in

Review Novel Syaqil Karya Sari Fatul Husni

Syaqil – Membaca adalah kegiatan yang bermanfaat yang bis akita lakukan untuk mengisi waktu luang atau untuk menambah wawasan tentang pengetahuan. Salah satu jenis bacaan yang bis akita pilih adalah novel, karena novel begitu banyak peminatnya dari yang muda hingga tua.

Salah satu novel yang dijadikan pilihan adalah novel karya penulis Wattpad ini. Setelah sukses dengan novel pertamanya yang berjudul “Bukan Aku yang Dia Inginkan”, Sari Fatul Husni kembali lagi dengan novel kedua berjudul “Syaqil” yang diterbitkan pada April 2023 sebagai cetakan pertama.

Sari Fatul Husni dikenal sebagai penulis yang aktif di aplikasi menulis online, Wattpad. Ia sering dipanggil Uni oleh para readersnya. Perempuan kelahiran 9 Februari 2001 itu merupakan mahasiswa tingkat akhir yang di sela-sela penyusunan skripsinya tetap menulis cerita.

Sejak masih duduk di bangku SMP, Sari Fatuh Husni sudah hobi menulis hingga sekarang. Lewat novel keduanya ini, ia berharap dapat menghibur pembaca melalui keseruan dua tokoh utama antara Aqil dan Raisya.

Sebagai penulis yang aktif di Wattpad, perempuan dengan sebutan Uni ini telah membangun komunitas pembaca yang setia sehingga para pembacanya dengan antusias siap menyambut karya terbaru Uni.

Tokoh utama dalam novel ini adalah Aqi dan Raisya. Bagaimana kelanjutan kisah Aqil dan Raisya? Apakah mereka akan menjadi pasangan suami istri yang akur dan harmonis? Agar semakin penasaran, kamu bisa membaca terlebih dahulu sinopsis dan review singkat novel ini. Sinopsis ini akan memberikan gambaran tentang isi cerita.

 

Sinopsis dan Review Novel Syaqil Karya Sari Fatul Husni

Syaqil adalah sebuah novel genre romance yang menceritakan tentang Raisya Alika Putri adalah seorang gadis yang sebenarnya tidak pernah menginginkan untuk menikah muda. Namun, dia terpaksa melakukannya demi mewujudkan cita-citanya. Persyaratan nikah muda menjadi satu-satunya jalan baginya untuk dapat melanjutkan pendidikan di kampus impian yang selama ini diidam-idamkannya.

Aqil Habibi Furqan, seorang senior di kampus yang juga menjadi suami Raisya. Sebagai seorang mahasiswa semester lima, Aqil memiliki sikap yang cuek, dingin, dan terkadang terlihat galak. Kehidupan mereka sebagai pasangan suami istri tidaklah seperti yang umumnya terjadi. Kisah mereka berdua begitu unik. Raisya yang suka mengajak keributan dan sulit diatur, sementara Aqil terlihat sangat cuek namun sebenarnya diam-diam memperhatikan Raisya.

Raisya memiliki sikap yang lucu, seperti anak kecil yang sulit diatur dan senang mengajak suaminya Aqil untuk mendebatkan apapun, karena ketika mereka sudah disandingkan menjadi pasangan yang lucu dan menarik. Sementara Aqil diceritakan sebagai laki-laki yang jutek, dingin, galak dan paham agama.

Perbedaan sikap dan kepribadian yang bertolak belakang inilah yang menjadikan kisah cinta mereka terus berlanjut, meskipun mereka seringkali bertengkar dan berdebat. Namun, dibalik semua itu, mereka juga tak pernah lepas dari rasa sayang dan perhatian satu sama lain. Hingga akhirnya, perbedaan tersebut malah membawa mereka bersatu dan hubungan mereka semakin erat. Rasa cinta mulai tumbuh di antara mereka.

Namun, seperti kisah cinta pada umumnya, hidup mereka juga tidak luput dari masalah. Masalah-masalah tersebut menguji kedewasaan dan kekuatan hubungan mereka. Bagaimanakah kisah selanjutnya bagi Raisya dan Aqil? Apakah mereka mampu mengatasi semua tantangan yang ada dan mempertahankan cinta mereka?

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

Review Novel Syaqil Karya Sari Fatul Husni

Pros & Cons

Pros
  • Novel Syaqil memiliki konflik yang menarik yang bisa membuat pembaca penasaran karena pernikahan yang menjadi syarat untuk melanjutkan pendidikan.
  • Memiliki hubungan yang berkembang, hal ini mengandung pesan bahwa perbedaan sikap dan kepribadian ada untuk saling melengkapi dan memahami satu sama lain.
Cons
  • Novel Syaqil memiliki karakter pada penokohan yang klise, tokoh-tokoh dengan watak seperti di novel Syaqil sering kita temui di novel-novel romance lainnya.

 

Syaqil adalah sebuah novel genre romance yang memiliki konflik menarik antara dua tokoh utamanya. Lewat peran Raisya dan Aqil, novel ini menjadi hidup karena keduanya memiliki sikap dan kepribadian yang berbeda, sehingga menawarkan pembaca kisah yang seru.

Melalui tokoh Raisya, penulis seolah menyampaikan bahwa pendidikan adalah hal yang penting meskipun sudah menikah. Dengan kehadiran dua tokoh tersebut yang bisa membuat pembaca semakin penasaran, akhir seperti apakah yang diberikan oleh penulis untuk kedua tokoh tersebut.

Meskipun penokohannya terkesan klise, Aqil dengan karakter yang jutek, dingin, dan galak adalah watak-watak yang bisa kita temui di novel-novel romance lainnya. Kendati demikian, penggabungan antara dua karakter yang berbeda Raisya dan Aqil bisa menghidupkan suasana dan menciptakan ketegangan serta ketertarikan novel ini.

Hubungan Raisya dan Aqil juga mengalami perkembangan. Mereka yang diceritakan sebagai pasangan yang sering bertengkar memiliki hubungan yang berkembang secara bertahap. Sebab, perbedaan di antara mereka berdua pada akhirnya akan memunculkan pandangan bahwa hal itu wajar dan untuk saling melengkapi serta memahami satu sama lain.

Nah, itu dia sobat Grameds mengenai sinopsis dan review singkat novel “Syaqil” karya Sari Fatul Husni yang bisa kalian jadikan sebagai gambaran bagaimana menariknya hubungan antara Raisya dan Aqil dalam menghadapi kehidupan sebagai sepasang suami sitri yang terpaksa menikah karena dijodohkan. So, tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan bukunya di gramedia.com dan jadilah saksi perjalanan cinta antara Raisya dan Aqil.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Melani Wulandari

Rekomendasi Novel

Gus Ilham My Husband Karya Nrdnii

 

Gus Ilham My Husband adalah sebuah novel romance yang menceritakan tentang kehidupan Aisyah Aqila, seorang santri cantik yang terkenal dengan sikap bandelnya. Karena bagi orang-orang Aisyah hanyalah santri yang susah diatur, tetapi orang-orang hanya tahu luarnya. Padahal Aisyah memiliki sisi lain dan ia menyimpan satu misteri tentang siapa dirinya.

Ketika libur semester, Aisyah mendadak mendapat kabar bahwa ia telah dijodohkan dan akan segera menikah dengan seorang Gus. Namanya adalah Ilham Syakir Vernando, atau sering dipanggil dengan sebutan Gus Galak. Bahkan Gus Ilham sering tidak segan untuk menghukum santri-santrinya yang melanggar aturan, termasuk salah satunya adalah Aisyah.

Tentu saja Aisyah tidak pernah menyangka akan menikah dengan Gus Ilham yang dingin, cuek, dan kejam. Aisyah harus merasakan pahit dan manis karena pernikahannya. Bagaimana kehidupan rumah tangga Aisyah? Sekuat dan sesabar apa Aisyah dalam menghadapi semua cobaan hidupnya?

Elegi Tawa Niyusa Karya Lin Aiko

 

Novel ini menceritakan tentang Niyusa Bina yang ingin membuktikan bahwa ia juga bisa menjadi kebanggan keluarga seperti adiknya. Namun, belum sampai ia bisa membuktikan, keinginannya harus kandas ketika ia harus menikahi laki-laki bernama Taka, seorang laki-laki yang tidak bermoral yang merupakan temannya sejak kecil.

Tanpa diduga, pernikahan yang Yusa jalani sebagai bagian terburuk hidupnya justru menjadi titik balik kehidupan Yusa sendiri. Taka membantu Yusa untuk berhasil meraih cita-citanya. Ketika ia berada di puncak kesuksesan, Yusa justru dihampiri oleh perasaan kehilangan yang menyebabkannya mencari arti dari kebahagiaan.

Bagaimana selanjutkan Niyusa menanggapi kehidupannya tersebut? Apakah kisah cintanya dengan Taka akan membawa kebahagiaan yang selama ini hilang dari diri Yusa?

Bidadari Jingga Karya Ka Umay

 

Kairen harus menikahi Jihan, seorang hafizah yang kehilangan penglihatan. Perbedaan membuat pernikahan mereka sulit.

Kairen Nazeer Gaffar ingin hidup bebas tanpa kekangan. Hingga membuat seorang gadis bernama Jihan kehilangan keluarga pun penglihatan. Bunda memintanya menikahi gadis itu sebagai pertanggungjawaban untuk mengurangi rasa bersalah. Awalnya, Kairen pikir menikahi Jihan adalah beban seumur hidup. Namun, ia tak menyangka sosok Jihan jauh dari perkiraan.

Deskripsi

Cerita romance yang religius yang memberikan banyak sekali pelajaran bukan hanya tentang cinta saja tapi tentang bagaimana seseorang yang bertahan hidup di tengah cahaya kegelapan, tentang anak yang berbakti kepada orang tuanya, tentang cinta yang hadir karena kebaikan dan ketulusan seseorang, tentang persahabatan yang selalu ada baik ketika senang maupun sedih.

Cerita ini menyuguhkan sesuatu yang ketika kita membacanya ada keinginan-keinginan untuk berubah menjadi sosok seperti Jihan yang sangat luar biasa. Banyak sekali hal-hal positif yang ada di dalam cerita ini. seperti kita dapat belajar dari Jihan bagaimana cara membesarkan hati menerima ketentuan yang telah Allah tetapkan.

Tentang bagaimana seorang Kairen yang sangat berantakan baik dari segi kelakuan dan sifatnya pun pada akhirnya membuktikan bahwa ia bisa berubah. Semua dikarenakan bagaimana niat seseorang tersebut.

Santri Pilihan Bunda Karya Salsyabila Falensia

 

Santri Pilihan Bunda adalah novel yang menceritakan tentang Aliza Shaqueena Iqala yang harus menjadi seorang istri Kinaan Ozama El Fatih, seorang santri di salah satu pondok pesantren yang terkenal di kotanya. Kinaan diceritakan sebagai laki-laki dengan alis tebal dan perawakan yang tinggi.

Kinan dan Aliza terpaksa menjadi sepasang suami istri yang menikah karena dijodohkan. Sementara Aliza adalah gadis cantik pecinta es batu dengan bulu mata yang lentik dan badannya yang mungil sehingga terlihat imut.

Aliza harus menikah dengan santri pilihan bundanya. Ketika bersama Kinaan ia harus bisa mencairkan suasana, karena jika keduanya sama-sama cuek, hubungan mereka akan semakin sulit. Kinaan sendiri, walaupun dijodohkan, ia tetap memikul tanggung jawab sebagai suami Aliza yang harus membimbing dan membahagiakan Aliza.

Teori Tawa dan Cara-Cara Melucu Lainnya

 

Semua orang mengira hidup Kuma menyenangkan. Ayahnya adalah seorang komedian berpengalaman. Ibunya adalah seorang presenter televisi terkenal. Adik laki-lakinya adalah seorang YouTuber dengan jutaan pelanggan. Bahkan yang termuda memiliki ratusan penggemar! Hanya Kuma yang berbeda. Alih-alih membuat orang tertawa, dia hanya bisa membuat mereka muntah!

Masalahnya, Kuma harus tampil di Ketawa Ketiwi, sebuah sinetron yang dirintis oleh keluarganya. Jika dia tidak lucu, Kuma bisa mempermalukan keluarganya! Kuma kemudian bertemu Bo, seorang bocah misterius yang tidak bisa tertawa karena monster dari masa lalu sedang memakan pikirannya.

Pertemuan mereka menantang Kuma membuat Bo tertawa. Dua sosok berseberangan ini saling mendukung dalam usaha memecah tawa, tanpa mengetahui rahasia-rahasia yang akan menguji persahabatan mereka.

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy