in

Review Buku Set Boundaries

Set Boundaries – Apakah kalian pernah kesulitan untuk mengatakan “tidak” ke orang lain? Atau bagaimana dengan meminjamkan uang kepada keluarga dan tidak pernah mendapatkannya kembali? Apakah kalian menghadiri acara karena kewajiban daripada benar-benar ingin pergi?

Bagian hidup yang penting dan perlu yang perlu kita prioritaskan adalah menambahkan batasan. Hal lain yang perlu diingat juga bahwa kita hidup tidak semestinya bertanggung jawab atas kebahagiaan orang lain, melainkan kebahagiaan diri kita lah yang utama dan terpenting.

Manusia memang hidup berdampingan dengan orang lain, namun ada kalanya kita perlu membuat batasan untuk mencapai keseimbangan kerja atau kehidupan. Batasan diperlukan untuk menetapkan batasan bagi diri kita sendiri dan memastikan bahwa kita menghargai kebutuhan kita sendiri sebelum orang lain.

Meskipun diperlukan, batasan bisa sangat sulit untuk ditetapkan dan ditindaklanjuti. Batasan dapat muncul dalam hidup kita dalam banyak cara. Bisa jadi memberi tahu pasangan kita bahwa kita ingin menikmati makan bersama tanpa menggunakan ponsel. Bisa jadi memberi tahu teman bahwa kita tidak dapat menghadiri acara yang mereka adakan.

Set Boundaries karya Nedra Glover Tawwab ini merupakan salah satu buku yang membahas pentingnya membuat batasan dalam hidup. Buku ini mengeksplorasi bagaimana menetapkan batasan dalam berbagai hubungan Anda benar-benar dapat meningkatkan rasa damai Anda.

Nedra Tawwab akan membawa Anda melewati batas dalam segala hal seperti berbagai jenis batas, pelanggaran batas, berkomunikasi dan menegakkan batas, tempat-tempat dalam hidup Anda membutuhkan batas, dan banyak lagi. Setiap bab dalam buku ini memiliki cerita yang mengilustrasikan topik, serta latihan untuk mempraktikkan prinsip-prinsip tersebut.

Buku Set Boundaries Karya Nedra Glover Tawwab ini dapat menjadi sebuah bacaan yang menyenangkan serta memberikan wawasan yang luas untuk para pembacanya. Buku ini akan membuat para pembaca memiliki pandangan baru tentang sebuah batasan Lantas apa ya yang akan dijelaskan oleh Nedra dalam bukunya ini?

Bagaimana cara membuat batasan? Apakah batasan berlaku pada siapapun? Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca buku berjudul Set Boundaries ini untuk menemukan jawabannya. Yuk, kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang Set Boundaries Karya Nedra Glover Tawwab ini!

Review Buku Set Boundaries

Pros & Cons

Pros
  • Buku ini sangat inspiratif dan penuh motivasi
  • Buku ini memiliki gaya bahasa yang mudah dipahami
  • Memberikan manfaat menetapkan batasan yang sehat
Cons

    Set Boundaries ini terstruktur dalam dua bagian, buku ini adalah panduan komprehensif yang ditulis dalam bahasa yang sederhana dan bijaksana. Nedra menghubungkan konten tentang memahami batasan dengan strategi dan kiat bermanfaat yang dapat diintegrasikan pembaca ke dalam kehidupan mereka untuk memperbaiki batasan mereka sendiri.

    Set Boundaries melakukan ini dengan menawarkan wawasan yang bermanfaat dan contoh anonim dari pengalaman klien Nedra. Buku ini mengajukan beberapa rangkaian pertanyaan untuk membuat pembaca merenungkan batasan secara kritis sambil menawarkan latihan di akhir setiap bab untuk mempraktikkan batasan dalam berbagai jenis hubungan, termasuk keluarga, pasangan romantis, teman, dan di tempat kerja.

    Bagian 1 dalam buku ini membuat para pembaca memahami pentingnya batasan, yang didefinisikan oleh Nedra sebagai “harapan dan kebutuhan yang membantu Anda merasa aman dan nyaman dalam hubungan Anda.”

    The Architecture of Love | Di balik Pena

    Bagian ini melampaui penjelasan konsep untuk menjelaskan apa yang bisa terjadi jika kita menghindari penetapan batasan seperti kelelahan, depresi, dendam, perasaan, pikiran, dan batasan yang menghalangi penetapan batasan, berbagai jenis batasan (dari fisik dan seksual hingga waktu).

    Implikasi (jangka panjang dan pendek) dari pelanggaran batas secara konsisten, dan bagaimana mengetahui kapan suatu batasan dilanggar (mendorong seseorang untuk memberikan informasi yang tidak nyaman mereka bagikan sejenis pelanggaran batasan emosional).

    Bagian 2 dalam buku ini menunjukkan dengan tepat area di mana kita biasanya membutuhkan batasan seperti keluarga, pekerjaan, romansa, persahabatan, dan teknologi. Buku ini memberi pembaca contoh, cerita, dan latihan untuk benar-benar merasakan pengalaman. Misalnya, ketika berbicara tentang keluarga, Nedra berbagi seperti apa batasan dengan orang tua (tidak memaksakan diri untuk menghadiri setiap acara keluarga).

    Dengan pekerjaan, Nedra menyarankan cara untuk menetapkan ‘batasan di tempat kerja’, seperti tidak memeriksa email kantor saat cuti atau tidak tersedia untuk menerima permintaan setelah jam kerja, karena waktu itu digunakan untuk fokus pada keluarga.

    Dalam buku Set Boundaries ini juga memberikan saran tentang cara mengidentifikasi dan mengomunikasikan batasan dengan cara yang tegas seperti:

    • Jelas dan tepat
    • Langsung nyatakan kebutuhan dan permintaan Anda.
    • Atasi ketidaknyamanannya.

     

    Langkah-langkah ini mungkin tidak mudah diterapkan dalam kehidupan nyata. Namun, menurut Nedra, menggabungkannya secara konsisten akan menciptakan kehidupan yang damai. Ini karena batasan bukanlah tentang membuat tembok untuk mencegah orang keluar.

    Sebaliknya, itu adalah proses yang menunjukkan kepada orang-orang bagaimana menjalin hubungan dengan Anda. Dalam menunjukkan hal ini, Nedra memunculkan poin penting dalam proses ini, ini tentang orang lain yang menghormati batasan kita sama seperti kita menghormati batasan kita sendiri.

    Buku Set Boundaries ini membantu menyiapkan panggung untuk berbagai jenis peluang penetapan batas dalam hidup Anda. Buku ini mencakup bahasa yang membantu, menjabarkan bagian-bagian berbeda dari hidup Anda di mana Anda dapat menggunakan batasan serta latihan untuk merenungkan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari Anda dan di mana Anda dapat menerapkan beberapa batasan.

    Nedra berkali-kali menyatakan bahwa tidak ada yang namanya pengaturan batas bebas rasa bersalah dan mendorong kita untuk membingkai ulang cara kita berpikir tentang batasan untuk membantu mengatasi rasa bersalah yang mungkin kita rasakan karena melakukannya.

    Buku Set Boundaries ini merupakan salah satu buku yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi Grameds yang mungkin menyukai buku yang memiliki genre non fiksi yang motivatif. Jika Grameds belum membaca karya dari Nedra Glover Tawwab, Set Boundaries ini cocok sebagai awalan Grameds untuk menekuni karya-karya Nedra Glover Tawwab.

    Profil Nedra Glover Tawwab

    Nedra Glover Tawwab lahir dan dibesarkan di Detroit, Michigan. Nedra merupakan seorang terapis kesehatan mental, pekerja sosial, dan penulis Amerika. Nedra adalah penulis buku Set Boundaries, Find Peace: A Guide to Reclaiming Yourself, yang merupakan buku terlaris New York Times.

    Nedra menerima gelar sarjananya pada tahun 2005 dan gelar master pekerjaan sosial pada tahun 2007 dari Wayne State University. Nedra memulai praktik terapinya di Detroit dan pindah ke Charlotte, Carolina Utara pada tahun 2009, di mana dia membuka Konseling Kaleidoskop.

    Nedra mulai terkenal karena postingan Instagramnya yang berhubungan dengan kesehatan mental. Posting media sosialnya sering berisi “wawasan tentang topik kesehatan mental yang berkisar dari pengampunan hingga tujuan yang realistis, dikemas dalam potongan-potongan kecil. Nedra mengkhususkan pekerjaannya pada topik hubungan dan batasan yang sehat,

    “sesuatu yang membuat Anda tetap aman dan nyaman dalam hubungan Anda”. 

    Sinopsis Buku Set Boundaries Karya Nedra Glover Tawwab

     

    Dengan pengetahuannya mengenai ilmu hubungan, Nendra menulis buku yang berjudul “Set Boundaries”. Buku ini memiliki tips dalam menjalin hubungan yang sehat. Kita perlu punya batasan yang sehat untuk melindungi diri sendiri menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi, menghadapi orang yang menjengkelkan, serta menikmati hubungan yang menyenangkan dengan pasangan, teman, dan keluarga.

    Batasan tersebut dibangun di antara diri kita dengan orang lain untuk menentukan sejauh mana orang lain dapat memasuki kehidupan kita dan tidak membiarkan mereka “menjajah” diri kita. Berapa kali kita mengatakan ya hanya untuk merasa diterima? Dalam upaya untuk tidak mengecewakan orang lain – pasangan, keluarga, teman, kolega – kita akhirnya tidak menghargai diri sendiri dan merasa tertindas dan kewalahan.

    Nedra Glover Tawwab, psikoterapis dan pakar masalah hubungan, menjelaskan bagaimana seni mengatakan tidak membebaskan kita. Akar masalah seperti kecemasan, depresi, dan kelelahan sering kali merupakan ketidakmampuan untuk mengidentifikasi dan mengungkapkan kebutuhan kita dengan jelas dan tanpa menggunakan alasan.

    Dengan belajar menetapkan batasan, kita akan mampu menghargai hubungan kita dengan orang lain, menghilangkan rasa bersalah, dan akhirnya mendapatkan kembali jati diri kita yang sebenarnya.

    Dalam buku Set Boundaries, Nedra secara efektif menyatakan pernyataan yang menyentuh hati di seluruh buku yaitu

    “Sebelum kita mengajari orang lain untuk menghormati batasan kita, kita harus belajar untuk menghormatinya sendiri”  atau pertanyaan yang menggugah pikiran dalam latihan “Bagaimana Anda membiarkan orang mengambil keuntungan dari Anda?” 

    Nedra berhasil mendorong pembaca untuk menggali lebih dalam tentang diri kita sendiri, menjawab kebutuhan kita dengan jujur, dan mulai menggunakan batasan yang lebih sehat untuk membantu menyusun kehidupan yang ingin kita jalani.

    Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang buku Set Boundaries Karya Nedra Glover Tawwab. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku bergenre non fiksi yang motivatif. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

    Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga di gramedia.com, ya.

    Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

    Nama: Sabrina Gasella Ghaisani

    Sumber Artikel:

    • https://en.wikipedia.org/wiki/Nedra_Glover_Tawwab
    • https://www.nedratawwab.com/about-2
    • https://www.goodreads.com/book/show/55782639-set-boundaries-find-peace?ac=1&from_search=true&qid=MVvZtZA4UD&rank=1
    • https://www.rewritelondon.com/portfolio/setboundaries/
    • https://www.soundvision.com/article/book-review-set-boundaries-find-peace
    • https://www.feministbookclub.com/set-boundaries-find-peace-book-review/
    • https://planningwithkids.com/2022/01/09/book-review-set-boundaries-find-peace-by-nedra-tawwab/

    Written by Nandy

    Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

    Kontak media sosial Linkedin saya Nandy