in

Cara Membuat Seblak yang Enak dan Dijamin Ketagihan serta Tipsnya!

Sumber: instagram.com/waroenguncal

Cara membuat seblak – Seblak jadi makanan favorit orang saat ini, terutama dikalangan anak muda. Terbuat dari rendaman kerupuk, potongan bakso, sosis, sayuran, dan telur, seblak memiliki kuah yang pedas dan gurih. Awalnya seblak berasal dari Kota Kembang, Bandung.

Namun kemudian karena rasanya yang sesuai dengan lidah banyak orang, seblak mulai terkenal di berbagai kota di Indonesia. Sekarang, kalau kamu ke berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, atau kota-kota lainnya, kamu bisa menemukan makanan ini dengan sangat mudah.

Biasanya seblak terbagi menjadi dua jenis, yaitu seblak goreng dan seblak kuah. Disebut seblak goreng karena seblaknya dimasak kering tanpa ada kuah, sedangkan seblak kuah justru sebaliknya, disajikan dengan kuah pedas dan telur yang nikmat. Bukan hanya dari kuahnya, isian seblak sekarang juga macam-macam.

Cara Membuat Seblak
Sumber: iNews.id

Awalnya seblak hanya terdiri dari rendaman kerupuk yang dimasak hingga empuk. Biar lebih nikmat, seblak diberi tambahan oseng telur. Semakin populer, isian seblak juga jadi semakin banyak. Bukan hanya kerupuk dan telur, tetapi juga diberi tambahan sayuran, potongan bakso sapi, ceker ayam, makaroni, dan juga mie kuning.

Membahas soal seblak, kamu memang selalu bisa menemukan kuliner satu ini dimana-mana. Tapi kalau kamu memang benar-benar penggemar seblak, kayaknya tidak afdol deh kalau kamu belum bikin seblak sendiri di rumah.

Tenang aja, walaupun rasanya super nikmat, seblak ini gampang banget kok dibuat. Kamu juga bisa menambahkan isian apapun untuk seblak buatanmu.

Penasaran gimana cara membuat seblak yang enak? Berikut beberapa cara membuat seblak kuah pedas yang nikmat!

https://www.gramedia.com/products/kuliner-populer-khas-sunda?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kuliner-populer-khas-sunda?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Membuat Seblak Pedas dan Nikmat

Cara Membuat Seblak
Sumber: instagram.com/kulinerkabbandung

Seblak memang enak, apalagi kalau isiannya komplit dan dimakannya siang-siang pas udara lagi panas-panasnya. Kalau kamu mau cepet, kamu bisa beli seblak di warung-warung seblak terdekat di kota kamu.

Tapi kalau kamu mau makan seblak yang banyak lagi murah, kamu bisa bikin seblak sendiri di rumah. Asiknya, seblak ini merupakan salah satu makanan yang gampang banget dibuat, bumbunya sedikit dan isiannya bisa apa aja. Jadi tertarik kan bikin seblak sendiri di rumah? Berikut 2 cara membuat seblak pedas dan nikmat, yuk dicoba!

1. Resep Seblak Kuah Pedas

Cara Membuat Seblak
Sumber: Kompas.com

Bahan-bahan:
1 genggam kerupuk, rebus selama beberapa menit hingga empuk
5 buah bakso sapi, iris tipis
2 buah sosis sapi atau ayam, iris tipis
1 genggam makaroni, rebus hingga setengah matang
Sawi secukupnya, iris sesuai selera
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya
Air secukupnya untuk kuah
Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Bumbu yang dihaluskan:
3 buah cabai merah kering
5 buah cabai rawit
4 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 ruas kencur
2 butir kemiri

Cara membuat:
Pertama, siapkan dulu bumbu halusnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah kering, kencur dan kemiri. Kamu bisa menghaluskan bumbu dengan menggunakan blender atau bisa juga dengan menggunakan ulekan.

Setelah bumbu halus, panaskan wajan dengan api sedang, dan tuang minyak goreng. Minyak sudah panas, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Tumis hingga bumbu halus matang, cirinya adalah warna bumbu akan menjadi lebih pekat dan aromanya jadi lebih harum.

Bumbu sudah matang, sekarang masukkan sosis dan juga bakso yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk hingga bumbu menyatu, lalu tuangkan air secukupnya. Aduk-aduk lagi hingga air tercampur dengan bumbu dan semua bahan.

Masukkan bumbu penyedap seperti kaldu ayam bubuk, dan garam. Aduk rata dan masak hingga air mendidih. Tambahkan sawi yang sudah dipotong besar, dan juga makaroni yang sudah direbus. Masak sebentar hingga sayurannya matang.

Sambil menunggu sayurannya matang, di wadah lain, kocok satu butir telur. Masukkan telur ke dalam wajan yang mendidih. Diamkan telur sebentar agar sat, lalu baru aduk-aduk dengan kuah seblak.

Terakhir, tambahkan kerupuk yang sudah direbus matang dan empuk ke wajan. Aduk dan diamkan sebentar. Cicipi rasa seblaknya, kalau kurang asin atau gurih, kamu bisa menambahkan garam dan kaldu bubuk.

Kalau seblaknya kurang pedas, kamu bisa menambahkan cabai bubuk. Tapi kalau rasanya sudah pas, kamu bisa langsung angkat dan pindahkan ke mangkuk. Seblak kuah pedas siap untuk disajikan!

2. Resep Seblak Goreng

Cara Membuat Seblak
Sumber: Cookpad

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1 genggam kerupuk, rendam hingga empuk
2 sosis sapi atau ayam, iris tipis
5 buah bakso sapi, iris tipis
1 butir telur
100 ml air putih
1 sendok makan kaldu ayam bubuk
¼ sendok teh garam
? sendok teh merica
½ sendok teh gula
3 lembar daun jeruk
Daun bawang secukupnya, iris untuk taburan

Bumbu yang dihaluskan:
1 buah cabai merah besar
3-5 buah cabai rawit
5 buah bawang merah besar
3 buang bawang putih
1 jempol kencur
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat seblak:
Untuk seblak goreng, yang pertama harus dilakukan adalah menghaluskan bumbunya dengan menggunakan ulekan atau juga blender. Potong cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, kencur, cabai rawit, jahe, kunyit lalu masukkan ke dalam blender. Masukkan air sedikit dan juga minyak goreng sedikit, lalu blender hingga halus.

Bumbu sudah siap, sekarang panaskan wajan dan tuang minyak goreng secukupnya untuk menumis. Masukkan bumbu dan daun jeruk, lalu tumis bumbu hingga wangi dan matang. Lalu tambahkan air sebanyak 100 ml, sosis, dan juga bakso sapi yang sudah dipotong-potong.

Di wadah lain, pecahkan telur lalu kocok lepas. Masukkan telur ke dalam wajan, diamkan sebentar lalu aduk-aduk hingga bercampur dengan bumbu. Tambahkan kerupuk yang sudah direndam, aduk hingga semua bahan tercampur.

Tambahkan air lagi secukupnya, lalu masukkan garam, gula, merica, dan juga kaldu bubuk. Aduk rata, hingga airnya menyerap dan kerupuknya empuk. Cicipi rasanya, jika rasanya masih ada yang kurang, kamu bisa menambahkan bumbu penyedap seperti garam atau kaldu bubuk.

Kalau kuahnya dirasa kurang pedas, kamu bisa menambahkan cabai bubuk. Tapi kalau rasanya sudah pas, segera angkat dan pindahkan ke mangkuk. Terakhir, biar penampilan seblaknya semakin menarik, taburi daun bawang yang sudah kamu potong-potong. Seblak goreng sudah siap untuk dinikmati!

Gimana cara membuat seblak di atas, gampang sekali ‘kan? Untuk isiannya sendiri, seblak sebenernya bisa disesuaikan dengan bahan yang kita punya. Kalau kamu punya makaroni, bisa ditambah makaroni. Begitu juga kalau kamu punya mie kuning atau bahkan ceker yang sudah direbus, bisa ditambah sebagai isian seblak, pokoknya apapun selama rasanya enak dan sesuai.

https://www.gramedia.com/products/kuliner-cita-rasa-pedas?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kuliner-cita-rasa-pedas?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5 Tips Antigagal dalam Membuatnya

Cara Membuat Seblak
Sumber: unsplash.com/Jason Briscoe

Meski membuat seblak sebenarnya sangat mudah, namun masih banyak lho orang yang gagal dalam membuat makanan satu ini. Entah rasanya kurang pedas, kebanyakan air, atau justru kerupuknya kurang matang.

Kalau kamu adalah salah satu orang yang masih suka gagal dalam membuat seblak, coba deh simak beberapa tips di bawah ini!

1. Pastikan kerupuk sudah empuk
Pada dasarnya, seblak adalah kerupuk yang dimasak dengan bumbu pedas dan juga isian lainnya. Untuk itu, kerupuknya sendiri memegang peranan penting. Nah karena tekstur kerupuk sangat keras, kamu perlu merendamnya terlebih dahulu di air panas. Rendam kerupuk selama 30 menit atau lebih agar teksturnya empuk saat dimasak menjadi seblak.

Kalau kamu tidak punya waktu sebanyak itu, kamu bisa merebus kerupuk di air panas selama beberapa menit hingga teksturnya setengah empuk. Kenapa setengah empuk? Ini karena, kerupuk akan dimasak lagi dengan kuah seblak. Jika di awal, teksturnya sudah empuk, nantinya kerupuk akan hancur ketika dimasak jadi seblak.

Supaya kerupuk tidak menempel di dasar panci saat direbus, kamu bisa menambahkan sedikit minyak goreng ke air rebusan. Jangan lupa, aduk kerupuk sesekali agar tidak menempel ya!

2. Masak bumbunya hingga matang
Salah satu kesalahan banyak pemula dalam memasak adalah, menambahkan bahan-bahan sebelum bumbu matang. Sebenarnya tips satu ini bukan hanya berlaku bagi seblak aja sih, tapi juga untuk semua masakan.

Untuk memasak seblak dan masakan lainnya, penting untuk memastikan bahwa bumbu halus yang kamu tumis sudah benar-benar matang. tidak peduli semahal atau sebaik apapun kualitas bahan, kalau bumbu halusnya tidak matang, rasanya tidak akan enak. Ditambah lagi, aroma yang dihasilkan juga jadi kurang sedap.

Begitu juga kalau kamu membuat seblak. Sebelum menambahkan bahan seperti sosis, kerupuk, dan bahan lainnya, pastikan bumbu halus yang sudah ditumis sudah benar-benar matang. Cirinya adalah, bumbu akan berubah warna dan aromanya juga jadi harum.

Bumbu yang masih mentah akan memberikan rasa bawang mentah dan aroma yang kurang enak. Kalau sudah begitu, rasa seblak sudah pasti tidak akan enak.

Cara Membuat Seblak
Sumber: Suara.com

3. Jangan menambahkan air terlalu banyak
Kesalahan selanjutnya yang bikin seblak kamu jadi tidak enak rasanya adalah, jumlah air yang kamu masukkan terlalu banyak dan tidak sebanding dengan bumbu yang ada. Alhasil, seblak jadi hambar alias tidak ada rasanya karena air yang digunakan terlalu banyak.

Oke, kamu mungkin berpikir jika menambahkan garam, rasa seblaknya jadi tetap enak. Well, bisa sih, tapi nantinya rasa seblak buatan kamu jadi lebih dominan ke asin dan tidak ada rasa gurih-gurihnya. Padahal, yang namanya seblak itu seharusnya tidak terasa asin, tapi gurih dan pedas.

Pada dasarnya, kamu tentu saja boleh menambahkan air. Namun jumlah air yang dituang juga harus sesuai dengan bumbunya. Kalau bumbunya banyak, maka airnya juga harus banyak. Bukan hanya bumbu, isian seblak juga harus banyak supaya porsinya sesuai, tidak kebanyakan air, tapi isiannya sedikit.

Biasanya kesalahan semacam ini, paling banyak dilakukan oleh para pemula saat belajar masak. Karena belum terbiasa berhadapan dengan aneka bahan dan proses memasak, mereka jadi tidak punya takaran yang tepat untuk membuat masakan jadi enak. Makanya tidak heran kalau orang yang baru belajar masak, kalau tidak keasinan rasa masakannya pasti jadi hambar.

Kalau kamu adalah salah seorang yang baru belajar masak, biar takaran kamu pas, kamu harus benar-benar mengikuti takaran yang ada di resep. Begitu juga kalau kamu bikin seblak, pastikan semua bumbu dan jumlah airnya sesuai dengan yang dicantumkan di resepnya.

4. Memasukkan bahan di waktu yang tepat
Sama seperti perang, memasak juga butuh strategi. Meski semua bahan masakan dan bumbu itu penting, kamu tidak bisa memasukkan semuanya secara bersamaan. Bukannya enak, yang ada rasanya malah tidak karuan nantinya.

Untuk memasak ada step by step-nya. Pertama, memasak bumbunya lebih dulu, baru memasak bahan-bahannya setelah bumbunya matang. Aturan yang sama juga berlaku untuk membuat seblak favoritmu. Untuk seblak sendiri, hal pertama tentu kamu harus menghaluskan bumbu, kemudian menumisnya dengan minyak goreng hingga matang. Bumbu matang, baru deh masukkan bahan yang lainnya.

Eits, memasukkan bahan juga tidak bisa sekaligus. Untuk membuat seblak, setelah bumbu, kamu harus memasukkan bahan seperti sosis dan juga bakso. Dua bahan ini, teksturnya lebih keras dan perlu sedikit waktu untuk memasaknya. Sedangkan sayuran, kerupuk, dan telur, harus dimasukkan belakangan.

Kenapa begitu? Ini karena kerupuk yang digunakan untuk seblak biasanya sudah direndam atau direbus sebelum dimasukkan ke kuah seblak. Nah karena sudah direbus atau direndam, teksturnya sudah lembek.

Jika kerupuk dimasukkan pertama, maka kerupuk yang memang sudah lembek akan menyerap banyak air kuah dan akhirnya jadi hancur. Kalau sudah hancur, rasanya juga tidak bakalan enak. Selain kerupuk, bahan lain yang mudah hancur seperti mie dan makaroni juga dimasukkan ke kuah seblak di tahap akhir agar mie tidak terlalu mengembang dan rasanya jadi tidak enak.

5. Tambahkan bumbu penyedap
Seblak memang dimasak dengan bumbu halus. Bumbu halus sendiri berfungsi untuk membuat cita rasa masakan jadi lebih enak. Apalagi makanan Indonesia terkenal dengan rasa rempah yang kuat, begitu juga dengan seblak yang merupakan makanan asli Indonesia.

Tapi, bumbu halus aja tidak cukup. Bumbu halus dalam membuat seblak berfungsi untuk memberikan rasa pedas. Namun untuk rasa gurih, kamu butuh garam dan penyedap rasa berupa kaldu bubuk.

Eits, tapi ya jangan nambahin garam dan penyedap terlalu banyak. Bisa-bisa bukannya enak, rasa seblak buatan kamu bakal terlalu asin atau terlalu gurih. Lagi-lagi, pastikan takaran garam, penyedap, atau gula sudah sesuai dengan resep yang ada. Jangan dilebihkan apalagi dikurangi, karena nantinya seblak buatanmu jadi hambar alias tidak ada rasanya.

https://www.gramedia.com/products/sambal-spesial-rasa-pedas-khas-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sambal-spesial-rasa-pedas-khas-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara membuat seblak itu sebenarnya tidak susah, kok! Apalagi kalau kamu pada dasarnya sudah terbiasa untuk memasak di dapur. Bahkan meskipun kamu belum pernah membuat seblak sebelumnya, pengalaman memasak makanan sebelumnya akan membuat kamu tahu bagaimana takaran yang tepat dan bagaimana seharusnya rasa seblak yang enak.

Buat kamu yang jarang masak atau pemula dalam urusan dapur, membuat seblak ini bisa dibilang agak challenging. Bukan karena bahannya mahal, atau teknik memasak yang sulit, tapi karena kamu harus pintar-pintar menakar bumbunya. Takaran yang pas akan membuat seblak terasa nikmat.

Namun takaran yang asal-asalan akan membuat makanan yang harusnya enak jadi tidak jelas rasanya. Bisa keasinan, terlalu pedas, hambar karena airnya terlalu banyak, atau malah jadi terlalu gurih karena penyedapnya terlalu banyak.

Jadi gimana? Apa kamu tertarik membuat seblak? Dicoba, yuk! Siapa tahu rasanya enak dan jadi menu andalan kamu saat lapar!

Demikian ulasan mengenai cara membuat seblak. Buat Grameds yang mau mengetahui cara lain membuat seblak dan aneka masakan Nusantara lainnya, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Marliah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi