in

Manfaat Buah Tempayang: Baik untuk Meningkatkan Kesuburan dan Imun Tubuh

Dok. Balai Karantina Pertanian Belawan

Manfaat buah tempayang – Buah Tempayang atau yang mempunyai nama latin Fsimiana Affinis sekarang ini sedang menjadi primadona ekspor baru dari Sumatera Utara. Dimana buah yang satu ini ternyata cukup diminati sampai keluar negeri. Hal tersebut terlihat dari adanya aktivitas ekspor 80 ton buah tempayang yang dikirim ke Malaysia, India, dan juga Vietnam.

Mungkin masih ada banyak orang yang tidak tahu bagaimana bentuk dan juga wujud dari buah tempayang ini. Buah tempayang memiliki bentuk bulat lonjong kecil dan berwarna coklat. Apabila dilihat sekilas, buah yang satu ini hampir mirip dengan biji melinjo.

Buah ini juga terkenal karena dinilai mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah tempayang dipercaya dapat membantu mengobati panas dalam, batu, radang tenggorokan, dan bahkan bisa membantu meningkatkan kesuburan pada perempuan.

Walaupun buah tempayang ini menjadi salah satu komoditas ekspor yang sedang banyak diminati, tapi ternyata untuk mendapatkan buahnya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Masyarakat sekitar mengungkapkan bahwa butuh sekitar 5 sampai 7 tahun untuk pohon tempayang ini dapat berbuah dan ditebang. Oleh karena itu, menjaga kelestarian pohon ini tidak kalah pentingnya supaya kebutuhan masyarakat akan buah tempayang dapat terus terpenuhi.

Tidak hanya itu, ternyata manfaat buah tempayang ini sangat banyak. Apakah kamu sudah tahu manfaat dari buah tempayang? Jika belum, kamu tak perlu bingung mencari informasinya, karena pada artikel ini, kita akan membahasnya lebih lanjut.

Manfaat Buah Tempayang Untuk Kesehatan

Buah tempayang merupakan salah satu buah tropis yang paling dicari di dunia untuk alasan yang baik. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, buah tempayang juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah tempayang yang perlu dipahami, antara lain:

1. Melindungi kerusakan sel

Buah tempayang adalah salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan disini dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan bisa mengurangi risiko terkena penyakit tertentu.

2. Meningkatkan kesehatan tubuh

Buah tempayang juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk juga vitamin A, C, E, K dan juga B6. Vitamin-vitamin tersebut sangat penting untuk kesehatan yang baik dan bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

3. Melancarkan pencernaan

Buah tempayang merupakan sumber serta makanan yang baik untuk tubuh. Serat ini dapat membantu kita merasa kenyang, membantu pencernaan, dan juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Menjaga tekanan darah

Buah yang satu ini juga menjadi sumber potasium yang baik dan penting untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah tempayang merupakan sumber magnesium yang baik untuk tubuh dan bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung serta membantu mengurangi risiko stroke.

The Architecture of Love | Di balik Pena

6. Meningkatkan sel darah merah

Buah yang satu ini kaya akan zat besi dan penting untuk produksi sel darah merah serta berguna untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

7. Meningkatkan kekebalan tubung

Manfaat buah tempayang berikutnya yaitu bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa membantu melawan infeksi. Hal ini karena buah yang satu ini adalah sumber selenium yang sangat baik dan penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

8. Baik untuk tulang

Buah yang satu ini juga kaya akan kalsium dan penting untuk tulang serta gigi yang kuat.

9. Mengurangi munculnya keriput

Buah tempayang juga mengandung zinc yang tinggi dan penting untuk produksi kolagen dan bisa membantu mengurangi munculnya keriput. Selain itu, buah tempayang adalah sumber fosfor yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan juga gigi.

10. Baik untuk mata

Manfaat buah tempayang selanjutnya yaitu bisa membantu meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko degenerasi makula, hal ini karena buat tempayang mengandung tinggi karotenoid.

Daftar Buah yang Dapat Mendukung Program Hamil dan Meningkatkan Kesuburan

Terdapat banyak sekali cara yang bisa membantu pasangan suami istri untuk memperoleh momongan, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi buah untuk program hamil. Selain buah tempayang yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, ternyata masih banyak jenis buah lain yang memiliki manfaat yang sama.

Fakta tersebut didukung oleh sebuah penelitian. Para ahli mengungkapkan bahwa menerapkan gaya hidup sehat, termasuk juga mengonsumsi banyak buah-buahan bisa membantu meningkatkan tingkat kesuburan. Ternyata, kita memang dapat mengonsumsi beberapa jenis buah supaya bisa cepat hamil.

Selain itu, International Journal of Women’s Health mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah untuk program hamil juga sangat penting. Terlebih lagi, untuk perempuan yang belum hamil, mengonsumsi buah-buahan dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, hipertensi, dan lainnya yang membahayakan tubuh.

Selaras dengan hal itu, jurnal BMC Pregnancy and Childbirth juga mengungkapkan bahwa perempuan yang mengganti gaya hidupnya serta mengonsumsi buah dan sayur akan mengalami peningkatan jumlah kehamilan. Sebab, asupan makanan pra-kehamilan adalah faktor penting untuk kesehatan ibu dan anak di masa mendatang.

Beberapa jenis mikronutrien di dalam buah dan sayur juga berkontribusi untuk mengoptimalkan imun serta fungsi plasenta yang sangat penting untuk kebutuhan ibu hamil dan juga pertumbuhan janin.

Lalu, apa saja buah yang baik untuk program hamil yang dapat dikonsumsi?

1. Mangga

Buah yang dapat membantu meningkatkan kesuburan yang pertama yaitu buah mangga. Dimana buah yang satu ini kaya akan antioksidan, vitamin C, karotenoid, dan juga vitamin B. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin E, potasium, serta magnesium.

Untuk calon ibu, mangga memiliki kandungan asam folat dan juga vitamin B6 yang penting untuk melancarkan siklus menstruasi. Anda juga bisa mengonsumsi mangga secara langsung setelah dikupas, diproses menjadi smoothie dan dicampur buah-buahan yang lain, atau dikonsumsi sebagai tambahan pada salad.

2. Pepaya

Pepaya menjadi salah satu buah untuk program hamil berikutnya. Buah yang satu ini mudah kita temukan kapan saja dan harganya juga cukup terjangkau. Nutrisi yang terkandung di dalam buah pepaya ini sangat baik untuk kesuburan. Kandungan antioksidan di dalamnya bermanfaat untuk melindungi sel telur dan juga sel sperma.

Selain vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin E, buah pepaya juga mengandung asam folat yang baik untuk calon ibu. Pepaya juga mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga membuat level insulin menjadi lebih sehat. Jadi, keseimbangan hormon akan menjadi lebih stabil. Buah ini memang lezat ketika dikonsumsi seperti biasa, namun jika bosan, Anda dapat mengolahnya menjadi salad.

3. Jambu

Buah yang baik untuk kesuburan berikutnya yaitu jambu merah. Jambu merah ini sangat kaya akan vitamin C dan juga zat-zat antioksidan. Dalam kaitannya dengan kesuburan, buah ini mengandung vitamin B3, folat, vitamin B6, vitamin A, dan juga magnesium. Semua zat itu bisa meningkatkan kesuburan.

Seperti halnya buah pepaya, buah untuk program hamil ini juga mempunyai indeks glikemik yang rendah, jadi sangat baik untuk keseimbangan hormon. Apabila bosan mengonsumsinya dalam kondisi mentah, maka Anda dapat mengolahnya menjadi smoothies, jus, atau salad buah.

4. Nanas

Nanas juga dapat menjadi buah untuk membantu program hamil. Buah yang satu ini mengandung bromelain, yakni enzim yang bisa mengurangi peradangan atau bengkak pada tubuh. Kedua hal tersebut banyak ditemukan di kasus infertilitas. Berbeda halnya dengan buah untuk program hamil yang telah kita bahas sebelumnya, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi nanas setiap saat. Lebih baik, nanas dikonsumsi setelah ovulasi sampai menstruasi selesai. Jangan mengonsumsi nanas sebelum ovulasi ya.

5. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan asam folat dan baik untuk kesuburan. Jadi, alpukat sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah untuk program hamil. Selain itu, alpukat juga mengandung banyak serat dan rendah kolesterol, sehingga sangat baik untuk keseimbangan hormon. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengonsumsi buah yang satu ini, mulai dari dimakan mentah, dijadikan jus, atau dibuat menjadi salad buah. Anda juga dapat mengolahnya menjadi avocado toast yang cocok untuk sarapan.

6. Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin C yang bisa melindungi sperma dari oksidasi dan juga melindungi sel DNA dalam sperma dan juga telur. Selain itu, kiwi juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah yang penting untuk perempuan dengan PCOS. Buah ini juga baik untuk tubuh karena mengandung vitamin E, magnesium, serat, dan juga potasium.

7. Delima

Delima telah dikenal sebagai simbol kesuburan sejak zaman dulu. Jadi, sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah untuk program hamil. Alasannya yaitu kandungan vitamin C yang sangat banyak. Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi DNA. Buah delima juga terbukti bisa mengurangi pembengkakan seperti endometriosis. Tak hanya itu, delima juga mengandung zat-zat yang terbukti bisa meningkatkan kesuburan, seperti misalnya vitamin A, E, B3, asam folat, serat, dan potasium.

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah tempayang untuk imunitas tubuh serta bisa membantu meningkatkan kesuburan tubuh. Selain itu, ada pula beberapa jenis buah yang juga bermanfaat untuk kesuburan atau membantu program hamil.

Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang manfaat buah tempayang selain dari buah tempayang, dan juga resep-resep dengan bahan dasar buah, maka kamu dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku Terkait

Cantik Sehat & Awet Mudah Dengan Buah & Sayur

Sayur dan buah-buahan memang sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan atau minuman yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Dalam buku Cantik Sehat dan Awet Muda Dengan Buah dan Sayur ini dimuat berbagai macam buah dan sayuran yang bermanfaat bagi tubuh, seperti apel, pir, pisang, wortel, mentimun, bayam, tomat dan berbagai macam jenis buah dan sayuran lainnya.

Dalam buku ini juga dibahas bagaimana membuat sebuah jus kesehatan dan kecantikan, sehingga Anda yang baru pertama kali memasuki dapur, tidak perlu merasa khawatir ketika ingin membeli buku ini, karena buku ini juga memberikan tutorial step by step cara penyajian jus buah & sayur yang baik dan benar. Ayo, segera miliki buku ini dan mulailah hidup sehat sekarang juga!

Kitab Sehat Buah dan Sayur Berkhasiat

Kesehatan adalah investasi masa depan. Dengan menjaga tubuh tetap sehat, kita bisa melakukan berbagai kegiatan dengan lebih leluasa. Namun, banyak situasi yang tidak bisa kita kendalikan yang dapat mengganggu vitalitas tubuh. Misalnya saja mewabahnya suatu virus atau penyakit atau akibat lingkungan yang tidak bersih.

Dalam pola makan yang sehat ada dua hal penting yang harus kita perhatikan yakni asupan makanan berupa buah dan sayur. Keduanya dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, serat dan juga gizi penting lainnya sehari-hari. Sayuran dan buah juga mengandung serat, vitamin, mineral, enzim pencernaan dan juga air. Hal-hal inilah tidak kita temukan pada makanan lainnya. Buku ini mengupas mengenai manfaat buah dan sayur bagi kesehatan.

Perubahan cuaca yang tidak menentu belakangan ini juga tidak jarang berimbas buruk pada kesehatan kita. Ditambah dengan daya tahan tubuh yang menurun akan semakin mempermudah penyakit menghampiri tubuh. Untuk itu, alangkah bijaksananya apabila kita membentengi diri kita dengan asupan gizi yang seimbang serta mulai mencoba untuk menerapkan pola hidup sehat yang ditunjang dengan pola makan sehat pula.

Dalam pola makan yang sehat ada dua hal penting yang harus kita perhatikan yakni asupan makanan berupa buah dan sayur. Keduanya dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, serat dan juga gizi penting lainnya sehari-hari. Sayuran dan buah juga mengandung serat, vitamin, mineral, enzim pencernaan dan juga air. Hal-hal inilah tidak kita temukan pada makanan lainnya.

Buku Kitab Sehat Buah dan Sayur Berkhasiat akan membahas tentang manfaat buah dan sayur bagi tubuh dan juga memahami pula sifat-sifat dari buah dan sayuran tersebut. Dengan begitu, maka pembaca dapat memaksimalkan penerimaan gizi, maupun zat fitokimia yang terkandung dalam buah dan sayuran lewat cara pengolahan yang tepat.

Fakta Buah dan Sayur Beracun

Buah dan sayur memiliki banyak nutrisi dan zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Bahkan, dari hasil banyak penelitian, buah dan sayuran juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit ganas seperti kanker, diabetes, jantung, dan lain-lain.

Tapi tahukah Anda bahwa setiap buah dan sayuran juga mengandung zat berbahaya bagi tubuh kita? Cara pengolahan atau cara memakan buah atau sayuran yang salah bisa menyebabkan hal-hal buruk bagi tubuh kita, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Buku Fakta Buah Dan Sayur Beracun karya Dwi Budhi Susanto ini mengupas fakta tersembunyi dari setiap buah dan sayuran. Tidak hanya seputar khasiat maupun manfaatnya, tapi diulas juga berbagai racun yang ada di dalamnya.

Penulis: Umam

Rujukan:

https://www.merdeka.com/sumut/mengenal-buah-tempayang-primadona-baru-sumut-yang-laris-di-pasar-ekspor.html#:~:text=Buah%20ini%20terkenal%20karena%20dipercaya,bahkan%20meningkatkan%20kesuburan%20pada%20wanita

https://www.orami.co.id/magazine/daftar-buah-untuk-program-hamil

 

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah