in

Review Buku The 21 Irrefutable Laws Of Leadership

The 21 Irrefutable Laws Of Leadership – Kepemimpinan menjadi salah satu faktor kunci untuk meraih keberhasilan suatu organisasi. Seorang pemimpin yang baik dapat memotivasi dan mengarahkan anggota timnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Namun, menjadi seorang pemimpin yang efektif tidaklah mudah, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus agar dapat menjadi pemimpin yang berhasil.

Salah satu tokoh yang telah banyak berkontribusi dalam studi kepemimpinan adalah John C. Maxwell. Dia dikenal sebagai seorang motivator dan penulis buku terkenal yang membahas tentang kepemimpinan. Maxwell memiliki pengalaman yang luas dalam bidang ini dan telah menginspirasi banyak orang di seluruh dunia.

Salah satu buku John C. Maxwell yang paling terkenal berjudul The 21 Irrefutable Laws Of Leadership dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul 21 Hukum Tak Terbantahkan dalam Kepemimpinan. Buku ini berisi pengetahuan mengenai 21 hukum kepemimpinan yang diajarkan oleh John C. Maxwell, mulai dari pengertian hingga tips-tips mengenai konsep kepemimpinan.

Grameds, artikel akan mengulas tentang buku kepemimpinan yang berjudul The 21 Irrefutable Laws Of Leadership.

Isi Buku The 21 Irrefutable Laws Of Leadership Karya John C. Maxwell

 

Judul : The 21 Irrefutable Laws Of Leadership

Penulis : John C. Maxwell

Halaman : 309

Buku The 21 Irrefutable Laws Of Leadership atau 21 Hukum Tak Terbantahkan dalam Kepemimpinan karya John C. Maxwell berisi 21 pengetahuan yang berhubungan dengan kepemimpinan. Buku ini telah terjual hingga jutaan eksemplar dan menjadi salah satu buku kepemimpinan yang bagus.

Berikut 12 hukum kepemimpinan yang termuat dalam buku ini, di antaranya:

1. Hukum Tutup Efektivitas

Efektivitas seseorang dalam memimpin tergantung pada kemampuan mereka. Semakin baik kemampuan kepemimpinan seseorang, semakin efisien mereka dalam memimpin.

2. Hukum Pengaruh

Tanpa pengaruh, seseorang tidak akan pernah bisa memimpin orang lain. Kemampuan seseorang untuk memimpin tidak bergantung pada posisi mereka, tetapi pada kemampuan mereka untuk mempengaruhi orang lain. Seorang pemimpin sejati adalah seseorang yang dapat mempengaruhi orang lain sehingga mereka mau mengikutinya. Jika seseorang tidak dapat mempengaruhi orang lain, maka dia bukanlah seorang pemimpin. Kepemimpinan adalah tentang pengaruh.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Hukum Proses

Kepemimpinan tidak bisa berkembang dalam semalam, tetapi membutuhkan waktu dan kesabaran. Kepemimpinan adalah seperangkat keterampilan yang dapat dipelajari dan dikembangkan secara bertahap.

4. Hukum Navigasi

Seorang pemimpin yang hebat adalah seseorang yang memiliki rencana yang jelas dan terperinci untuk mencapai tujuan mereka. Mereka memvisualisasikan perjalanan yang akan mereka lalui, termasuk persiapan sebelum berangkat, rute yang akan mereka ambil, hal-hal yang akan mereka butuhkan, dan hambatan apa yang mungkin mereka temui.

5. Hukum Kepemimpinan Bicara

Ketika pemimpin sejati berbicara, orang lain akan diam dan mendengarkan dengan penuh perhatian. Kepemimpinan tidak hanya dipengaruhi oleh posisi atau jabatan, tetapi oleh kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain.

6. Hukum Kepercayaan

Kepercayaan adalah dasar dari kepemimpinan yang efektif. Orang akan mempercayai seorang pemimpin yang memiliki kompetensi, koneksi, dan karakter yang baik.

7. Hukum Rasa Hormat

Orang secara alami akan mengikuti pemimpin terbaik. Seorang pemimpin yang baik selalu mendapatkan rasa hormat dari orang-orang di sekitarnya. Orang-orang cenderung tertarik pada pemimpin yang dianggap lebih baik daripada mereka sendiri.

8. Hukum Intuisi

Seorang pemimpin menilai segala sesuatu dengan pola pikir kepemimpinan. Inilah bagian yang paling sulit dipahami tentang kepemimpinan, yaitu tentang intuisi atau naluri. Kualitas kepemimpinan yang luar biasa ditentukan oleh naluri.


9. Hukum Magnetisme

Kepribadian seorang pemimpin akan menarik orang-orang di sekitarnya. Kelompok yang dipimpin akan mencerminkan kepribadian pemimpin mereka. Beberapa faktor yang dapat digarap untuk membangun kesamaan adalah sikap, usia, pengalaman, nilai-nilai, dan kemampuan memimpin.


10. Hukum Koneksi

Sebelum meminta orang lain untuk bertindak, seorang pemimpin harus terlebih dahulu menyentuh hati mereka. Emosi adalah kunci untuk membuat orang mau bertindak. Memiliki hubungan personal yang kuat dan mengembangkan kredibilitas dengan orang lain menjadi hal yang penting.

11. Hukum Lingkaran 

Potensi seorang pemimpin ditentukan oleh orang-orang terdekatnya. Seorang pemimpin yang berhasil akan dikelilingi oleh orang-orang cerdas dan kompeten. Setiap organisasi terdapat tiga kelompok orang, yaitu mereka yang menerima kepemimpinan dan berusaha memberikan yang terbaik, mereka yang skeptis dan perlu diyakinkan, serta mereka yang negatif dan menolak kepemimpinan.

12. Hukum Pemberdayaan 

Seorang pemimpin yang percaya diri akan mampu memberdayakan orang lain. Pemimpin yang lemah sering kali takut memberdayakan orang lain karena takut tersaingi, kehilangan ketergantungan orang lain, dan takut menjadi tidak penting dalam organisasi.

Gimana? Masih penasaran dengan isi dari buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership? Yuk, segera dapatkan bukunya di gramedia.com.

 

Review Buku The 21 Irrefutable Laws Of Leadership Karya John C. Maxwell

Pros & Cons

Pros
  • Berisi 21 hukum penting dalam membangun kepemimpinan.
  • Dijelaskan secara poin per poin, sehingga lebih mudah untuk dipahami.
  • Dapat menjadi buku referensi yang baik untuk membangun jiwa kepemimpinan dalam organisasi, tim, maupun efektivitas pribadi. 
Cons
  • Menggunakan bahasa yang cukup tinggi. 

John C. Maxwell pada bukunya The 21 Irrefutable Laws Of Leadership berhasil menggambarkan dengan baik dan jelas mengenai hukum-hukum penting dalam kepemimpinan yang dapat diterapkan dalam kehidupan berorganisasi maupun efektivitas pribadi. Setiap hukum yang dijelaskan dalam buku ini memiliki relevansi yang tinggi dengan kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh pemimpin di berbagai bidang. Maxwell memberikan penjelasan yang kuat dan memberikan contoh-contoh yang baik untuk mendukung argumennya.

Buku ini termasuk ke dalam buku revisi yang sudah diperbarui dari cetakan pertamanya. Adapun hal-hal yang telah diperbarui meliputi penjelasan yang dipertajam, semua hukum dijabarkan lebih mendalam, terdapat 17 kisah kepemimpinan, terdapat dua hukum baru, kelebihan dan kelemahan perangkat evaluasi kepemimpinan, serta latihan penerapan kepemimpinan di setiap bab berdasarkan hukum-hukumnya.

21 hukum dalam buku dijelaskan secara poin per poin, sehingga memudahkan pembaca untuk memahami masing-masing hukum tersebut. John C. Maxwell memberi pandangannya terhadap kepemimpinan mulai dari diri pribadi terlebih dahulu hingga faktor luar yang ikut membangun.

Sebagai buku terjemahan, The 21 Irrefutable Laws Of Leadership atau 21 Hukum Tak Terbantahkan dalam Kepemimpinan menggunakan bahasa yang cukup tinggi, namun itu tidak mengurangi nilai efektivitas dari buku ini. Pembaca dianjurkan untuk teliti dan memperhatikan setiap detail yang dijelaskan oleh John C. Maxwell, agar dapat menerapkannya secara maksimal.

Berdasarkan rating pembaca di Goodreads, The 21 Irrefutable Laws Of Leadership mendapat nilai 4,24 dari 5 dan sudah dibaca oleh 1216 pembaca. Jika kita lihat ulasan-ulasan dari pembaca, kita akan mengetahui bahwa penjelasan-penjelasan seputar kepemimpinan dalam buku bermanfaat untuk banyak orang, khususnya bagi mereka yang terjun dalam sebuah kelompok.

Mengenal John C. Maxwell, Penulis Buku The 21 Irrefutable Laws Of Leadership

Sumber: wikipedia

John C. Maxwell adalah seorang penulis dan pembicara motivasi terkenal yang telah mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Melalui pengalaman dan pengetahuannya yang luas dalam bidang kepemimpinan dan pengembangan diri, Maxwell telah menjadi salah satu tokoh inspirasi bagi banyak individu yang ingin mencapai kesuksesan dalam hidup mereka.

John C. Maxwell lahir tahun 1947 di Garden City, Michigan. Dia tumbuh dalam keluarga yang penuh cinta dan dididik untuk memiliki nilai-nilai yang kuat. Sejak kecil, Maxwell menunjukkan bakat kepemimpinan yang luar biasa dan kemauan untuk terus belajar dan berkembang.

John C. Maxwell juga pendiri INJOY, ISS, EQUIP, dan Maximum Impact. Itu semua merupakan organisasi untuk mengenmbangkan kepemimpinan yang menjadi landasan bagi kesuksesannya di dunia bisnis. Bahkan EQUIP telah terlibat dengan lebih dari 80 negara.

Sebagai seorang penulis, John C. Maxwell telah menerbitkan lebih dari 100 buku yang banyak di antaranya menjadi best seller. Buku-buku tersebut meliputi berbagai topik, mulai dari kepemimpinan, pengembangan diri, hingga motivasi. Salah satu buku yang paling terkenal adalah The 21 Irrefutable Laws of Leadership yang telah terjual lebih dari 2 juta kopi di seluruh dunia.

Maxwell menjadi penulis di beberapa media, seperti New York Times, Wall Street Journal, dan Business Week. Namanya masuk ke dalam jajaran 25 penulis ternama di 10th Anniversary Hall of Fame Amazon.com.

Filosofi kepemimpinan John C. Maxwell didasarkan pada keyakinannya bahwa setiap individu memiliki potensi untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat. Dia percaya bahwa kepemimpinan bukanlah tentang memegang kekuasaan atau mengendalikan orang lain, tetapi tentang menginspirasi dan mempengaruhi mereka untuk mencapai potensi terbaik.

Maxwell juga mengajarkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang kuat, seperti memprioritaskan orang lain di atas diri sendiri, membangun tim yang kuat, dan berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang. Dia meyakini bahwa kepemimpinan adalah suatu keterampilan yang dapat dipelajari dan ditingkatkan melalui latihan dan pengalaman.

Pengaruh John C. Maxwell dalam dunia kepemimpinan dan pengembangan diri sangat besar. Banyak orang yang mengaku terinspirasi oleh buku-bukunya dan telah menerapkan prinsip-prinsipnya dalam kehidupan sehari-hari. Maxwell juga telah menjadi pembicara utama dalam berbagai konferensi dan seminar di seluruh dunia.

Prestasi Maxwell dalam karirnya tidak hanya tercermin dalam penjualan bukunya yang tinggi, tetapi juga dalam penghargaan yang diterimanya. Dia telah dianugerahi berbagai penghargaan bergengsi, termasuk Golden Gavel Award dari Toastmasters International dan Lifetime Achievement Award dari Asosiasi Pelatih Internasional.

Penutup

Kemunduran dan pertumbuhan sebuah kelompok tergantung pada kepemimpinannya. The 21 Irrefutable Laws Of Leadership karya John C. Maxwell dapat memberi pengetahuan mengenai hukum-hukum kepemimpinan yang dapat membangun pondasi kelompok agar lebih baik lagi.  Terapkan semua hukum yang dijelaskan dalam buku ini dan raih efektivitas organisasi, tim, serta pribadi.

Buku ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang tertarik untuk menjadi pemimpin yang efektif atau ingin meningkatkan keterampilan kepemimpinan. Setelah membaca dan memahami hukum-hukum yang dijelaskan dalam buku, pembaca akan dapat mengembangkan kualitas kepemimpinan dan mencapai kesuksesan dalam karier.

Grameds, itulah ulasan mengenai buku The 21 Irrefutable Laws Of Leadership karya John C. Maxwell. Apabila Grameds penasaran dengan 21 hukum yang terdapat dalam buku ini, Grameds dapat membaca dan membelinya di Gramedia.com.

Penulis: Dwi Puji Lestari

Sumber Artikel

  • Buku The 21 Irrefutable Laws Of Leadership karya John C. Maxwell
  • https://www.gramedia.com/products/john-c-maxwell-the-21-irrefutable-laws-of-leadership-rev
  • Profil John C. Maxwell
  • https://id.wikipedia.org/wiki/John_C._Maxwell
  • Artikel: 21 Hukum Kepemimpinan yang Tak-Terelakkan
  • https://jatengtoday.com/21-hukum-kepemimpinan

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy