in

Review Novel S1ngle Karya Anna Narmina

S1ngle – Novel romantis yang mengisahkan tentang seseorang yang masih single di usianya yang sudah matang. Biasanya, seseorang yang sudah dewasa dan mapan akan sering ditanyakan oleh orang-orang sekitar, seperti pertanyaan “Kapan kamu akan menikah?” Dan sekarang hal itu sedang dirasakan oleh Ria.

Ria merupakan seorang wanita single berumur 30 tahun yang sudah sangat sering dicecar menikah oleh keluarganya. Hal itu membuatnya mencoba untuk mengikuti blind date untuk menemukan seseorang yang cocok dengan dirinya. Walaupun sebenarnya ia sudah nyaman dengan kehidupannya saat ini.

Ria pun mencoba untuk mengikuti blind date dan bertemu dengan salah satu pria tampan bernama Edwin. Sebelumnya, mereka berdua pernah bertemu beberapa kali secara tidak sengaja. Pertemuannya dengan Edwin tentunya membuat Ria berpikir apakah ia dapat melepas status lajangnya dengan Edwin?

Sinopsis Novel S1ngle

Lupa menyikat gigi sebelum ke dokter gigi? Aduh, cobaan banget, apalagi kalau dokternya tampan dan berlesung pipi seperti Dokter Edwin. Hancur sudah kesan pertama Ria di depan Dokter Edwin yang tampan!

Tidak hanya mikirin soal gigi, Ria juga dibuat bingung dengan keluarganya yang menyuruhnya untuk mengikuti blind date. Ria dituntut untuk menikah secepatnya. Entah jodoh atau hanya lelucon, salah satu blind date Ria adalah Dokter Edwin!

Ia curhat dan minta tips pada Arga, sahabatnya yang terkenal playboy dan buaya tetapi tidak membantu sama sekali. Apakah Ria bisa lepas dari status lajangnya tanpa membuat hatinya penuh dengan tambalan seperti giginya?

Review Novel S1ngle

Novel S1ngle merupakan karya dari Anna Narmina. Novel ini mengisahkan Ria yang merupakan seorang wanita single berumur 30 tahun. Ia dituntut menikah oleh keluarganya dan terpaksa mengikuti blind date agar menemukan pasangan yang cocok. Namun, uniknya ia bertemu dengan seorang pria bernama Edwin yang merupakan seorang dokter gigi yang dikenalnya.

Ceritanya unik dan menarik. Gaya bahasa yang digunakan juga sederhana sehingga membuat pembaca tidak akan bosan saat membacanya. Terdapat beberapa istilah mengenai penerbitan yang membuat pembaca jadi mengetahui banyak hal tentang itu karena pekerjaan Ria merupakan seorang editor.

Persahabatan Ria dengan Joey dan Arya juga dikemas dengan baik karena mereka berdua benar-benar memberikan saran dan masukan untuk Ria dalam menentukan jalan hidupnya.

Pelajaran yang dapat diambil dari novel ini adalah semua kebetulan yang terjadi dalam hidup kita belum tentu itu adalah takdir yang sebenarnya. Itu juga bisa dikatakan sebagai ujian hidup sementara yang diberi Tuhan agar kita dapat menjalani hidup ini dengan lebih baik lagi.

Kisah yang ada di dalam novel ini juga relate dengan beberapa orang yang mungkin masih belum menemukan jodohnya. Namun, tentu saja hal itu perlu usaha dan doa agar mendapatkan pasangan yang baik dan cocok untuk kita semua.

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Cerita yang relate dengan kehidupan
  • Gaya bahasa yang sederhana
Cons
  • Cover kurang menarik
  • Alur cerita terlalu cepat

 

Setiap novel tentunya ada hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembaca. Namun, hal tersebut tidak mengurangi rasa suka pembaca pada bacaan favoritnya. Kali ini kita akan membahas kelebihan, kekurangan, serta rating yang terdapat dalam novel S1ngle karya Anna Narmina.

Kelebihan dalam novel ini adalah cerita yang relate dengan kehidupan. Novel ini mengisahkan Ria yang masih lajang di usianya yang sudah matang untuk menikah. Ia juga sudah dituntut keluarganya untuk segera menikah. Akhirnya, ia terpaksa mengikuti blind date dan bertemu dengan seorang dokter gigi tampan yang dikenalnya yaitu Dokter Edwin.

Pertemuan yang sering dilakukannya bersama Dokter Edwin membuat dirinya berpikir, “Apakah Dokter Edwin adalah jodoh yang selama ini dicarinya?.” Usaha dan doa tentunya sangat perlu dilakukan agar menemukan pasangan yang baik dan cocok.

Lalu, gaya bahasa yang sederhana. Gaya bahasa dalam novel ini sangat sederhana sehingga membuat pembaca mudah memahami isi cerita dengan baik. Pembaca juga tidak akan merasa bingung dengan bahasa yang di dalam novel karena juga menggunakan bahasa sehari-hari.

Kekurangan dalam novel ini adalah cover kurang menarik. Cover novel ini terlalu polos dengan satu warna saja, yaitu pink. Biasanya, selain isi cerita, pembaca akan tertarik dengan cover terlebih dahulu lalu membeli novel tersebut. Namun, novel ini memiliki tema cover yang cukup sederhana.

Lalu, alur cerita terlalu cepat. Alur cerita yang terdapat di dalam novel ini terlalu cepat sehingga membuat pembaca akan merasa sedikit bingung dengan kejadian-kejadian yang ada di dalam novel.

Novel S1ngle memiliki rating yang bagus di goodreads. Rating yang dihasilkan oleh buku ini sebesar 3.45 dari 5. Hal ini menandakan bahwa pembaca sangat menikmati isi cerita yang ditampilkan dalam novel ini.

Penutup

Itulah review singkat dari novel S1ngle karya Anna Narmina. Setelah melihat rating pembaca di goodreads, novel ini memiliki antusiasme pembaca yang cukup tinggi. Hal itu dikarenakan isi cerita dalam novel ini sangatlah menarik.

Ria merupakan seorang wanita single berumur 30 tahun yang sudah sangat sering dicecar menikah oleh keluarganya. Hal itu membuatnya mencoba untuk mengikuti blind date untuk menemukan seseorang yang cocok dengan dirinya. Walaupun sebenarnya ia sudah nyaman dengan kehidupannya saat ini.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah Ria yang berusaha menemukan pasangan hidupnya yang ditulis oleh Anna Narmina. Kamu dapat membaca novel S1ngle dengan membelinya di gramedia.com, ya

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Novel

1. Menghirup Udara Segar

 

Novel Menghirup Udara Segar merupakan karya George Orwell. Novel ini berlatar waktu pada tahun 1939 yang mengisahkan seorang bernama George Bowling. Ia merupakan seorang lelaki paruh baya berumur 45 tahun yang hidup di Inggris bersama dengan keluarganya dan tinggal di rumah pinggiran kota kelas pekerja biasa dan memiliki pekerjaan sebagai salesman asuransi.

Ia menjalani kehidupan yang normal seperti pada umumnya, namun George merasa dilema. George mencoba untuk mencari sebuah pelarian dari rasa kebosanan, ketakutan, serta kecemasan mengenai penuaan. Lelaki itu berharap menemukan sebuah pelarian dari rasa bosan itu yang membuatnya tertekan dalam menjalani hidup.

Pada akhirnya, ia kembali mengunjungi kota saat masa kecilnya di pedesaan yang menyimpan banyak memori indahnya. Namun, desanya benar-benar berubah drastis tidak seperti dahulu lagi. Saat ia sedang mengunjungi desa itu, ia justru mendapatkan sebuah kejutan karena pengeboman oleh angkatan udara Inggris.

2. The Book of Two Ways

 

Semuanya berubah dalam satu waktu untuk Dawn Edelstein. Dia berada di pesawat saat pramugari membuat pengumuman: bersiap untuk pendaratan darurat. Dia berusaha menguatkan dirinya saat suatu pikiran melintas di benaknya. Hal yang mengejutkan adalah, pikirannya bukan tentang suaminya, tetapi seorang pria yang terakhir dilihatnya lima belas tahun yang lalu: Wyatt Armstrong.

Saat cerita terungkap, dua kemungkinan masa depan Dawn terbuka berdampingan, begitu pula rahasia dan keraguan yang telah lama terkubur di sampingnya. Dawn harus menghadapi pertanyaan yang sebenarnya tidak pernah dia tanyakan:

Seperti apa kehidupan yang dijalani dengan baik? Ketika kita meninggalkan bumi ini, apa yang kita tinggalkan? Apakah kita yang membuat pilihan atau apakah pilihan kita yang membuat kita seutuhnya? Dan akan menjadi siapa Anda, jika Anda tidak menjadi diri Anda yang sekarang?

3. Jiva: Kala Kehidupan Misteri Menyapa

 

Novel Jiva: Kala Kehidupan Misteri Menyapa merupakan karya Fani Mahandri. Novel ini menceritakan sebuah impian yang diinginkan oleh tokoh utama, Reva Kalista Aurora, tidak seindah yang dibayangkan.

Kelak, seiring berjalannya waktu, akan muncul banyak pertanyaan dalam kehidupan. Cahaya yang terang memancarkan sebuah keindahan, menikmati suatu sejuk dalam banyaknya sejuta warna alam semester. Reva Kalista Aurora seorang remaja yang sekarang bukan lagi gadis kecil, tetapi ia belum mencapai usia untuk dikatakan sebagai wanita.

Masa saat peralihan, mencari jati diri, bimbang pada dunia nyata. Dunia yang sejatinya bukan seperti wonderful land saat masa anak-anak. Suatu struktur-struktur nilai yang sudah ditanamkan sejak kecil dalam keluarga, norma-norma sosial, dan sebuah idealisme yang sudah dimiliki, tidak semuanya bisa diterapkan di sana.

Berbagai pertanyaan muncul di kepala, sebenarnya seperti apakah dunia nyata itu?

4. To The Bone

 

“Jupiter, lo tau nggak kalo nama belakang kita itu artinya bagus banget?”

Tau, Canora, Jupiter menjawabnya dalam hati. Tetapi, yang keluar dari mulutnya hanyalah, “Memangnya apa tuh?” tanya Jupiter dengan senyum yang manis sekali dan menenangkan.

“Arti dari nama belakang lo itu yang Nabastala adalah langit, sedangkan kalo nama belakang gue yang Bentala itu artinya bumi. Gue iseng cari sesuatu di internet, ternyata gaya gravitasi yang ada di planet Jupiter itu bisa menarik semua benda langit yang bergerak ke arah bumi. Dan berarti Jupiter itu–”

“Melindungi Bentala?” kata Jupiter, ia tersenyum dengan lebar kepada Canora sampai matanya membentuk bulan sabit.

Gue berharap… langit dan bumi diciptakan untuk berpasangan ya, Canora. Di mana ada langit tentunya ada bumi. Bukan untuk dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh.

5. Romantis Boy

 

“Romantis Boy” merupakan novel karangan Hendra Putra, yang juga merupakan penulis dari novel Tears: Berharap Aku Berhenti Menangis KarenamuTears: Berharap Aku Berhenti Menangis Karenamu, Pangeran Kelas, dan #dearmantan.

Novel “Romantis Boy” sendiri mengisahkan cerita cinta ala remaja SMA. Dua tokoh utamanya adalah Sergio dan Karin, dua teman masa kecil yang kembali dipertemukan di bangku SMA. Keseharian keduanya tak luput dari pertengkaran.

Karakter Sergio yang jahil untuk mencari perhatian, dan Karin yang sering dijahili hingga gadis itu sebal, membuat interaksi antara keduanya terlihat menggemaskan. Perkembangan hubungan antara keduanya merupakan cerita yang menarik untuk disimak.

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/145619115-s1ngle?ref=nav_sb_ss_1_6

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy