in

Review Buku Kontrakan Nyai Suman Karya Alitast

Kontrakan Nyai Suman – Dunia digital kini semakin meluas dan juga berkembang, dunia digital membuat suatu kemudahan untuk siapapun yang ingin mengembangkan potensi dan bakat yang ada di dalam diri. Dunia digital kini menyediakan banyak platform atau wadah untuk menampung dan menyebarluaskan bakat-bakat yang ada di dalam diri.

Salah satu perkembangan teknologi yang semakin tinggi ialah menulis, menulis menjadi salah satu hal yang dimudahkan oleh perkembangan dunia teknologi dan informasi, dikarenakan untuk sekarang menjadi seorang penulis sudah tidak perlu menggunakan kertas lagi karena banyaknya platform menulis yang ada di internet saat ini.

Hadirnya berbagai platform menulis seperti Wattpad, Storial, dan lainnya dapat memudahkan akses setiap orang untuk menulis dan mempublikasikan karya mereka secara mudah dan praktis. Salah satu wadah atau platform yang akan kita bicarakan adalah Twitter, dalam platform Twitter ramai diperbincangkan tentang Alternate Universe atau biasa disingkat sebagai AU. AU ini merupakan cerita fiksi yang sengaja dibuat oleh para penulisnya, ada berbagai macam jenis AU di Twitter mulai dari jenis romance, horror, komedi, thriller, hingga fantasi.

Untuk novel ini berasal dari AU yang sudah banyak dibaca dan sangat populer di Twitter. AU tidak hanya dipublish di Twitter, namun TikTok juga merupakan platform membuat AU. Dengan menampilkan beberapa screenshot chat lalu diedit dan di post di TikTok, lahirlah sebuah AU.

Novel ini memiliki jenis AU dengan genre komedi dan slice of lice yang berlatar belakang sebuah kontrakan. Kebanyakan cerita dari AU itu bersifat sangat ringan, nah novel ini termasuk salah satunya lho Grameds!

Novel Kontrakan Nyai Suman menceritakan tentang para penghuni kontrakan yang isinya berbagai macam jenis bujang. Kontrakan ini diisi oleh 23 pria bujang yang mempunyai masalah hidup yang berbeda-beda.

Novel ini menceritakan kehidupan 23 bujang di dalam suatu kontrakan yang dimiliki oleh Nyai Suman. 23 pria bujang tersebut yaitu Teguh, Jo, Theo, Yudha, Kevin, Dimas, Tian, Jay, Wina, Juan, Lukas, Martin, Arjuna, Hendri, Reihan, Haikal, Jevano, James, Yohan, Setara, Stefan, Cakra, dan juga Aji.

Meski terdengar ringan, novel  bergenre komedi ini  bisa jadi hiburan yang menyenangkan dan seru. Dalam novel ini, para pembaca akan diajak masuk ke dalam kontrakan Nyai Suman beserta sifat unik dari 23 pria bujang yang ada. Lantas apa ya yang akan dilakukan para bujang di kontrakan? Apakah ada hal-hal aneh yang terjadi di dalam kontrakan tersebut?

Jika Grameds yang penasaran tentang novel bergenre komedi ini, Grameds bisa membaca buku berjudul Kontrakan Nyai Suman Karya Alitast ini untuk menemukan jawabannya. Yuk kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang buku Kontrakan Nyai Suman Karya Alitast ini!

Sinopsis Buku Kontrakan Nyai Suman Karya Alitast

 

DISEWAKAN!

KAMAR KOSONG DI KONTRAKAN OM SUMAN!

The Architecture of Love | Di balik Pena

Fasilitas:

– Free Wi-Fi

– Kamar mandi bersih. (Gagang pintunya kadang suka lepas, tapi tetap aman, kok!)

– Air dingin – Air panas (rebus sendiri pakai panci).

– Lahan parkir terjamin. Parkir pesawat pun cukup.

– Mesin cuci (tapi deterjennya beli sendiri).

– Dapat sarapan ala hotel bintang 5 (Kalau chef-nya lagi mood masak).

Syarat & Ketentuan:

– Tidak masalah dengan suasana ramai.

– Mau menaati semua peraturan yang berlaku di kontrakan.

– Mau bertegur sapa dengan para tetangga dan sekitar.

– Mendapat izin dari orangtua.

– Tidak suka mencuri.

– Rajin beribadah (karena kamar yang disewakan agak angker). – Tidak berkeinginan untuk menjadi anime (karena hampir semua yang tinggal di sini menginginkan hal serupa).

– Tidak makan nasi pakai oli (berbahaya).

Pendaftaran & Informasi lebih lanjut, hubungi: Om Suman (Cari sendiri rumahnya, jangan manja!).

Tertanda,

Kapolda Seoul

Review Buku Kontrakan Nyai Suman

Pros & Cons

Pros
  • Alur ceritanya yang menarik dan unik
  • Ceritanya yang ringan mudah dipahami pembaca
  • Cocok untuk dibaca oleh segala kalangan
  • Memiliki genre komedi sehingga diminati para pembaca
Cons

     

    Bayangkan bagaimana jika kamu tinggal di sebuah kontrakan yang isinya berbagai macam manusia unik di dalamnya, hidup kamu pasti terjamin akan bahagia terus karena kamu sering tertawa akibat tingkah konyol penghuni di kontrakannya.

    Terlebih, jika isinya adalah 23 pria yang memiliki sifat unik yang berbeda, hidup kamu pasti akan ramai dan tidak akan merasakan kesepian lagi. 23 pria bujang yang ada di kontrakan akan membuat hidup kamu semakin absurd dan aneh setiap harinya hanya karena tingkah dan sifat mereka yang lucu.

    Kontrakan Nyai Suman ini merupakan salah satu novel best seller yang pertama kali terkenal melalui AU di Twitter dan juga TikTok. Kontrakan Nyai Suman ini menceritakan keseharian hidup 23 pria bujang yang tinggal bersama di sebuah kontrakan yang dimiliki oleh Nyai Suman.

    Novel ini dimulai dengan cerita keseharian 23 pria bujang hingga hal-hal random yang menyangkut pihak sekitar seperti Pak RT yang ada di lingkungan kontrakan. Novel ini memuat cerita yang sangat ringan dan juga sederhana, tentang kegiatan memancing bareng yang akhirnya hanya melamun di tepi sungai.

    Tentang mencari kunci di puluhan pot bunga di depan rumah, tentang selimut yang terbang dan tersangkut di tiang listrik saat di jemur, tentang peraturan kontrakan yang banyak sekali dilanggar, dan masih banyak lainnya.

    Novel Kontrakan Nyai Suman ini merupakan novel bergenre komedi, novel ini tidak hanya membahas tentang kehidupan di kontrakan, namun juga membahas kehidupan pribadi antara 23 pria yang tinggal di kontrakan tersebut yang memiliki kehidupan unik yang berbeda-beda, sehingga dapat membuat pembaca tertawa dan merasa novel ini sangat menyenangkan.

    Novel ini juga memiliki alur cerita yang ringan, yang ditambahkan cerita-cerita lucu antara tiap karakternya. Selain itu, novel ini cocok bagi para pembaca yang masih remaja karena ceritanya yang ringan dan membuat pembaca tertawa  tiap-tiap halamannya.

    Lantas bagaimanakah kelanjutan cerita ini? Apa yang dilakukan oleh 23 pria bujang yang ada di kontrakan itu? Apa saja peraturan-peraturan di kontrakan Nyai Suman? Apakah ada cerita kehidupan pribadi tentang 23 pria bujang tersebut?

    Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca buku Kontrakan Nyai Suman ini dan dapatkan cerita kisah tentang sebuah kontrakan yang dihuni oleh 23 pria unik yang seru, lucu dan menarik ini dari karya Alitast di Gramedia.com.

     

    Novel Kontrakan Nyai Suman ini merupakan sebuah novel komedi yang sangat ringan dengan menceritakan kehidupan yang unik, konyol, dan penuh tawa yang terjadi di sebuah kontrakan Nyai Suman.

    Novel Kontrakan Nyai Suman yang ditulis oleh Alitast ini dapat dibaca oleh segala kalangan karena kisah ceritanya yang umum, ringan, dan lucu. Novel yang ditulis oleh Alitast ini juga merupakan salah satu teenlit yang memiliki cerita yang menarik dengan membawa tema kehidupan kontrakan di dalamnya.

    Novel Kontrakan Nyai Suman Karya Alitast merupakan salah satu novel yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi para Grameds yang mungkin menyukai novel bertemakan fiksi komedi yang dapat memberikan rasa menyenangkan dan menghibur bagi para pembaca.

    Jika para Grameds belum membaca karya dari Alitast, Kontrakan Nyai Suman ini cocok sebagai awalan para Grameds untuk menekuni karya-karya Alitast.

    Novel Kontrakan Nyai Suman ini merupakan sebuah novel komedi yang sangat ringan dengan menceritakan kehidupan yang unik, konyol, dan penuh tawa yang terjadi di sebuah kontrakan Nyai Suman.

    Novel Kontrakan Nyai Suman yang ditulis oleh Alitast ini dapat dibaca oleh segala kalangan karena kisah ceritanya yang umum, ringan, dan lucu. Novel yang ditulis oleh Alitast ini juga merupakan salah satu teenlit yang memiliki cerita yang menarik dengan membawa tema kehidupan kontrakan di dalamnya.

    Novel Kontrakan Nyai Suman Karya Alitast merupakan salah satu novel yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi para Grameds yang mungkin menyukai novel bertemakan fiksi komedi yang dapat memberikan rasa menyenangkan dan menghibur bagi para pembaca. Jika para Grameds belum membaca karya dari Alitast, Kontrakan Nyai Suman ini cocok sebagai awalan para Grameds untuk menekuni karya-karya Alitast.

    Profil Alitast

    Alitast merupakan seorang anak tengah dari tiga bersaudara yang sering disapa Lita oleh orang sekitarnya. Alitast lahir pada tanggal 12 Juli 1998 di kota Semarang. Alitast pertama kali memperkenalkan karyanya yang berjudul Kontrakan Nyai Suman kepada pembaca pada tahun 2020 di suatu platform online yaitu Twitter.

    Saat menuliskan cerita ini, Alitast sedang berada di dalam masa penulisan tugas akhir untuk studinya. Akhirnya, Kontrakan Nyai Suman ini mendapatkan banyak respons positif dari para pembaca, hingga hal tersebut menjadi sumber penyemangat untuk Alitast.

    Alitast sendiri sudah memiliki hobi membaca dan menulis sejak kecil, cerita bergenre komedi yang menjadi favoritnya sejak dulu. Selain itu, ia juga gemar menonton film-film komedi karya kreator Indonesia.

    Mengenal Alternate Universe

    Alternate Universe atau biasa disingkat dan dikenal sebagai AU merupakan cerita fiksi yang dipublikasikan di platform online seperti Twitter ataupun TikTok. Namun, AU biasanya lebih banyak dipublikasikan di Twitter dibanding TikTok karena di Twitter lebih leluasa untuk mengunggah sebuah narasi.

    Biasanya di TikTok, hanya untuk mempromosikan AU nya saja. AU biasanya ditulis dengan bentuk fakechat dan bentuk narasi untuk menceritakan alur ceritanya. Cerita-cerita AU merupakan cerita fiksi yang sedang populer akhir-akhir ini, banyak cerita dari AU yang diterbitkan menjadi buku. Banyak sekali, penggemar cerita AU yang membeli buku-buku yang diadaptasi dari AU.

    Seperti buku-buku fiksi lainnya, cerita-cerita AU juga memiliki banyak genre. AU juga memiliki banyak genre dari genre romance, drama, komedi, horror, thriller, hingga fantasi. Tetapi, genre komedi merupakan satu genre paling banyak yang dipublikasikan, karena genre komedi ini memiliki sasaran pembaca yang sangat umum, sehingga banyak sekali yang menggemari AU bergenre komedi.

    Genre komedi pada AU biasanya menceritakan keseharian hidup para karakternya. Salah satunya adalah novel ini, novel Kontrakan Nyai Suman karya Alitast ini merupakan jenis AU bergenre komedi yang memiliki latar belakang kehidupan kontrakan.

    Kontrakan Nyai Suman menceritakan kehidupan kontrakan yang sangat mirip dengan kehidupan kontrakan biasanya. Di dalam Alternate Universe biasanya penulis menggunakan salah satu bias atau idolanya yang terkenal dan membuat mereka menjadi tidak terkenal seolah-olah menjadi orang biasa yang menjalani hidup normal.

    Cerita cerita AU biasanya menceritakan kehidupan orang terkenal dalam dimensi yang berbeda. Contohnya seperti personil boy group NCT yang divisualisasikan di Indonesia dan menjalani kehidupan di Indonesia yang kemudian memiliki kisah cinta layaknya orang Indonesia.

    Tidak hanya boy group NCT, namun boy group seperti BTS, Seventeen, The Boyz, Enhypen, Treasure dan lainnya juga sering digunakan sebagai salah satu karakter AU.

    Penutup

    Novel ini merupakan salah satu novel komedi yang dapat membuat para pembacanya terbahak-bahak, novel ini akan menyajikan cerita konyol, unik, seru, dan lucu dari kehidupan 23 pria bujang yang tinggal dalam satu kontrakan.

    Selain itu, novel ini berhasil mengajak masuk para pembaca ke dalam sebuah kontrakan dan merasakan bagaimana hidup di dalam kontrakan tersebut yang penuh tawa setiap harinya. Novel yang diadaptasi dari cerita AU yang dipublikasikan di Twitter dan TikTok ini sukses menyabet gelar best seller.

    Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang buku Kontrakan Nyai Suman Karya Alitast. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku bergenre fiksi komedi. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

    Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga!

    Penulis: Sabrina Gasella Ghaisani

    Sumber Artikel: 

    • https://twitter.com/pusingmilihbias
    • https://www.tiktok.com/@larikepantai?_t=8dyU9XIlrQW&_r=1
    • https://instagram.com/kontrakannyaisuman?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

    Written by Nandy

    Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

    Kontak media sosial Linkedin saya Nandy