in

Review Novel Boyband: Your Dreams Is Yours

Boyband: Your Dreams Is Yours – Novel menjadi salah satu bacaan yang memiliki banyak peminat di berbagai kalangan usia, mulai dari remaja hingga dewasa. Ada berbagai jenis novel yang cocok untuk dibaca sesuai dengan usia masing-masing. Bagi remaja, novel teenlit dapat menjadi pilihan yang tepat.

Teenlit merupakan singkatan dari teen literature, yaitu karya sastra yang mengisahkan kehidupan para remaja dan berhubungan dengan pengalaman yang dialami oleh remaja itu sendiri. Novel teenlit biasanya mengangkat kisah-kisah percintaan remaja, persahabatan, keluarga, dan kehidupan sehari-hari remaja.

Novel teenlit ditulis menggunakan kalimat yang sederhana dan ringan, sehingga mudah dimengerti untuk dibaca. Selain itu, terdapat beberapa pesan moral yang disisipkan oleh penulis dalam novel teenlit.

Felis Linanda menjadi salah satu penulis muda di Indonesia yang menerbitkan novel teenlit berjudul Boyband: Your Dreams Is Yours. Novel ini termasuk ke dalam genre M-fiction, karena menggunakan latar Taipei, Beijing. Novel ini juga merupakan buku pertamanya yang berhasil terbit oleh penerbit mayor, yaitu Gramedia Widiasarana Indonesia tahun 2021.

Kisah kehidupan idol memang selalu menarik perhatian pembaca, apalagi kini industri musik yang menghadirkan anggota boyband sebagai wajah utama sudah menjadi gaya hidup baru. Hal tersebut akan digambarkan oleh Felis Linanda melalui karya pertamanya yaitu  Boyband: Your Dreams Is Yours.

Grameds, artikel ini akan mengulas tentang novel Boyband: Your Dreams Is Yours karya Felis Linanda. Yuk, simak ulasannya sampai selesai, ya.

Sinopsis Novel Boyband: Your Dreams Is Yours

 

Judul Buku : Boyband: Your Dreams Is Yours

Penulis Buku : Felis Linanda

Penerbit : Gramedia Widiasarana Indonesia

Halaman : 248

“Impianmu adalah impianmu. Tidak ada siapa pun yang bisa merampasnya, termasuk orang tuamu.” – Dufei.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Teddy Zhong Dufei, seorang pria kelahiran Indonesia yang menetap di Taipei, memiliki impian menjadi manajer boyband yang berkualitas dan berbakat. Impiannya pun tercapai, Dufei terpilih menjadi manajer untuk grup bernama Sunrise Boy.

Namun, karir Dufei sebagai manajer boyband di Taipei terancam hancur ketika dua dari lima anggota boyband terlibat dalam skandal perkelahian sebelum debut mereka dilakukan. Akibatnya, mereka dipecat dan Dufei hanya diberikan waktu seminggu oleh sang direktur untuk mencari dua anggota pengganti.

Dufei harus mencari anggota pengganti yang sesuai agar boyband tersebut dapat debut dalam tiga minggu mendatang. Misi ini bukanlah tugas yang mudah, Dufei harus mencari bakat yang siap tampil dalam waktu yang sangat terbatas, seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami.

Kemudian, Dufei melakukan perjalanan ke berbagai tempat untuk mencari calon anggota boyband yang pernah mengikuti proses seleksi sebelumnya. Beruntung, dia berhasil menemukan pengganti untuk anggota yang dikeluarkan.

Grup Sunrise Boys yang digawangi oleh Jordan dan teman-temannya akhirnya berhasil debut. Namun, ketika mereka sedang menikmati kesuksesan, muncul sebuah akun misterius yang membongkar rahasia Jordan. Akun itu juga memposting berita tentang hubungan rahasia antara Dufei dan Shasha, manajer grup Shinny Girls. Hal tersebut membuat Situasi semakin memanas antara grup Sunrise Boys dan Shinny Girls.

Review Novel Boyband: Your Dreams Is Yours

Novel Boyband: Your Dreams Is Yours karya Felis Linanda merupakan salah satu pemenang dari The Writers Show 2020 di Kompas Gramedia. Felis nekat mengambil cuti untuk lebih fokus mengikuti seleksi TWS ini, hingga berhasil membawanya menjadi salah satu dari enam pemenang.

Novel ini bercerita tentang sebuah boyband yang terbentuk melalui proses pengumpulan personil yang berasal dari ajang pencarian bakat Let’s be A Star. Kisah ini membahas tentang perjalanan para anggotanya dalam menghadapi skandal menjelang debut, yaitu masalah kehidupan pribadi personel, serta konflik internal dengan pihak manajemen terkait aturan yang melarang hubungan pribadi baik antara manajer dan antar personal.

Buku ini mampu membuat pembaca betah dengan gaya penulisan Felis yang alami, ringan, dan mudah dipahami. Tokoh yang ditampilkan dalam novel cukup banyak dengan karakter yang beragam. Teddy Zhong Dufei sebagai tokoh utama merupakan manajer boyband Sunrise Boys, dia memiliki karakter yang baik dan pekerja keras.

Kemudian, Sunrise Boys terdiri dari 5 anggota, yaitu Mike Gao Fangao (leader), Sammy Wang Yuanyi, Jordan Zhang Xiaozhan, dan Eric Liu Dehua. Novel ini juga menampilkan kelompok idola lainnya, yaitu Shinny Girls yang berisi empat anggota wanita dan diasuh oleh Shasha, manajer dari girlband tersebut.

Konflik yang ditampilkan dalam novel cukup menarik. Falis seolah memberi gambaran dari kehidupan seorang idola yang sesungguhnya, mulai dari pre debut, aktivitas latihan, fan meeting, konser, hingga kehidupan pribadi dari masing-masing anggota. Diceritakan juga mengenai larangan untuk memiliki hubungan asmara di agensi. Hal itu memicu konflik baru, karena diam-diam Dufei dan Shasha menjalin sebuah hubungan.

Novel ini termasuk genre M-fiction karena memiliki latar Taipei, Beijing. Bahkan nama-nama tokoh dalam novel juga menggunakan bahasa Mandarin. Berdasarkan latarnya sendiri, Felis merasa tidak mungkin menampilkan cerita dengan gaya bahasa modern, sehingga dia memilih menggunakan gaya bahasa terjemahan.

Novel Boyband: Your Dreams Is Yours bukan hanya sekedar bacaan yang menampilkan kehidupan para idola saja, melainkan juga memberi pesan berarti bahwa setiap mimpi dapat terwujud asalkan kita mau berusaha dan berani untuk mengambil kesempatan.

Berdasarkan rating pembaca di Goodreads, Boyband: Your Dreams Is Yours mendapat nilai 3.80 dari 5. Jika kita lihat ulasan-ulasan dari pembaca, kita akan mengetahui betapa rumitnya kehidupan seorang idola.

 

Kelebihan dan Kekurangan Novel Boyband: Your Dreams Is Yours

Pros & Cons

Pros
  • Desain cover yang menarik dan sesuai dengan isi ceritanya.
  • Menggambarkan dunia boyband yang hangat dan penuh dengan perasaan kekeluargaan.
  • Menggunakan bahasa terjemahan yang sederhana, sehingga nyaman untuk dibaca
Cons
  • Gambaran industri musik di Taipei kurang digambarkan banyak.
  • Penyelesaian konflik terlalu cepat. 

 

Setelah melihat ilustrasi yang terdapat pada cover, pembaca akan langsung menangkap jika novel ini bercerita mengenai lima pemuda tampan yang tergabung dalam satu grup boyband. Ilustrasinya pun terlihat catchy dan tentunya sangat cocok sebagai buku bacaan teenlit.

Hal menarik lainnya dalam novel Boyband: Your Dream Is Yours adalah kehangatan atmosfer kekeluargaan yang terasa kuat di antara para anggota Sunrise Boys. Mereka saling mendukung dan memperkuat satu sama lain saat menghadapi masalah, bahkan manajer mereka, yaitu Zhong Dufei tidak hanya sekali harus berhadapan dengan pimpinan manajemen untuk memastikan bahwa boyband tersebut tetap solid, kompak, dan menjadi yang terbaik.

Gaya bahasa terjemahan yang digunakan dalam novel memang terbilang unik, terdengar tidak biasa untuk novel-novel teenlit di Indonesia. Namun, Felis berhasil mengemasnya dengan baik dan nyaman dibaca.

Sayangnya, ada rasa kurang dalam novel ini, yaitu penggambaran industri musik di Taipei, terutama tentang boyband atau girlband, kilauan dunia selebritis papan atas di sana, serta persaingan yang ada. Fokus penceritaan hanya ada pada konflik yang terjadi pada internal boyband Sunrise Boys saja, tidak ada penjelasan lebih jauh mengenai gemerlap industri musik di Taipei.

Meskipun ada konflik dalam cerita, terasa terlalu mudah bagi mereka untuk diselesaikan.  Dunia industri boyband sekarang menjadi salah satu konsumsi yang sedang marak di senangi oleh banyak orang, sehingga akan cukup disayangkan jika masalah dalam novel diselesaikan begitu cepat karena beberapa pembaca tentunya ingin mengetahui lebih dalam dunia boyband, khususnya di Taipei.

Terlepas dari kekurang yang ada, novel Boyband: Your Dream Is Yours karya Felis Linanda tetap menampilkan cerita yang menarik dan penuh dengan pesan baik. Melalui anggota Sunrise Boys, pembaca akan sedikit banyak mengetahui bagaimana kehidupan yang sebenarnya dari para idol.

Mengenal Felis Linanda, Penulis Novel Boyband: Your Dreams Is Yours

Felis Linanda, seorang penulis novel asal Pontianak, Kalimantan Barat, telah berhasil menunjukkan bakat menulisnya sejak usia dini. Felis telah menunjukkan minatnya dalam mengarang sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran yang membuka matanya akan bakat menulisnya.

Wanita yang lahir tanggal 21 Februari 1998 ini senang memberikan komentar tentang sinetron yang ditayangkan di televisi. Bahkan saat SMP, dia sering membuat plot cerita sendiri di buku, ketika melihat akhir sinetron yang tidak masuk akal. Awalnya, Felis mulai menulis cerpen, namun kemudian dia memutuskan untuk mengasah keterampilannya dalam menulis novel secara otodidak.

Perjalanan karier Felis tidaklah mulus, dia pernah mengalami penolakan yang cukup menyakitkan ketika mengirimkan novel pertamanya yang berjudul Koala Prince. Alasan penolakan tersebut adalah kesalahan ejaan dan penulisan yang masih ada didalamnya.

Kekecewaan sempat melanda Felis, namun dia tidak menyerah begitu saja. Felis bangkit dengan semangat dan melanjutkan perjalanan menulisnya dengan belajar melalui berbagai pelatihan yang berkaitan dengan teknik penulisan yang baik dan benar.

Salah satu pelatihan yang diikutinya adalah Gramedia Writing Project. Selain menulis, Felis juga aktif membantu ayahnya sebagai penjual bakmi di Kota Pontianak. Dia hidup dengan moto “teruslah menulis sampai tangan ini tidak mampu menulis lagi” dan terus belajar melalui membaca banyak buku.

Salah satu novelnya yang berjudul Boyband: Your Dreams Is Yours berhasil menjadi pemenang dari The Writers’ Show 2020 di Kompas Gramedia. Baginya, buku adalah jendela ilmu yang dapat memberikan banyak pengetahuan. Felis juga mengidolakan penulis Mira W yang menjadi inspirasinya dalam menulis.

Perjalanan Felis tidak selalu mendapat dukungan dari orangtuanya. Walaupun demikian, dia tetap teguh pada pilihannya dan terus berjuang untuk mewujudkan mimpinya sebagai seorang penulis yang sukses.

Yuk, tunggu apalagi segera ketahui kisah dari Felis dan dapatkan bukunya di gramedia.com.

 

Penutup

Secara keseluruhan, buku Boyband: Your Dream Is Yours memberikan wawasan yang cukup tentang dunia boyband dan girlband, meskipun tidak begitu mendalam. Hal yang paling disukai adalah interaksi antara Shinny Girl, salah satu girlband yang solid dengan Sunrise Boys. Keberadaan mereka berhasil mencerahkan suasana dalam cerita.

Grameds, itulah ulasan mengenai novel Boyband: Your Dream Is Yours karya Felis Linanda. Apabila Grameds penasaran dengan kisah keseluruhan dari Sunrise Boys dan Shinny Girls, Grameds dapat membaca dan membeli novel ini di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Dwi Puji Lestari

Rujukan Tulisan:

  • Buku Boyband: Your Dream Is Yours Karya Felis Linanda
  • https://www.gramedia.com/products/boyband-your-dream-is-yours
  • Profil Felis Linanda
  • https://pontianak.tribunnews.com/2020/06/10/profil-penulis-novel-asal-pontianak-felis-linanda-suka-menulis-sejak-sekolah-dasar?page=3
  • Goodreads: Buku Boyband: Your Dream Is Yours Karya Felis Linanda
  • https://www.goodreads.com/id/book/show/57511853

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy