in

Review Buku To Heal Is To Be Happy Karya Adi K

To Heal Is To Be Happy – Hai, Grameds! Apakah hari ini kamu sudah bahagia? Semua orang sudah tentu pasti memiliki tujuan untuk mencapai kebahagiaan bukan? Bahagia ternyata memiliki banyak arti, kita bisa bahagia melihat orang tua kita bahagia. Tapi, kamu jangan lupa juga untuk senantiasa membahagiakan dirimu sendiri, ya.

To Heal Is To Be Happy adalah sebuah buku motivasi diri untuk remaja hingga orang dewasa yang sedang mencari kebahagiaan dan kedamaian dalam hidup. Buku ini bisa menjadi solusi ketika kamu sedang dilanda masalah dan kehilangan rasa percaya diri.

Buku ini merupakan buku ke-4 dari seri buku “To Heal” yang ditulis oleh Adi K. Buku ini adalah buku seri inspirasi dan motivasi, buku-buku lainnya berjudul “To Heal is To Accept”, “To Heal is To Let Go”, “To Heal is To Love”, dan buku keempat “To Heal is To Be Happy”.

Sejak remaja, Adi K sudah senang dengan dunia kepenulisan, ia senang mencatat segala sesuatu yang terjadi di dalam hidupnya. Hal-hal yang terlintas di dalam pikiran, mimpi, dan pelajaran yang ditemui oleh Adi secara rutin dicatatnya untuk kemudian hari dibaca kembali.

Buku seri “To Heal” ini adalah sebuah kompilasi dari catatan-catatan kecil yang Adi kumpulkan hingga hari ini. Adi juga menggemari dunia fotografi, ia senang mengabadikan gambar-gambar indah, menyendiri sambil menyeruput ice green tea, serta memikirkan apa yang sedang ia lakukan di dunia paralel seandainya dunia itu ada.

Adi terus menginspirasi banyak orang dengan karya-karyanya yang penuh dengan ekspresi dan keindahan. Dedikasinya pada dunia kepenulisan telah menghasilkan beragam bacaan, dari mulai novel, kumpulan puisi, hingga buku motivasi. Adi K adalah salah satu penulis yang layak mendapatkan apresiasi dalam dunia kepenulisan.

Tentang Buku To Heal Is To Be Happy?

To Heal Is To Be Happy adalah sebuah buku motivasi karya Adi K. Buku ini mengajak seluruh pembaca untuk fokus pada kebahagiaan diri sendiri sebelum membahagiakan orang lain. Buku ini menegaskan tentang betapa pentingnya membuat diri sendiri bahagia.

Kebahagiaan adalah tujuan hidup semua orang, manusia mencari kebahagiaan itu dengan segala cara. Namun, tentu saja dalam perjalanannya, tidak semua orang dapat mewujudkan kebahagiaannya. Bahagia juga memiliki definisi yang banyak, tidak semua orang pula memiliki arti bahagia yang sama.

Ada yang merasa kesulitan untuk mencapai kebahagiaan, ada yang merasa kebahagiaannya direnggut, bahkan ada pula yang merasa bahwa dirinya tidak pantas untuk berbahagia. Bahagia harus dikejar, karena perasaan itu muncul atas usaha kita sendiri, ia bukanlah sesuatu atau suatu benda yang bisa jatuh begitu saja dari langit.

Kebahagiaan bukanlah pemberian atau belas kasih hasil merampas dari kebahagiaan orang lain. Setiap orang tentu memiliki cara yang berbeda dalam memandang bahagia itu sendiri, ada yang sudah bahagia karena berhasil mendapat pekerjaan, ada yang bahagia karena akhirnya bisa menonton konser penyanyi idola, ada yang berbahagia bisa kumpul bersama keluarga, ada pula yang bahagia karena bisa membeli makanan yang selama ini diidam-idamkan.

Bahagia merupakan keadaan di mana kita merasa puas dengan hidup yang kita jalani. Banyak hal yang bisa membuat siapa saja merasakan kebahagiaan, karena hal itu tidak terbatas pada sesuatu. Ada banyak momen-momen kecil yang bisa membuat bahagia, termasuk dalam berbagai aspek kehidupan seperti pekerjaan, hubungan pribadi, kesehatan, pengembangan diri, dan pencapain diri.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Melalui buku ini, kita bisa memahami cara memandang bahagia dari berbagai sisi dan bagaimana menjemput kebahagiaan itu. Buku ini mengajak pembaca untuk lebih sadar atas kebahagiaan diri sendiri, membuat orang lain bahagia memang hal yang mulia, tetapi kebahagiaan orang lain tidak harus menjadi tanggungjawab kita.

Buku ini mengingatkan pembaca untuk bisa mengejar kebahagiaan diri sendiri, ciptakanlah bahagiamu sendiri. Karena hanya kamu seorang yang tahu betul bagaimana cara membahagiakan diri sendiri, kita juga tidak bisa menggantungkan perasaan bahagia pada orang lain.

Seberapa baiknya dirimu, seberapa dermawannya dirimu, kau tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang. Setiap orang memiliki tingkat penerimaan dan tingkat kebahagiaan yang berbeda-beda. Kemampuan setiap orang dalam menyenangkan dan membahagiakan orang lain juga berbeda-beda. Tidak perlu memaksakan diri untuk membahagiakan orang lain.” – Adi K

To Heal Is To Be Happy adalah serangkaian buku motivasi yang Adi K tulis tentang arti bahagia. Buku ini berisi kumpulan kalimat dan kutipan-kutipan yang menyentuh –yang memiliki tema besar seperti judulnya, yaitu bahagia. Karena, dengan memperjuangkan kebahagiaan untuk diri sendiri, artinya kamu sedang berusaha untuk menyembuhkan dirimu sendiri.

 

Review Buku To Heal is To Be Happy

Pros & Cons

Pros
  • Buku ini merupakan buku motivasi tentang kebahagiaan yang bisa dibaca oleh semua kalangan.
  • Disajikan dengan bahasanya ringan dan diksinya mudah dipahami.
Cons
  • Terdapat pengulangan pembahasan yang memiliki inti sama, yang membedakan adalah pemilihan kata.

 

To Heal is To Be Happy adalah sebuah buku motivasi yang bisa dibaca untuk semua kalangan. Buku ini berisi nasihat-nasihat dan pengingat diri yang bisa menjadi inspirasi, penyemangat, serta penenang hati.

Melalui buku ini, Adi K mengajak kita untuk bisa memahami cara bahagia yang berbeda-beda. Karena belum tentu apa yang orang lain miliki bisa membuat kita bahagia juga, setiap orang tentu memiliki cara yang berbeda pula untuk menjemput kebahagiaan itu.

Membaca buku ini akan membuat hati kita terasa hangat, Adi, sebagai penulis pandai merangkai kata dengan bijak, sehingga membuka pandangan baru kepada kita tentang cara bahagia. Pengemasan bahasa yang tidak bertele-tele membuat buku memiliki kedalaman makna yang terhubung dengan banyak orang.

Bahasanya ringan dan diksinya mudah dipahami. Buku ini mengingatkan bahwa setiap orang tentu memiliki keinginan untuk bahagia. Namun, kebahagiaan tidak datang begitu saja, bahagia harus diperjuangkan, karena bahagia kita yang mencari, bukan orang lain.

Penutup

Buku ini cocok sekali dibaca anak-anak remaja sampai young adults. Akan tetapi, dibalik kesempurnaan kata-kata yang bijak, ada beberapa pengulangan pembahasan, yang membedakan adalah dari segi berbahasa dan diksi yang dipilih memiliki inti yang sama.

Kendati demikian, dibalik kekurangan tersebut, buku ini tidak mengurangi isinya sama sekali. Pembaca akan banyak menemukan makna tentang kebahagiaan, khususnya adalah menjadikan diri sendiri sebagai prioritas bahagia sebelum membahagiakan orang lain.

Buku motivasi ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang sesuai dengan pembahasan sehingga sangat mendukung isi dari tulisannya. To Heal is To Be Happy merupakan salah satu bacaan ringan yang bisa dibaca sekali duduk sebagai buku yang cukup enak untuk dinikmati.

Jadi, biar Grameds nggak penasaran lagi dengan isi buku To Heal is To Be Happy, yuk langsung dapatkan bukunya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Melani Wulandari

Rujukan:

  • https://www.goodreads.com/book/show/75629932-to-heal-is-to-be-happy?from_search=true&from_srp=true&qid=kHeiCqGUWe&rank=1

Seri Buku “To Heal” Lainnya

To Heal is To Accept

 

To Heal is To Accept adalah seri buku “To Heal” pertama karya Adi K. Buku ini membahas mengenai penerimaan dan pemahaman bahwa di dunia ini ada banyak hal-hal yang tidak bisa dihindari, karena untuk menyembuhkan hati yang terluka kita harus bisa terlebih dahulu untuk menerima dan memahami diri sendiri.

Di dalam hidup ada banyak permasalahan yang mau tidak mau tetap harus dijalani, baik kita menyukainya atau pun tidak. Buku ini adalah buku self-motivation bagi siapa saja yang sedang dilanda masalah dan kehilangan rasa percaya diri. Buku ini mendorong kita untuk menerima suatu keadaan yang tidak bisa kita kontrol. Sebab, menerima adalah obat untuk rasa kecewa, marah, dengki, dan lain sebagainya.

“To Heal is To Accept” adalah buku self-motivation untuk remaja hingga dewasa yang sedang dilanda masalah dan kehilangan rasa percaya diri. Dengan nasihat-nasihat yang pendek dan tidak bertele-tele, buku ini dapat menjadi inspirasi, penyemangat, serta penenang hati.

To Heal is To Let Go

 

To Heal is To Let Go adalah seri kedua buku “To Heal” karya Adi K. Buku motivasi ini memfokuskan pada cara sembuh dengan cara melepaskan. Melepaskan sesuatu yang tidak seharusnya kita genggam, melepaskan masa lalu yang begitu kelam dan terus menghantui kita, melepaskan segala kebencian dan dendam yang ada di dalam hati.

Buku ini adalah tentang melepaskan apa-apa yang bisa membuat hati lebih damai, meskipun tidak semudah yang dibayangkan karena usaha melepaskan tersebut membutuhkan banyak usaha, waktu, dan keikhlasan untuk melakukannya agar kita bisa menjadi manusia yang lebih kuat lagi.

Dalam To Heal is To Let Go, Adi K. mengajak pembaca untuk “sembuh” dengan cara melepaskan. Melepaskan hal terbaik yang pernah digenggam. Melepaskan masa lalu yang begitu kelam. Melepaskan kebencian dan dendam. Namun, perihal melepaskan tentu saja tak semudah yang dibayangkan. Dibutuhkan usaha, waktu, dan keikhlasan untuk melakukannya agar kelak kita menjadi pribadi yang lebih tegar..

To Heal is To Love

 

To Heal is To Love adalah buku seri ketiga dari “To Heal” karya Adi K. Buku motivasi yang satu ini membahas mengenai cinta. Kita sebagai manusia kadang merasa tidak dicintai oleh orang-orang yang ada di sekitar kita, merasa tidak pantas dicinta, atau bahkan merasa diri sendiri tidak berarti bagi siapa pun di dunia ini.

Padahal cinta adalah kekuatan terbesar yang ada di dunia ini, cinta adalah energi yang bisa mengubah hidup seseorang, cinta adalah anugerah yang diberikan kepada manusia untuk saling menjaga, saling menyayangi, dan saling percaya. Karena merasa dicinta dapat membuat kita menjadi lebih kuat.

Namun, dengan mencintai kita bahkan bisa menyembuhkan diri sendiri. Dengan mencintai kita bisa memberikan yang terbaik, bukan hanya untuk orang lain, tetapi juga untuk diri sendiri agar bisa mencapai kebahagiaan.

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy