in

Review Novel Nunafan.com Her Private Life Vol 1

Nunafan.com Her Private Life Vol 1 – Fenomena gelombang Korea atau Korean Wave kini menjadi industri hiburan yang berpengaruh besar di pasar Internasional, salah satunya Indonesia. Bahkan, basis penggemarnya pun sangat besar, mulai dari drama, musik, dan budayanya. Tidak hanya itu, pembaca Indonesia juga mulai melirik novel-novel dari Korea Selatan. Sudah banyak novel terjemahan asal negara ginseng tersebut dan memiliki tema yang beragam.

Nunafan.com Her Private Life Vol 1 adalah sebuah novel populer yang ditulis oleh penulis asal Korea Selatan, Kim Sung Yeon. Novel ini diterbitkan pada tahun 2007 oleh penerbit Munhakdongne Publishing Group dan telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia oleh Gramedia Pustaka Utama tahun 2022. Sejak penerbitan pertamanya, novel ini telah mendapat respon positif dari para pembaca.

Novel ini bercerita tentang kehidupan seorang wanita bernama Jo Ara yang merupakan seorang pemilik restoran Korea terkenal di Gangnam. Diam-diam Jo Ara juga penggemar dari anggota Shooting Stars bernama Min Jun.

Grameds, artikel ini akan mengulas mengenai novel Nunafan.com Her Private Life Vol 1 karya Kim Sung Yeon. Yuk, simak ulasannya sampai selesai, ya.

Sinopsis Novel Nunafan.com Her Private Life Vol 1

 

Judul Buku : Nunafan.com Her Private Life Vol 1

Penulis Buku : Kim Sung Yeon

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Halaman : 288

“Astaga! ada orang yang berkata kalau Juni bisa menjadi penyanyi berkat ketampanannya! Junie kita bisa bermain Bass! Junie kita dulu adalah bassist!>_<” – Pasunimo (Nunafan.com).

Jo Ara adalah seorang wanita berusia 20 tahun yang bekerja sebagai koki sekaligus pemilik restoran Gowa yang cukup terkenal di Gangnam, Korea Selatan. Kehidupan Jo Ara sebagai pemilik restoran mewah yang profesional terlihat sempurna, namun dibalik itu semua, Jo Ara memiliki hobi dan kecintaan tersembunyi dari orang-orang sekitarnya. Diam-diam Jo Ara merupakan penggemar berat dari salah satu anggota ido Shooting Star bernama Min Jun.

Jo-Ara bergabung dengan komunitas penggemar di Nunafan.com, bahkan dia menjadi salah satu admin dari situs tersebut. Orang-orang akan melihat kepribadian Jo Ara yang lembut, anggun, dan berwibawa, tapi itu semua akan berbeda ketika Jo Ara menjadi Pasunimo, nama samarannya di Nunafan.com. Jo Ara sangat menyukai Min Jun, dia sering membagikan tulisannya tentang berita-berita dari Min Jun.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Suatu ketika Jo Ara mendapat kabar bahwa Kakaknya Min Jun yang bernama Min Hyeon merupakan manajer restoran yang sedang naik daun. Jo Ara menawarkan pekerjaan kepada Hyeon untuk menjadi manajer di restorannya. Jo Ara berharap, dengan bergabungnya Min Hyeon dapat membawanya bertemu dengan Min Jun.

Min Hyeon tidak langsung menerima tawaran dari Jo Ara. Min Hyeon ingin melihat terlebih dahulu restorannya. Namun, kepribadian Jo Ara yang lemah lembut berhasil menarik perhatian Min Hyeon, dia juga merasa nyaman bercerita mengenai keluarganya. Min Hyeon sedikit bercerita mengenai Min Jun, adiknya.

Hal itu dimanfaatkan Jo Ara untuk mendapatkan berita tentang Min Jun, walaupun Jo Ara harus berpura-pura tidak mengenal Min Jun. Tentu saja Mi Hyeon tidak boleh tahu kalau atasannya merupakan penggemar berat dari adiknya. Jo Ara tetap mempertahankan citranya sebagai wanita anggun dan profesional.

Suatu hari, secara tidak sengaja Min Hyeon melihat layar komputer milik Jo Ara yang dibiarkan menyala. Kemudian, muncul sebuah kalimat pada layar tersebut, yaitu “Halo. Perkenalkan, namaku Pasunimo, admin Nunafan.com.”

Review Novel Nunafan.com Her Private Life Vol 1

Pros & Cons

Pros
  • Menampilkan cerita yang menarik.
  • Setiap karakter tokoh digambarkan jelas.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.
Cons
  • Alur ceritanya terbilang cepat.

Nunafan.com Her Private Life Vol 1 karya Kim Sung Yeon termasuk novel komedi romantis yang mudah untuk dibaca. Cerita yang disajikan terlihat sederhana namun sangat menarik untuk diikuti. Kim Sung Yeon berhasil menggambarkan karakter tokoh utama, yaitu Jo Ara dengan sangat baik. Karakter Jo Ara yang terlihat kuat dan mandiri, dia juga memiliki sisi lembut yang sangat manusiawi berhasil membuat pembaca terbawa emosi.

Selain itu, konflik yang dihadapi oleh tokoh utama juga terasa sangat khas dan identik dengan kehidupan seorang penggemar. Bagaimana seorang pemilik restoran mewah profesional harus menjaga citranya di depan orang-orang sekitar, sementara dia memiliki hobi yang berbeda.

Pertemuan Jo Ara dengan Min Hyeon yang semula hanya rekan kerja saja membawa drama lain, hingga berhasil membuatnya bertemu juga dengan Min Jun, idolanya. Ini menjadi kisah cinta segitiga yang manis dan penuh dengan komedi.

Salah satu hal yang juga patut diacungi jempol yaitu cara Kim Sung Yeon yang sukses menggambarkan dunia penggemar idola K-Pop dengan sangat akurat. Cara para penggemar mengejar kecintaan mereka pada sang idola, cara mereka saling mendukung satu sama lain, serta dunia penggemar itu sendiri memiliki peraturan dan aturan yang khas.

Novel Nunafan.com Her Private Life Vol 1 dapat dinikmati oleh semua kalangan pembaca, mulai dari remaja hingga dewasa. Novel ini juga menggunakan alur maju dan sudut pandang orang ketiga.

 

Novel Nunafan.com Her Private Life Vol 1 menjadi bacaan populer yang paling direkomendasikan, karena memiliki cerita yang menarik. Novel ini bercerita tentang kehidupan seorang wanita bernama Jo Ara yang memiliki kehidupan ganda sebagai koki sekaligus pemilik restoran dan sebagai penggemar fanatik dari seorang idola. Cerita yang dihadirkan oleh penulis sangat membuat pembaca tertarik untuk terus membaca hingga akhir.

Semua tokoh yang ditampilkan dalam novel juga digambarkan jelas melalui masing-masing karakternya. Pembaca dapat mengetahui setiap karakter dari masing-masing tokoh melalui dialog dan narasinya. Karakter utama, Jo Ara memiliki kepribadian yang kuat dan sangat menggemaskan. Kemudian, karakter Min Hyeon yang tegas, dingin, tapi peduli pada Jo Ara. Min Jun juga digambarkan cukup khas sebagai artis idola, tapi memiliki perasaan tersembunyi.

Sebagai buku bacaan populer, bahasa yang digunakan dalam novel Nunafan.com Her Private Life Vol 1 termasuk sederhana. Hal tersebut akan membuat pembaca lebih mudah memahami alur cerita dan karakter yang ada dalam novel.

Dibalik kelebihan tersebut, novel dengan tebal 288 halaman ini tidak luput dari kekurangan. Adapun kekurangannya adalah alur cerita yang terbilang terlalu cepat. Ada beberapa bagian dalam novel yang dirasa terburu-buru hingga membuat pembaca sulit untuk menangkap setiap detail dalam cerita. Namun, kisah cinta dalam novel ini masih dapat dinikmati dan memberikan kesan menyenangkan untuk para pembacanya.

Mengenal Drama Her Private Life, Adaptasi Novel Nunafan.com

 

IMDb

Her Private Life adalah drama komedi romantis yang tayang tahun 2019. Drama ini sangat populer di kalangan penikmat K-Drama, terutama penggemar Internasional. Drama garapan Hong Jong Chan ini merupakan adaptasi dari web novel Nunafan.com karya Kim Sung Yeon. Drama ini akan mengajak penonton untuk melihat lebih jauh kehidupan seorang penggemar idol k-Pop

Drama Korea Her Private Life bercerita mengenai seorang wanita bernama Sung Deok Mi yang diperankan oleh Park Min Yeong yang merupakan seorang kurator seni profesional. Deok Mi juga seorang penggemar fanatik dari salah satu anggota boy group White Ocean bernama Cha Si An yang diperankan oleh Jung Jae Won. Bahkan, dia mengelola situs komunitas penggemar yang khusus membagikan berita seputar idolanya, yaitu “The Road to Sian.”

Di tengah kesibukannya, sebagai kurator seni, Deok Mi selalu menyempatkan untuk mengikuti aktivitas Si An, seperti konser, live performance, fansign, dan lain-lain. Semua kegiatannya itu dilakukan secara diam-diam. Deok Mi tidak ingin ada siapapun yang tahu tentang hobinya, karena mengingat usianya yang sudah tidak muda lagi.

Pada suatu hari, galeri tempat Deok Mi bekerja merekrut direktur baru bernama Ryan Gold yang diperankan oleh Kim Jae Wook. Ryan Gold merupakan seorang pelukis profesional yang sudah pensiun, dia memiliki karakter yang sangat dingin.

Kehidupan Deok Mi berubah setelah Ryan menemukan identitas rahasianya sebagai penggemar Si An. Ryan terkejut dan merasa penasaran dengan kehidupan pribadi Deok Mi yang selama ini terlihat sangat tertutup. Mereka pun mulai saling mengenal dan Deok Mi mulai terbuka kepada Ryan mengenai hobinya sebagai penggemar Si An.

Jalan cerita yang ditampilkan dalam drama Her Private Life tidak jauh berbeda dengan novel Nunafan.com. Keduanya bercerita mengenai kehidupan rahasia dari seorang penggemar idol K-Pop. Drama ini mendapat rating 3.7 dan menjadi salah satu drama romantis komedi yang sangat populer.

Penutup

Nunafan.com Her Private Life Vol 1 karya Kim Sung Yeon adalah sebuah novel yang sangat menyenangkan untuk dibaca. Cerita yang disajikan terlihat sederhana, namun menarik untuk diikuti. Karakter tokoh utama yang berhasil ditampilkan dengan sangat baik, serta dunia penggemar idola K-Pop juga digambarkan dengan sangat akurat, membuat novel ini pantas untuk menjadi salah satu novel populer terbaik.

Bagi pembaca yang suka dengan cerita yang berfokus pada karakter dan hubungan antara tokoh, novel ini sangat cocok untuk dibaca. Namun, bagi pembaca yang lebih menyukai cerita dengan alur cerita lambat dan penuh aksi, mungkin akan merasa kurang terhibur dengan novel ini.

Secara keseluruhan, Nunafan.com Her Private Life Vol 1 karya Kim Sung Yeon adalah sebuah novel yang layak untuk dibaca bagi siapa saja yang sedang mencari kisah fiksi komedi romantis. Novel ini berhasil menunjukkan bahwa di balik hobinya yang mungkin terlihat aneh di mata orang lain, seseorang masih bisa menjadi seorang yang profesional dan berhasil dalam karirnya.

Grameds, kisah antara Jo Ara, Min Hyeon, dan Min Jun akan berlanjut pada series keduanya yang berjudul Nunafan.com Her Private Life Vol 2. Apabila Grameds ingin membaca lebih jauh kisah Jo Ara, Grameds dapat membaca dan membeli novel ini di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Dwi Puji Lestari

Rujukan Artikel

  • Novel Nunafan.com Her Private Life Vol 1 karya Kin Sung Yeon
  • https://ebooks.gramedia.com/id/buku/nunafan-com-her-private-life-1
  • Review dan Sinopsis Drama Korea Her Private Life
  • https://bacaterus.com/her-private-life/
  • Artikel: 10 Rekomendasi Novel Korea Terjemahan Bahasa Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • https://my-best.id/139379

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy