan mana buah yang matang dan masih mentah. Alhasil, kebanyakan dari mereka justru memilih buah sirsak mentah yang rasanya asam. Buat kamu yang kebingungan memilih buah sirsak, yuk simak tips berikut ini!

Tips Memilih Buah Sirsak yang Matang

Secara penampilan luar, buah sirsak memang terlihat begitu berbeda dengan buah lainnya. Kalau buah lain warnanya akan berubah jika sudah matang, buah sirsak tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan. Alhasil, mereka yang belum terbiasa dengan buah ini tentu akan mengalami kesulitan dalam membedakan buah yang mentah dan matang. Kalau kamu salah satunya, tips di bawah ini akan menolong kamu!

1. Perhatikan kulit luarnya

Salah satu cara paling mudah untuk membedakan mana buah yang matang dan buah yang masih mentah adalah dengan melihat kulitnya. Biasanya, buah yang matang kulitnya akan berubah warna menjadi lebih gelap atau lebih cerah, bahkan berubah ke warna lain.

Apel mentah misalnya, akan memiliki warna hijau muda. Namun setelah matang, buah apel akan berubah warna menjadi merah. Meski buah sirsak tidak mengalami perubahan warna yang mencolok saat matang, namun buah ini juga mengalami perubahan warna kulit.

Sirsak yang sudah matang warnanya akan berubah jadi hijau tua cenderung gelap. Perubahan lainnya, kulit sirsak juga akan terlihat lebih mengkilap ketika sudah matang.

2. Buah terasa lembek

Selain kulit, cara lain untuk membedakan buah yang sudah matang dan masih mentah adalah dengan teksturnya. Meski tidak semua, namun beberapa buah biasanya akan memiliki tekstur yang lebih lembek ketika mereka sudah matang dan siap untuk dikonsumsi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Hal yang sama juga berlaku untuk buah sirsak. Untuk mengetahui tingkat kematangan buah sirsak, kamu bisa menekan kulit sirsak pelan.

Buah sirsak yang belum matang akan memiliki kulit yang lebih tebal dan terasa keras ketika ditekan. Namun buah sirsak yang sudah matang, memiliki kulit lebih tipis dan terasa lembek ketika ditekan. Selain itu, daging buah yang lembek juga menunjukkan bahwa rasanya manis.

3. Durinya lebih sedikit

Sama seperti durian, sirsak juga memiliki permukaan berduri pada kulitnya. Meski begitu, berbeda dengan duri buah durian yang tajam, duri buah sirsak tidak bisa melukai kulit. Buah sirsak yang mentah biasanya kulitnya dipenuhi dengan duri. Namun ketika matang, duri pada kulit buah akan berkurang banyak.

Selain duri yang berkurang, hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah daging buah sirsak ketika dibuka. Buah sirsak yang matang sempurna memiliki daging berwarna putih dan sari buah yang berlimpah.

Bijinya berwarna hitam pekat dan berbentuk bulat, terlihat begitu kontras dengan warna daging buah yang putih bersih.

Manfaat Jus Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

unsplash.com/Linh Ha

Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, sirsak memang kurang populer. Bukan hanya dikalangan orang asing, bahkan di kalangan orang Indonesia sendiri, buah ini kalah populer dengan jenis buah lain.

Tentu, kita tahu buah sirsak dan pernah melihat buah ini secara langsung. Banyak juga yang pernah mencoba buah sirsak, namun sayangnya hanya sedikit orang yang menyukai buah satu ini.

Kebanyakan orang biasanya tidak menyukai sirsak karena tekstur daging buahnya yang tidak biasa. Padahal, terlepas dari teksturnya, buah sirsak memiliki rasa yang lumayan enak. Bonusnya lagi, buah satu ini juga kaya akan manfaat.

Selain dikonsumsi langsung sebagai buah, sirsak juga sering dibuat jus. Apalagi kandungan air dalam buah sirsak juga berlimpah, membuat buah ini cocok diolah menjadi jus. Sama seperti buahnya, jus sirsak kaya akan manfaat. Berikut beberapa manfaat jus sirsak!

1. Mengandung antibakteri

Selain virus, bakteri juga menjadi salah satu penyebab tubuh terserang penyakit. Kabar baiknya, melindungi diri dari bakteri tidak sesulit melindungi diri dari virus. Pasalnya, berbeda dengan virus yang bisa masuk melalui saluran pernapasan, bakteri justru menempel pada benda-benda disekitar kita.

Ketika kita menyentuh benda-benda tersebut, bakteri itu akan berpindah ke tangan kita hingga akhirnya masuk ke dalam tubuh. Namun, bakteri bisa dengan mudah dihilangkan selama kita rajin mencuci tangan.

Selain mencuci tangan, mengonsumsi jus sirsak juga dapat membantu menyingkirkan bakteri yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh kita. Sirsak sendiri pada dasarnya memiliki sifat antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari bakteri. Cara mendapatkan perlindungan ini mudah, kamu bisa mengonsumsi buah sirsak atau meminumnya sebagai jus.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan bisa dibilang merupakan organ tubuh yang paling rentan. Tugasnya dalam mencerna makanan setiap hari, membuat organ pencernaan rentan mengalami masalah. Mulai dari sembelit hingga sakit perut yang menyiksa.

Kamu yang sering mengalami masalah pencernaan, sirsak mungkin bisa menjadi solusi terbaiknya. Pasalnya sirsak mengandung vitamin C yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, buah ini juga dikenal ampuh membersihkan usus karena buah ini mengandung alkaloid yang dapat menghilangkan parasit di usus. Manfaat lainnya dari alkaloid adalah, mereka dapat membantu meredakan sakit perut.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol menjadi salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Dulu, kolesterol hanya diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia. Namun sekarang, anak muda juga rentan dengan penyakit satu ini.

Apa mau dikata, gaya hidup sehat ditambah pola makan yang berantakan membuat kolesterol jahat atau yang dikenal dengan LDL meningkat. Bahayanya lagi, jika dibiarkan, kolesterol jahat ini akan mengendap di saluran pembuluh darah dan berkerak. Akibatnya saluran darah menyempit dan akhirnya memicu masalah pada jantung.

Dalam sebuah penelitian, rajin mengonsumsi ekstrak maupun jus sirsak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Menurunnya kadar kolesterol jahat otomatis membuat peredaran darah jadi lancar dan membuat kamu terhindar dari berbagai masalah yang berhubungan dengan jantung.

4. Baik untuk kesehatan kulit

Banyak buah dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Buah apel misalnya, dipercaya dapat mencegah penuaan dini karena kandungan antioksidan yang tinggi. Namun disisi lain, hanya sedikit orang yang tahu kalau sirsak juga memiliki manfaat untuk kulit kita.

Seperti yang kamu tahu, sirsak mengandung air dalam jumlah banyak. Mengkonsumsi sirsak dapat membantu tubuh, termasuk juga kulit tetap terhidrasi. Selain itu, sama seperti buah apel, sirsak juga mengandung antioksidan. Antioksidan yang terkandung dalam sirsak dapat membantu mengatasi masalah penuaan seperti kerutan halus, dan juga bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

5. Melindungi dari kanker

Satu tingkat lebih berbahaya dari kolesterol jahat, kanker adalah mimpi buruk bagi semua orang. Bagaimana tidak, kanker merupakan salah satu penyakit dengan tingkat kesembuhan yang rendah, apalagi jika stadiumnya sudah tinggi, harapan untuk sembuh juga akan semakin menipis.

Untungnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri dari kanker. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sirsak. Sirsak sendiri dipercaya dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara dan kanker prostat.

Buah ini mengandung senyawa Annonaceous acetogenins yang dipercaya dapat mencegah kanker dengan memotong sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Meski begitu, manfaat sirsak untuk pengobatan kanker masih harus melewati beberapa penelitian untuk memastikan hasilnya.

Efek Samping Mengkonsumsi Sirsak Bagi Tubuh

unsplash.com/Adrian Swancar

Hampir semua makanan yang masuk ke dalam tubuh kita memiliki dua sisi yang berbeda, manfaat dan juga efek samping. Meski begitu, efek samping yang muncul biasanya disebabkan oleh konsumsi yang berlebihan. Aturan yang sama juga berlaku saat kamu mengonsumsi sirsak.

Sama seperti semua jenis buah lainnya, sirsak mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Meski begitu, jika konsumsinya berlebihan, manfaat yang ada akan berubah jadi ancaman untuk tubuh dan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Jadi, apa saja efek samping yang akan kita rasakan jika terlalu banyak mengonsumsi sirsak?

1. Menyebabkan tekanan darah rendah

Bukan hanya darah tinggi, tekanan darah rendah juga menjadi masalah yang dialami oleh banyak orang, terutama mereka yang punya badan kurus. Tekanan darah rendah sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kurangnya konsumsi makanan sehat. Akibatnya, tekanan darah menurun dan membuat tubuh jadi lemas, pusing, dan mudah merasa lelah.

Nah, kalau kamu merupakan salah satu orang yang punya penyakit anemia atau tekanan darah rendah, maka sirsak bukan jenis buah yang disarankan untukmu. Kamu tentu boleh mengonsumsi sirsak, hanya saja jangan mengonsumsinya terlalu banyak. Pasalnya, sirsak dapat menurunkan tekanan darah. Bagi mereka yang punya hipertensi, hal ini jelas merupakan kabar baik.

Namun, beda ceritanya kalau yang kamu derita adalah anemia. Mengkonsumsi sirsak hanya akan membuat tekanan darah yang sudah rendah jadi semakin menurun. Akibatnya, gejala anemia yang muncul akan semakin parah.

2. Berinteraksi dengan obat anti-depresan

Beberapa tahun belakangan, masalah kesehatan mental menjadi hal yang perlu diperhatikan. Tekanan hidup, beban yang semakin berat, ditambah berbagai masalah yang muncul, membuat banyak orang, termasuk anak muda rentan mengalami berbagai masalah kesehatan mental seperti stres dan depresi.

Untuk mengatasi hal ini, tidak sedikit orang yang berkonsultasi dengan psikolog dan meminum obat anti-depresan. Sayangnya, sama seperti orang dengan tekanan darah rendah, mereka yang mengonsumsi obat-obatan anti-depresan juga tidak disarankan untuk mengonsumsi sirsak terlalu banyak.

Pasalnya, kandungan yang ada dalam sirsak akan mempengaruhi obat-obatan yang kamu minum dan membuat obat anti-depresan jadi tidak berfungsi secara maksimal. Hal ini dikhawatirkan dapat membuat depresi kamu kambuh kembali. Jadi, daripada hal itu terjadi, akan lebih baik kalau kamu mengonsumsi buah jenis lain yang aman untukmu.

3. Infeksi

Sirsak memang dapat membantu mencegah kanker, sayangnya disisi lain, buah satu ini juga dapat menyebabkan infeksi. Namun, kamu tidak perlu panik, efek buruk mengonsumsi sirsak ini baru akan muncul jika kamu mengonsumsi sirsak terlalu banyak.

Berbeda dengan kebanyakan infeksi yang disebabkan oleh virus, kuman, dan bakteri, mengonsumsi sirsak terlalu banyak dapat menyebabkan infeksi jamur di dalam tubuh.

4. Beresiko buruk bagi penderita Parkinson

Selain tidak baik untuk orang anemia dan orang dengan masalah mental, sirsak juga bukan buah yang tepat untuk dikonsumsi oleh mereka yang punya penyakit Parkinson. Buat kamu yang belum tahu, Parkinson adalah penyakit yang menyerang sistem saraf pada otak sehingga membuat penderitanya kesulitan dalam mengontrol gerakan tubuh.

Kebanyakan penyakit ini menyerang orang-orang lanjut usia dan ditandai dengan tremor, otot yang terasa kaku, hingga gerakan yang tidak terkoordinasi. Selain menyerang orang tua, Parkinson juga paling banyak menyerang kaum perempuan.

Apesnya, sirsak dapat memperburuk gejala penyakit Parkinson, sehingga orang yang memiliki penyakit ini disarankan untuk menghindari buah sirsak agar penyakitnya tidak jadi semakin parah.

5. Gangguan kardiovaskular

Sama berbahayanya dengan kanker, jantung juga dikenal dengan reputasinya sebagai penyakit dengan tingkat kematian yang tinggi. Bagaimana tidak, menurut data badan kesehatan dunia, setiap tahunnya ada 17,6 juta orang meninggal karena penyakit ini.

Orang dengan masalah jantung harus sangat berhati-hati. Mereka harus hati-hati dalam mengonsumsi makanan, orang dengan penyakit jantung juga harus ekstra hati-hati dalam beraktivitas. Selain itu, mereka juga sebaiknya harus menghindari buah sirsak. Buah atau ini terkenal dapat memberikan efek depresi pada tubuh, dan hal ini dapat memperburuk kondisi jantung yang memang sudah rentan.

Buah sirsak memang bukan buah favorit banyak orang, bahkan untuk orang Indonesia sekalipun, buah ini kurang begitu disukai. Entah karena bentuknya yang aneh dan membuat banyak orang sangsi, atau karena tekstur daging buahnya yang aneh dan lembek. Namun dibalik penampilan luar dan tekstur dagingnya yang berair, buah sirsak menyimpan banyak manfaat yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Dengan mengonsumsi sirsak, kamu bukan hanya membantu memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh, tapi juga melindungi tubuh dari banyak ancaman penyakit berbahaya. Meski begitu, kamu juga harus ingat untuk tidak mengonsumsi buah sirsak secara berlebihan karena dapat memberikan efek samping yang cukup berbahaya. Selain itu, buah satu ini juga tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang. Mereka dengan riwayat penyakit tertentu justru harus menghindari buah ini agar kondisinya tidak jadi semakin buruk.

Demikian pembahasan tentang, manfaat buah sirsak dan juga efek sampingnya. Semoga semua pembahasan di atas menambah wawasan kamu. Untuk Grameds yang sedang mencari informasi seputar buah-buahan, kamu bisa mengunjungi gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan produk terbaik dan terbaru untuk Grameds, supaya kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Marliah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah