in

Review Novel Nunafan.com: Her Private Life Volume 2

Nunafan.com: Her Private Life Volume 2 – Hai, Grameds! Apakah kamu seorang penggemar berat idol Korea? Kalau jawabannya “ya” maka kamu wajib banget, nih, baca novel ini! Kenapa begitu? Karena novel ini bisa bikin kamu ngehalu bareng dan bikin senyum-senyum sendiri.

Bagi pecinta drama Korea, kamu mungkin tidak asing lagi dengan aktris cantik Park Min Young, aktris yang terkenal karena sering membintangi drama romcom (romance komedi) ini dipilih menjadi tokoh utama adaptasi novel “Nunafan.com: Her Private Life” ke dalam drama Korea yang tayang pada 2019 lalu.

Yup, novel karya penulis Kim Sung Yeon ini diadaptasi menjadi drama Korea. Meskipun para karakter yang ada di novel dan di drama tidak memiliki kemiripan pada nama, hal itu tidak menjadi alasan yang buruk, karena pada intinya jalan cerita yang disajikan di drama tetap sama, yaitu tentang seorang perempuan yang memiliki dua kehidupan, menjadi seorang fangirl dan menjadi perempuan yang bekerja.

Novel ini tentunya sangat menarik, bukan? Apalagi untuk para pembaca yang sangat menggemari drama Korea, seolah kamu menonton drama Korea dalam bentuk buku! Sebuah pengalaman yang berbeda pastinya.

Novel ini terbagi menjadi dua volume, dan novel yang akan kita bahas adalah volume keduanya. Nah, biar kamu semakin tertarik dengan novel ini, yuk mari disimak terlebih dahulu sinopsis dan review singkat novel Nunafan.com: Her Private Life Volume 2 ini!

Sinopsis Novel Nunafan.com: Her Private Life Volume 2

Nunafan.com: Her Private Life Volume 2 adalah sekuel dari novel sebelumnya. Novel ini menceritakan tentang Jo Ara, wanita yang berusia tiga puluh tahun sekaligus seorang koki dari pemilik restoran berkelas di Korea bernama Gowa.

Jo Ara rupanya memiliki sebuah rahasia yang tidak diketahui oleh siapapun, ia adalah seorang penggemar dan adminnya sendiri dari situs penggemar salah satu anggota grup idol populer bernama Min Jun Shooting Stars.

Jo Ara yang kini sedang menjalankan restoran terkenalnya di Gangnam sedang mencari seseorang yang dapat mengelola rumah makan miliknya menjadi lebih profesional. Kemudian ada Min Hyun, seorang laki-laki yang bekerja di restoran itu yang kebetulan sedang Jo Ara cari. Tidak disangka-sangka, Min Hyun ternyata adalah kakak laki-laki Min Jun.

Ara sebelumnya sangat antusias dan rela melakukan apa saja agar bisa bertemu dengan idolanya tersebut dan salah satunya adalah dengan mendekati kakak Jun, dan tentu saja dengan tetap menutupi bahwa Jo Ara adalah penggemar berat adiknya Hyun.

Memiliki dua wajah menjadi keahlian Jo Ara, dia menjadi salah satu fangirl dan menjadi bos yang sopan dari sebuah restoran Korea. Jantungnya selalu berdebar ketika Min Hyun yang terlibat di restorannya memiliki wajah yang mirip dengan saudara sekaligus idola Ara, Min Jun.

Namun, suatu hari, Hyun tiba-tiba mengetahui identitas dan rahasia Jo Ara yang merupakan seorang admin dari situs Nunafan.com, Hyun secara tidak sengaja melihat dari komputer Ara yang dibiarkan terbuka dalam keadaan menyala.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Kisah Ara dan Hyun kemudian berlanjut hingga adanya buih-buih cinta di antara keduanya. Ara yang sudah akrab dengan Jun dan ternyata muncul masalah lain. Jo Ara menyadari bahwa ia jatuh cinta pada Hyun, kakak Jun.

Ketika Ara berusaha menerima kenyataan bahwa cintanya tidak akan berbalas, tiba-tiba ada sebuah kejadian yang mengharuskan Ara dan Hyun berpura-pura menjadi sepasang kekasih. Bagaimana kelanjutan kisah Ara dan Hyun? Dan bagaimana identitasnya sebagai admin Nunafan.com harus terbongkar?

 

Review Novel Nunafan.com: Her Private Life Volume 2

Pros & Cons

Pros
  • Nunafan.com: Her Private Life Volume 2 hadir dengan konflik dan masalah yang lebih menarik dan membuat pembaca girang karena bisa sekaligus menghalu bersama.
  • Novel ini disajikan dengan gaya bahasa yang juga menarik dan sangat relevan dibaca bagi para fangirl idol Korea.
Cons
  • Alur untuk pengembangan situasinya terkesan lambat. 

Nunafan.com: Her Private Life Volume 2 adalah sebuah novel sekuel dari novel sebelumnya yang sama-sama menceritakan tentang kehidupan seorang fangirl. Ada perbedaan yang terjadi pada volume 1 dan volume 2.

Nunafan.com: Her Private Life Volume 2 menjadi novel yang hadir dengan konflik dan masalah yang lebih menarik dan membuat pembaca girang karena bisa sekaligus menghalu bersama. Karena siapapun yang membaca novel ini tentu saja bisa sekaligus membayangkan bagaimana jika benar-benar orang yang selama ini kita idolakan ada di depan mata kita dan menjadi akrab.

Novel ini menawarkan cerita yang menarik dengan pengemasan gaya bahasa yang juga tidak kalah menarik. Kisah Jo Ara seolah menjadi perwakilan para fangirl yang selalu mengkhayal bisa terus dekat dengan idolanya.

Meskipun beberapa pembaca merasa bahwa alur yang disajikan terkesan lambat, apalagi pada proses pembangunan situasi antar para tokoh. Namun, hal itu tidak terlalu menjadi alasan untuk membaca novel ini.

Nunafan.com: Her Private Life Volume 2 ini cerita yang mudah untuk dipahami. Kisah Jo Ara, Jun, dan Hyun bisa menjadi cerita yang sangat menghibur di tengah-tengah kesibukan menjalani aktivitas, karena novel ini seru, ringan, dan akan bikin kamu banyak ketawa.

Tertarik untuk mengetahui kisah dari Jo Ara, Jun, dan Hyun? Biar nggak penasaran lagi, yuk segera dapatkan bukunya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Melani Wulandari

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/60590376-nunafan-com

Rekomendasi Novel

Mr. Sunshine Karya Kim Eun Sook

 

Eugene Choi, terlahir menjadi budak dan melarikan diri ke Amerika, dan ketika ia kembali ke Joseon, dia hanya memiliki satu tujuan, yaitu membalaskan dendamnya. Ae Shin adalah perempuan tangguh yang terlahir sebagai cucu dari seorang bangsawan. Kecintaannya pada Joseon membuatnya belajar menembak demi bertempur melawan penjajahan asing.

Novel yang telah diadaptasi dalam drama kolosal Korea Selatan ini menceritakan tentang Ae Shin dan Eugene yang mau tidak mau harus mengorbankan cinta mereka. Dong Mae yang mengharapkan Ae Shin pun dihadapkan dengan dua pilihan, tetapi pihak Jepang atau membantu Joseon demi Ae Shin.

Sinopsis

Ae Shin dan Eugene mau tidak mau harus mengorbankan cinta mereka. Dong Mae yang mengharapkan Ae Shin pun dihadapan dengan dua pilihan, tetap menjadi pihak Jepang atau membantu Joseon demi Ae Shin. Hee Seong tak mau kalah, ia mengorbankan rasa sukanya pada Ae Shin dengan membatalkan pernikahan mereka. Hina Kudo pun akhirnya membuat pilihannya, meski ia sendiri yang harus berkorban.

Pachinko Karya Min Jin Lee

 

Saat itu kolonisasi Jepang atas Korea Selatan, seorang perempuan muda kelahiran Korea, Kim Sunja hamil di luar nikah. Kim Sunja adalah putri pemilik pemondokan di desa nelayan kecil dekat daerah Busan. Gadis itu diselamatkan oleh takdir ketika rohaniwan muda, Baek Isak, bersedia menikahi dan memboyongnya ke Jepang.

Tidak mudah bagi Kim Sunja untuk beradaptasi di negeri asing, di tempat para imigran Korea di Jepang ini lah, Sunja mau tidak mau harus menggantungkan harapannya dan memulai kehidupan baru. Tanpa teman, kerabat, dan bahasa yang dimengertinya, ditambah lagi masalah diskriminasi, Sunja harus menghadapi kehidupan keras meski sambil mengandung.

Jepang ternyata bukanlah surga seperti banyak yang dikatakan orang-orang di sekitarnya, Jepang juga bukan tempat yang damai dan penuh kesempatan seperti yang digembar-gemborkan. Banyak kekelaman yang menyelimuti sejarah masyarakat Korea saat diduduki oleh Jepang.

Dituturkan dalam rentang waktu delapan puluh tahun dan empat generasi, novel Pachinko merupakan kisah yang luar biasa mengenai cinta, pencarian identitas sebagai manusia, kematian, dan cara bertahan hidup.

Love Alert Karya Seo Han Gyeol

 

Love Alert menceritakan tentang seorang aktris yang telah lama berkarir selama 15 tahun, aktri tersebut bernama Yoo Jeong. Ia seringkali disebut sebagai cinta pertama masyarakat Korea dan ratunya kisah romance saking seringnya memainkan drama romantis. Meskipun karirnya sukses, rupanya Yoo Jeong tetap teguh menunggu cinta pertamanya hadir.

Cinta pertama Yoo Jeong ternyata tidak percaya pada cinta, karena kedua orang tuanya. Pria beruntung itu bernama Woo Hyeon, namun saat usianya 17 tahun, ia bertemu dengan seorang gadis yang membuatnya jatuh cinta. Sayangnya, Woo Hyeon tidak bisa menemukannya dan janji yang mereka buat tidak terlaksana. Meskipun begitu, hatinya tetap mengharapkan kehadiran perempuan itu.

Last Love Story Walden Brother Karya Jung Eun Gwol

 

Last Love Story of Walden Brother adalah sebuah novel yang menceritakan tentang seorang laki-laki yang jatuh cinta pada pandangan pertama kepada seorang perempuan, bahkan laki-laki itu rela untuk meninggalkan kekasih yang sudah dikencaninya selama kurang lebih lima tahun.

Laki-laki itu bersikeras untuk mendapatkan cinta Ji Ye Eun, ia mengatakan tidak memiliki niat dan keinginan untuk selingkuh hanya karena mencintai dua perempuan di waktu yang bersamaan. Sementara itu, novel ini juga berkisah tentang perempuan dengan trauma yang sulit membuatnya percaya akan sebuah cinta. Ia hanya menganggap bahwa cinta yang sesungguhnya hanya didapatkan dari sang nenek.

Cheeky Romance Karya Kim Eun Jeong

 

Cheeky Romance menceritakan tentang seorang reporter dan seorang dokter kandungan yang terlibat kesalahpahaman di tengah-tengah syuting. Secara sederhananya, novel ini bercerita tentang upaya Yoo Chae, yang selama ini selalu menjadi wartawan cadang dan secara tiba-tiba menjadi perhatian seluruh masyarakat dan mendapatkan julukan sebagai “Ibu Hamil Nasional”.

Hal itu tidak terjadi begitu saja, oleh seorang dokter kandungan yang hanya memiliki niat mulia karena memikirkan kondisi bayi yang ada di dalam perut Yoo Chae, dokter itu bernama Yoon Pyo. Karena perbuatannya tersebut, Yoon Pro mendapatkan julukan sebagai “Si Dokter Nasional”.

Kejadian itu terbukti hanya sebagai salah salah paham, cerita berlanjut dari sana dan keduanya harus bertemu kembali dalam sebuah acara dokumenter yang mengharuskan mereka terlibat antara satu sama lain.

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy