in

Review Buku Hello, Korean!

Hello, Korean! – Pernahkah terlintas di pikiranmu untuk belajar bahasa asing? Kalau pernah, mengapa kamu ingin mempelajari bahasa asing tersebut? Pastinya ada banyak hal yang membuatmu tertarik untuk belajar dan mendalami bahasa itu. Biasanya, terdapat budaya maupun artis yang disukai sehingga membuatmu ingin bisa berbicara dengan bahasa mereka juga.

Di masa kini, bahasa Korea menjadi suatu hal yang dipelajari oleh banyak orang. Pengaruh budaya Korea seperti idol Korea maupun drama Korea menjadi salah satu alasan mereka semua mempelajari bahasa Korea. Bahkan, mereka tidak sayang untuk mengeluarkan biaya yang lumayan menguras dompet untuk bisa belajar bahasa tersebut.

Kalau kamu sendiri ingin belajar bahasa asing juga kah? Jika kamu juga menyukai budaya Korea pastinya ada terlintas di pikiran ingin mempelajari bahasa tersebut. Nah, buku ini sangat cocok buat kamu yang ingin mempelajari bahasa Korea secara efisien dan tidak mengeluarkan banyak uang.

Sinopsis Buku Hello, Korean!

Setelah mengeluarkan buku Dear Oppa dan Funtastic Korean, Borassaem kembali hadir dengan bukunya yang berjudul Hello, Korean! Di dalam buku ini, kamu dapat belajar mengenai tata bahasa, penggunaan partikel, penggunaan sebuah kata hubung, serta lainnya melalui contoh dan latihan.

Borassaem mempelajari bahasa Korea secara otodidak. Dia pun ingin mengajak kamu untuk belajar bahasa Korea dengan cara yang asyik dan menyenangkan. Oleh karena itu, buku ini dilengkapi juga dengan ilustrasi yang lucu dan memanjakan mata.

Psst. Kamu juga bisa mengetahui dan mengenal Borassaem melalui berbagai ceritanya di dalam buku ini!

Review Buku Hello, Korean!

Buku Hello, Korean! merupakan karya dari Borassaem. Buku ini merupakan sebuah buku yang mengajarkan banyak hal mengenai cara berbahasa korea dengan baik dan benar. Selain itu, terdapat banyak contoh dan latihan yang dapat kamu lakukan melalui buku ini.

Di dalam buku ini juga mengajarkan bagaimana menggunakan bahasa Korea di kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang dipelajari adalah tata bahasa, penggunaan partikel, penggunaan sebuah kata hubung, dan lainnya.

Buku belajar bahasa Korea ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang lucu dan menggemaskan. Hal itu membuat pembaca tidak akan merasa bosan jika hanya belajar dengan tulisan-tulisan saja.

Buku Hello, Korean! sangat cocok direkomendasikan kepada kamu yang tertarik mempelajari bahasa Korea dengan biaya yang terjangkau. Apalagi, jika kamu memiliki impian ingin berbicara secara langsung dengan idola korea yang kamu suka dengan bahasa Korea agar lebih mudah berkomunikasi satu sama lain.

 

Profil Penulis

Buku Hello, Korean! merupakan karya dari Borassaem. Ia merupakan seorang wanita asal Indonesia yang menyukai Korea. Tidak hanya sekedar cuplikan tentang belajar bahasa Korea saja, channel youtube miliknya juga berisi mengenai banyak hal dan informasi tentang Korea, seperti makanan khas di Korea, tren di Korea, jalan-jalan di Korea, dan masih banyak lainnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Selain membuat konten tentang Korea, ia juga turut aktif dalam memperkenalkan bahasa serta budaya Korea kepada masyarakat Indonesia dengan akun media sosialnya. Nama lengkap dari Borassaem sendiri adalah Debora Gabriella. Ia sangat aktif dalam membuat banyak konten belajar bahasa Korea.

Alasan menggunakan nama Borassaem adalah “Bora” merupakan nama aslinya, sedangkan “ssaem” merupakan singkatan dari “seonsaengnim” yang berarti guru. Ia mulai menyukai bahasa Korea karena menyukai salah satu drama Korea yang berjudul Boys Before Flowers dan boyband Korea yaitu Super Junior. Ia sudah belajar bahasa Korea selama lebih kurang 8 tahun secara otodidak.

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Terdapat banyak contoh dan latihan soal bahasa Korea
  • Tidak perlu repot mencatat lagi karena sudah lengkap
  • Dilengkapi dengan ilustrasi yang menggemaskan
Cons
  • Terkadang sebagian orang sulit mempelajari bahasa asing hanya melalui tulisan

 

Biasanya, buku mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat di dalamnya. Namun, hal itu tentu saja tidak mengurangi rasa suka membaca buku, apalagi jika buku tersebut merupakan buku favoritnya. Kali ini kita akan membahas kelebihan, kekurangan, serta rating yang terdapat dalam buku Hello, Korean! karya Borassaem.

Kelebihan dalam buku ini adalah terdapat banyak contoh dan latihan soal bahasa Korea. Pembaca yang ingin mempelajari bahasa Korea dapat menggunakan buku ini melalui contoh dan latihan soal yang ada di dalamnya. Berbagai macam soal dan latihan tentunya akan membantumu untuk cepat menguasai bahasa Korea.

Lalu, tidak perlu repot mencatat lagi karena sudah lengkap. Dengan belajar melalui buku, kita tidak perlu repot untuk menulis kembali pelajaran yang sudah dibaca. Semuanya sudah tercatat dengan lengkap sehingga memudahkan kamu untuk belajar.

Kemudian, dilengkapi dengan ilustrasi yang menggemaskan. Selain mempelajari bahasa melalui tulisan, buku ini juga menyajikan ilustrasi yang menggemaskan sehingga pembaca tidak akan merasa bosan saat mempelajari bahasa Korea.

Kekurangan dalam buku ini adalah terkadang sebagian orang sulit mempelajari bahasa asing hanya melalui tulisan. Biasanya, ada sebagian orang yang lebih mengerti dan memahami untuk belajar melalui audio visual.

Hal itu dikarenakan penjelasan dapat dijelaskan secara langsung kepada kita. Namun, tidak perlu khawatir, Borassaem juga mempunyai channel youtube yang dapat ditonton dan di pelajari di sana.

Buku Hello, Korean! memiliki rating yang bagus di goodreads. Rating buku ini sebesar 4 dari 5. Hal ini menandakan bahwa pembaca sangat menikmati berbagai pengetahuan mengenai Korea yang terdapat di dalam buku ini.

Penutup

Itulah review singkat dari buku Hello, Korean! karya Borassaem. Melihat rating buku ini di goodreads, banyak pembaca yang tertarik pada buku ini. Hal itu dikarenakan berbagai pengetahuan mengenai Korea dalam buku ini sangatlah menarik.

Di masa kini, bahasa Korea menjadi suatu hal yang dipelajari oleh banyak orang. Pengaruh budaya Korea seperti idol Korea maupun drama Korea menjadi salah satu alasan mereka semua mempelajari bahasa Korea. Bahkan, mereka tidak sayang untuk mengeluarkan biaya yang lumayan menguras dompet untuk bisa belajar bahasa tersebut.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin belajar bahasa Korea yang ditulis oleh Borassaem. Kamu dapat membaca buku Hello, Korean! dengan membelinya di toko Gramedia terdekat ya!

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Buku

1. Funtastic Korean

 

Buku Funtastic Korean merupakan karya dari Borassaem. Buku ini merupakan buku untuk belajar bahasa Korea. Banyak hal yang terdapat di dalam buku ini mengenai Korea. Di dalamnya terdiri dari pengenalan hangul dari dasar-dasarnya beserta dengan penjelasannya, berbagai contoh percakapan sehari-hari yang ditulis dengan huruf hangul, romaji, dan bahasa Indonesia.

Selain pengenalan bahasa Korea, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik sehingga membuat pembaca tertarik dan tidak merasa bosan saat membacanya. Banyak latihan dan contoh soal yang dapat kamu lakukan untuk cepat menguasai bahasa Korea.

Terdapat juga sejarah singkat negara Korea, karakteristik, serta perkenalan romanisasi abjad Korea. Jika kamu memang tertarik dengan budaya Korea, pastinya kamu akan merasa ingin mempelajari budaya serta bahasa Korea. Buku ini cocok buat kamu yang ingin mempelajari bahasa Korea dengan cepat.

2. Dear Oppa

 

Buku Dear Oppa merupakan karya dari Borassaem. Elemen basic saat mempelajari suatu bahasa tidak hanya sekedar kemampuan dalam membaca dan berbicara saja. Namun, kemampuan untuk mengetahui dan memahami kosakatanya. Kita tidak bisa berbicara bahasa tertentu jika tidak mengingat dan mengetahui kosakata bahasa tersebut.

Buku ini akan membantu kamu untuk memahami penggunaan serta penempatan hangul yang sesuai dengan fungsinya. Untuk kamu yang sangat menyukai idol Kpop, pasti pernah terlintas di pikiran ingin menulis sebuah surat untuk bias tersayang kan? Apalagi kalau kamu menggunakan bahasa Korea, biasanya kemungkinan dilihat oleh bias semakin besar kan?

Kalau gitu ayo mulai belajar bahasa Korea melalui buku ini! Buku ini akan membantu kamu untuk mengatakan terima kasih, dukungan, permintaan maaf, serta harapanmu pada idol kesayanganmu. Sesuai dengan judul buku ini, menulis surat untuk si oppa melalui berbagai contoh yang ada di buku ini.

3. Bahasa Korea untuk Kpopers

 

Buku Bahasa Korea untuk Kpopers merupakan karya dari Areum. Budaya Korea pada masa kini sedang merajalela digandrungi oleh banyak orang, khususnya kaum muda. Banyak yang menyukai budaya Korea seperti boyband dan girlband serta drama Korea. Banyak lagu Kpop yang sering dinyanyikan dan didengarkan oleh Kpopers.

Melihat banyaknya orang yang menyukai Kpop, penulis buku berniat untuk mengajak pembaca khususnya Kpopers untuk mempelajari bahasa Korea agar memahami dan mengerti makna dari lagu idol-idol Kpop.

Di dalam buku ini menyajikan sejarah hangul, berbagai huruf Korea dan pengucapannya, angka Korea, serta mempelajari tata bahasa Korea dan penerapannya dalam lagu-lagu Kpop.

4. Bahasa Korea Untuk Kpopers 2

 

Budaya Korea atau hallyu saat ini semakin saat ini semakin meluas, terutama dalam dunia Kpop. Berbagai grup, seperti BTS, EXO, Super Junior, Blackpink, dan sebagainya digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Lagu-lagu Kpop pun sudah sering didengarkan dan dinyanyikan, terutama oleh para KPopers, sebutan bagi penggemar KPop. Melihat hal tersebut, penyusun berniat untuk mengajak pembaca terutama KPopers untuk mempelajari tata bahasa Korea sehingga dapat memahami makna lagu-lagu yang dinyanyikan para artis KPop.

Dalam buku Jilid 2 ini, kalian akan diajak untuk mempelajari cara menulis Hangeul, mengetahui bentuk kata tidak beraturan dalam bahasa korea, dan tidak ketinggalan untuk kembali mempelajari tata bahasa korea beserta contoh penerapannya dalam lirik lagu KPop, tentunya dengan grammar yang berbeda dari Jilid 1. Selain itu, dalam buku Jilid 2 ini juga kembali disajikan contoh percakapan dan kosakata berbahasa korea.

Alfabet bahasa Korea ‘Hangeul (;)’ diciptakan pada tahun 1443 oleh Raja Sejong dan sekelompok ilmuwan dinamakan Jiphyeonjeon pada masa dinasti Chosun. Pada tahun 1446, Hangeul disahkan dengan nama Hun Min Jeong Eum, yang berarti ‘Bunyi yang Tepat untuk Mengajari Rakyat’.

Hun Min Jeong Eum merupakan naskah dokumen yang menggambarkan tujuan penciptaan, kepentingan, dan kegunaan Hangeul. Naskah Hun Min Jeong Eum didaftarkan di UNESCO sebagai Memori Dunia tahun 1997. Sebelum Hangeul diciptakan, rakyat Korea menggunakan sistem penulisan Tiongkok dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber:

  • https://www.gramedia.com/products/hello-korean?queryID=4312810f6eb8c2f839d8e691b8a5b135

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy