in

15 Manfaat Buah Mengkudu Yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Buah Mengkudu – Apakah Grameds pernah mendengar nama buah mengkudu sebelumnya? Buah mengkudu atau yang kerap dikenal buah noni merupakan buah tropis yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Meski memiliki rasa yang pahit, manfaat buah mengkudu sebagai obat herbal tak perlu diragukan lagi. Buah mengkudu mampu mengobati berbagai penyakit dan cukup populer sebagai obat herbal beserta suplemen.

Buah berwarna hijau ini ternyata kaya akan antioksidan, seperti saponin dan flavonoid. Berbagai zat tersebut memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Buah mengkudu yang ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara merupakan bagian dari spesies keluarga kopi.

Buah mengkudu yang berwarna hijau mengilap dan memiliki totol putih ini mampu tumbuh hingga ketinggian 4-8 meter. Tak semua orang menyukai buah mengkudu ini karena daging buahnya memiliki tekstur lembek dan berbau tajam.

Buah yang kerap dikenal sebagai buah noni ini menawarkan berbagai manfaat, mulai dari perlindungan fungsi hati, mengontrol gula darah, pemeliharaan kesehatan jantung, dan masih banyak lagi. Jus buah mengkudu diketahui memiliki potensi antioksidan yang tinggi untuk penyembuhan luka dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Buah mengkudu dengan nama latin Morinda citrifolia memiliki kekuatan penyembuhan alami yang telah dipercaya selama ribuan tahun. Buah yang tergolong dalam famili Rubiaceae ini dikenal dengan berbagai nama berbeda.

Buah mengkudu disebut dengan nama keumeudee di wilayah Aceh. Kemudian buah dengan totol putih ini dikenal dengan nama pace, kemudu, dan kudu di daerah Jawa. Nama lain untuk tanaman ini di antaranya ialah cangkudu, kodhuk, tibah, nano, nonu, dan ungcoikan.

Asal-usul buah berwarna hijau ini tidak telepas dengan keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di Kepulauan Samudera Pasifik. Buah mengkudu memiliki ciri batang berkayu, bunga majemuk, daun tunggal, dan buah bonggol dengan permukaan tidak teratur.

Buah mengkudu yang berwarna hijau kekuningan tergolong sebagai spesies tanaman dengan nilai ekonomis. Masyarakat Indonesia lebih mengenal varietas Morinda citrifolia dengan buah berukuran relatif besar dan memiliki penyebaran yang luas.

Buah mengkudu yang dikenal sebagai “ratu tumbuhan” dapat tumbuh secara liar di hutan, tegalan, pinggiran sungai, dan pekarangan rumah. Buah yang satu ini tumbuh subur di berbagai tipe lahan dengan kelembapan 50-70%.

Umumnya tanaman daerah tropis ini tidak memerlukan biaya yang besar untuk pengembangan. Buah mengkudu yang kaya akan berbagai ramuan pengobatan hanya membutuhkan tempat lembap disertai tanah ber-drainase baik.

Mengonsumsi buah mengkudu memang mampu menjadi alternatif alami untuk mencegah berbagai penyakit. Sebenarnya apa saja kandungan buah mengkudu sehingga baik dikonsumsi oleh tubuh? Berikut ini penjelasan tentang kandungan nutrisi dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh yang perlu Grameds ketahui.

Kandungan Nutrisi Buah Mengkudu

Sebagai salah satu jenis buah tropis, buah mengkudu yang dengan nama latin Morinda citrifolia ini memiliki banyak kandungan nutrisi. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui kandungan nutrisi buah mengkudu dalam 100 gram.

  • 89,10% air
  • 2,90% protein
  • 0,60% lemak
  • 395,83 IU vitamin A
  • 175 miligram vitamin C
  • 175 miligram niasin
  • 2,20% karbohidrat
  • 3% serat
  • 1,20% abu
  • 167 kalori
  • 2,50 miligram tiamin
  • 0,33 miligram riboflavin
  • 9,17 miligram zat besi
  • 325 miligram kalsium
  • 37 miligram fosfor
  • 1,12 miligram kalium

tombol beli buku

Manfaat Buah Mengkudu

Buah mengkudu sebagai makanan dan pengobatan herbal mengandung komponen serat makan (dietary fiber) yang cukup tinggi. Kemudian buah mengkudu yang kerap disebut sebagai buah noni mengandung berbagai senyawa metabolit sekunder dengan berbagai manfaat kesehatan. Berikut ini rincian manfaat buah mengkudu yang bisa Grameds dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin.

1. Mengurangi Kejang Otot

Buah mengkudu dengan nama latin Morinda citrifolia ternyata bermanfaat untuk membantu mengurangi kejang otot. Grameds akan mendapatkan efek relaksasi pada otot saat mengonsumsi buah mengkudu secara rutin.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah mengkudu memiliki sifat antispasmodik yang dapat menekan kejang otot dan menenangkan rasa sakit. Kejang otot yang disebabkan oleh blokade saluran kalsium akan menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi terkait dengan kejang tersebut dapat diobati dengan mengonsumsi buah mengkudu.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Kandungan nutrisi dalam buah mengkudu terbukti ampuh untuk membantu melindungi kesehatan jantung. Buah mengkudu dapat menenangkan sel-sel otot polos dengan memberikan efek pelebaran pembuluh darah.

Dengan mengonsumsi olahan mengkudu, aliran darah yang dihasilkan akan lebih baik lagi. Buah mengkudu memberikan efek vasodilatasi yang dapat membantu mengatur tekanan darah sehingga kesehatan jantung lebih terjaga.

3. Menghilangkan Kelelahan

Spesies tanaman dengan nilai ekonomis ini bermanfaat untuk membantu menghilangkan rasa lelah. Khasiat buah mengkudu telah dikenal luas oleh orang Polinesia untuk memerangi kelemahan tubuh, meningkatkan kualitas hidup, dan meningkatkan energi.

Grameds bisa mengonsumsi olahan buah mengkudu sebagai jus untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. Jus buah mengkudu menunjukkan kualitasnya untuk membantu meningkatkan elastisitas, toleransi, dan kinerja fisik secara keseluruhan.

4. Melindungi Organ Hati

Buah mengkudu yang kaya akan nutrisi baik dipercaya mampu membantu melindungi organ hati. Ratu tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis ini dikenal efektif dalam melindungi penyakit hati.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah mengkudu atau buah noni melatih efek hepato-protektif yang dapat melindungi organ hati dari paparan bahan kimia eksogen kronis. Kandungan nutrisi buah mengkudu dapat melawan penyakit utama seperti kerusakan hati.

5. Kualitas Antipsikotik

Selain bermanfaat untuk melindungi organ hati, buah mengkudu ternyata memiliki kualitas antipsikotik. Secara historis, buah mengkudu dipercaya ampuh untuk mengurangi keparahan berbagai penyakit termasuk gangguan sistem saraf pusat.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa efek antipsikotik buah mengkudu menunjukkan peningkatan yang signifikan untuk digunakan dalam penyembuhan gangguan mental. Buah bonggol dengan totol putih ini memiliki efek terapeutik pada kerusakan otak yang disebabkan oleh kekuatan penyembuhan komponen kimia alami. Kandungan nutrisi buah mengkudu diyakini mampu membantu mencegah stres iskemik serebral.

6. Meredakan Nyeri Arthritis

Buah mengkudu sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat berguna untuk membantu meredakan nyeri arthritis, lho Grameds. Buah mengkudu yang termasuk dalam famili Rubiaceae memiliki kekuatan penyembuhan cukup ampuh dalam kondisi peradangan seperti radang sendi.

Sebuah evaluasi ilmiah mengungkapkan bahwa buah mengkudu memiliki sifat analgesik yang dapat mengurangi rasa sakit dan sensitivitas. Sifat tersebut dinilai baik untuk mengurangi kerusakan sendi dalam kondisi nyeri arthritis. Kemudian sebuah penelitian menunjukkan khasiat buah mengkudu ternyata setara dengan obat analgesik yang dijual di pasaran.

tombol beli buku

7. Agen Antioksidan

Keberadaan buah mengkudu yang tidak terlepas dari bangsa Polinesia ternyata memiliki manfaat sebagai agen antioksidan. Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa buah mengkudu yang identik dengan totol putih ini memiliki potensi antioksidatif luar biasa.

Buah mengkudu bekerja mencari radikal bebas oksigen dan membantu menetralkan efek negatifnya. Mengonsumsi buah mengkudu dapat memberikan efek perlindungan penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif.

8. Meredakan Gejala Asam Urat

Buah mengkudu dengan nama latin Morinda citrifolia berkhasiat untuk meredakan gejala asam urat. Efek terapeutik buah mengkudu mampu menyembuhkan penyakit asam urat.

Efektivitas tersebut terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh tindakan penghambatan enzim xanthine oxidase dalam asam urat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah mengkudu mendukung efek kuratif yang telah dipraktikkan selama ribuan tahun.

9. Membantu Meningkatkan Fungsi Memori

Buah mengkudu dengan ciri batang berkayu memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan fungsi memori. Buah mengkudu memiliki kandungan nutrisi baik yang dapat memberikan efek perlindungan dalam menyembuhkan masalah gangguan memori.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah mengkudu dapat mendorong aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan fungsi memori yang lemah. Untuk itu Grameds disarankan mengonsumsi buah mengkudu secara rutin demi mendapatkan manfaat yang satu ini.

10. Mengontrol Diabetes

Buah bonggol dengan permukaan tidak teratur ini bermanfaat untuk membantu mengontrol diabetes. Penderita diabetes dapat mengambil manfaat mengkudu untuk mengontrol diabetes dengan mengonsumsinya secara rutin.

Buah dengan nama latin Morinda citrifolia ini telah menunjukkan efektivitasnya sebagai ramuan obat yang membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Kamu bisa mengonsumsi buah mengkudu secara rutin untuk membuktikan manfaatnya dalam mengurangi tingkat hemoglobin glikosilasi, kolestrol lipoprotein, dan trigliserida serum.

Kemudian Grameds bisa merasakan manfaat buah mengkudu untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, buah mengkudu mendatangkan manfaat untuk merangsang penyerapan glukosa.

11. Perawatan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah mengkudu juga membantu menjaga kulit agar tetap sehat. Buah mengkudu kerap dianggap sebagai buah yang dapat memberikan bantuan alami dalam hal perawatan kulit dan kecantikan.

Buah mengkudu yang tumbuh subur di daerah tropis kaya akan konstituen kimia pelindung antrakuinon yang mampu memberikan efek stimulasi kolagen. Selain itu, konstituen kimia tersebut juga dipercaya bagus untuk mencegah pembentukan kerutan pada kulit.

Buah mengkudu dengan sifat antibakteri dan antiinflamasi bekerja efektif untuk menyembuhkan berbagai gangguan kulit, seperti luka bakar, jerawat, gatal-gatal holistik, dan reaksi alergi kulit. Asam lemak esensial dalam buah mengkudu yang berwarna hijau kekuningan ini mendukung fungsi membran sel secara efisien.

Kandungan nutrisi dalam buah mengkudu cenderung efektif untuk menormalkan sel-sel abnormal. Kemudian buah mengkudu memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk membantu memulihkan kulit agar tampak muda dan sehat.

12. Mengobati Masalah Lambung

Buah mengkudu dengan tekstur lembek dan berbau tajam ini ternyata terbukti ampuh untuk mengobati masalah lambung. Buah mengkudu sebagai buah tropis bekerja efektif pada proses pengosongan lambung di mana makanan keluar dari lambung dan masuk ke duodenum (usus dua belas jari).

Kandungan fitonutrien pada buah mengkudu dapat menunda pengosongan lambung dan memperlambat pencernaan. Buah mengkudu juga dipercaya mampu merangsang pelepadan enzim pencernaan.

13. Mempercepat Penyembuhan

Kandungan nutrisi dalam buah mengkudu bekerja efektif untuk mempercepat proses penyembuhan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah mengkudu memiliki sifat penyembuhan untuk peningkatkan berat jaringan granulasi, hidroksiprolin, kandungan protein, dan fungsi kolagen.

Buah mengkudu dengan bunga majemuk berkhasiat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan nutrisi buah tersebut dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh sehingga proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

tombol beli buku

14. Meningkatkan Imunitas

Buah mengkudu atau buah noni bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Buah mengkudu sebagai obat herbal memiliki nilai efektivitas tinggi untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh polisakarida.

Keberadaan buah mengkudu memiliki kandungan scopoletin dengan sifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antihistamin, dan antimutagenik. Kandungan tersebut berkontribusi secara signifikan dalam mempertahankan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

15. Menurunkan Kolestrol

Rutin mengonsumsi buah mengkudu ternyata mendatangkan manfaat untuk menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh. Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa buah mengkudu terbukti efektif untuk mengurangi kolestrol total.

Selain itu, kandungan nutrisi dalam buah mengkudu ampuh untuk meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi sebagai bentuk kolestrol baik. Kemudian buah mengkudu memiliki kandungan nutrisi yang baik dalam mengurangi lipoprotein densitas rendah sebagai bentuk kolestrol buruk.

Rekomendasi Buku dan Artikel Tentang Manfaat Buah

Nah Grameds, itulah beragam manfaat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh dan perawatan kulit. Grameds bisa mendapatkan manfaat buah mengkudu secara tepat sesuai dengan kebutuhan, ya.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila