in

Review Buku Love Across Time Karya Ade Saragih

Love Across Time – Membaca buku merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan jika sudah menemukan buku apa yang cocok untuk kamu baca. Itu adalah alasan yang penting agar kamu mempunyai minat baca yang tinggi. Ada berbagai macam genre novel yang dapat dibaca.

Bagi para remaja dewasa, novel bergenre young adult sangat cocok untuk dibaca, karena novel young adult ini novel yang memiliki cerita yang sama dengan kehidupan nyata, atau dapat dibilang para pembaca akan merasakan hal yang sama saat membaca novel young adult. 

Ada berbagai macam genre novel, salah satunya adalah novel dengan genre YA atau young adult. Biasanya, novel dengan genre young adult ini memiliki kisah romantis di dalamnya. Alur cerita yang disajikan dalam novel ini biasanya mengangkat kehidupan wanita lajang yang mencari cinta dan karier.

Namun, seiring dengan perkembangan genre zaman sekarang, banyak penulis yang mengangkat kehidupan kaum urban yang hidup di kota besar. Novel dengan genre young adult (YA) menjadi bacaan menarik yang bisa mengisi waktu luang para pembaca. Selain menghibur, novel genre young adult ini dapat memberikan berbagai sudut pandang dalam menghadapi hidup di usia dewasa.

Love Across Time merupakan salah satu novel fiksi fantasi yang memiliki genre young adult. Novel ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Kayana yang ingin sekali mengubah dan memperbaiki masa lalunya. Kayana ingin mendapatkan kesempatan untuk mendekati cowok pujaannya saat SMA.

Walaupun dia tahu, di masa kini cowok pujaannya itu sudah bahagia bersama sahabatnya. Kayana pun menemukan cara untuk kembali ke masa lalu melalui penelitian The Dreamer. Kesempatan emas ini tidak disia-siakan olehnya, lantas Kayana pun berhasil kembali ke masa lalu. Menggunakan konsep time travelling, membuat novel ini semakin menarik dan penasaran atas apa yang terjadi saat perempuan tersebut telah kembali ke masa remajanya dulu.

Meski terdengar ringan, novel young adult ini  bisa jadi hiburan yang menyenangkan. Lantas apa ya yang akan dilakukan Kayana saat berhasil kembali ke masa lalu? Apakah Kayana berhasil memperbaikinya?

Apakah Kayana berhasil mendekati cowok pujaannya saat SMA itu? Dan bagaimanakah konsep time travel yang diteliti oleh The Dreamer? Jika Grameds yang penasaran tentang novel young adult, Grameds bisa membaca buku berjudul Love Across Time Karya Ade Saragih ini untuk menemukan jawabannya. Yuk kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang buku Love Across Time Karya Ade Saragih ini!

Review Love Across Time

Takdir hidup kita sudah ditentukan oleh sang penguasa, tugas kita hanya menjalaninya dengan rasa bersyukur. Namun, bagaimana jika kita mempunyai suatu penyesalan di masa lalu dan ingin memperbaikinya? Apakah hal tersebut mustahil? Novel Love Across Time ini menyajikan cerita tentang kembali ke masa lalu.

Menceritakan tentang seorang perempuan bernama Kayana yang memiliki penyesalan atas masa remaja di SMA nya. Kayana ingin memperbaiki masa lalunya, dengan mendekati cowok pujaan hatinya di SMA. Kayana ingin mencoba kesempatan tersebut meskipun ia tahu bahwa sekarang cowok pujaannya tersebut sudah jatuh hati dan berpacaran dengan sahabatnya.

Sebelumnya, Kayana ini adalah seorang mahasiswi tingkat akhir yang sedang kuliah di Medan. Kayana membutuhkan penelitian baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, suatu hari, dia bertemu dengan sekelompok 4 orang yang menyebut diri mereka sebagai “The Dreamers”, mereka melakukan penelitian tentang perjalanan waktu satu arah ke masa lalu.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Akhirnya, Kayana menemukan sebuah cara untuk kembali ke masa lalu. Melalui penelitian The Dreamer, Kayana tidak menyia-nyiakan kesempatan emasnya untuk kembali ke masa lalu dan memperbaikinya.

Kayana berhasil kembali ke masa lalu dan mencoba memperbaiki masa lalunya dengan mencoba mendekati laki-laki pujaannya di SMA. Namun, yang Kayana lakukan ternyata tidak berjalan dengan mulus. Kayana malah mengkontaminasi waktu pada zaman sekarang sehingga banyak hal yang tidak berjalan dengan seharusnya.

Novel  Love Across Time ini menceritakan tentang bagaimana mengubah nasib dengan menggunakan konsep time travelling. Konsep tersebut dilakukan oleh Kayana untuk kembali ke masa SMA nya dan mencoba mendekati laki-laki pujaannya. Kisah Kayana yang diberi kesempatan kedua untuk ‘memperbaiki’ masa depannya ini sangat seru dan.

Meskipun di dunia nyata hal ini mustahil dan tidak nyata, tapi pesan utama yang dapat diambil adalah apapun yang telah terjadi dimasa lalu, jangan diteruskan. Menyesal lah secukupnya. Perbaiki sebanyak-banyaknya di masa kini.

Novel ini sangat cocok bagi para pembaca remaja muda yang menyukai kisah romantis namun juga masih ringan untuk dibaca. Sang penulis yaitu Ade Saragih, juga memberikan alur cerita yang jelas dan mudah dipahami.

Membawa tema time travelling membuat novel ini semakin menarik karena dengan adanya kesempatan kedua, banyak pembaca yang merasa iri kepada Kayana yang dapat memperbaiki hidupnya menjadi lebih baik. Selain itu, novel ringan ini menceritakan cerita yang singkat, padat, dan jelas sehingga alur ceritanya tidak bertele-tele.

Lantas bagaimanakah kelanjutan cerita ini? Apakah Kayana dapat mengubah masa lalunya di SMA? Apakah Kayana berhasil mendekati laki-laki pujaannya? Apakah tindakan kembali ke masa lalu yang dilakukan Kayana ini telah menghancurkan waktu pada zaman sekarang?

Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca buku Love Across Time ini dan dapatkan cerita kisah remaja yang diberikan kesempatan kedua untuk hidupnya ini dari karya Ade Saragih di Gramedia.com.

 

Sinopsis Buku Love Across Time Karya Ade Saragih

 

Kayana merupakan seorang mahasiswi semester akhir yang bertemu The Dreamers, yang sedang meneliti sebuah mesin waktu, dan Kayana bersedia menjadi relawan untuk mencoba mesin waktu itu agar bisa kembali ke masa SMA nya dan bertemu dgn pujaan hatinya. Namun yang Kayana lakukan ternyata mengkontaminasi waktu sekarang, hingga banyak hal yang tidak berjalan dengan seharusnya. Setiap langkah yang Kayana buat, bisa sangat mengubah garis waktu.

“Aku ingin kembali ke masa lalu,” seru Kayana.

“Kamu ingin melompati waktu?” Vernan mengulangi pernyataan Kayana.

Gadis itu mengangguk. Kayana merasa Tuhan tidak adil padanya. Sejak kecil, nasibnya tidak seberuntung teman-temannya. Bahkan, ia patah hati pada seorang pria bernama Zelando. Ia mengira dengan mengubah masa lalu akan membuat masa depannya menjadi lebih baik.

Perubahan kecil yang dilakukannya telah berdampak ke masa depannya, dan masa depan orang-orang yang dicintainya. Masa lalu yang seharusnya berjalan sesuai garis, kini telah melenceng dan membuat masa depan menjadi berantakan. Hanya ada satu cara mengembalikannya…. Dan itu berarti, ia harus kehilangan orang yang dicintainya…

Kelebihan dan Kekurangan Buku Love Across Time Karya Ade Saragih

Pros & Cons

Pros
  • Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami remaja
  • Cerita di dalam ini memiliki topik yang ringan sehingga dapat dibaca oleh segala kalangan
  • Cerita di dalam buku ini dirangkum dengan singkat dan jelas.
Cons
  • Alur ceritanya lompat-lompat
  • Tidak ada catatan kaki untuk penjelasan hal-hal tentang teknologi

 

Novel Love Across Time ini dapat dibaca oleh segala kalangan karena kisah ceritanya yang umum, ringan, dan lucu. Novel ini juga merupakan salah satu young adult yang memiliki cerita yang menarik dengan membawa tema atau konsep time travelling di dalamnya. Novel ini memiliki banyak pelajaran yang dikutip dengan bahasa yang modern, sehingga para remaja dapat membacanya dengan nyaman.

Ada beberapa hal yang dapat dikutip dari novel ini, salah satunya adalah bagaimana kita harus terus menjalankan hidup kita. Walaupun ada banyak penyesalan di masa lalu, menyesal secukupnya dan perbaiki masa kini dengan baik

Secara keseluruhan novel Love Across Time karya Ade Saragih ini adalah sebuah novel yang menarik untuk dibaca. Cerita didalam novel ini disajikan dengan kata-kata yang ringan dan menarik. Sehingga para pembaca dapat menikmati dan memahami alur ceritanya.

Terdapat banyak sekali pesan moral yang dapat diambil oleh pembaca. Para remaja yang menyukai genre young adult tentang persahabatan, percintaan dan lainnya akan menyukai buku Love Across Time ini.

Novel Love Across Time ini adalah salah satu novel yang wajib masuk ke wishlist buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi Grameds yang mungkin menyukai novel bertemakan young adult yang didalamnya penuh dengan cerita para remaja yang lucu dan menggemaskan.

Selain itu, buku ini mungkin dapat mengingatkan kembali para pembaca tentang masa-masa SMA nya, novel ini seperti time capsule bagi orang dewasa yang ingin mengingat kembali zaman SMA. Jika Grameds belum membaca karya dari Ade Saragih, novel Love Across Time ini cocok sebagai awalan Grameds untuk menekuni karya-karya Ade Saragih.

Profil Ade Saragih

Ade Saragih merupakan seorang penulis yang mempunyai 2 novel yang telah diterbitkan. Dari awal menulis hingga saat ini, Ade Saragih tidak pernah menunjukkan wajahnya.  Dilansir dari Goodreads, Ade Saragih telah menuli 2 novel yang memiliki genre romantis. Karya-karyanya cukup terkenal di Indonesia untuk novel bergenre teenlit. Karya-karyanya antara lain adalah Love Across Time dan Satu Musim Lagi

Dapat dibilang, Ade Saragih ini memiliki cara kepenulisan yang unik, karena tulisannya memiliki alur cerita yang mengalir dengan baik sehingga pembaca tidak terbelit-belit dalam memahami ceritanya. Selain itu, Ade Saragih berhasil mengemas cerita ini dengan gaya bahasa yang ringan, modern, dan menarik sehingga para pembaca terutama remaja yang membacanya dapat merasakan hal yang sama.

Penutup

Menggabungkan konsep time travelling dan genre romantis merupakan perpaduan yang spektakuler. Buku Love Across Time ini dapat membuat para pembaca mendapatkan kisah cerita yang unik, menarik dan juga memiliki pelajaran-pelajaran yang bisa diambil.

Terutama bagi Grameds yang menyukai buku-buku bergenre young adult dan tema time travelling. Apabila Grameds ingin membaca buku karya Ade Saragih ini, mungkin Grameds akan dapat memahami bagaimana serunya perjalanan kembali ke masa lalu yang dilakukan oleh Kayana melalui tulisan-tulisan dari Ade Saragih ini.

Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang novel Love Across Time Karya Ade Saragih. Diharapkan penjelasan novel di atas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku bergenre fiksi young adult. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga di gramedia.com.

Penulis: Sabrina Gasella Ghaisani

Sumber Artikel:

  • https://www.goodreads.com/book/show/38142596-love-across-time?from_search=true&from_srp=true&qid=LgPWo551kq&rank=1
  • https://ohpini.wordpress.com/2018/03/16/ulasan-buku-ke-9-yang-dibaca-tahun-2018-love-across-time-karya-ade-saragih/
  • https://yualra.wordpress.com/2018/07/25/love-across-time-ade-saragih/

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy