in

Review You, Ketika Cinta Tidak Pernah Terucap

You – Hai, Grameds! Kamu pasti tahu betul di zaman sekarang ini ada banyak situs menulis online, seperti storial, wattpad, dan cerpenmu yang banyak digunakan oleh orang untuk mengekspresikan bakat menulisnya hingga menjadi sebuah karya yang bisa dinikmati orang lain secara online.

Salah satu novel adaptasi wattpad tersebut adalah novel You yang ditulis oleh Alvika Dae. Nama tersebut adalah nama pena yang digunakan oleh Inneke Eko Yuditasari, dan novelnya yang berjudul “You” ini menjadi novel yang dikenal banyak orang.

Novel You adalah novel genre romance tentang cinta yang tidak pernah terucap. Kisah cinta tokoh utama yang unik. Novel “She (Fianer)” dan “She (Fianer) Season 2” merupakan kelanjutan novel “You” yang berkisah tentang anak Erfan Fiandra yang bernama Fianer.

Nah, untuk lebih penasaran. Yuk, dibaca terlebih dahulu sinopsis novel “You” dan review singkat ini agar kamu semakin tertarik untuk membaca novelnya.

Sinopsis dan Review Novel You Karya Alvika Dae

Di saat orang sibuk mengatakan cinta, aku sudah berjanji pada Tuhan, bahwa aku akan menjagamu dengan ikatan kuat bernama pernikahan. Ini bukan cinta yang meledak-ledak yang harus padam pada akhirnya. Tapi cinta yang stabil yang akan bertahan sampai akhir.” – Erfan

You adalah sebuah novel dengan genre romance yang ditulis oleh Alvika Dae, novel ini akan mengajak pembaca merasakan berbagai perasaan yang tidak menentu. Novel ini menceritakan tentang laki-laki yang memiliki pribadi dingin yang secara tiba-tiba terpikat oleh pesona seorang perempuan dalam pertemuan singkat mereka.

Tentang Erfan yang tiba-tiba melamar Fiandra setelah lima belas menit bertemu. Setelah perkenalan yang sangat singkat. Mereka kemudian menikah dan menjalani kehidupan rumah tangga. Namun, setelah pernikahan Erfan tidak pernah menunjukkan rasa cintanya pada Fiandra.

Erfan memiliki kepribadian yang cuek dan dingin sehingga membuat keadaan semakin sulit untuk dicairkan. Kepribadiannya menjadi penghalang utama dalam membuka diri pada Fiandra. Sosok Fiandra sebagai istri Erfan yang kuat dan tidak mudah menyerah dengan sikap Erfan yang membuat novel ini juga semakin menarik.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Fiandra digambarkan sebagai perempuan yang tangguh, ia tidak pernah menyerah dan berhenti ketika dihadapkan pada masalah. Fiandra adalah perempuan yang sabar dan setia pada Erfan, kecerdasan dan keanggunan Fiandra yang membuat ia banyak dikagumi oleh banyak orang di dalam novel ini.

Fiandra bisa mengimbangi Erfan yang memiliki sifat dingin dan kaku, kemampuannya membimbing anak-anak pun menjadi nilai positif Fiandra. Kisah Erfan dan Fiandra akan membuat perasaan pembaca tidak menentu, dari tertawa hingga menangis.

Sikap Erfan yang dingin dan kaku sering membuat kehidupan rumah tangga mereka sulit. Tidak hanya sampai di sana, permasalahan mereka kembali muncul dengan kehadiran wanita yang menyukai Erfan dan mantan kekasih Fiandra yang berusaha merusak hubungan mereka berdua. Masalah-masalah tersebut pada akhirnya bisa mereka atasi dan membuat hubungan Erfan dengan Fiandra semakin kuat.

Karena bagi Erfan sendiri, cinta adalah perasaan sentimental seseorang yang tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri, karena cinta adalah komitmen. Komitmen yang diberikan oleh Erfan kepada Fiandra untuk berbagi kehidupan dan hanya untuk Fiandra seorang.

 

Kelebihan dan Kekurangan Novel You

Pros & Cons

Pros
  • You adalah novel sederhana tentang cinta yang terselip tikungan tajam di setiap momen pasangan Erfan dan Fiandra.
  • Novel ini memberikan gambaran kepada pembaca bahwa cinta tidak selamanya harus diucapkan, cukup dengan dibuktikan.
Cons
  • Novel ini adalah novel dewasa, jadi untuk yang belum berusia 21 tahun ke atas harap melipir terlebih dahulu, ya.

 

Kelebihan Novel You

You adalah novel dengan genre romance yang menceritakan tentang Erfan dan Fiandra. Pertemuan singkat Erfan ketika bertemu dengan Fiandra mampu memantapkan hatinya untuk mengajak Fiandra menikah. Kisah ini bukanlah sebuah kebetulan, melainkan tentang takdir cinta.

Kisah Erfan dan Fiandra akan membuat pembaca berkaca-kaca dan mampu membuat perasaan campur aduk. Dikemas dengan konflik yang memang sederhana, namun di dalam kesederhanaan itulah terdapat berbagai macam tikungan dan rintangan dalam hubungan Erfan dan Fiandra.

Pembaca akan dibawa pada emosi naik turun dengan konflik yang muncul secara berkala di sepanjang novel ini. Pengembangan karakter di dalam novel ini terbilang cukup dan diceritakan secara menyeluruh sehingga pembaca tidak akan merasa ada yang kurang dengan tokoh-tokoh di dalam novel.

Novel ini memberikan gambaran kepada pembaca bahwa cinta tidak selamanya harus diucapkan, cukup dengan dibuktikan. Melalui tokoh Erfan, sebagai tokoh utama laki-laki di dalam novel ini ia membuktikan bahwa cinta tidak selamanya harus diucapkan.

Bahkan, bagi Erfan sendiri, cinta adalah tindakan nyata. Meskipun tidak demikian dengan Fiandra, karena perempuan selalu mengharapkan ungkapan cinta langsung dari pasangannya. Namun, Fiandra akhirnya sadar bahwa cinta dengan pembuktian itu lebih hebat dan lebih berharga.

Novel You ini banyak menyajikan pesan moral yang bisa didapat pembaca, novel ini juga menyoroti tentang kisah keluarga, persahabatan, arti kepercayaan pada pasangan, dan tentunya saling memaafkan satu sama lain.

Kekurangan Novel You

Novel ini adalah sebuah karya yang dikategorikan sebagai novel dewasa, dengan tema yang ditujukan untuk pembaca berusia 21 tahun ke atas. Oleh karena itu, bagi kamu yang belum mencapai usia tersebut, disarankan untuk memilih bahan bacaan yang sesuai usia kamu, ya.

Penutup

Novel “You” adalah sebuah kisah romance tentang Erfan dan Fiandra. Pertemuan mereka memicu pernikahan yang takdir. Kisah ini menghadirkan konflik dan emosi yang membuat pembaca terlibat, perasaan manis, campur aduk, semua menyatu menjadi satu.

Novel “You” memberikan pesan-pesan moral yang bermanfaat dan memberikan berbagai perasaan untuk pembaca dengan konflik yang disajikan. Meskipun terdapat kekurangan terkait batasan usia, novel ini masih menyampaikan pesan cinta dan nilai-nilai penting yang dapat dinikmati oleh pembaca dewasa yang sesuai usia.

Novel ini cocok kamu baca sebagai teman bersantai. Untuk bisa mendapatkan novel ini, kamu bisa membelinya di toko buku terdekat atau di toko online Gramedia.com, ya. Selamat membaca sobat grameds!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Melani Wulandari

 

Rekomendasi Novel

Antidote Karya Ayu Respati

 

Buku ini bercerita tentang Adriana Moza, putri tunggal dari pemilik TJ Group, yang patah hati karena gagal menikah dengan sahabat kecilnya, Arsen. Permasalahan tidak berhenti sampai disitu, Adriana yang seharusnya menikah dalam kurun waktu dua bulan lagi, berencana tidak akan membatalkan pesanan gedung pernikahan mereka. Lalu tahu-tahu Romeo Syadiran, mantan pacar Adriana saat SMA, dengan impulsif mengajaknya menikah.

Novel Antidote bercerita tentang Adriana Moza, seorang putri tunggal dari pemilik TJ Group. Adriana merasa patah hati karena gagal menikah dengan sahabat kecilnya, Arsen. Padahal Adriana harusnya menikah dalam kurun waktu dua bulan lagi.

Karena rencana pernikahan sudah di depan mata. Adriana tidak berniat untuk membatalkan pesanan gedung pernikahan mereka. Lalu, secara tiba-tiba Romeo Syadiran, mantan pacar Adriana saat SMA dengan impulsifnya mengajak Adriana menikah.

Novel ini adalah adaptasi dari wattpad dengan genre roman remaja, di wattpad sendiri, novel Antidote sudah dibaca 2,7 juta kali. Antidote sendiri memiliki arti penangkal. Lantas, bagaimana kelanjutan kisah Adriana dan Romeo mantan pacarnya saat SMA tersebut?

The Star and I Karya Ilana Tan

 

The Star and I adalah kisah yang memiliki genre romance yang menceritakan tentang kehidupan Olivia Mitchell, seorang aktris Broadway asal Skotlandia yang terkenal berbakat di Kota New York. Olivia sendiri diangkat oleh keluarga Mitchell dari panti asuhan yang berada di New York.

Olivia selalu ingin tahu siapa orang tua kandungnya. Ketika ia mendapatkan kesempatan untuk bekerja di New York tentu saja Olivia menyambutnya dengan gembira. Ia memakai kesempatan itu untuk sekalian mencari seseorang, namun menjadi sesuatu yang mustahil mencari di kota sebesar New York.

Olivia menolak untuk kembali ke Inggris sebelum berhasil melacak dan menemukan keberadaan orang tuanya. Dengan kata lain, Olivia harus bisa mensiasati agar ia bisa lebih lama tinggal di New York dan berniat untuk mencari pekerjaan di sana. Olivia kemudian bertemu dengan Rex Rankin, sahabat sekaligus cinta pertamanya yang gagal, Rex tiba-tiba muncul untuk menawarkan bantuan.

Pretty Shitty Karya Despersa

 

Nadyara Pramidita Ardata atau biasa dipanggil Nadya harus bercerai dan menjadi single parent di usia muda. Nadya bekerja sebagai seorang desainer, kini prioritasnya hanyalah Farel –putra semata wayangnya yang berusia lima tahun.

Di tengah kesibukannya sebagai single mother, orang tua Nadya pun tidak berhenti untuk menyarankan calon suami untuk bisa Nadya pertimbangkan. Salah satu laki-laki yang disarankan oleh orang tuanya adalah Mahawira Regantara, yang biasa dipanggil Wira –seorang dokter sekaligus teman kakaknya yang kebetulan sudah lama dekat dengan keluarga Nadya. Namun tetap saja kedekatan itu tidak membuat Nadya mau menyingkirkan tembok pembatas yang ada di kehidupan Nadya.

Nadya beranggapan bahwa Wira adalah seorang playboy dan berpikir apakah laki-laki itu mau dengan janda anak satu seperti Nadya. Seiring berjalannya waktu, Wira menunjukkan sisi manis dan romantis yang perlahan-lahan mulai meruntuhkan tembok pembatas yang ia bangun untuk melindungi hatinya sendiri.

Menurut Nadya, selain reputasi playboy yang tersemat pada Wira, Nadya pikir, mana mungkin lelaki itu mau dengan janda satu anak sepertinya kan? Namun seiring kedekatan Nadya dan Wira, Wira makin menunjukkan sisi romantis dan manis yang hanya ditunjukkan pada Nadya. Perlahan-lahan Nadya mulai meruntuhkan tembok pembatas yang telah ia bangun untuk melindungi perasaan dan hatinya. Ia masih gundah, maukah Wira menerima dirinya apa adanya? Atau bisa jadi Nadya salah dengan pemikiran awalnya?

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy