in

Review Buku Balada Si Roy Karya Gol A Gong

Balada Si Roy – Membaca buku merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan jika sudah menemukan buku apa yang cocok untuk kamu baca. Hal tersebut merupakan satu alasan yang penting agar kalian mempunyai minat baca yang tinggi.

Novel memiliki banyak genre yang dapat dibaca. Bagi para remaja dewasa, novel bergenre young adult sangat cocok untuk dibaca, karena novel young adult ini novel yang memiliki cerita yang sama dengan kehidupan nyata, atau dapat dibilang para pembaca akan merasakan hal yang sama saat membaca novel young adult. 

Biasanya, novel young adult ditemani dengan genre drama di dalamnya. Genre drama ini biasanya menceritakan kehidupan masa-masa SMA yang penuh dengan kisah cinta, persahabatan, dan masih banyak drama hidup lainnya. Novel dengan genre drama ini, biasanya tidak memiliki konflik yang berat namun terdapat banyak sekali makna kehidupan di dalam jalan ceritanya.

Grameds, kalian pasti tahu kan dengan panggilan nama Si Roy? Panggilan tersebut ditujukan kepada sosok laki-laki karakter fiksi yang diciptakan oleh Gol A Gong. Roy namanya, merupakan seorang laki-laki berandal yang juga tampan dan memiliki senyum yang dapat memabukkan para wanita.

Zaman dahulu, karakter Si Roy ini merupakan salah satu karakter fiksi yang sangat terkenal. Tidak heran, jika buku Balada Si Roy akhirnya diadaptasikan menjadi sebuah film karena ceritanya yang benar-benar menarik.

Balada Si Roy ini merupakan sebuah novel yang menceritakan tentang seorang remaja laki-laki yang bernama Roy yang memang sering menjadi pusat perhatian. Roy pergi ke sekolah dengan sepeda balap dan anjing herdernya yang menjadikannya objek sensasi.

Roy merupakan seorang remaja laki-laki yang tampan, badannya yang jangkung atletis membuat perawakan Roy semakin keren, dia memiliki senyum yang dapat memabukkan wanita. Roy juga merupakan seorang remaja bandel dan berandalan di sekolahnya.

Ia sering mendengar mendengar suara-suara centil, manja, genit, dan menggemaskan yang dilontarkan oleh para wanita untuknya. Novel Balada Si Roy ini dapat menjadi sebuah bacaan yang menyenangkan dan sekaligus mengisi waktu luang. Buku yang dipenuhi dengan cerita-cerita masa SMA ini akan membuat pembaca merasa kembali ke masa SMA-nya.

Lantas, apa ya yang dilakukan oleh Roy saat masa sekolahnya? Apakah ada cerita romansa di dalam novel ini? Jika Grameds yang penasaran tentang novel yang bertemakan thriller misteri, Grameds bisa membaca buku berjudul Balada Si Roy Karya Gol A Gong ini untuk menemukan jawabannya. Yuk kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang Balada Si Roy Karya Gol A Gong ini!

Sinopsis Buku Balada Si Roy Karya Gol A Gong

 

Remaja Roy mengayuh sepeda balapnya pelan-pelan.

“Ayo, Joe!” seru Roy. Anjing herder itu menyalak kegirangan. Bulunya yang cokelat kehitaman berkilat. Gerak-geriknya melindungi majikannya dari bahaya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Remaja Roy memang jadi pusat perhatian. Ke sekolah dengan sepeda balap dan anjing herder? Itu absurd. Sebuah objek sensasi. Lain waktu telinganya mendengar suara-suara centil, manja, genit, dan menggemaskan. Dia tahu itu untuknya. Dia memang keren. Badannya jangkung atletis. Tampan tapi tidak kolokan. Berbeda dari orang kebanyakan. Senyumnya memang memabukkan, bandel, dan khas berandal.

Remaja bandel ini paling gemar kemping, ke mana saja dia mau. Biasanya dia ber-liften bersama Joe ketika liburan sekolah. Ini memang akibat dari terlalu banyak membaca buku petualangan dan nonton film. Ketika kawan-kawan kecilnya gemar HC Andersen, Roy kecil malah membayangkan dirinya menjadi Tom Sawyer. Bahkan dia pernah bikin repot mamanya, ketika seluruh tembok rumah di kampungnya dicoreti inisial “Z”. Rupanya dia sedang membayangkan dirinya menjadi Zoro.

Review Balada si Roy

Pros & Cons

Pros
  • Alur cerita yang menarik dan unik sehingga membuat novel ini memiliki plot twist yang baik
  • Ceritanya yang ringan mudah dipahami pembaca
  • Cocok untuk dibaca oleh segala kalangan
Cons

    Balada Si Roy ini merupakan novel remaja yang memiliki konflik ringan tentang hidup seorang remaja berusia 17 tahun. Novel ini menjadi best seller dan sangat terkenal karena ceritanya yang sangat menarik mengusung tema remaja laki-laki yang berandal.

    Selain itu, kisah cinta dan persahabatan dalam novel ini sangat menyenangkan dan sangat mendeskripsikan kisah-kisah masa SMA pada zamannya. Hidup Roy dalam novel ini penuh tantangan, mulai dari rumitnya percintaan hingga petualangan hidupnya.

    Balada Si Roy menceritakan kisah seorang remaja laki-laki yang bernama Roy, yang merupakan seorang remaja berusia 17 tahun yang bandel. Roy adalah anak SMA selengean yang berhasil mengeksplorasi hampir seluruh Indonesia dengan modal yang pas-pasan dan ditemani ransel biru kesayangannya beserta celana jeans yang sudah rusak dan tak layak dipakai.

    Remaja bandel kita ini akan membawa kita ke dalam kehidupan remajanya yang penuh masalah dan penuh tantangan. Hidup, petualangan, hingga kisah cintanya penuh tantangan dan dekadensi moral. Kisahnya dimulai pada tahun 1984, dimana rezim Orde baru sangat anti kritik.

    Novel ini dimulai saat Roy pindah dari Bandung dan memulai sekolahnya di Serang, Banten. Roy ditemani oleh anjing herder kesayangannya yang bernama Joe. Lalu, Roy jatuh cinta pada wanita cantik yaitu Ani.

    Namun, Dullah sang anak jawara dan juga geng Borsalino-nya juga jatuh cinta terhadap Ani. Bahkan Dullah merasa lebih berhak mendapatkan Ani dibanding Roy, karena sudah dijodohkan oleh orangtua mereka. Ayah Ani rela menjual putrinya kepada ayah Dullah yang kaya dengan imbalan seluruh hutangnya selesai.

    Akhirnya, Roy berjuang keras untuk mendapatkan cinta Ani dari Dullah. Roy tidak peduli Dullah dengan geng Borsalino-nya yang selalu mengancamnya agar tidak mendekati Ani. Roy menantang Dullah untuk menyelesaikan urusan Ani tanpa main kasar dan keroyokan oleh gengnya. Roy ingin “satu lawan satu”. Dullah kalah duel dengan Roy. Dullah memiliki rasa dendam pada Roy, hingga Dullah melakukan segala cara.

    Akhirnya, Dullah membunuh anjing herder kesayangan dan warisan dari ayahnya Roy. Roy merasa terpukul dan terluka, hingga Roy traveling menjelajahi Indonesia membawa serta cintanya kepada Ani. Roy harus pergi, tapi juga harus pulang karena ada yang dikasihi dan mengasihi di rumah.

    Lantas, bagaimanakah kelanjutan cerita tentang Roy dan perjalanan hidupnya? Apakah Roy berhasil mendapatkan cinta Ani? Apakah Roy dan Ani dapat bersama? Lantas apa yang dilakukan oleh Roy saat menjelajahi Indonesia guna menghindari rasa sedih akibat anjingnya dibunuh?

    Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca Balada Si Roy ini dan dapatkan kisah remaja yang memiliki cerita cinta yang lucu dan menarik ini dari karya Gol A Gong di Gramedia.com.

     

    Novel Balada Si Roy ini berlatar tahun 80-90an dan juga diterbitkan di tahun tersebut, karena itu tulisan yang disajikan dan kata-katanya agak kuno dan sedikit sulit dimengerti bagi remaja zaman sekarang. Di novel Balada Si Roy ini terdapat banyak lagu yang hits, gaya percakapan dan gaya hidup anak muda seperti pakaiannya yang sangat mendeskripsikan ala tahun 80-90an.

    Novel ini mendeskripsikan bahwa tahun 80-90an adalah era terbaik yang pernah ada. Petualangan yang disuguhkan sangat nyata seperti para pembaca ikut serta dengan Roy dan melihat berbagai masalah menimpanya seiring dengan perjalanannya yang panjang.

    Novel Balada Si Roy merupakan salah satu novel yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi Grameds yang mungkin menyukai novel bertemakan fiksi, romantis dan drama yang dapat memberikan rasa menyenangkan dan kegemasan bagi para pembaca. Jika Grameds belum membaca karya dari Gol A Gong, Balada Si Roy ini cocok sebagai awalan Grameds untuk menekuni karya-karya Gol A Gong.

    Profil Gol A Gong

    Sumber: wikipedia.org

    Gol A Gong lahir pada tanggal 15 Agustus 1963 dengan nama asli Heri Hendrayana Harris. Gol A Gong adalah seorang sastrawan berkebangsaan Indonesia. Gol A Gong pernah menjabat sebagai Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Indonesia periode tahun 2015-2020. Tulisan-tulisan dari Gol A Gong telah dimasukkan di berbagai media massa dan terbit berupa buku. Saat ini, Gol A Gong menjabat sebagai Duta Baca Indonesia periode tahun 2021 – 2026

    Nama Gol diberikan oleh ayahnya sebagai ungkapan rasa syukur atas karyanya yang diterima perusahaan penerbit. Lalu, Gong merupakan harapan dari ibunya agar tulisannya dapat menggema seperti bunyi alat musik gong. Sedangkan A diartikan sebagai “semua berasal dari Tuhan”.

    Maka, arti nama dari Gol A Gong adalah  “kesuksesan itu semua berasal dari Tuhan”. Pada umur 11 tahun Gol A Gong harus kehilangan tangan kirinya karena kecelakaan yang terjadi saat ia bermain dengan temannya di alun-alun Kota Serang.

    Saat itu, sedang ada tentara latihan terjun payung. Kepada teman-temannya, dia menantang untuk adu keberanian loncat seperti seorang penerjun payung. Siapa yang berani meloncat paling tinggi, dialah yang berhak menjadi pemimpin di antara mereka. Kecelakaan yang menyebabkan tangan kirinya harus diamputasi itu tidak membuatnya sedih.

    Penutup

    Novel Balada Si Roy sangat populer hingga diadaptasi menjadi sebuah film. Secara keseluruhan, novel ini menceritakan kisah-kisah ringan yang sering terjadi pada remaja anak SMA. Dimulai dari masalah percintaan hingga petualangan hidup.

    Novel ini memberikan gambaran singkat bagaimana kisah cinta dan petualangan hidup pada tahun 80-90an yang membuat para pembaca serasa sedang ada di zaman tersebut. Untuk anak 2000an jangan khawatir, buku ini masih bisa dibaca dengan nyaman dan juga pastinya akan membuat para pembaca merasa gemas akan tingkah laku Roy.

    Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang buku Balada Si Roy Karya Gol A Gong. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku bergenre fiksi, romantis, dan drama. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

    Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga!

    Penulis: Sabrina Gasella Ghaisani

    Sumber Artikel:

    • https://www.goodreads.com/book/show/1441536.Balada_Si_Roy_1?from_search=true&from_srp=true&qid=tdfKgXVVtD&rank=1
    • https://id.wikipedia.org/wiki/Gol_A_Gong
    • https://antaraciptakarsa.com/review-buku-balada-si-roy-joe/
    • https://remajaasik.com/balada-si-roy-novel/

    Written by Nandy

    Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

    Kontak media sosial Linkedin saya Nandy