in

15 Manfaat Buah Tomat untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Tomat – Apakah Grameds termasuk penggemar buah tomat? Jika iya, kamu termasuk salah satu orang yang beruntung karena buah ini memiliki kandungan gizi melimpah. Selain itu, tomat merupakan buah yang memiliki dampak positif bagi kesehatan.

Tak hanya enak dan sehat disantap, tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Buah berwarna merah atau hijau ini merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga Solanaceae.

Tomat kerap digunakan dalam berbagai olahan, seperti pizaa, jus, dan saus tomat. Buah yang kaya akan kandungan gizi ini dipercaya dapat menjadi solusi kecantikan kulit, meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki keseimbangan cairan, hingga mencegah penuaan dini.

Buah tomat dengan nama latin Solanum lycopersium L merupakan tanaman yang berasal dari benua Amerika. Tomat tergolong sebagai tanaman herba semusim dengan tinggi mencapai 2,5 meter.

Buah tomat kerap ditanam di pekarangan, ladang, atau ditemukan secara liar pada ketinggian 1-1.600 mdpl. Tanaman tomat biasanya tumbuh tegak atau bersandar dengan tanaman lain. Selain itu, tanaman tomat bercabang banyak dan memiliki bau yang cukup kuat.

Tomat memiliki nama yang berbeda-beda di setiap wilayah tanah air. Di daerah Sumatera, tomat dikenal dengan nama reteng, cung asam, dan terong kaluwat. Kemudian di daerah pulau Jawa, tomat kerap disebut sebagai kemir, ranti bali, ranti gendel, ranti kenong, leunca komir, rante, rante raja, dan terong sabrang.

Sementara di daerah Sulawesi, tomat akrab disapa kamantes, samatet, samate, temantes, antes, tamato, komantes, tamati, dan tomate. Tanaman tomat terdiri dari biji, akar, batang, daun, bunga, dan buah berdasarkan morfologinya.

Tanaman tomat memiliki akar tunggang dengan akar samping yang dangkal dan banyak. Buah tomat tergolong produk holtikultura yang menyehatkan, berpotensi, dan memiliki prospek pasar cukup menjanjikan.

Secara umum, tomat merupakan tanaman setahun atau annual yang hanya memiliki satu kali periode panen. Bentuk buah tomat sangat beragam, ada yang bulat, bulat pipih, keriting, hingga seperti bola lampu.

Kemudian secara keseluruhan, buah tomat memiliki daging dengan kandungan air yang tinggi. Berdasarkan bentuk buahnya, tomat terbagi menjadi lima jenis. Kelima jenis buah tomat terdiri atas tomat biasa, tomat apel, tomat kentang, tomat gondol, dan tomat ceri.

Untuk jenis tomat biasa kerap kita temui di pasar-pasar tradisional dan modern. Jenis tomat apel memiliki bentuk bulat keras menyerupai buah apel yang biasa ditemukan di pasar lokal. Kemudian tomat kentang atau dalam bahasa latin L. Grandifolium memiliki buah berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan tomat apel.

Untuk jenis tomat gondol memiliki bentuk agak lonjong dengan tekstur yang cenderung lebih keras. Sedangkan tomat ceri memiliki bentuk bulat kecil dengan rasa yang cukup manis.

Tomat sebagai buah pangan yang dikonsumsi di seluruh penjuru dunia memiliki berbagai kandungan gizi yang penting bagi tubuh. Buah tomat memiliki kandungan gizi berupa protein, karbohidrat, dan beberapa antioksidan.

Tomat sebagai tanaman annual memiliki kandungan, seperti vitamin C yang tinggi, vitamin A, vitamin K, kalium, mangan, serat, vitamin B1, vitamin B6, asam folat, vitamin B3, vitamin B2, magnesium, fosfor, niasin, histamine, dan lain sebagainya. Buah tomat sangat bermanfaat bagi Grameds yang sedang sakit maupun pada fase penyembuhan.

Kini ekstrak buah tomat telah dikembangkan dan dapat digunakan sebagai treatment tekanan darah tinggi. Hal tersebut membuktikan bahwa dengan mengonsumsi buah tomat, Grameds akan mendapatkan berbagai khasiat untuk kesehatan

banner-promo-gramedia

Lantas, apa saja manfaat tomat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah secara keseluruhan? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahuinya.

tombol beli buku

Manfaat Buah Tomat

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa kandungan beta karoten dan likopen di dalam tubuh dapat memengaruhi risiko serangan jantung. Jika kadar beta karoten dan likopen di dalam tubuh rendah, maka risiko serangan jantung semakin tinggi.

Mengonsumsi buah tomat dapat memberikan manfaat untuk menekan risiko penyakit jantung yang mematikan. Kandungan beta karoten dan likopen yang tinggi pada buah tomat dapat menekan risiko tersebut.

Selain itu, buah tomat memiliki kandungan likopen yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolestrol jahat sebagai faktor risiko penyakit jantung. Kemudian buah tomat memiliki kandungan likopen yang dapat memberikan efek perlindungan lapisan dalam pembuluh darah.

2. Mencegah Kanker

Buah tomat sebagai tanaman annual tergolong salah satu buah terbaik yang memberikan sumber vitamin C dan antioksidan. Buah tomat memiliki kandungan nutrisi yang melimpah untuk melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

Kemudian buah tomat memiliki kandungan beta karoten yang dipercaya ampuh mencegah pembentukan tumor pada penderita kanker prostat. Selain itu, buah tomat juga memiliki kandungan likopen yang dapat membantu mencegah penyakit kanker.

3. Mengatasi Diabetes

Selain mencegah kanker, mengonsumsi buah tomat bermanfaat untuk membantu mengatasi penyakit diabetes. Sebuah penelitian mengatakan bahwa pasien diabetes tipe 1 dan pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi buah tomat mengalami penurunan kadar gula darah dan kadar lemak dalam tubuh.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena tomat merupakan makanan yang kaya akan serat untuk menurunkan kadar gula darah dan lemak penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

4. Melancarkan Pencernaan

Apakah Grameds kerap mengalami susah buang air besar atau sembelit? Jika iya, mengonsumsi buah tomat akan membantu kamu mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit.

Buah tomat memiliki kandungan serat dan air yang diyakini mampu melancarkan pergerakan usus sehingga buang air besar menjadi lancar. Kandungan serat di dalam buah tomat akan membuat kotoran pada usus terdorong keluar untuk membantu mengurangi sembelit atau konstipasi.

Oleh sebab itu, buah tomat kerap dijuluki sebagai buah pencahar. Fakta uniknya, ternyata buah tomat baik dikonsumsi untuk mencegah diare. Buah tomat yang dinilai mampu mengatasi kedua masalah utama pada sistem pencernaan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan nutrisi beta karoten pada buah tomat dapat membantu Grameds menjaga kesehatan mata. Buah tomat memiliki kandungan likopen, beta karoten, dan lutein sebagai antioksidan untuk melindungi mata.

Kandungan tersebut dapat melindungi mata dari berbagai kerusakan, seperti pembentukan katarak dan degenerasi makula. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan kaya akan zeaxanthin dan lutein karotenoid dapat mengalami penurunan risiko degenerasi makula neovaskular.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Pertumbuhan kulit, rambut, hingga kuku membutuhkan kolagen sebagai komponen penting. Kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun dipercaya dapat melindungi kulit dari kerusakan paparan sinar matahari.

Kemudian kombinasi tomat dan buah zaitun juga mampu mendorong produksi pro-kolagen. Buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang menduduki peran penting dalam pembentukan kolagen tubuh.

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan asap rentan terjadi pada tubuh yang kekurangan vitamin C. Jika kamu membiarkan hal itu terjadi, berbagai masalah kesehatan kulit akan muncul dengan cepat. Masalah kesehatan kulit yang kerap muncul akibat kekurangan vitamin C ialah keriput, kendur, hingga bercak hitam pada wajah.

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

7. Meningkatkan Kesehatan Saat Hamil

Apakah Grameds tahu manfaat buah tomat baik untuk kesehatan ibu hamil? Ternyata buah tomat memiliki kandungan asam folat yang bagus untuk masa kehamilan. Ibu hamil dapat menjaga janin dari cacat tabung saraf dengan mengonsumsi buah tomat yang kaya akan kandungan asam folat.

Dokter kandungan kerap menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen asam folat. Meski begitu, ada baiknya Grameds mengonsumsi buah tomat secara rutin untuk mendapatkan asupan asam folat secara alami.

8. Mencegah Kerusakan Sel Otak

Setelah ditelusuri, ternyata buah tomat memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan otak. Buah tomat memiliki kandungan likopen sebagai sumber antioksidan yang tinggi untuk membantu melindungi sel otak.

Buah tomat dapat membantu melindungi sel otak Grameds dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab penyakit demensia. Kandungan likopen dalam buah tomat akan melindungi otak kamu dari gangguan kerusakan otak.

9. Mencegah Alzheimer

Buah tomat memiliki kandungan likopen yang bertanggung jawab mengatur sel pertumbuhan otak dan peradangan. Kadar karotenoid yang rendah dalam darah dapat menyebabkan gangguan kognitif ringan seperti penyakit alzheimer. Mengonsumsi tomat diyakini dapat mencegah dan mengatasi penyakit gangguan otak alzheimer karena kandungan karotenoidnya yang tinggi.

10. Meningkatkan Memori Otak

Kandungan antioksidan dan senyawa lainnya yang ada di dalam buah tomat dapat melindungi kesehatan dan fungsi otak. Buah tomat memiliki kandungan kolin yang dapat meningkatkan ingatan jangka pendek.

Selain itu, kandungan kolin pada buah tomat dapat mengatur tidur dan membantu proses belajar lebih baik. Kemudian buah tomat memiliki kandungan asam alfa lipolik yang dapat menjaga jaringan otak dan menunda terjadinya gangguan otak.

11. Meningkatkan Plastisitas Saraf

Buah tomat memiliki keunggulan mineral magnesium yang sangat dibutuhkan oleh otak. Kandungan magnesium sendiri berfungsi meningkatkan plastisitas saraf untuk menghindari terjadinya kerusakan otak.

Buah tomat memiliki kandungan magnesium yang dapat meningkatkan memori, meningkatkan fokus, dan menurunkan kadar stres. Kemudian kandungan magnesium pada buah tomat penting untuk perawatan ADHD karena berfungsi meningkatkan produksi energi dan menenangkan sistem saraf.

12. Mencerahkan Wajah

Selain memberikan manfaat pada kesehatan otak, buah tomat juga berperan penting untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Buah tomat memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mencerahkan wajah, lho Grameds.

Sebagian orang percaya bahwa enzim yang terkandung di dalam buah tomat menawarkan manfaat eksfoliasi. Grameds bisa mengoleskan buah tomat dengan campuran gula pasir ke wajah sebagai scrub alami. Eksfoliasi tersebut dapat membantu menghilangkan sel kulit mati sehingga wajah menjadi lebih cerah.

tombol beli buku

13. Melembapkan Kulit

Buah tomat sebagai produk holtikultura memberikan manfaat untuk melembapkan kulit. Buah tomat sebagai tanaman annual memiliki kadar kalium rendah yang dapat berkontribusi baik dalam melembapkan kulit wajah. Grameds bisa meletakkan irisan buah tomat atau mengoleskan masker tomat untuk mengatasi kulit kering.

14. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

banner-promo-gramedia

Buah tomat ternyata bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Kamu bisa menggunakan buah tomat sebagai toner berbahan alami. Kandungan nutrisi yang ada pada buah tomat diyakini mampu menyegarkan kulit lebih lama dan mengurangi produksi minyak berlebih.

Penasaran bagaimana caranya? Grameds hanya perlu membuat campuran jus tomat dan mentimun segar untuk membuat toner wajah. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan campuran tomat dan mentimun ke wajah menggunakan kapas.

15. Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah tomat memiliki kandungan vitamin C tinggi yang kerap kita temukan pada sejumlah produk perawatan kulit. Kandungan tersebut dipercaya baik untuk mempercepat penyembuhan kulit dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Rekomendasi Buku dan Artikel Tentang Manfaat Buah

Itulah berbagai manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh, kesehatan otak, dan perawatan kulit. Untuk itu Grameds disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah tomat mulai dari sekarang, baik dicampur dalam makanan, minuman, maupun dibuat menjadi saus. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Grameds, ya.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila