in

15 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Fresh green tomatillos (Physalis philadelphica) with a husk on white background

Buah ciplukan atau yang memiliki nama ilmiah Physalis peruviana adalah jenis buah yang cukup unik, karena ditutupi oleh lapisan seperti daun. Jika ingin mengonsumsinya, kita hanya perlu membuka lapisan luarnya terlebih dulu dan ketika dikunyah ataupun digigit, tekstur daging buahnya akan menyerupai buah tomat. Selain mempunyai rasa yang manis, terdapat berbagai manfaat buah ciplukan untuk kesehatan. Berbagai kandungan nutrisi di dalam buah kecil ini diketahui bisa meningkatkan imunitas tubuh sampai bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

Apabila buah ini sudah matang, maka warna buahnya akan berubah menjadi jingga kekuningan dengan rasa yang manis dan sedikit kecut seperti buah mangga. Selain penampilan dan juga rasanya yang unik, buah ciplukan ini juga dinilai mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Buah ciplukan ini mengandung serat, karbohidrat, protein, dan juga lemak. Selain itu, buah ini juga kaya akan mineral dan vitamin, seperti misalnya vitamin A, C, dan K, riboflavin, fosfor, serta zat besi. Bahkan, terdapat berbagai kandungan antioksidan di dalamnya seperti beta karoten dan juga polifenol.

Buah yang satu ini sebenarnya bisa tumbuh dimana saja. Menurut Cancer Chemoprevention Research Center Farmasi UGM, ciplukan umumnya tumbuh di tegalan, kebun, semak, tepi jalan, dan juga hutan. Ciplukan ini juga mempunyai nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Buah ini terkenal di wilayah Jawa dengan nama Ciplukan, kemudian di Inggris dikenal dengan nama morel berry, sedangkan di Sunda dikenal dengan nama cecendet, di Bali keceplokan, dan di Minahasa leletokan.

Kandungan Buah Ciplukan

Menurut U.S Department of Agriculture (USDA) di dalam satu cangkir atau setara dengan 140 gram buah ciplukan, mengandung:

– Kalori: 74
– Karbohidrat: 15,7 gram
– Serat: 6 gram
– Protein: 2,7 gram
– Lemak: 1 gram
– Vitamin C: 17 persen untuk pria dan 21 persen dari RDI untuk perempuan
– Tiamin: 13 persen untuk pria dan 14 persen dari RDI untuk perempuan
– Riboflavin: 5 persen dari RDI
– Niacin: 25 persen untuk pria dan 28 persen dari RDI untuk perempuan
– Vitamin A: 6 persen untuk pria dan 7 persen dari RDI untuk perempuan
– Zat besi: 18 persen untuk pria dan 8 persen dari RDI untuk perempuan
– Fosfor: 8 persen dari RDI

Selain itu, buah ciplukan ini juga mempunyai jumlah beta karoten dan juga vitamin K yang cukup tinggi bersama dengan sedikit kalsium. Ciplukan juga mengandung senyawa chlorogenik acid, fisalin, dan juga asam citrum. Buah yang satu ini juga mempunyai kandungan nutrisi seperti asam malat, tanin, alkaloid, kriptoxantin, vitamin A dan juga gula, serta elaidic acid. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ciplukan pastinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan heran bila manfaat buah yang satu ini cukup beragam. Vitamin A yang ada di dalam buah ini bisa meningkatkan penglihatan dan menyehatkan mata. Selain itu, kandungan zat lutein, beta karoten, dan karotenoid di dama buah ciplukan dapat mencegah dari degenerasi makula.

Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah ciplukan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman herbal ini mengandung banyak sekali karotenoid yang mana merupakan antioksidan yang bisa membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel dalam tubuh. Antioksidan ini juga bisa membantu memperkuat sistem kardiovaskular. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah ciplukan untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mencegah Kerusakan Sel

Buah ciplukan merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Menurut penelitian pada Pharmacognosy Review, menyebutkan bahwa antioksidan merupakan zat yang bisa melindungi dan memperbaiki kerusakan sel di dalam tubuh akibat efek radikal bebas. Contoh umum dari kerusakan sel karena radikal bebas yang bisa terjadi yaitu penuaan dini dan juga penyakit kronis seperti misalnya penyakit jantung, peradangan, katarak, dan juga kanker. Buah yang satu ini memang mengandung fenolik dan juga antioksidan tinggi lain yang bisa melawan perkembangan sel kanker payudara dan juga kanker usus besar. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ciplukan ini bisa memberikan manfaat pencegahan terhadap penyakit akibat kerusakan sel.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Sebuah penelitian di Indo American Journal of Pharmaceutical Research mengungkapkan bahwa buah ciplukan terlibat di dalam efek imunologis atau sistem kekebalan tubuh. Peneliti tersebut mengeringkan ciplukan dan mengekstraksinya dengan etanol sejumlah 70 persen, Hasilnya, ekstrak dari buah ciplukan bisa memberikan dampak positif dan bisa menginduksi apoptosis atau kematian pada sel kanker payudara. Walaupun penelitian ini masih memerlukan lanjutan, akan tetapi hasil tersebut dapat menjadi data yang baik untuk dapat dikembangkan menjadi salah satu terapi kanker yang diakui.

Sementara itu, studi lain dari National Health for Biotechnology Information yang dilakukan pada sel manusia mencatat bahwa buah ciplukan ini mengandung banyak polifenol yang menghalangi pelepasan penanda kekebalan inflamasi tertentu. Hal tersebut akan membantu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Kemudian vitamin C yang terkandung di dalam buah ciplukan ini juga memainkan peran kunci dalam merespons sistem imunitas tubuh yang sehat.

3. Tinggi Antioksidan

Manfaat buah ciplukan berikutnya adalah tinggi antioksidan. Buah ciplukan ini mengandung senyawa tumbuhan tinggi yang dikenal dengan antioksidan. Menurut US Proceedings of The National Academy of Science, senyawa yang satu ini berfungsi untuk melindungi dan juga memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Penelitian lain dari Procedia Chemistry mengungkapkan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam buah ciplukan berperan aktif untuk mengatasi berbagai macam penyakit, antara lain:

– Hepatitis
– Malaria
– Rematik
– Dermatitis
– Asma
– Kanker

4. Anti Inflamasi

Manfaat buah ciplukan selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi. Senyawa yang ada di dalam buah ciplukan ini disebut dengan withanolides mempunyai efek anti inflamasi di dalam tubuh yang berguna untuk melindungi dari kanker usus besar. Dalam penelitian dari Journal of Crohn’s and Colitis, menyebutkan bahwa ekstrak dari buah ciplukan akan mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus. Tak hanya itu saha, tikus yang diobati dengan ekstrak buah ini mempunyai tingkat penanda inflamasi yang lebih rendah di dalam jaringannya.

Walaupun tidak ada penelitian yang dilakukan pada manusia, namun penelitian tabung reaksi yang dilakukan pada sel manusia mengungkapkan adanya manfaat buah ciplukan terhadap peradangan yang cukup menjanjikan.

5. Memelihara Kesehatan Tulang

Manfaat buah ciplukan berikutnya adalah memelihara kesehatan tulang. Buah ciplukan ini tinggi akan vitamin K, vitamin larut lemak yang ada di dalam metabolisme tulang. Kemudian vitamin K merupakan komponen yang cukup penting dari tulang dan tulang rawan serta terlibat juga dalam tingkat perombakan tulang yang sehat. Hal ini adalah salah satu cara bagaimana tulang rusak dan terbentuk kembali dengan baik. Menurut International Journal of Endocrinology, vitamin K ini harus dikonsumsi bersamaan dengan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang yang lebih optimal.

6. Meningkatkan Sistem Penglihatan

Buah ciplukan ini mengandung lutein dan juga beta karoten, bersama dengan beberapa karotenoid lain. Makanan yang tinggi karotenoid dari buah-buahan dan juga sayuran ini dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait dengan usia dan penyebab utama kebutaan. Secara khusus, karotenoid lutein ini dikenal bisa mencegah penyakit mata.

7. Anti Kanker

Buah ciplukan ini memang belum terbukti secara ilmiah bisa mengobat atau mencegah kanker. Karena efek potensial buah ciplukan pada kanker hanya diteliti pada sel dan hewan saja. Namun penting untuk diketahui bahwa ada banyak zat yang mempunyai efek anti kanker di dalam sel, bahkan bahan kimia beracun. Senyawa yang ada di dalam buah ciplukan yang disebut dengan 4beta-Hydrozywithanolide E, mungkin saja mempunyai sifat anti kanker. Efek tersebut sudah dipelajari pada hewan dan juga sel pada jenis kanker berikut ini, antara lain:

– Kanker paru-paru
– Kanker hati
– Kanker payudara

8. Menurunkan Kolesterol

Masalah kolesterol ini memang menjadi salah satu permasalahan yang paling umum di masyarakat. Tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh harus diwaspadai karena bisa memicu berbagai macam penyakit kardiovaskular seperti misalnya serangan jantung koroner dan juga stroke. Akan tetapi, manfaat buah ciplukan yang lainnya yaitu bisa membantu menetralkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sehingga, cukup dengan mengonsumsi buah yang satu ini, kita sudah bisa menurunkan kadar kolesterol.

9. Menyembuhkan Penyakit Kuning

Penyakit kuning merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan adanya perubahan warna kulit menjadi kuning karena tingginya kadar bilirubin di dalam darah. Dimana penyakit yang satu ini biasanya dialami oleh bayi, terutama bayi yang baru saja lahir. Akan tetapi, pada beberapa kondisi, penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa. Kandungan antioksidan seperti halnya saponin, fisalin, flavonoid, dan juga polifenol pada ciplukan dipercaya bisa membantu mengatasi penyakit kuning ini.

10. Mempertahankan Kerja Saluran Kemih

Menjaga kinerja saluran kemih adalah salah satu manfaat buah ciplukan yang bisa kita rasakan. Ciplukan sendiri bisa menjadi salah satu obat diuretik yang bisa memperlancar buang air kecil, mencegah infeksi saluran kemih, dan mencegah batu kandung kemih. Adapun sumber lain juga menyebutkan bahwa daun ciplukan ini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kencing nanah.

11. Mengatasi Nyeri Sendi dan Rematik

Buah ciplukan ini juga bisa dicoba untuk mengatasi nyeri pada sendi dan rematik. Cara mengencangkan area persendian dan juga rematik dengan menggunakan buah ciplukan adalah dengan menggunakan daun ciplukan untuk kemudian dikompres ke bagian tubuh yang nyeri. Hancurkan daun ciplukan dan kemudian campur dengan sedikit jeruk nipis, lalu oleskan ke bagian tubuh yang nyeri.

12. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah ciplukan berikutnya yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Sebagai makanan yang rendah kalori, yakni hanya 53 kalori per 100 gram, buah ciplukan ini merupakan pilihan menarik untuk orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan. Buah-buahan mungil ini bisa memberikan sebagian besar nutrisinya untuk kita. Akan tetapi, buah tersebut tidak akan menyumbangkan lemak dan juga kalori negatif apapun ke asupan keseluruhan. Hal ini pastinya bisa membantu menjaga tujuan penurunan berat badan agar tetap pada jalurnya.

13. Mengontrol Gula Darah

Manfaat buah ciplukan berikutnya yaitu dapat mengontrol gula darah atau membantu mengelola diabetes. Beberapa senyawa yang ditemukan di dalam buah ciplukan bisa memperlambat pemecahan dan juga asupan gula sederhana dari karbohidrat. Hal ini berarti tubuh dan juga aliran darah mungkin saja tidak dibanjiri gula dan reseptor insulin diatur dengan benar. Fluktuasi gula darah yang cukup drastis merupakan salah satu penyebab utama diabetes dan dapat sangat berbahaya untuk orang yang menderita kondisi ini. Itu artinya, buah ciplukan ini dapat menjadi metode pencegahan dan pengobatan yang efektif untuk diabetes tipe II.

14. Melindungi Kesehatan Ginjal dan Hati

Kandungan yang ada di dalam buah ciplukan dipercaya bisa mengurangi luka yang ada di organ hati. Tak hanya itu saja, ciplukan juga mempunyai efek memulihkan penurunan fungsi hati. Buah ciplukan juga bisa melindungi ginjal dari racun dengan cara menstimulasi pengeluaran urine dan menyingkirkan lemak, racun dari sistem getah bening, dan juga garam.

15. Membantu Keterampilan Kognitif

Buah ciplukan sendiri mengandung banyak sekali vitamin C yang dapat membantu mencegah penyakit otak, seperti misalnya demensia dan alzheimer. Kedua penyakit ini mengakibatkan proses penurunan daya ingat. Sementara itu, vitamin C dapat membantu menjaga kognisi, fokus, dan juga memori pada otak.

Cara Mengonsumsi Buah Ciplukan

Untuk Grameds yang ingin mendapatkan manfaat buah ciplukan, kamu harus mengetahui cara mengonsumsinya yang benar. Untuk kamu pecinta buah segar dan sedikit masam, buah ciplukan bisa langsung dikonsumsi setelah bungkusnya dibuka ataupun dikeringkan setelah sekamnya yang tipis dibuang. Buah ciplukan yang segar bisa ditemukan di pasar petani dan di banyak toko bahan makanan ataupun bisa dibeli secara online.

Selain itu, buah ciplukan akan menambah rasa unik pada semua hidangan ataupun camilan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin mengonsumsi dan mengolah buah ciplukan, antara lain:

– Makan mentah sebagai camilan.
– Sebagai topping untuk salad buah.
– Taburkan di atas salad.
– Blender menjadi smoothie.
– Celupkan ke dalam coklat cair untuk pencuci mulut.
– Buat menjadi saus untuk dinikmati dengan daging atau ikan.
– Aduk menjadi salad gandum.
– Tambahkan di atas yogurt dan granola.

Efek Samping Buah Ciplukan

Meski banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah ciplukan, namun ternyata ada juga efek sampingnya loh. Hal ini karena kandungan solanin yakni racun alami yang ditemukan di dalam sayuran dan juga buah-buahan seperti misalnya kentang dan tomat. Menurut Veterinary and Human Toxicology, solanin bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti misalnya kram dan juga diare dan dapat berakibat fatal dalam kasus yang kerap terjadi. Beberapa orang dapat merasakan efek lebih buruk dari konsumsi buah ciplukan mentah.

Apabila ingin mengonsumsi buah ciplukan, pilih buah yang tidak mempunyai warna hijau. Buah ciplukan yang berwarna hijau biasanya mengandung racun yang berbahaya jika dikonsumsi. Selain itu, makan buah ini secara berlebihan juga bisa berakibat buruk untuk tubuh.

Itulah penjelasan mengenai manfaat buah ciplukan dan beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Perlu diperhatikan bahwa segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan manfaat buah ciplukan, maka konsumsi secara wajar dan nikmati setiap gigitan segarnya. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang manfaat buah-buahan lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah