in

Review Buku The Visual MBA Karya Jason Barron

The Visual MBA – Grameds, bagi kalian yang ingin mempelajari dunia bisnis pastikan kalian mempunyai panduan atau langkah-langkah dalam memulai berbisnis. Dunia bisnis banyak yang harus dipahami dan dipelajari, maka dari itu ada sebuah sekolah bisnis yang memang ditujukan untuk mempelajari dunia bisnis lebih dalam.

Kunci utama dalam bisnis adalah terus berinovasi dan menciptakan ide-ide baru. Untuk menghasilkannya, kalian butuh inspirasi yang tepat. Kalian bisa mendapatkan ide-ide baru dengan membaca buku tentang bisnis.

Persaingan bisnis pada zaman sekarang semakin ketat. Banyak sekali bidang bisnis baru yang cukup antusias dan diisi oleh banyak sekali kompetitor. Terlebih, saat ini bisnis sudah memasuki era digital. Setiap macam jenis bisnis dapat menjangkau target pasar dimanapun dan kapanpun. Terlebih, saat ini berbagai platform e-commerce dan media sosial juga ikut terjun ke dalam persaingan bisnis. Jika kalian ingin mempunyai wawasan lebih dalam dunia bisnis, membaca buku tentang bisnis pastinya dapat membantu untuk terus optimis, jeli melihat peluang, dan berinovasi.

The Visual MBA merupakan salah satu buku motivasi tentang bisnis. Buku ini berisi rangkuman poin-poin penting dari materi yang diajarkan di jurusan bisnis level MBA (Master of Business Administration).

Rangkuman-rangkuman yang ada didalam buku ini dikemas dalam sebuah bentuk diagram ilustrasi dengan penjelasan yang singkat, padat dan juga jelas. Tujuan dari buku ini adalah untuk memberi kemudahan bagi pembaca dalam memahami dan mempelajari apa saja yang dipelajari dan materi apa yang bisa diketahui di jurusan bisnis.

Buku The Visual MBA ini dapat menjadi sebuah bacaan yang menyenangkan serta memberikan wawasan yang luas untuk para pembacanya. Buku ini akan membuat para pembaca memiliki pandangan baru pada dunia bisnis, selain itu buku ini juga akan menjelaskan tahapan-tahapan memasuki dunia bisnis dengan tepat.

Lantas, apa ya yang akan dijelaskan oleh Jason dalam bukunya ini? Bagaimana sih tahapan-tahapan dalam mempelajari bisnis? Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca buku berjudul The Visual MBA Karya Jason Barron ini untuk menemukan jawabannya. Yuk kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang The Visual MBA Karya Jason Barron ini!

Review The Visual MBA

Daripada menulis catatan membosankan yang tak pernah dibaca atau digunakan lagi, Jason Barron berhasil menjelaskan materi bisnis dengan memutuskan untuk menggambar sketsa dari materi-materi bisnis yang ia pelajari di BYU (Brigham Young University) Marriott School of Business.

Jason secara visual menggambarkan poin-poin penting dari pendidikannya dan menyediakan sumber daya yang menarik dan tak ternilai. Cara Jason ini merupakan cara yang unik dalam menjelaskan materi bisnis, karena cara ini membuat para pembaca tidak merasa bosan membaca kata-kata yang sulit dipahami tentang ilmu bisnis.

The Visual MBA ini menjelaskan tentang pemahaman ilmu bisnis, buku ini memberikan pemahaman tentang konseptual bisnis dengan kesempatan menghasilkan uang dalam bentuk divisualkan. Sang penulis yaitu Jason Barron merupakan seorang professional designer yang kebetulan mengambil kuliah S2 MBA.

Singkatnya, buku ini ditulis oleh Jason Barron dalam resumenya selama dua tahun berkuliah. Materi pelajaran di kampusnya ini, Jason tulis dengan menggunakan teknik sketchnotes, yaitu teknik mencatat materi menggunakan ilustrasi sehingga terlihat lebih menarik dan berguna saat dibaca ulang.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Buku The Visual MBA ini merupakan sebuah bahan referensi yang bagus. Membaca buku ini seperti membaca slide powerpoint untuk berbagai kuliah yang tercakup materi kursus MBA. Dari buku ini, para pembaca mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang pola pikir seseorang dengan gelar MBA.

Ilustrasi dan diagramnya terlihat lucu dan menarik sehingga para pembaca tidak merasa bosan mempelajarinya. Buku The Visual MBA ini layaknya buku cerita anak kecil yang dikhususkan untuk orang dewasa, karena dijelaskan melalui ilustrasi-ilustrasi yang menarik. Membaca buku ini seperti benar-benar membaca catatan seseorang di perguruan tinggi, hanya saja itu terorganisir, menarik secara visual, singkat, dan ringkas.

Buku ini terdiri dari 193 halaman dengan 20 bab, buku ini memiliki ilustrasi yang menarik dan mudah untuk dipahami dalam setiap babnya. Melalui buku ini, para pembaca juga bisa belajar untuk membuat rencana agar tidak terlalu berat saat dilakukan.

Dalam buku ini juga terdapat langkah-langkahnya dimulai dari mengetahui apa yang Anda miliki dan dapat ditingkatkan, menulis hal apa saja yang menghambat Anda dan seberapa besar dampaknya untuk Anda, menyusun kebutuhan berdasarkan prioritas, mengenali potensi atau kesempatan, serta tidak mempermasalahkan perubahan.

Lantas, bagaimanakah cara mempelajari ilmu bisnis secara efektif? Apakah dengan melihat ilustrasi-ilustrasi yang ditulis oleh Jason Barron dapat merangkum semua materi ilmu bisnis? Apa saja sih tahapan-tahapan untuk menyusun hal-hal yang diperlukan dalam mempelajari ilmu bisnis? Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca The Visual MBA ini dan dapatkan rangkuman-rangkuman materi ilmu bisnis ini dari karya Jason Barron di Gramedia.com.

 

Pros & Cons

Pros
  • Penjelasan di dalam buku ini dirangkum dengan singkat dan jelas.
  • Memiliki pengetahuan luas tentang ilmu bisnis
  • Dijabarkan dengan sederhana dan to the point
Cons

    Secara keseluruhan, buku The Visual MBA ini memang menjelaskan ilmu-ilmu bisnis yang sebenarnya, dimulai dari bab-bab materi Leadership, Corporate Financial Reporting, Entrepreneurial Management, hingga Global Management. Setiap bab nya dijelaskan secara detail dengan ilustrasi yang lucu dan menarik sehingga pembaca tidak bosan. Selain itu, dalam buku ini juga dijelaskan untuk menjalankan bisnis dengan tetap mematuhi etika bisnis dan mengutamakan kemanfaatan yang luas, agar memiliki peluang untuk menjadi bisnis yang berkelanjutan, mendunia dan berdampak.

    Buku The Visual MBA ini merupakan salah satu buku yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi Grameds yang mungkin menyukai buku yang memiliki genre bisnis manajemen. Jika Grameds belum membaca karya dari Jason Barron, The Visual MBA ini cocok sebagai awalan Grameds untuk menekuni karya-karya Jason Barron.

    Profil Jason Barron

    Jason Barron adalah seorang desainer. Selama bertahun-tahun, Jason telah mengasah keterampilannya dalam pengalaman pengguna, mengelola tim produk lintas disiplin yang besar, dan kepemimpinan yang kreatif. MBA dan pendekatan berbasis data untuk pemecahan masalah telah memungkinkan Jason Barron memberikan pengalaman yang efektif dan menyenangkan bagi pengguna di seluruh dunia.

    Sebagai seorang doodler yang rajin, Jason Barron menemukan panggilan sejati ketika  memutuskan untuk menulis “The Visual MBA,” buku terlaris Wall Street Journal yang menerima penghargaan Axiom Gold Medal.

    Kampanye Kickstarter untuk buku ini sukses besar, mencapai lebih dari 1.000% target hanya dalam 28 hari dan menarik pendukung dari lebih dari 30 negara. Saat ini, buku The Visual MBA telah diterjemahkan ke dalam 16 bahasa, membantu banyak pembaca di seluruh dunia memahami konsep bisnis dengan cara yang lebih mudah diakses.

    Perjalanan Jason Barron merupakan perpaduan antara kreativitas, inovasi, dan fokus tanpa henti dalam memberikan nilai kepada pengguna. Melalui itu semua, hasrat Jason untuk memecah ide-ide kompleks dan mengubahnya menjadi mahakarya visual tetap menjadi kekuatan penuntun Jason. Dan saat Jason melihat ke masa depan, Jason ingin sekali melihat tantangan dan peluang baru apa yang menanti dirinya di dunia desain dan teknologi yang terus berkembang ini.

    Sinopsis Buku The Visual MBA Karya Jason Barron

     

    Jason Barron menghabiskan 516 jam di kelas, menyelesaikan segunung pekerjaan rumah dan menghabiskan puluhan ribu dolar untuk menyelesaikan gelar MBA di BYU Marriott School of Business. Sepanjang jalan, alih-alih membuat catatan membosankan yang tidak akan pernah dia baca (atau gunakan) lagi, Jason membuat catatan sketsa untuk setiap kelas—secara visual menangkap poin-poin penting dari pendidikannya—dan menyediakan sumber daya yang menarik dan tak ternilai.

    Setelah menyelesaikan gelar MBA-nya, Jason meluncurkan kampanye Kickstarter yang sangat sukses dengan menyaring catatan yang sama ini menjadi buku yang diterbitkan sendiri untuk membantu calon pemimpin bisnis dari semua latar belakang dan tingkat pendapatan memahami konsep penting yang dipelajari di sekolah bisnis.

    Apakah Anda berpikir untuk mendaftar ke sekolah bisnis, saat ini sedang belajar bisnis di perguruan tinggi, atau selalu bertanya-tanya apa yang diajarkan dalam program MBA, buku yang sangat menghibur dan visual ini cocok untuk Anda.

    Penutup

    Buku ini merupakan panduan yang berguna bagi mereka yang ingin “bertahan” dalam diskusi bisnis dasar tetapi tidak ingin terjebak dalam tulisan akademis ilmiah. Karena buku ini menyajikan materi dengan ilustrasi dan visual yang menarik dan unik, sehingga pembaca tidak merasa bosan saat membacanya.

    Buku ini juga membuat orang menghargai penggunaan studi kasus kehidupan nyata yang umum untuk sebagian besar program MBA dan interaksi di antara para siswa dari berbagai spesialisasi yang cenderung meniru interaksi kehidupan nyata.

    Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang buku The Visual MBA Karya Jason Barron. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku bergenre bisnis manajemen. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

    Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga di gramedia.com.

    Penulis: Sabrina Gasella Ghaisani

    Sumber Artikel:

    • https://www.goodreads.com/book/show/42409349-the-visual-mba
    • https://direadaja.com/non-fiksi/kesempatan-menghasilkan-uang-the-visual-mba-karya-jason-barron/
    • https://rumii.ibupunyamimpi.org/t/memahami-perjalanan-membangun-bisnis-review-buku-the-visual-mba-by-jason-barron/2029
    • https://jbr.id/resensi/belajar-bisnis-pakai-gambar-dengan-buku-the-visual-mba-5534/
    • https://www.bacaanipeh.web.id/p/review-visual-mba.html
    • https://d.mba/podcast/visual-mba
    • https://www.jasonbarron.com/about-me/

    Written by Nandy

    Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

    Kontak media sosial Linkedin saya Nandy