in

Review Novel School Nurse Ahn Eunyoung

School Nurse Ahn Eunyoung – Umumnya, membaca cerita hantu atau roh jahat memberikan efek ngeri sekaligus membuat bulu kuduk merinding. Di mana cerita yang mengusung konsep supranatural dengan menampilkan hantu, iblis, atau roh jahat sering dikaitkan dengan hal menakutkan. Akan tetapi, novel School Nurse Ahn Enyoung berbeda.

Novel ini menyajikan sensasi geli dan konyol yang mampu mengocok perut pembaca. Bahkan, terselip kisah romantis dengan aspek nyeleneh dan bebas. Novel ini juga tidak menampilkan unsur-unsur gaib yang biasanya terjadi pada novel genre misteri atau horor.

Bisa dibilang, novel ini justru sangat menyenangkan dengan cara mengeksplor sisi fantasi dan romantis yang tergabung menjadi satu. Penasaran bagaimana kisahnya? Cuss, langsung saja simak review novel School Nurse Ahn Eunyoung dan profil penulis Chung Serang selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Chung Serang, Penulis School Nurse Ahn Eunyoung

Chung Serang merupakan seorang penulis fiksi ilmiah dan fantasi asal Korea Selatan. Karya-karyanya juga kerap memenangkan berbagai penghargaan seperti Novel Changbi ke-7 pada tahun 2013 dan penghargaan Sastra Hankook Ilbo pada tahun 2017.

Sebelum menggeluti profesinya seperti sekarang ini, ia pernah bekerja sebagai editor di Minumsa dan Munkandongne. Pada usia 26 tahun, ia menjadi salah satu penulis termuda di Korea Selatan dan buku-bukunya diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang.

Novel School Nurse Ahn Enyoung pun diadaptasi menjadi serial asli Netflix yang cukup memukau penggemarnya. Tahun ini (2023), ia menulis episode dari serial Star Wars: Visions musim ke-2.

Sinopsis Novel School Nurse Ahn Eunyoung

 

Judul: School Nurse Ahn Eunyoung

Penulis: Chung Serang

Jumlah Halaman: 272

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tanggal Terbit: 23 Agustus 2020

The Architecture of Love | Di balik Pena

Berat: 0.18 kg

ISBN: 9786020643625

Lebar: 13.5 cm

Bahasa: Indonesia

Panjang: 20.0cm

Lebar: 13.5 cm

Harga Buku: 85.000 (soft cover)

82.500 (ebook)

Novel School Nurse Ahn Eunyoung karya Chung Serang merupakan novel genre romansa yang mengisahkan kehidupan seorang perawat. Namanya, Ahn Eunyoung, sikapnya sungguh ramah, ceria, dan sangat menyukai pekerjaannya. Sayangnya, ia bukanlah perawat biasa. Ia adalah seorang perawat perempuan sekaligus pemusnah roh jahat di sekolah.

Bahkan, ia senang berlarian kesana kemari di setiap lorong sekolah mengenakan sandal bersol tebal sambil menghunuskan pistol BB dan pedang plastik warna-warni. Ia memiliki misi untuk menemukan rahasia-rahasia yang tersembunyi di setiap sudut sekolah. Sekolah tersebut bernama SMA M dan Ahn Eunyoung sudah merasakan hal buruk sejak pertama kali ia menginjakkan kaki di sana.

Guru mata pelajaran Sastra Klasik di SMA M, Hong Inpyo merupakan seorang laki-laki dan cucu kesayangan almarhum pendiri sekolah tersebut. Ia sungguh bingung kenapa kakeknya itu sangat menentang dirinya untuk tetap bekerja di SMA M dan memastikan tidak ada gedung baru yang dibangun di atas tanahnya selain bangunan-bangunan yang berhubungan dengan sekolah. Kejadian mistis pun mulai terjadi. Hong Inpyo dan Ahn Eunyoung harus saling bekerja sama untuk menemukan setiap rahasia-rahasia yang tersimpan di setiap sudut dinding-dinding sekolah.

Review Novel School Nurse Ahn Enyoung

Pros & Cons

Pros
  • Alurnya sangat mudah untuk dinikmati
  • Dua tokoh utama memiliki hubungan yang kuat
  • Cerita ringan dan nyaman
Cons
  • Beberapa bagian cerita terlihat absurd

 

Bagi penggemar drama Korea, novel ini sangat menarik untuk diikuti. Sangat menyenangkan untuk dibaca, membuat rileks, dan alur ceritanya tidak begitu rumit. Kisah romantis ditambah dengan genre fantasi menambah keunikan novel School Nurse Ahn Eunyong.

Secara keseluruhan, novel ini menampilkan dua tokoh yang memiliki kekuatan khusus dalam melihat hantu atau roh jahat sekaligus memiliki kekuatan supranatural. Tokoh utama bernama Ahn Enyoung cukup tegas dan lugas dalam mengambil setiap tindakan.

Ia mendorong dirinya untuk menjadi praktisi perawat sekaligus membasmi setiap roh jahat yang berada di sudut-sudut gedung sekolah. Bersama dengan Hong Inpyo, mereka berdua mencari cara untuk mengalahkan roh jahat dan mencari solusi bagi jiwa-jiwa penasaran. Konsep roh jahat yang diceritakan di dalam novel ini juga tidak menakutkan sama sekali dan berfokus pada kebaruan dalam novel Korea.

Buku novel School Nurse Ahn Eunyoung yang ditulis oleh Chung Serang mendapatkan nilai 3.81 bintang dari pembaca situs Good Reads. Berdasarkan opini pribadi, buku ini memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang sudah tertera pada tabel di atas.

Pertama, novel ini memiliki kelebihan dilihat dari alur ceritanya yang ringan dan nyaman untuk diikuti oleh pembaca awam. Bisa dibilang, novel ini sangat seru dengan sisipan guyonan lucu yang mampu mengocok perut pembaca. Campuran antara genre romantis, komedi, dan fantasi sukses membuat pembaca ketagihan untuk melanjutkan halaman setiap halaman.

Walaupun mengusung konsep hantu, iblis, atau roh jahat, novel School Nurse Ahn Enyoung tidak terlihat menakutkan sama sekali. Roh jahat digambarkan seperti jelly warna-warni sehingga membuat kengerian jauh lebih lembut.

Adapun tokoh bernama Ahn Enyoung dan Hong Inpyo saling memiliki ‘chemistry’ untuk segera menuntaskan misi mereka terhadap roh jahat. Perasaan yang terhubung di antara keduanya membuat pembaca seolah-olah gemas atas perilaku mereka. Setiap emosional karakter pun juga dijabarkan oleh penulis secara kreatif.

Kedua, novel ini memiliki kekurangan dari beberapa bagian cerita yang terlihat absurd dan kurang cocok masuk ke dalam alur cerita. Namun, kekurangan tersebut tidak menjadikan novel ini terlihat bosan atau pun aneh. Malah, cerita semakin seru dan tidak terlalu buruk juga.

 

Penutup

Nah, itu dia novel School Nurse Ahn Eunyoung karya Chung Serang yang sudah dipaparkan di atas. Jika Grameds tertarik untuk membaca dan membeli novel karya Chung Serang ini, maka Grameds bisa langsung mendapatkannya dengan cara mengunjungi laman gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia.com menyediakan berbagai macam jenis buku yang diperlukan oleh Grameds, lho. Dijamin original dan tentunya berkualitas. Jangan lewatkan promo diskon menarik dan Gramedia selama periode berlangsung. Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan.

Nama Penulis: Riva Destira Ramadhani

Rekomendasi Novel Lainnya

  • Perang Opium (The Poppy War)

 

Semua orang tak henti-hentinya terkejut melihat Rin berhasil masuk ke Sinegard, akademi militer elite Kekaisaran Nikan. Rin adalah sosok perempuan kampung miskin yang sering dijadikan bahan bualan orang-orang di sekitarnya. Rin pun berputus asa dan merasa bersedih hati.

Namun, ia mendapati sebuah kekuatan supranatural yang mematikan bernama syamanisme. Ia pun dibimbing oleh guru yang dianggap gila untuk mempelajari kekuatannya tersebut. Bahkan, Rin menemukan dewa-dewa yang selama ini disangka mati ternyata masih hidup.

Federasi Mugen yang pernah menjajah ternyata mengintai kekuatan syamanisme dan menjadikan Kekaisaran Nikan hidup kacau balau. Salah satu orang yang bisa menyelamatkan Kekaisaran Nikan adalah Rin.

Kekuatan syamanisme Rin mungkin satu-satunya yang bisa menyelamatkan rakyat, tapi semakin ia mengenal sang dewa Phoenix yang memilihnya, dewa penuh kemurkaan dan dendam, semakin ia khawatir. Memenangkan perang mungkin harus dibayarnya mahal dengan sifat kemanusiaan. Dan mungkin semuanya sudah terlambat.

  • Shine

 

JESSICA JUNG, bintang K-pop dan mantan vokalis utama dalam girl group paling terkenal di Korea, Girls Generation, mengajak kita masuk ke dunia K-pop yang penuh warna dan intrik, di mana harga yang harus dibayar untuk kesuksesan—dan cinta—sangat tinggi. Kini saatnya bagi dunia untuk mengetahui apa yang harus dilalui seorang gadis untuk mencapai impiannya sebagai bintang K-pop yang BERSINAR.

Apa yang akan kamu pertaruhkan untuk mengejar mimpimu?

Rachel Kim, seorang remaja Korea-Amerika yang berusia 17 tahun memiliki jawaban “hampir segalanya” untuk membalas pertanyaan tersebut. Ia diterima oleh DB Entertainment, salah satu perusahaan musik K-Pop terbesar di ibu kota Seoul, Korea Selatan. Menjadi trainee DB Entertainment sangat merepotkan, mulai dari latihan 24 jam setiap hari dan 7 hari dalam seminggu. Harus dinilai tampil sempurna dan dilarang untuk berkencan.

Skandal-skandal kerap bermunculan dalam industri musik K-Pop dan mereka semua berusaha keras untuk mempertahankan citra kesempurnaan sebagai calon idol. Apakah Rachel mampu menjadi pemenang dan bisa bertahan sebagai trainee? Atau ia malah akan berakhir hancur?

  • Cinderella dan Empat Kesatria 1

 

 

Sejak kecil, Cinderella sudah kehilangan ibunya dan selalu saja diganggu oleh ibu dan kakak-kakak tirinya. Betapa sedihnya, bukan? Seberapa kerasnya ia menangis?

Sayangnya, Cinderella tidak menangis. Ia juga tidak sedang berpura-pura. Ia benar-benar tidak menangis. Saat ibunya meninggal dunia, ia memiliki ibu baru yang cantik bersama dengan saudara-saudara barunya. Ayah pun juga selalu mereka.

Saat diajak berlibur, Cinderella tidak pernah diajak dan tidak mengikutsertakan diri saat makan malam bersama. Ia tidak pernah menangis. Hanya tersenyum. Berusaha keras untuk terus tersenyum.

Eun Ha Won benar-benar seperti Cinderella! Sungguh tak disangka, kakek yang ditolong Ha Won di jalan ternyata Direktur Kang, pengusaha Korea yang sangat kaya. Dan dia bersedia membantu mewujudkan keinginan Ha Won untuk keluar dari rumah yang ditinggalinya bersama sang ibu tiri.

Ha Won pun kemudian tinggal di rumah mewah bersama tiga cucu tampan sang direktur dan pengawal pribadi yang keren. Namun, apakah Eun Ha Won merasa nyaman dengan kekayaan yang dimilikinya?

  • Violets

 

Oh San-yi sudah lama merasakan penolakan dan rasa kehilangan sejak kecil sekaligus menjadi anak yang tak selalu diinginkan. Saat ini, ia berusia 23 tahun dan bekerja di sebuah toko bunga di tengah hiruk-piruk pusat kota Seoul.

Pada saat musim panas, ada seorang fotografer yang hendak memotret bunga violet di tempat ia bekerja. Pertemuan Oh San-yi dan fotografer menjungkirbalikkan kehidupannya yang monoton dan abu-abu. Oh San-yi mulai merasakan pusaran gairah dan terperangkap dalam obsesi yang menghancurkan.

Kisah ini adalah tentang luka di masa lalu, menceritakan rasa kesepian yang begitu melumpuhkan serta membuat impian yang hancur. Ini adalah kisah Oh San-yi dan kehidupannya yang tragis.

Rujukan: 

  • https://www.goodreads.com/book/show/54457856-school-nurse-ahn-eunyoung
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Chung_Serang
  • https://www.gramedia.com/products/school-nurse?queryID=85314a689624a8915258d6a4a59d2c0f
  • https://www.gramedia.com/products/perang-opium-the-poppy-war?queryID=27f7a8c297a00642c8e554903a4592b0

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy