in

Review Novel Berkeliling Dunia di Bawah Laut

Classics: Berkeliling Dunia di Bawah Laut – Pernahkah kamu membayangkan kehidupan di bawah laut seperti apa? Bahkan di masa kini masih banyak misteri kehidupan di bawah laut yang belum diketahui oleh banyak orang. Hal itu membuat banyak orang, khususnya pecinta lautan pastinya ingin mengetahui banyak hal tentang dunia bawah laut.

Dalam novel ini mengisahkan sekelompok orang yang mendapatkan misi untuk mencari seekor paus raksasa di lautan. Misi tersebut dilakukan karena kapal yang berlayar di lautan sering mengalami kerusakan, sehingga Amerika Serikat berusaha untuk mencari kebenaran dari paus raksasa tersebut.

Misi ini dilakukan oleh sekelompok orang, salah satunya adalah Professor Aronnax. Ia berasal dari Perancis dan diundang untuk berlayar di lautan dengan menggunakan kapal bernama Abraham Lincoln. Alasan diundangnya Professor Aronnax dikarenakan ia merupakan professor yang meneliti dunia hewan dan menulis cerita dunia bawah laut. Seperti apakah petualangan Professor Aronnax di lautan?

Sinopsis Novel Berkeliling Dunia di Bawah Laut

Kita hidup sebagai manusia modern di pertengahan abad kedua puluh ini, terkadang masih terheran-heran dan terpukau, apabila melihat pemandangan di perairan-dalam yang ditampilkan melalui televisi maupun film. Tidak puas rasanya mata ini memandang keindahan serta keunikan dunia kehidupan yang masih terasa asing itu.

Sudah melebihi dari seratus tahun, saat televisi maupun film sama sekali belum diketahui dan diimpikan, Jules Verne berhasil memaparkan dunia kehidupan samudera kepada kita. Itu semua berkat daya khayal serta firasat dan tekniknya yang gemilang.

Ketika kita membaca buku ini, kita perlu mengingat bahwa pada masa itu belum pernah ada manusia yang sampai ke sebuah tempat-tempat sedalam samudra yang dilukiskan olehnya. Dengan sangat jelas ditampilkannya keadaan di pulau-pulau karang yang terbenam di dalam lautan, sehingga hal itu membuat kita seakan-akan turut ikut dalam ekspedisinya.

Sebuah novel klasik yang sudah dinikmati oleh ratusan juta pembaca di seluruh dunia, sangat layak untuk melengkapi perbendaharaan sastra kita.

Review Novel Berkeliling Dunia di Bawah Laut

Novel Berkeliling Dunia di Bawah Laut merupakan karya dari Jules Verne. Novel ini menceritakan kisah dari seorang professor bernama Aronnax yang diundang oleh pihak Amerika Serikat untuk turut berlayar mencari seekor paus raksasa yang sudah membuat banyak kapal laut mengalami kerusakan.

Professor Aronnax pun ikut berlayar bersama dengan asistennya yang bernama Conseil. Diundangnya ia untuk turut berlayar di lautan tentunya membuatnya sangat senang. Ia sendiri merupakan seorang professor yang meneliti dunia hewan dan banyak menulis tentang dunia laut.

Pada saat sedang melakukan pelayaran, kapal yang ditumpanginya menabrak sebuah batu atau benda besar yang membuat dirinya harus terlempar ke lautan. Tidak hanya dia saja, asistennya dan seorang pemburu paus bernama Ned Land juga ikut jatuh ke lautan. Akhirnya mereka bertiga terjebak di lautan dan menyadari bahwa sedang berada di dalam sebuah kapal yang tak dikenalnya.

Kapal tersebut merupakan kapal selam bernama Nautilus dan kapten kapal itu bernama Kapten Nemo. Ternyata, kapal itu sudah lama berada di dasar laut. Mereka bertiga tentunya sangat senang dengan hal ini karena dapat melihat dasar bawah laut secara langsung.

Secara keseluruhan, novel ini sangat bagus untuk menampilkan berbagai keadaan yang terdapat di dalam dasar laut. Berbagai dasar laut digambarkan dengan baik oleh penulis novel sehingga kita dapat membayangkan apa saja yang terdapat di dalam sana.

Kita juga seakan-akan diajak olehnya melakukan ekspedisi di dunia bawah laut. Cerita yang unik dan penuh khayalan tentunya membuat imajinasi kita semakin liar membayangkan kehidupan dasar laut yang ditulis oleh penulis.

Novel ini sangat cocok untuk para pecinta lautan dan ingin mengetahui banyak hal mengenai dunia bawah laut yang penuh dengan misteri.

 

Profil Penulis

https://www.goodreads.com/book/show/17342968-berkeliling-dunia-di-bawah-laut?ac=1&from_search=true&qid=ZIrSwzX2xy&rank=1

Jules Gabriel Verne dianggap sebagai pendiri fiksi ilmiah modern, termasuk Perjalanan ke Pusat Bumi (1864) dan Keliling Dunia dalam Delapan Puluh Hari (1873). Penulis inilah yang mempelopori genre tersebut. Orang paling mengenalnya untuk Twenty Thousand Leagues Under the Sea (1870).

Verne menulis tentang perjalanan luar angkasa, udara, dan bawah air sebelum orang menemukan pesawat yang dapat dinavigasi dan kapal selam praktis dan merancang segala sarana pesawat ruang angkasa.

Dia menduduki peringkat di belakang Dame Agatha Mary Clarissa Christie sebagai penulis kedua yang paling banyak diterjemahkan sepanjang masa. Orang-orang membuat film-filmnya yang menonjol. Orang sering menyebut Verne bersama Herbert George Wells sebagai “bapak fiksi ilmiah”.

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Terdapat banyak hal yang digambarkan dalam dunia bawah laut
  • Membuat pembaca memiliki imajinasi yang luas akan dunia bawah laut
Cons
  • Jalan cerita agak membosankan
  • Konflik kurang terasa

 

Setiap novel tentunya ada hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembaca. Namun, hal tersebut tidak mengurangi rasa suka pembaca pada bacaan favoritnya. Kali ini kita akan membahas kelebihan, kekurangan, serta rating yang terdapat dalam novel Berkeliling Dunia di Bawah Laut karya Jules Verne.

Kelebihan dalam novel ini adalah terdapat banyak hal yang digambarkan dalam dunia bawah laut. Jules Verne menggambarkan banyak hal dunia bawah laut yang bahkan pada masa itu belum ada yang mengetahui dunia bawah laut. Pembaca akan merasa mengetahui banyak hal setelah membaca novel ini.

Lalu, membuat pembaca memiliki imajinasi yang luas akan dunia bawah laut. Jules juga seakan-akan mengajak pembaca ikut dalam ekspedisi yang dilakukan oleh Professor Aronnax di dunia bawah laut.

Kekurangan dalam novel ini adalah jalan cerita agak membosankan. Jalan cerita yang disajikan terlalu panjang lebar sehingga akan membuat pembaca akan merasa sedikit bosan saat membacanya.

Lalu, konflik kurang terasa. Di dalam novel ini tidak menyajikan konflik yang greget dan berat sehingga cerita ini terasa sangat datar. Namun, novel ini sangat direkomendasikan untuk kamu pecinta lautan.

Novel Berkeliling Dunia di Bawah Laut memiliki rating yang bagus di goodreads. Rating yang dihasilkan oleh buku ini sebesar 3.89 dari 5. Hal ini menandakan bahwa pembaca sangat menikmati isi cerita yang ditampilkan dalam novel ini.

Penutup

Itulah review singkat dari novel Berkeliling Dunia di Bawah Laut karya Jules Verne. Setelah melihat rating pembaca di goodreads, novel ini memiliki antusiasme pembaca yang cukup tinggi. Hal itu dikarenakan isi cerita dalam novel ini sangatlah menarik.

Dalam novel ini mengisahkan sekelompok orang yang mendapatkan misi untuk mencari seekor paus raksasa di lautan. Misi tersebut dilakukan karena kapal yang berlayar di lautan sering mengalami kerusakan, sehingga Amerika Serikat berusaha untuk mencari kebenaran dari paus raksasa tersebut.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah ekspedisi bawah laut Professor Aronnax yang ditulis oleh Jules Verne. Kamu dapat membaca novel Berkeliling Dunia di Bawah Laut dengan membelinya di toko Gramedia terdekat ya!

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Novel

1. Tugas-Tugas Hercules

 

Novel Tugas-Tugas Hercules merupakan karya Agatha Christie. Tugas-tugas sang Hercules di zaman modern.

Pernyataan itu telah mengusik keangkuhan seorang Hercule Poirot. Sebelum ia pensiun dan mengisi waktu luangnya dengan merekayasa sumsum sayuran yang terlihat istimewa, Poirot masih ingin menyelesaikan kasus lagiā€¦ Kasus yang benar-benar terpilih.

Setiap kasus itu harus melambangkan suatu simbol pameran kekuatan otot yang diperlihatkan oleh sang legenda asal Yunani Kuno, yaitu Hercules. Namun, saat Poirot yang sangat cerdas dan menyukai kerapian harus menghadapi banyak monster di zaman modern, satu-satunya cara adalah menggunakan kekuatan otaknya serta kemampuan deduksinya yang sangat luar biasa.

2. Tiga Belas Kasus

 

 

Novel Tiga Belas Kasus merupakan karya dari Agatha Christie. Novel ini merupakan sebuah kumpulan kisah misteri dari sekumpulan orang yang melakukan pertemuan di rumah Miss Marple. Suatu hari di Selasa malam, beberapa tamu sudah berkumpul di rumah Miss Marple. Kemudian, percakapan mulai berubah ke seputar kasus-kasus misteri yang tak pernah terpecahkan.

Kasus noda darah yang hilang, pencuri yang pernah mengulangi kejahatan sebanyak dua kali, pesan dari seorang pria yang meninggal diracun, kasus aneh sebuah surat wasiat yang tidak terlihat, seorang peramal yang memiliki pesan kalau bunga geranium biru artinya kematian, dan masih banyak lainnya.

Seperti biasa, Miss Marple yang terlihat sederhana dan lemah membuat semua orang yang ada di sana terpukau dengan analisisnya yang tajam. Selamat bergabung di Klub Selasa Malam.

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/17342968-berkeliling-dunia-di-bawah-laut?ac=1&from_search=true&qid=ZIrSwzX2xy&rank=1

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy dan website saya luvne.com