in

Review Buku Kartun Biologi Karya Larry Gonick

Kartun Biologi – Apakah kamu kesulitan untuk belajar sains, Grameds? Tahukah kamu kalau semua hal tentang makhluk hidup tidak bisa lepas dari yang namanya ilmu biologi? Dari tumbuhan, hewan, manusia bahkan hingga mikroba yang kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang semuanya masuk pada ranah ilmu biologi.

Atau apakah kamu pernah pingsan ketika belajar di sekolah dan mendapat pelajaran untuk membedah kodok? Apa kamu menganggap bahwa manfaat DNA hanya untuk menentukan siapa anaknya siapa? Apa kamu masih percaya penggolongan kehidupan hanya seputar hewan, tumbuhan, dan manusia? Jika jawabannya adalah “Ya” maka kamu sangat perlu untuk membaca buku Kartun Biologi.

Buku ini dibuat lebih menarik agar belajar tentang biologi menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah, serta memberikan pengalaman belajar yang baru. Namun, alih-alih merasa menyenangkan mempelajari seluk-beluk makhluk hidup, kita kadang merasa kesusahan untuk menerima materi yang terlampau banyak dengan kapasitas pemahaman kita yang sedang. Kita menjadi lebih mudah menyerah dalam belajar ilmu biologi.

Sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sebab, buku ini diciptakan dengan tampilan yang penuh dengan ilustrasi lucu, buku “Kartun Biologi” karya Larry Gonick ini berisikan semua ilmu biologi yang biasanya kamu pelajari di sekolah.

Dilengkapi dengan gambar lucu dan full color, buku ini seperti komik atau majalah bacaan yang berisi ilmu pengetahuan tentang biologi. Karena itulah tujuan diciptakannya buku “Kartun Biologi” agar kita senang dan lebih mudah menyerap ilmu pengetahuan tentang biologi.

Larry Gonick sendiri adalah seorang penulis buku tentang berbagai macam ilmu pengetahuan. Larry tahu bahwa semua orang kadang bosan dengan teknik belajar yang begitu-begitu saja sehingga ia menciptakan buku pelajaran dengan pendekatan baru yang lebih ramah di hati dan pikiran.

Review Buku Kartun Biologi

Pros & Cons

Pros
  • Kartun Biologi berisi pembahasan seputar ilmu pengetahuan biologi mulai dari hal yang paling dasar, atom, dan bagian-bagiannya seperti molekul, protein, sel, dan pembahasan skala besar seperti bioma dan ekosistem.
  • Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar yang lucu serta menarik sehingga belajar biologi menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
  • Kartun Biologi adalah buku yang penuh dengan wawasan, buku ini bisa dibaca bagi siapa saja yang sedang tertarik dengan ilmu biologi.
Cons
  • Terdapat bagian-bagian yang sulit untuk dipahami sehingga pembaca harus berkali-kali membaca agar menjadi lebih paham.

 

Belajar biologi menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan lebih menarik dengan buku Kartun Biologi karya Larry Gonick. Mengapa begitu? Sebab, buku ini tidak melulu berisi pelajaran dengan tulisan yang banyak, selain kita akan mendapatkan pengetahuan tentang biologi, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang lucu.

Biologi sendiri merupakan cabang dari ilmu sains yang mempelajari tentang makhluk hidup, termasuk hewan, tumbuhan hingga mikroba. Cabang ilmu biologi pun sangat luas, bahkan ilmu biologi bisa berhubungan dengan ilmu-ilmu sosial, seperti biogeografi, psikologi evolusioner, dan sebagainya.

Ilmu biologi merupakan salah satu ilmu yang banyak memiliki manfaat untuk kehidupan, khususnya bagi manusia. Ilmu biologi sudah banyak memberikan kontribusinya terhadap kemajuan teknologi, misalnya di bidang pertanian, kehutanan, hingga obat-obatan.

Salah satu buku agar belajar biologi menjadi lebih mudah dan menyenangkan adalah buku “Kartun Biologi”, buku pelajaran yang menarik dan lucu. Buku ini menyajikan teori-teori ilmu genetika, mulai dari sejarah munculnya benda mati dengan benda hidup, dan kesimpulan dari beberapa benda yang cenderung membiakkan dirinya sendiri.

Buku Kartun Biologi menjadi buku yang ramah anak-anak untuk tujuan edukasi. Buku ini sengaja dikemas sebagai buku petunjuk yang kaya dengan humor dan informatif mengenai sains kehidupan, mulai dari cara kerja sel, keajaiban gen, siklus metabolism, hingga urusan reproduksi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Kartun Biologi memuat lebih banyak pengetahuan dari apa yang kita kira. Buku ini juga memuat banyak konteks sejarah dan beralih dari hal-hal molekuler yang abstrak ke organisme yang lebih besar yang kita semua bisa kenali. Buku ini akan membantu pembaca untuk menghadapi segala persoalan tentang biologi.

Kendati demikian, ilmu biologi yang sangat kompleks mengharuskan kita untuk lebih memahami sehingga di beberapa bagian buku ini ada bagian-bagian yang sulit untuk dipahami, tapi hal itu tidak terlalu menjadi masalah. Sebab, Kartun Biologi ini sudah sangat memberikan gambaran biologi secara umum dan membacanya menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan.

Kartun Biologi adalah buku yang penuh dengan wawasan, buku ini bisa dibaca bagi siapa saja yang sedang tertarik dengan ilmu biologi. Humor klasik ala Larry Gonick, penulis buku ini mampu menutup kesulitan belajar biologi dan hal itu diatur dengan cukup baik sehingga pembaca menyajikan buku yang menarik.

 

Tentang Larry Gonick, Penulis Ilmu Pengetahuan dengan Pendekatan Baru

Larry Gonick, pria kelahiran 1946 yang berkebangsaan Amerika Serikat ini adalah seorang kartunis yang terkenal dengan The Cartoon History of The Universe, sebuah buku sejarah yang dibentuk dalam sebuah komik –yang ia terbitkan secara bertahap sejak tahun 1977.

Larry Gonick lulus sebagai alumni Universitas Harvard dengan studi bidang matematika, hal itu yang pada akhirnya membantu ia untuk menyalurkan pengetahuannya dalam bentuk kartun. Kecintaannya pada gambar dan ilmu pengetahuan membuat Larry banyak membuat buku pengetahuan dengan pendekatan yang baru.

Buku-buku itu dibuatnya dengan ilustrasi yang menarik dan lucu sehingga belajar bukan lagi menjadi hal yang membosankan. Buku-bukunya yang lain adalah The Cartoon Guide to Chemistry (2005), The Cartoon Guide to Genetic (1983), The Cartoon guide to Sex (1996), The Cartoon Guide to Environment (1996), dan masih banyak lagi buku-buku Larry Gonick tentang ilmu pengetahuan yang dikemas dengan cara yang segar dan menarik lainnya.

Yuk, biar semakin paham dengan ilmu biologi, maka Grameds bisa langsung dapatkan bukunya di gramedia.com, ya. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Melani Wulandari

Rujukan:

  • https://www.gramedia.com/best-seller/review-buku-kartun-fisika/
  • https://www.goodreads.com/book/show/58968577-kartun-biologi?ref=nav_sb_ss_2_14

Rekomendasi Buku Terkait

Kartun Fisika Karya Larry Gonick

 

Buku Kartun Fisika adalah sebuah buku yang menyajikan berbagai ilmu pengetahuan dasar mengenai fisika yang dikemas khusus untuk anak-anak. Buku ini dibuat agar anak-anak senang dengan pelajaran fisika dan menganggap bahwa fisika adalah ilmu yang mudah dan tidak membosankan.

Buku ini akan memberikan penjelasan mengenai fenomena-fenomena fisika yang dilengkapi dengan ilustrasi, mulai dari hal-hal sederhana seperti bagaimana pesawat bisa terbang seperti burung, saling mengirim pesan dengan teman di belahan dunia lain dengan skype, dan masih banyak lagi. Buku ini juga membahas tentang teori dasar yang ada di dunia fisika, seperti teori gravitasi, teori relativitas, dan teori kuantum.

Kartun Kimia Karya Larry Gonick & Craig Criddle

 

Kimia sama pentingnya seperti fisika dan biologi, buku ini akan memberikan penjelasan tentang hal-hal yang terjadi di kehidupan sehari-hari kita. Seperti larutan, listrik, logam, dan hal-hal lain yang berhubungan erat dengan kimia. Karena memahami ilmu kimia sangat diperlukan sebagai bagian dari hidup manusia.

Agar mempelajari kimia menjadi lebih menarik, Larry Gonick kemudian menulis ini dengan dilengkapi kartun sebagai penunjang dan topik-topik pelajaran kimia di dalam buku ini dibahas dengan kalimat-kalimat yang lebih sederhana agar pembaca bisa lebih mudah untuk memahami ilmu kimia. Buku ini dibagi menjadi 12 bab, sejarah ilmu kimia, sifat-sifat unsur, ikatan kimia, reaksi, wujud zat, larutan, asam basa, elektrokimia, stoikiometri, dan kimia organik.

Kartun Genetika Karya Larry Gonick & Mark Wheelis

 

Buku Kartun Genetika adalah sebuah buku yang akan menjelaskan dan memaparkan konsep-konsep penting dalam ilmu genetika modern dan klasik. Mulai dari adenin sampai zigot, dari sitokinesis sampai partenogenesis, dan dasar-dasar genetika yang rasanya masih terdengar asing di telinga. Semuanya akan dibahas tuntas!

Buku ini merupakan panduan grafis untuk memahami genetika dan DNA. Larry Gonick akan memaparkan materi dengan sederhana, ringan, dan mudah dimengerti oleh pembaca. Penyajian buku ini juga penuh dengan gambar menarik sebagai pelengkap materi.

“Kartun Genetika” bisa digunakan sebagai pengantar lengkap sejarah dan sains genetika yang mudah dipahami dan asik untuk dibaca. Baik bagi para pemula yang ingin mengenal lebih dalam mengenai teori genetika atau pun bagi para pembaca yang paling mengerti dengan sains.

Kartun Aljabar Karya Larry Gonick

 

Selain kartun mengenai ilmu sains, buku Kartun Aljabar ini merupakan buku matematika yang Larry Gonick tulis, dikemas dalam bentuk yang unik dan menarik. Materi yang dijelaskan dalam buku ini mulai dari operasi dasar, yakni penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, konsep persamaan dan peubah, hingga grafik dan kuadrat.

Buku ini juga dilengkapi dengan contoh soal agar bisa mengukur pemahaman anak dalam menguasai materi. Tidak hanya itu, “Kartun Aljabar” ini dilengkapi dengan ilustrasi yang penuh dengan warna sehingga pembaca tidak akan merasa bosan ketika belajar dengan menggunakan buku ini. Cocok untuk digunakan semua kalangan, mulai dari mahasiswa, dosen, pelajar, orang tua, dan professional. 

Kartun Statistik Karya Larry Gonick & Woollcott Smith

 

Mengutip Benjamin Disraeli, Mark Twin menyatakan, ada tiga macam kebohongan: lies, damned lies, and statistics. Karena disebut terakhir, pernyataan itu mengesankan, statistik yang paling parah. Akan tetapi, bukankah memang banyak orang menggunakan statistik untuk menggertak lawan diskusi? Opini kosong disulap menjadi berbobot dengan bumbu angka atau metode statistik?

Statistik sebagai ilmu dan juga metode sesungguhnya netral dan bermata ganda. Memahami statistik bisa membantu kita, antara lain, membaca data dan melihat pola serta peluang, yang sangat vital saat ini ketika dusta susah dipisahkan dari fakta.

Kartun Statistik membahas hampir semua konsep dasar statistik, mulai dari menyarikan dan menyajikan data, probabilitas, mengambil sampel, interval keyakinan, menguji hipotesis, sampai desain eksperimen. Semua konsep itu dipaparkan dengan sederhana, jernih, tentu dengan ilustrasi yang kocak. Setelah membaca Kartun Statistik kamu tak bakal lagi meminta maaf atas kesalahan standar.

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy