in

Fakta-Fakta Apel Fuji dan Berbagai Manfaat Penting yang Harus Kamu Tahu!

Apel bisa dibilang merupakan salah satu buah yang populer dan hadir dalam berbagai jenis, salah satu jenisnya yang sangat disukai banyak orang adalah apel fuji. Apel fuji dikenal sebagai apel dengan ukuran cukup besar dengan cita rasa manis yang nikmat. Selain itu, apel ini juga memiliki memiliki tekstur keras, segar, cukup berair, dan warna kulit merah kekuning-kuningan.

Pada artikel kali ini akan membahas berbagai fakta-fakta apel fuji, mulai dari kandungan kalorinya hingga beragam manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Yuk, baca artikelnya sampai selesai, ya!

Mengenal Apel Fuji

pixabay

Mendengar namanya saja, kamu tentu bisa menebak asal negara ini, namun hal itu tidak sepenuhnya benar, loh. Apel fuji merupakan salah satu buah yang banyak diimpor ke Indonesia oleh Tiongkok. Hal ini dikarenakan harga apel fuji hasil impor dari Tiongkok jauh lebih murah daripada negara lainnya. Di Indonesia, harga apel fuji 1 kg berkisar antara 23 sampai 25 ribu Rupiah saja.

Bagi kamu yang suka dengan apel fuji, kamu bisa mencoba menanam sendiri di rumah. Sama seperti buah lainnya, bibit apel fuji bisa didapatkan dari bijinya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menanam biji apel, yakni kamu harus memperhatikan perawatan biji.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjemur biji di bawah sinar matahari. Selanjutnya, kamu dapat masukan biji apel fuji kering ke dalam wadah tertutup. Kemudian, dinginkan biji apel fuji dalam kulkas menjadi kecambah.

Pada saat bibit apel fuji sudah siap ditanam, langkah berikutnya yang harus dilakukan untuk menanam pohon apel fuji yakni dengan memasukan pucuk apel ke dalam pot. Isilah pot itu dengan tanah gambut yang mempunyai pH netral. Selanjutnya, beri kompos dalam pot tersebut dengan perbandingan 2 (pupuk): 1 (tanah). Setelah selesai, lakukan perawatan pohon dengan memberi air dan cahaya matahari secukupnya.

Fakta-Fakta Apel Fuji

pixabay

Apel fuji merupakan varian apel yang cukup banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Apel jenis ini juga sering direkomendasikan oleh para ahli gizi atau nutrisi sebagai pendamping program diet. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta apel fuji yang perlu Grameds ketahui.

1. Apel Fuji Sudah Ada Sejak 1930-an

Apel fuji ternyata salah satu varian apel yang sudah ada sejak akhir 1930-an. Sesuai namanya, apel ini merupakan hasil penyerbukan silang varietas Red Delicious dan Virginia Ralls Janet yang dilakukan di negeri sakura, Jepang.

Apel fuji dapat ditandai perbedaan dengan jenis apel dengan cara melihat kulitnya. Kulit apel fuji memiliki warna merah kekuning-kuningan yang mengelilingi daging putih krem. Selain itu, apel fuji juga terkenal dengan rasa manis madu, rasa asam yang rendah, dan renyah saat dimakan.

2. Apel Fuji Mulai Dipasarkan Pada 1960-an

Setelah mulai dikembangkan pada akhir 1930-an, apel fuji baru benar-benar dipasarkan untuk pasar banyak orang tepat pada tahun 1962. Semenjak dipasarkan, apel fuji mendapat sambutan yang sangat baik dari pasar dunia.

3. Bibit Apel Fuji Bukan dari Jepang

Pada tahun 1980-an, apel fuji akhirnya sampai tanah asalnya yakni Amerika Serikat. Meskipun memiliki beberapa ciri khas dari Jepang, tetapi apel ini merupakan hasil penyerbukan dua apel yang berasal dari Amerika Serikat, yaitu Red Delicious dan Virginia Ralls Janet, sehingga merupakan apel asal Amerika. Menariknya, hanya petani Jepang saja yang waktu itu berhasil mengawinkannya, sehingga menghasilkan apel fuji.

4. Asal Usul Nama Fuji

Sesuai namanya, nama apel fuji seharusnya diambil dari salah satu gunung fenomenal Jepang, Gunung Fuji. Namun, sebenarnya nama fuji ternyata diambil dari salah satu kota di Jepang yang menjadi tempat pengembangan pertamanya, yaitu Fujisaki.

5. Apel Fuji Memiliki Masa Simpan yang Panjang

Selain memiliki ukuran yang besar dan rasa manis yang nikmat, apel fuji juga memiliki masa simpan yang panjang. Apabila apel fuji disimpan di lemari es, maka buah ini dapat bertahan hingga tiga bulan. Bahkan, apabila apel fuji yang disimpan di freezer tidak akan berubah bentuk maupun rasanya.

6. Apel Fuji Memiliki Harga yang Mahal

Apel fuji memiliki harga yang tergolong mahal. Alasannya, iklim negeri Jepang sendiri sebetulnya tidak cocok untuk menanam apel. Alhasil, setiap buah apel yang tumbuh di Jepang harus dibungkus dengan plastik saat masih di Pohon. Hal ini yang menjadi salah satu faktor apel fuji masuk dalam daftar apel dengan harga mahal di Indonesia.

7. Apel Fuji Banyak Dibudidayakan di Amerika Serikat

Meskipun pada awalnya dikembangkan di Jepang, tetapi apel fuji saat ini malah lebih banyak dikembangkan di Washington, Amerika Serikat. Apel ini memiliki musim panen di antara bulan September hingga bulan Oktober setiap tahunnya dengan suhu yang cukup dingin. Sementara itu, apel fuji terbaik yang dibudidayakan di Jepang dapat dipanen mulai bulan April sampai bulan November setiap tahun.

8. Apel Fuji Mengandung Gula yang Tinggi

Selain bisa memiliki ukuran yang sangat besar, apel fuji juga terkenal dengan rasa manisnya yang sangat nikmat. Rasa manis pada apel ini dikarenakan ada kandungan gula sekitar 14 gram gula per 100 gramnya. Tak heran, banyak orang yang memakan buah apel ini dengan campuran teh maupun jeli.

9. Apel Fuji Cocok untuk Cemilan Malam

Sebagai salah satu menu makanan yang direkomendasikan para ahli nutrisi untuk diet, apel fuji sangat cocok untuk menjadi teman makan ketika kamu lapar di malam hari. Apel fuji memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga cukup efektif untuk mencegah kenaikan gula darah.

Apel fuji juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Ditambah lagi, kandungan nutrisi pada apel fuji ini bisa meningkatkan kualitas tidur karena dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak.

10. Apel Fuji Kaya akan Nutrisi

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang tersimpan dalam apel fuji, mulai dari pektin, vitamin C, hingga kalori yang rendah. Menurut Critical Reviews in Food Science and Nutrition, pektin sendiri merupakan polisakarida yang penting dengan aplikasi dalam makanan, obat-obatan, dan sejumlah industri lainnya.

Sementara itu, satu porsi apel fuji dengan ukuran besar menyimpan vitamin C sekitar 15% untuk kebutuhan tubuh. Selain vitamin C sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh, apel fuji juga sangat cocok untuk menjadi teman program penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan setiap 100 gram apel fuji diketahui hanya memiliki 69 kkal.

Kandungan Nutrisi dalam Apel Fuji

Dengan ukuran yang besar dan rasa manis madu yang lezat serta kalori yang rendah, apel fuji menyimpan banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki apel fuji, di antaranya yaitu:

  • Karbohidrat: 16.59 gram
  • Serat: 2.3 gram
  • Vitamin B6: 0.049 miligram
  • Vitamin B2: 0.028 miligram
  • Vitamin E: 0.2 miligram
  • Kalium: 119 miligram
  • Fosforus: 14 miligram
  • Mangan: 0.034 miligram
  • Zat besi: 0.11 miligram
  • Tembaga: 0.027 miligram
  • Apel fuji juga mengandung vitamin C, flavonoid, polifenol, dan bioflavonoid yang tinggi.

Mencermati kandungan berbagai nutrisi yang baik di dalam apel fuji, tak heran apabila buah ini dikenal sebagai sangat bermanfaat apel fuji bagi kesehatan. Banyak orang yang lebih memilih makan apel fuji tanpa mengupas kulitnya. Hal ini dikarenakan kulit dari apel fuji sendiri menyimpan serat dan polifenol yang baik saat diserap oleh tubuh.

Manfaat Apel Fuji Bagi Kesehatan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, adanya kandungan serat, vitamin, flavonoid yang tinggi di dalam apel fuji dapat membantu meningkatkan kesehatan setiap hari. Selain itu, kalori dan kandungan nutrisi yang terdapat dalam apel fuji bisa menjadi salah satu solusi untuk mencegah dari berbagai penyakit. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat apel fuji untuk kesehatan yang harus kamu perhatikan, antara lain yaitu:

1. Mengendalikan berat badan

Obesitas atau berat badan berlebih merupakan masalah kesehatan yang dapat meningkatkan risiko penyakit seperti jantung, diabetes, hingga stroke. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan adalah menjaga pola hidup sehat, misalnya mengonsumsi makanan kaya serat, salah satunya apel fuji.

Para ahli mengatakan bahwa dengan makan apel, termasuk apel fuji dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan kandungan kalori yang terdapat dalam apel fuji tergolong rendah, tetapi mengandung serat tinggi. Tak heran, apabila apel fuji menjadi solusi bagi banyak orang ketika menjalankan program penurunan berat badan atau diet.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat yang bisa diberikan oleh apel fuji bagi kesehatan selanjutnya adalah mencegah penyakit gangguan pencernaan. Apel segar sering kali tidak dapat larut dalam usus kecil, tetapi akan secara langsung menuju usus besar untuk memberikan nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Selain itu, kulit apel fuji juga memiliki kandungan pektin yang sangat bermanfaat sebagai sumber probiotik yang baik bagi usus Anda. Maka dari itu, memakan apel fuji setiap hari secara rutin dapat menjaga kelancaran fungsi pencernaan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Apel fuji sendiri memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini merupakan salah satu kandungan antioksidan yang bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila kamu memakan apel fuji tanpa membuang kulitnya, maka kamu akan mendapat manfaat apel fuji secara lebih maksimal, yakni sebagai salah satu cara mengurangi peradangan.

Kulit yang terdapat pada apel fuji sendiri mengandung antioksidan berupa quercetin. Quercetin ini akan cukup efektif untuk menghindarkan kamu dari paparan infeksi. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan juga bisa bermanfaat untuk mempercepat proses pemulihan penyakit yang diderita oleh manusia.

4. Menyehatkan jantung

Manfaat penting lain yang diberikan apel fuji bagi kesehatan adalah memelihara kesehatan jantung. Dengan memakan apel fuji secara rutin, maka kamu bisa memiliki jantung yang lebih sehat. Hal ini dikarenakan apel fuji memiliki kandungan serat dan kalium yang baik untuk membantu mengendalikan tekanan darah sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Ditambah lagi, adanya kandungan vitamin C alias antioksidan dalam apel fuji juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung kamu.

5. Mencegah kekambuhan asma

Salah satu penyebab utama penyakit asma kambuh yaitu adanya pembengkakan pada membran dan sel yang bisa berdampak fatal. Dengan mengonsumsi apel, termasuk apel fuji, seseorang penderita asma dapat meminimalisasi risiko kambuhnya asma. Apel fuji sendiri menyimpan nutrisi yang bagus sebagai anti peradangan sekaligus berbagai nutrisi lain yang baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Mengurangi risiko diabetes

Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa dengan makan apel dapat membantu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Meskipun memiliki rasa manis madu yang nikmat, apel fuji memiliki kandungan serat yang baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, adanya kandungan polifenol yang terdapat di dalam buah apel bisa meningkatkan pencegahan kerusakan kelenjar pankreas secara lebih lanjut pada penderita diabetes tipe 2.

7. Meningkatkan kinerja otak

Menurut hasil riset yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition Experimental mengatakan bahwa quercetin atau suatu jenis antioksidan yang terdapat dalam buah apel bisa membantu mengurangi sel mati penyebab penurunan kinerja otak. Selain itu, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan memakan buah apel bisa meningkatkan produksi neurotransmitter asetilkolin esensial pada otak sehingga memiliki kemampuan daya ingat menjadi lebih meningkat. Maka dari itu, mengonsumsi apel secara rutin bisa menjadi salah satu usaha agar terhindar dari risiko penyakit Alzheimer.

8. Mencegah batu empedu

Penyakit lain yang bisa dicegah dengan mengonsumsi apel fuji setiap hari secara rutin yakni batu empedu. Batu empedu adalah suatu penyakit yang terbentuk karena kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah batu empedu terbentuk, yakni dengan cara mengonsumsi makanan tinggi serat, salah satunya yaitu serat dari apel fuji. Apel fuji sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol. Alhasil, penyakit batu empedu dapat dicegah dengan menurunnya kadar kolesterol.

9. Menangkal radikal bebas

Sebagai salah satu buah atau makanan yang menyimpan kandungan banyak antioksidan, seperti quercetin, katekin, phloridzin, dan asam klorogenik. Antioksidan dalam apel fuji memiliki peran dalam upaya menjaga kesehatan tubuh, terutama fungsinya sebagai salah satu penangkal efek buruk radikal bebas.

Radikal bebas merupakan suatu molekul reaktif yang bisa menumpuk akibat proses alami dan paparan lingkungan. Apabila tubuh terlalu banyak mendapatkan radikal bebas, maka tubuh akan mengalami stres oksidatif. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko kerusakan sel.

Kerusakan sel ini yang kemudian akan berkontribusi terhadap berbagai kondisi kesehatan, mulai dari diabetes hingga kanker. Maka dari itu, peran apel fuji sebagai penetral sifat reaktif dari radikal bebas sangat berpengaruh untuk mencegah rusaknya sel-sel dalam tubuh.

10. Mencegah pertumbuhan kanker

Manfaat apel fuji yang terakhir adalah sebagai pencegah pertumbuhan kanker. Apel fuji diketahui memiliki kandungan beragam senyawa antioksidan serta antiradang. Kedua senyawa ini bisa sangat berperan untuk menjadi fungsi antikanker bagi tubuh.

Sebuah riset yang dilakukan pada 2016 menghasilkan bahwa dengan mengonsumsi apel secara rutin, maka tubuh manusia dapat menurunkan dari berbagai risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar, dan lain sebagainya. Apel fuji yang diketahui memiliki cita rasa yang nikmat dengan tekstur yang enak bisa menjadi salah satu pilihan untuk selalu meningkatkan kesehatan tubuh setiap hari.

Itulah fakta-fakta apel fuji yang menarik untuk kamu ketahui. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang fakta-fakta apel fuji dan buah-buahan lainnya, dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

Rujukan:

  • https://www.orami.co.id/magazine/apel-fuji
  • https://superapp.id/blog/lifestyle/apel-fuji/
  • https://www.sehatq.com/artikel/informasi-seputar-kalori-apel-fuji-dan-manfaatnya-bagi-tubuh
  • https://www.gramedia.com/products/conf-40-resep-kreatif-olahan-avokad-buah-eksotis-untuk-kesehatan-jantung?queryID=bd40c329b3e1488d41482c19ca59e65f

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy