in

Review Novel Dara & Dira Karya Kupukupukecil

Dara & Dira – Hai, Grameds! Banyaknya kisah romance dalam bentuk novel kadang membuat kita kebingungan untuk memilih bacaan. Nah, kali ini ada rekomendasi novel romance, novel ini merupakan karya debut dari penulis yang dikenal dengan nama Kupukupukecil.

Novel Dara & Dira bermula dari aplikasi menulis online, Wattpad, yang telah menarik perhatian lebih dari satu juta pembaca. Oleh RDM Publisher kemudian dicetak dalam bentuk buku dan pertama kali diterbitkan pada September 2018 lalu.

“Dara & Dira” berkisah tentang kehidupan dua pasangan yang putus setelah menjalin hubungan selama empat tahun dan harus bertemu kembali karena sebuah acara. Sobat grameds apa pernah memiliki kisah yang serupa? Kisah cinta lama bersemi kembali atau kisah cinta yang menorehkan luka yang dalam hingga sulit untuk menerima dan mempercayai lagi cinta?

Nah, kalau sobat grameds memiliki kisah seperti itu, novel ini wajib banget masuk jajaran novel romance yang harus kamu baca! Kisah tentang patah hati dan move on memang selalu menyakitkan, bukan? Tapi siapa tahu dengan membaca novel ini kamu bisa merasa lebih lega karena bukan hanya kamu seorang yang mengalaminya.

Agar sobat grameds semakin ingin memiliki novel ini, yuk disimak terlebih dahulu sinopsis dan review singkat novel “Dara & Dira” karya Kupukupukecil ini!

Sinopsis Novel Dara & Dira

“Sepahit-pahitnya berharap adalah berharap kepada manusia. Dan sepahit-pahitnya merasa, adalah merasa bukan apa-apa.” – Halaman 110

Dara & Dira adalah sebuah novel romance yang menceritakan tentang cinta masa lalu yang pernah menorehkan luka namun harus kembali bertemu lagi. Dara harus bertemu dengan orang itu dalam sebuah acara. Apakah Dara siap?

Dara diceritakan sebagai seorang gadis yang ceria, namun ia pernah mengalami cinta yang membuat hatinya sangat sakit, membuatnya sulit untuk menerima dan mempercayai laki-laki lagi. Laki-laki yang membuat Dara berada dalam situasi seperti itu adalah Adira atau dipanggil dengan nama Dira.

Dara harus merasa hancur akan harapan besarnya untuk menikah dan bahagia karena Dira yang membiarkannya pergi dan datang kembali hanya untuk memberikan Dara rasa sakit. Dira dan Dara dikisahkan sudah menjalin hubungan selama empat tahun dan putus begitu saja.

Dara pernah bertemu dengan Bagas, sosok laki-laki yang memberikannya perhatian karena Dara terus meratapi kesedihannya. Sikap Bagas sangat jauh berbeda dengan Dira. Sementara Adira sendiri adalah laki-laki yang selalu berharap dengan cinta masa lalunya, Dira diceritakan sebagai anak yang sulit mengatakan tidak pada keinginan orang tuanya, dan karena hal itu membuat Dira sulit untuk menerima kenyataan yang tiba-tiba hadir di dalam hidupnya.

Dara bukan apa-apa atau bukan siapa-siapa. Empat tahunnya bersama Dira seolah hanya untuk menjaga Dira dan memberikannya pada perempuan lain. Sebuah kenyataan pahit yang membuat Dira ingin pergi jauh, dan saking jauhnya ia ingin pergi ke belahan dunia lain.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Putus dengan Dira betul-betul membuat Dara pergi jauh, Dara akhirnya kembali kembali ke kota kelahirannya setelah pergi lima tahun lamanya. Kedatangannya bukan tanpa sebab, Dira berniat untuk menghadiri pernikahan teman dekatnya.

Usia Dara kini sudah 27 tahun, dan semua teman-temannya sudah menikah serta memiliki anak. Keadaan ini tentu saja menjadi pergolakan batin yang harus Dara hadapi, apalagi ditambah dengan ibunya yang mengingatkan ia untuk segera menikah dan memiliki pasangan.

Ketika Dara menghadiri undangan pernikahan sahabatnya, Dira harus bertemu lagi dengan laki-laki yang membuat luka besar di hatinya. Dara lupa bahwa Adista adalah adik dari mantan kekasihnya dulu.

Apakah Dara siap untuk bertemu kembali dengan kisah masa lalunya? Bagaimana kemudian selanjutnya Dara menghadapi teman-temannya yang sudah berkeluarga?

 

Review Novel Dara & Dira

Pros & Cons

Pros
  • Dara & Dira adalah sebuah novel yang menekankan pada pertumbuhan emosional karakter, terutama pada tokoh Dara.
  • Novel ini mengandung pesan moral yang dalam bahwa manusia seharusnya tidak berharap kepada manusia lain.
Cons
  • Kurangnya perkembangan karakter pada tokoh Dira. Tokoh Dara mendominasi cerita ini meskipun di judul jelas kisah tentang Dara & Dira.

Kelebihan Novel Dara & Dira

Dara & Dira adalah novel romance dengan kerumitan cinta yang terjalin di antara keduanya. Penekanan pertumbuhan emosional dari tokoh Dara sangat amat menyentuh, kamu akan menemukan bagaimana cewek bucin benar-benar patah hati ketika ditinggalkan putus begitu saja oleh pacarnya.

Pengemasan alur dan gaya penulisan yang ringan membuat novel ini enak untuk dibaca. Dara harus menghadapi dilemanya serta konflik batin ketika harus bertemu kembali dengan Dira, mantan kekasihnya, sehingga cerita ini memberikan sensasi ketegangan pada pembaca.

Selain menyajikan kisah cinta yang manis, novel ini juga berhasil membuat pembaca kesal dengan tokoh Dira. Ya, bagaimana tidak? Dira memang diceritakan memiliki pola pikir yang dewasa, akan tetapi caranya dalam menyikapi hubungan dengan Dara adalah cara yang salah karena dibungkus dengan sifatnya yang menyebalkan dan mulutnya yang sepedas cabai rawit.

Karena hal itu, tentu saja membuat Dara memiliki luka di hatinya. Penulis novel ini, Kupukupukecil sangat pandai memainkan emosi pembaca pembaca dan merajut takdir para tokohnya, seolah kehidupan Dara adalah itu-itu saja karena benar-benar saling berhubungan satu sama lain.

Dara & Dira juga adalah novel dengan pesan moral yang dalam bahwa sebagai manusia sudah seharusnya tidak berharap kepada manusia lain, karena hal itu hanya akan menimbulkan kekecewaan yang mendalam.

Kekurangan Novel Dara & Dira

Selain kelebihan, novel Dara & Dira juga memiliki kelemahan. kurangnya perkembangan karakter pada tokoh Dira. Tokoh Dara mendominasi perjalanan novel ini, dan hal ini bisa menjadi kekurangan cerita, karena pembaca berharap lebih tentang penjelasan kehidupan dan emosi yang Dira alami.

Penutup

Sebagai penutup, novel Dara & Dira adalah novel romance dengan memiliki kerumitan cerita cinta. Kalau sobat grameds mengalami hal sama dengan Dara, maka novel ini cocok sekali menemani waktu senggangmu. Karena luka di dalam hati tidak selamanya harus selalu diratapi, bukan? Tapi bagaimana jika luka itu kembali terbuka ketika kenangan-kenangan dengannya hampir hilang justru kamu harus bertemu lagi dengan sumber kenangan itu?

Nah, bagi sobat grameds yang tertarik dengan kisah cinta Dara & Dira, kamu bisa mendapatkan novel ini di offline dan online store Gramedia.com, ya! Selamat membaca!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Melani Wulandari

Rekomendasi Novel

Matt & Mou Karya Wulan Fadila Fatia

 

Matt & Mou adalah sebuah novel tentang persahabatan cowok dan cewek yang pada akhirnya saling jatuh cinta dan menjalin hubungan asmara. Matt diceritakan sebagai sosok misterius dan anti sosial, sementara Mou adalah seorang perempuan yang riang dan bawel.

Seiring berjalannya waktu, tumbuh perasaan di antara keduanya, namun mereka enggan saling memberitahu satu sama lain hingga ada suatu peristiwa yang terjadi di antara mereka yang menyebabkan Mou menjadi dari Matt.

Mou tidak membalas penjelasan apapun dari Matt, bahkan Mou tidak ingin merespons pesan apapun dari Matt. Ditambah lagi Mou mengetahui bahwa Matt akan pergi untuk kuliah ke Jerman, hal itu tentu menjadi tanda bahwa Matt akan pergi dari kehidupan Mou yang jauh beribu-ribu kilometer.

Kido Vs Yura Karya Zaeem

 

Tidak ada yang percaya ketika Kido berbicara bahwa ia telah menikah dengan Yura si cupu sekolah. Teman-temannya hanya merespons dengan tertawa, karena bagi mereka itu adalah jokes paling pecah dari Kido. Tentu saja orang lain tidak akan mudah percaya, karena bagaimana tidak? Yura adalah si kutu buku yang cupu dan Kido adalah selebgram yang alay.

Mereka harus menikah ketika masih duduk di bangku SMA! Kido dan Yura bahkan selalu bermusuhan seperti Tom and Jerry, dan kini mereka telah menjadi sepasang suami istri? Wow menarik!

Kido dan Yura adalah novel yang menceritakan tentang perjodohan. Bagi Yura, Kido hanyalah seorang manusia yang tidak memiliki sopan santun dan layak mendapatkan predikat termalas mikir. Kido juga adalah selebgram yang selalu dikatakan “unyu” dengan kulitnya yang putih, rambut ikalnya, alis tebalnya, dan bibirnya yang merah muda.

Genta & Nandea Karya Eko Ivano Winata (Kata Kokoh)

 

Nandea harus berhadapan dengan Genta! Seorang editor yang tersohor karena galaknya. Nandea bahkan sempat bingung mengapa orang lain selalu merasa bangga dieditori oleh Genta. Padahal, apa yang tidak dimiliki oleh Nandea, ia sudah menerbitkan buku, memiliki pembaca setia, buku-bukunya menjadi best seller, spesial diundang penerbit ternama untuk proyek menulis, semua itu adalah Nandea.

Tapi beda lagi dengan Genta. Genta meremehkan Nandea karena dianggap hanya sebagai penulis jebolan platform kepenulisan. Nandea rasanya ingin menyerah ketika dia harusnya datang dengan bangga sambil mengangkat dagu dan menyelesaikan proyek menulisnya dengan mudah.

Pertemuan pertama dengan semua sinopsis Nandea ditolak oleh Genta hingga pertemuan kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. Alasannya karena terlalu klise, tidak masuk akal, dan kurang bagus. Tapi Nandea bertahan setelah melihat sisi lain dari Genta yang melelehkan hatinya.

(Not) a Perfect Marriage

 

Novel (Not) a Perfect Marriage karya Ervina Dyah ini diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer pada tahun 2018. Novel ini bercerita tentang kisah cinta Anggia dan Baghas yang bermula dari perjodohan.

Anggia adalah mahasiswa akhir tahun yang sedang magang di sebuah bank, sementara Baghas adalah atasannya. Tanpa disangka-sangka, Baghas ternyata adalah sepupu Ratu, sahabat dekat Anggia.

Atas niat Ratu menjodohkan keduanya ditambah ibu Baghas yang menyetujui Anggia menjadi menantunya, Baghas yang baru saja mengetahui fakta bahwa Cindy, pacarnya, berselingkuh, memutuskan untuk meminang Anggia. Sayangnya pernikahan yang terlalu diburu-buru ini menimbulkan banyak masalah dalam kehidupan pernikahan keduanya.

Mulai dari rasa benci dan sakit hati yang kemudian berubah menjadi cinta, penulis mengisahkan perkembangan cerita dengan konflik yang sudah bisa ditebak namun tetap apik. Novel ini cocok dibaca para pecinta novel bergenre romance, khususnya para remaja dan wanita usia 20 tahun ke atas.

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy