in

Manfaat Buah Aprikot Untuk Kesehatan Tubuh

Buah Aprikot – Mungkin bagi sebagian orang memiliki umur panjang dan badan yang sehat adalah impian namun hal itu tidak dapat terjadi begitu saja tanpa usaha yang dilakukan dengan menjalani kehidupan yang sehat salah satunya dengan mengkonsumsi asupan yang baik bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan nutrisi dan dampak kesehatan bagi tubuh.

Buah merupakan salah satu makanan yang dapat menyehatkan tubuh dengan bantuan vitamin yang dikandungnya. Rasa buahnya yang segar juga sangat nikmat di pagi atau sore hari saat lapar melanda. Banyak sekali jenis buah yang memiliki manfaat dan khasiat yang baik bagi tubuh salah satunya adalah manfaat yang hadir dari mengkonsumsi buah aprikot.

Buah aprikot mungkin nama buah yang kurang populer dan jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia namun jika ditelusuri ternyata buah ini memiliki banyak sekali manfaat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah ini adalah buah impor yang berasal dari daerah antara Iran dan Azerbaijan. Aprikot memiliki rasa yang manis dan segar, oleh karena itu sebagian orang lebih suka memakannya secara tawar. Namun untuk menambah keserbagunaan, hanya sedikit orang yang mengolah aprikot menjadi jus, salad buah, atau campuran granola.

Untuk itu agar sobat Grameds tidak bingung lagi dalam memilih pilihan buah apa yang harus dikonsumsi dalam menjalani hidup sehat buah aprikot dapat menjadi pilihan yang tepat. Pada pembahasan kali ini kami juga telah merangkum berbagai informasi tentang manfaat buah aprikot yang baik bagi kesehatan tubuh agar tubuh selalu sehat dan bugar karena manfaat dari mengkonsumsi buah aprikot.

Selanjutnya pembahasan terkait manfaat buah aprikot dapat kalian simak di bawah ini!

Mengenal Buah Aprikot

Sumber: Merdeka

Apricot atau aprikot adalah nama buah atau pohon dari beberapa tumbuhan yang termasuk dalam marga Prunus. Sebagian besar buah ini berasal dari spesies pohon P. armeniaca, tetapi spesies seperti P. brigantina, P. mandshurica, P. mumi yang berkerabat dekat, P. zhengheensis, dan P. sibirica juga menghasilkan buah yang serupa, terkadang disebut aprikot. Aprikot diperkirakan berasal dari wilayah Media, yang terletak di perbatasan Iran-Azerbaijan tetapi pendapat lain percaya bahwa aprikot sebenarnya memiliki distribusi asli yang luas dari Armenia, Kaukasus, Himalaya, Cina, dan Jepang. Pedagang Cina mungkin membawa buah ini ke Nusantara pada abad ke-5 Masehi. sepanjang jalur perdagangan rempah-rempah.

Kandungan Gizi dari Buah Aprikot

Buah aprikot adalah buah berbiji bulat kecil dan memiliki nama ilmiah Prunus armeniaca. Pada umumnya buah ini didatangkan dari negara beriklim sedang seperti China, Jepang, Amerika dan Jerman.

Rasa buah ini biasanya manis, sedikit asam dan segar, sehingga banyak orang yang langsung memakan buah aprikot. Selain segar dan enak, 100 gram buah aprikot mengandung banyak nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh.

Kandungan gizi tersebut adalah:

  • Air: 86,4 gram (g).
  • Energi: 48 kalori.
  • protein: 1,4g
  • Lemak: 0,39 g
  • Karbohidrat: 11,1 g
  • Serat: 2g
  • Gula: 9,24g
  • Kalsium: 13 miligram (mg).
  • Zat Besi: 0,39 mg.
  • Kalium: 259 mg.
  • Seng: 0,2 mg.
  • Riboflavin: 0,04 mg.
  • tiamin:0,03 mg.
  • Niasin: 0,6 mg.

Selain itu, aprikot juga merupakan sumber vitamin dan fitokimia seperti beta karoten, flavonoid, dan polifenol. Kandungan tersebut menjadikan buah ini sebagai komponen antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

Manfaat Baik Buah Aprikot Bagi Kesehatan Tubuh

Karena kandungan nutrisinya, aprikot menawarkan berbagai manfaat selama dikonsumsi dalam jumlah sedang. Apa manfaat dari buah kecil ini?

Karena kandungan nutrisinya sangat beragam, banyak manfaat yang didapat dari mengkonsumsi buah aprikot. Beberapa manfaat kesehatan dari aprikot adalah:

  • Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah aprikot merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan seperti usus. Serat membantu usus menyerap nutrisi dengan lebih baik dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Serat yang terdapat pada buah aprikot juga dapat mengatasi dan mencegah sembelit.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada aprikot membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah peradangan dan kerusakan.

  • Menjaga kadar gula dan kolesterol tubuh

Manfaat serat yang terdapat pada buah aprikot tidak hanya terbatas pada kesehatan usus saja. Serat buah ini juga membantu menjaga kadar gula dan kolesterol normal dalam tubuh, mengurangi risiko diabetes dan kolesterol tinggi.

Selain itu, aprikot juga merupakan buah dengan indeks glikemik yang rendah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, termasuk aprikot, memiliki gula darah dan kolesterol lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

  • Menjaga kesehatan jantung

Aprikot tinggi serat dan antioksidan, yang dapat membantu mencegah pengerasan dan penumpukan plak di pembuluh darah. Efek ini juga didukung oleh manfaat buah aprikot yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Kandungan potasium aprikot yang tinggi juga dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, aprikot merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Mencegah dehidrasi

Aprikot paling baik dimakan dengan banyak air untuk mencegah dehidrasi. Saat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, muncul gejala berupa lemas, pusing, sakit kepala, dan haus.

Meskipun buah aprikot mengandung banyak air, namun Anda perlu mengisi kembali asupan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup, yaitu minimal 8 gelas sehari.

  • Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, kesehatan mata juga bisa dijaga dengan mengkonsumsi buah aprikot. Aprikot mengandung vitamin A yang tinggi, yaitu sekitar 95 mikrogram per 100 gram buah aprikot. Jumlah tersebut sudah mencakup hampir 20% dari kebutuhan harian akan vitamin A.

Selain vitamin A, nutrisi lain yang terdapat pada buah aprikot yang membantu menjaga kesehatan mata adalah vitamin E. Di mata, vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi mata dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai gangguan penglihatan.

  • Membuat kulit lebih sehat

Apakah Anda sering terpapar sinar matahari, polusi, dan asap rokok saat bepergian? Hati-hati karena menyebabkan keriput dan merusak kulit. Beberapa penelitian bahkan menemukan bukti bahwa paparan sinar UV dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk mencegahnya, sering-seringlah makan aprikot. Vitamin C yang terdapat pada aprikot melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari yang berlebihan dan mengurangi efek radikal bebas yang merusak kulit.

Vitamin C juga membantu tubuh memproduksi kolagen, yang menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Selain manfaat di atas, konsumsi aprikot juga mengurangi risiko stroke, tekanan darah tinggi, dan kerusakan hati.

Sebelum menggunakan aprikot, pastikan untuk mencucinya sampai bersih. Jika tidak, bakteri yang mungkin ada di dalam buah bisa menyebabkan peradangan jika masuk ke dalam tubuh.

Anda juga harus mengkombinasikan konsumsi buah aprikot dengan makanan bergizi lainnya dan menerapkan pola hidup sehat seperti: Misalnya olahraga teratur, tidak merokok dan menghindari minuman beralkohol.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang kandungan dan manfaat buah aprikot, Anda dapat meminta jawaban dari dokter. Dokter juga dapat menentukan jumlah konsumsi aprikot sesuai dengan kondisi Anda.

  • Cocok sebagai cemilan diet

Jika Anda pecinta makanan ringan tetapi makan makanan sehat, Anda bisa makan buah aprikot segar atau kering.

Manfaat buah aprikot kering mungkin tidak sama dengan buah segar ketika sudah diolah. Namun, lebih baik makan buah sebagai camilan daripada camilan berlemak atau tinggi garam dan gula.

  • Sebagai Sumber antioksidan

Buah aprikot merupakan sumber antioksidan karena kaya akan vitamin A, C, E dan betakaroten.

Kabar baiknya, menurut Current Review of Food Science (2018), buah ini juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti diabetes. Komponen antioksidan ini bekerja dengan cara mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas penyebab stres oksidatif.

Stres oksidatif sendiri terkait erat dengan obesitas, penyakit jantung, kanker, dan peningkatan risiko peradangan.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada buah ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga memudahkan Anda mengontrol nafsu makan.

Manfaat Buah Aprikot Bagi Ibu Hamil

Sumber: Orami

Selain manfaatnya yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh orang awam secara umum ternyata buah aprikot juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janinnya.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Salah satunya adalah menjaga kebutuhan gizi dan nutrisi. Asupan yang cukup bagi ibu hamil memungkinkan janin tumbuh dan berkembang dengan baik di dalam kandungan. Tentu saja, memiliki bayi yang sempurna adalah dambaan setiap wanita bukan?

Anda perlu menyadari makanan apa yang boleh dan tidak boleh Anda makan selama kehamilan. Salah pilih asupan berakibat fatal bagi kehamilan lho sobat Grameds.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil selama masa kehamilan meliputi zat besi, asam folat, kalsium, protein dan kalsium. Jika Anda memenuhi kebutuhan ini, kehamilan Anda akan berjalan lancar.

Buah aprikot merupakan buah yang mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di atas. Kandungan gizi yang terdapat pada buah aprikot memungkinkan ibu hamil memiliki nutrisi harian yang cukup selama masa kehamilan.

Berikut adalah berbagai manfaat yang dapat diperoleh calon ibu dan calon bayi dalam mengkonsumsi buah aprikot selama masa kehamilan:

  • Terhindar dari sembelit

Aprikot tinggi akan kalsium, zat besi, fosfor, potasium dan vitamin A, C dan E. Selain itu, aprikot juga tinggi serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi aprikot dalam jumlah yang cukup, Anda akan terhindar dari sembelit saat hamil.

Meskipun sembelit merupakan hal yang wajar pada ibu hamil, tidak ada salahnya mencegahnya dengan buah aprikot, kan sobat Grameds?

  • Mengurangi risiko anemia

Anemia merupakan masalah yang cukup sering terjadi pada ibu hamil. Namun anemia jangan dibiarkan saja karena memiliki resiko jelas memberikan efek yang buruk bagi janin dalam kandungan.

Untuk menghindari anemia, Anda bisa mengkonsumsi buah aprikot secara rutin untuk meningkatkan zat besi dalam tubuh. Aprikot mengandung banyak zat besi dan seng, sehingga dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah secara signifikan. Jadi tidak diragukan lagi bahwa mencegah anemia adalah salah satu manfaat kesehatan buah aprikot untuk ibu hamil.

  • Menjaga gula darah

Meski rasanya manis, kandungan gula pada buah aprikot merupakan gula alami sehingga dapat menjaga gula darah. Manfaat kesehatan aprikot pada tahap ini berarti Anda tidak perlu khawatir tentang diabetes gestasional selama kehamilan.

  • Bagus untuk kesehatan mata

Buah aprikot tidak hanya aman untuk kadar gula darah, tetapi juga mengandung betakaroten yang baik untuk kesehatan mata lho sobat Grameds. Makan aprikot dalam jumlah sedang selama kehamilan dapat menjaga kesehatan mata Anda.

Kabar baiknya, beta karoten juga mempengaruhi perkembangan mata janin. Jangan ragu untuk memasukkan aprikot ke dalam makanan Anda.

  • Pencegahan cacat lahir pada bayi

Salah satu manfaat utama buah aprikot untuk kesehatan ibu hamil adalah dapat mencegah kecacatan pada janin. Kadar asam folat yang tinggi dapat mengurangi risiko bayi mengalami spina bifida atau cacat lahir lainnya.

Selain itu, nutrisi lain dalam buah aprikot juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin. Jangan heran jika pertumbuhan dan perkembangan janin sesuai dengan tonggak sejarah!

  • Produksi ASI ibu meningkat

Selain manfaat buah aprikot untuk bayi dalam kandungan, manfaat kesehatan lainnya untuk ibu hamil adalah nutrisi yang berperan dalam produksi laktasi. Proses menyusui menjadi lebih mudah karena jumlah ASI yang dihasilkan meningkat. Aprikot dapat dikonsumsi oleh ibu selama masa kehamilan dan kemudian selama masa menyusui. Tentu saja, hadiah terbaik adalah bisa memberi makan anak Anda dengan optimal, bukan?

  • Menghindari kulit yang kusam selama masa kehamilan

Apakah Anda tim ibu hamil yang memiliki kulit kusam? Jika iya, cobalah menjadikan aprikot kering sebagai camilan. Buah aprikot dapat membantu meningkatkan pancaran cahaya pada kulit sehingga membuat kulit tidak kendur. Jadi selamat tinggal kulit kusam selama kehamilan!

  • Mengatasi infeksi vagina

Aprikot juga dapat digunakan untuk mencegah vaginitis selama kehamilan. Ingatlah bahwa ibu hamil sangat rentan terhadap infeksi selama kehamilan, termasuk infeksi vagina. Jadi tidak ada salahnya mengkonsumsi buah aprikot untuk mendapatkan manfaat buah aprikot bagi kesehatan ibu hamil ini.

  • Mencegah pembengkakan

Ciri khusus lain dari aprikot adalah kandungan diuretiknya, yang secara efektif mencegah pembengkakan pada ibu hamil. Jika Anda mengalami kaki, tangan, atau wajah bengkak saat hamil, buah aprikot bisa menjadi solusinya.

Anda bisa memilih aprikot kering karena mengandung lebih banyak diuretik sehingga lebih efektif dalam mengatasi kembung saat hamil.

  • Optimalisasi pertumbuhan tulang janin

Manfaat kesehatan buah aprikot untuk ibu hamil adalah dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tulang janin. Karena kandungan kalsium aprikot sangat tinggi, tidak mengherankan jika aprikot dipercaya dapat mengatasi masalah tulang.

  • Pencegahan mengidam makanan manis

Selama akhir kehamilan, Anda lebih mengidam makanan ringan. Mulut kering lebih umum dan makanan manis biasanya menjadi solusi alternatif. Namun makan yang manis-manis dalam jumlah banyak sangat tidak baik untuk ibu hamil.

Solusinya, Anda bisa mengganti keinginan makan manis dengan aprikot kering. Aprikot mengandung glukosa dan fruktosa yang aman untuk ibu hamil.

  • Baik untuk gigi dan gusi

Pernahkah Anda mengalami sakit gigi saat hamil? Tentu terasa sangat menyiksa bukan, sobat Grameds? Oleh karena itu, cegah sakit gigi dan penyakit gusi saat hamil dengan buah aprikot. Asam oleanolic yang terkandung dalam buah aprikot baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Jangan khawatir lagi sobat sakit gigi!

  • Masalah asam lambung teratasi

Asam lambung merupakan masalah umum yang terjadi pada ibu hamil. Masalah pencernaan ini bisa menyebabkan nyeri dada setelah makan atau biasa dikenal dengan heartburn.

Jika Anda mengalaminya, cobalah makan buah aprikot. Aprikot mengandung banyak magnesium dan potasium, yang secara efektif membantu mengatasi masalah asam lambung.

Mengetahui berbagai manfaat buah aprikot untuk kesehatan ibu hamil di atas, sudah tidak sabar untuk mengkonsumsi buah aprikot bukan? Tapi ingat makan aprikot secukupnya ya sobat Grameds, jangan sampai sakit perut hanya karena terlalu banyak mengkonsumsinya.

Sekian pembahasan mengenai berbagai manfaat dari buah Aprikot yang dapat kalian ketahui dalam menjaga kesehatan tubuh secara umum bahkan bagi wanita selama masa kehamilan dan janinnya.

Penulis: Pandu Akram



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti M

Bagi saya, menulis merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan karena selain bisa berbagai informasi, saya juga bisa menambah wawasan. Tema yang sangat suka dalam menulis adalah seputar ilmu pengetahuan serta pemerintahan.