in

Review Novel Arga Bad Senior Karya Cintaprita

Arga Bad Senior – Media sosial kini telah berkembang sangat pesat. Hal tersebut juga berlaku untuk dunia sastra, contohnya yaitu kemajuan dalam membaca novel.

Dulu, novel hanya bisa ditemukan dalam bentuk cetak kertas, namun sekarang novel dapat diakses melalui berbagai aplikasi, seperti Wattpad. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca dari segi aksesibilitas dan penggunaan.

Wattpad merupakan platform yang digunakan oleh para penulis untuk mempublikasikan karya mereka. Melalui aplikasi ini, pembaca dapat menikmati novel favorit mereka kapan saja dan di mana saja. Selain itu, para penulis pemula juga mendapatkan kesempatan yang lebih luas untuk memperkenalkan karya-karyanya kepada khalayak yang lebih luas.

Cintaprita menjadi salah satu penulis muda yang menuangkan kreatifitas menulisnya melalui aplikasi Wattpad. Terhitung sudah 9 tulisan yang telah terpublikasi dan mendapat sambutan baik dari para penggunanya.

Adapun tulisan-tulisan karya Cintaprita, seperti Oh My Kayla, Arga Bad Senior, Arion: Dangerous Husband, Ksatria, Merried With Senior, Sempiternal, Gama, Intuisi, dan J.Kaisar: Who Are You.

Merried With Senior menjadi karya Cintaprita yang sukses diangkat ke dalam sebuah series dan disutradarai oleh Anglin Sagaran. Series dengan total 8 episode ini juga diperankan oleh dua aktor muda yang sudah tidak perlu diragukan lagi aktingnya, yaitu Kevin Ardilova dan Caitlin Halderman.

Kemudian, beberapa tulisan karya Cintaprita juga sudah diterbitkan ke dalam buku cetak dan menjadi bestseller, seperti novel yang berjudul Arga Bad Senior. Novel ini rilis pertama kali di Wattpad tahun 2020 dan terbit sebagai buku cetak tahun 2021 oleh Rainbook Publishing.

Bagi pembaca yang sudah mengikuti Cintaprita sejak tulisan pertamanya pasti sudah tau jika novel Arga Bad Senior sebelumnya berjudul Troublemaker Boy. Cintaprita kemudian merubah judul dari novel ini sesuai dengan nama dari tokoh utama laki-lakinya.

Grameds, artikel ini akan mengulas tentang novel Arga: Bad Senior karya Cintaprita. Namun sebelumnya, mari kita baca terlebih dahulu sinopsis dari novel ini.

Sinopsis Novel Arga Bad Senior

Judul Buku : Arga Bad Senior

Penulis Buku : Cintaprita

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

Penerbit : Rainbook Publishing

Halaman : 344

“Jadi pacar gue,” Ucap Arga serius.

Sontak saja Fika menggeleng. “Nggak mau.”

“Lo bukan sebagai pihak pemilih.”

Kehadiran Arga telah merubah kehidupan sekolah Fika. Pertemuan tidak sengaja antara keduanya membuat Fika harus berurusan lebih jauh dengan badboy sekolah itu, apalagi Arga merupakan salah satu dari anggota Scorpions.

Fika turun dari angkot setelah membayar ongkosnya. Biasanya, dia akan naik sepeda untuk pergi ke sekolah. Namun pagi tadi, saat Fika hendak mengayuh sepeda kesayangannya, tiba-tiba rantai sepedanya lepas. Akibatnya, dia terpaksa naik angkot. Meskipun sepeda lebih hemat biaya dan tidak mencemari udara, niat baiknya itu ditentang oleh kejadian tidak terduga.

Tiba-tiba, seorang pria asing terlihat berlari mendekati Fika dengan tergesa-gesa dan tanpa sengaja menabrak bahunya dengan cukup keras sehingga membuat Fika sedikit terhuyung. Pria itu tanpa meminta maaf dengan cepat berjalan ke arah mobil yang terparkir sembarangan untuk bersembunyi. Awalnya, Fika ingin marah dan mungkin akan meneriaki pria tersebut karena perilakunya yang tidak sopan, tetapi kemudian terdengar suara langkah kaki lainnya mendekat.

Beberapa orang dengan raut wajah kesal bertanya kepada Fika tentang pria sebelumnya yang menabrak Fika. Tadinya Fika akan berkata jujur, tapi entah mengapa dia justru menjawab lain dan mengarahkan orang-orang itu pergi ke tempat yang berlawanan dari pria tadi.

Setelah dirasa kondisi cukup aman, Fika menghampiri pria yang bersembunyi di balik mobil. Fika sangat terkejut melihat si pria sudah jatuh pingsan. Sebenarnya Fika bisa saja lari meninggalkan pria itu, tapi dia tidak tega dan membawa si pria ke rumahnya.

Keputusan Fika menyelamatkan pria asing itu akan menjadi keputusannya yang paling menyesalkan, karena selanjutnya Fika harus berurusan dengan dunia yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Fika akan lebih terkejut setelah mengetahui identitas yang sebenarnya dari Arga.

Ternyata Arga merupakan anggota dari Scorpions, kelompok anak nakal yang ada di sekolah Fika. Mereka sering sekali membuat onar, bahkan guru-guru sudah tidak sanggup lagi menghadapi Arga dan teman-temannya. Banyak siswi sekolah juga yang suka kepada Arga, karena wajahnya yang ganteng dan sikap dinginnya yang terlihat keren.

Kehidupan Fika sebagai siswi biasa berubah dalam satu malam saja, karena tiba-tiba dia menjadi siswi populer setelah Arga mengumumkan kalau keduanya berpacaran. Kejadian antara Arga dan Fika sebelumnya membuat si anak nakal menaruh perhatian kepada siswi biasa itu.

Arga seolah mendapat hiburan baru dari Fika. Dia ingin bersenang-senang dengan siswi biasa yang terlihat polos. Arga tidak tahu jika rencana ini justru akan membawanya pada sebuah kisah cinta. Lalu, bagaimana kisah cinta yang akan dihadapi oleh Arga?

 

Review Novel Arga Bad Senior

Penggemar badboy story pasti akan menyukai novel ini. Arga Bad Senior karya Cintaprita menyuguhkan kisah cinta antara anak laki-laki nakal dengan gadis biasa yang baik. Cerita ini khas sekali dengan kehidupan remaja sekolah, apalagi karakter Arga digambarkan sebagai anak nakal yang memiliki aura alpha yang mendominasi dan keren banget. Semua siswa di sekolah takut pada Arga dan kelompok Scorpionsnya.

Arga dikenal sebagai siswa yang paling bermasalah di sekolah, selalu terlibat dalam perkelahian dan sering melanggar peraturan. Sifat nakalnya ini membuat para guru BK kewalahan dalam menghadapi Arga.

Namun, di balik sikapnya yang bermasalah, Arga sangat sayang kepada ibunya, dia diam-diam memiliki sisi perhatian yang tidak pernah diperlihatkan. Arga sangat tertutup dan sulit ditebak oleh orang lain. Namun sejak mengenal Fika, Arga mulai mengalami perubahan.

Fika sendiri merupakan seorang siswi yang awalnya tergolong biasa-biasa saja. Namun setelah rumor tentang hubungannya dengan Arga menyebar di seluruh sekolah, Fika yang sebelumnya mengutamakan nilai kedisiplinan tiba-tiba menjadi siswi populer.

Fika memiliki empat teman yang suka menggosip, sehingga dia selalu up to date dengan berita-berita terbaru di sekolah. Kesan polos yang dimiliki Fika konon cocok dengan kepribadian liar Arga. Namun, siapa yang mengatakan hal tersebut? Kenyataannya, Fika selalu berusaha sabar menghadapi semua tingkah laku aneh yang dilakukan oleh Arga.

Cintaprita berhasil menggambarkan semua karakter dengan baik melalui dialog-dialog dan suasana yang dibangun dalam novel. Arga dengan sikapnya yang nyeleneh sukses membuat pembaca gregetan sekaligus berdebar karena selalu menggoda Fika. Sedangkan Fika dengan sikap polosnya menghadirkan momen-momen lucu dan manis.

Novel dengan total 344 halaman ini termasuk buku bacaan yang ringan, karena bahasa yang digunakan pun santai dan modern. Cintaprita menggunakan bahasa gue dan lo sebagai kata panggilan. Ada juga beberapa bahasa gaul lainnya yang biasa digunakan oleh anak remaja kebanyakan.

Arga Bad Senior telah dibaca hingga 54 juta kali dan mendapat vote sekitar 1,3 juta oleh pengguna Wattpad. Sebagai buku cetaknya, novel ini menjadi salah satu buku bestseller di gramedia dan sudah terbit hingga cetakan ketiganya.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Arga Bad Senior

Pros & Cons

Pros
  • Menceritakan kehidupan remaja sekolah yang menarik.
  • Karakter-karakter dalam novel digambarkan kompleks dan mengalami perkembangan.
  • Buku novel yang cocok untuk pembaca usia remaja maupun dewasa.
Cons
  • Beberapa adegan dalam novel yang terasa cringe.
  • Terdapat pacing atau tempo yang lambat di beberapa cerita.

Novel Arga Bad Senior karya Cintaprita adalah sebuah karya sastra yang telah menyita perhatian banyak pembaca sejak pertama kali rilis di Wattpad, hingga buku cetaknya. Salah satu kelebihan utama dari novel Arga Bad Senior adalah plot cerita yang menarik.

Cintaprita berhasil menggambarkan alur cerita yang mengalir dengan baik dan menjaga ketertarikan pembaca sepanjang waktu. Setiap bab memiliki momen beragam dan mengundang rasa ingin tahu yang tinggi.

Kehidupan tentang remaja sekolah diceritakan cukup seru dalam novel. Terdapat petualangan menegangkan melalui kisah Arga dan kelompoknya yang diberi nama Scorpions. Masa muda yang penuh dengan adrenalin juga dikemas bersama dengan bumbu manis dari kisah cinta antara Arga dan Fika.

Karakter-karakter dalam novel ini juga menarik, masing-masing karakter memiliki latar belakang dan kepribadian yang unik. Pembaca dapat merasakan perubahan emosi dan perkembangan karakter sepanjang cerita. Ini memberikan dimensi yang lebih dalam bagi pembaca untuk terlibat dalam novel.

Novel Arga Bad Senior dapat menjadi buku bacaan untuk menemani waktu luang. Novel ini juga tidak terlalu rumit, sehingga pembaca dapat membacanya dalam sekali duduk saja. Novel ini cocok dibaca oleh pembaca usia remaja maupun dewasa.

Sayangnya, novel Arga Bad Senior memiliki pacing atau tempo yang lambat di beberapa bagian cerita. Ada beberapa bab yang terasa terlalu panjang dan dapat membuat pembaca kehilangan minat. Hal itu akan menghambat kelancaran alur cerita dan mengurangi ketegangan yang diharapkan.

Terdapat adegan-adegan dalam novel yang terasa cringe, khususnya adegan roamantis antara Arga dan Fika. Namun, perlu diingat kembali kalau novel ini merupakan novel remaja, sehingga adegan, konflik, dan semua peristiwa dalam novel disesuaikan dengan imajinasi remaja.

Terlepas dari kekurangan-kekurangan yang ada, Arga Bad Senior karya Cintaprita tetap menjadi buku bacaan yang direkomendasikan sebagai novel remaja. Selain cerita yang menarik, kehidupan kelompok anak sekolah juga kini banyak diminati, terbukti dari banyaknya film series dengan latar belakang cerita tentang geng atau kelompok remaja.

Penutup

Secara keseluruhan novel Arga Bad Senior kaya Cintaprita adalah buku bacaan yang menarik dan cocok dibaca oleh kalangan remaja maupun dewasa. Kisah yang ditampilkan dalam novel merupakan hal yang kini banyak digemari oleh pembaca, yaitu tentang anak nakal dan gadis baik.

Cintaprita berhasil memberikan dimensi melalui perubahan karakter Arga yang mengalami perkembangan di setiap babnya. Tidak hanya Arga, tokoh Fika juga mengalami perkembangan yang semula membenci Arga hingga kemudian menaruh perhatian pada pacar nakalnya itu.

Terdapat juga beberapa peristiwa menegangkan melalui konflik yang terjadi dalam kelompok Scorpions. Kisah Arga dan teman-temannya memberikan pesan mendalam bagi pembaca tentang solidaritas, tanggung jawab, dan arti sesungguhnya dari sebuah persahabatan sejati.

Grameds, itulah ulasan mengenai novel Arga Bad Senior karya Cintaprita. Apabila Grameds penasaran kisah keseluruhan dari Arga, Fika, dan kelompok Scorpions, Grameds dapat membaca dan membeli novel ini di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Dwi Puji Lestari

Sumber Artikel:

  • Buku Arga Bad Senior Karya Cintaprita
  • https://www.gramedia.com/products/arga-bad-senior-new-cover
  • Wattpad: Arga Bad Senior
  • https://www.wattpad.com/698520745-arga-bad-senior-tamat-prolog
  • Artikel: Cerita Dibalik Penulisan Novel Married With Senior
  • https://pedomantangerang.pikiran-rakyat.com/ragam-populer/pr-073785993/cerita-dibalik-penulisan-novel-married-with-senior-cintaprita-semua-berawal-dari-iseng-dan-coba-coba

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy