in

Review Novel Rewrite My Heart Karya Esterspy

Rewrite My Heart – Bisakah aku menulis ulang hatiku? Itulah barangkali kalimat pembuka dalam novel Rewrite My Heart. Buku ini termasuk salah satu kategori novel remaja yang ditulis oleh Ester Sipayung atau yang akrab disapa Eteng oleh keluarganya, dan atau Ey oleh para pembacanya.

Novel yang pertama kali dipublikasi pada aplikasi wattpad ini kini bisa sudah diterbitkan dalam buku cetak. Seperti yang kita tahu, aplikasi wattpad telah menjadi platform yang paling populer di dunia untuk menulis atau sekadar membaca cerita-cerita fiksi.

Jutaan pengguna di seluruh dunia menemukan cerita-cerita yang menarik, dapat berinteraksi langsung dengan penulis dan pembaca lainnya. Dengan wattpad, pengguna dapat menjelajahi berbagai genre cerita seperti fiksi remaja, fantasi, romansa, misteri, hingga cerita horor.

Bahkan beberapa cerita yang bermula dipublikasikan melalui wattpad berhasil diterbitkan menjadi buku hingga diadaptasi menjadi sebuah film atau serial televisi. Tidak sedikit juga penulis muda berbakat Indonesia yang mengawali karirnya melalui aplikasi wattpad.

Ya, salah satunya adalah penulis novel Rewrite My Heart ini. Seorang remaja berusia 16 tahun yang jatuh cinta pada buku, dunia SMA, dan juga musik. Ester Sipayung tersebut kemudian memiliki ide untuk menulis sebuah novel remaja, berangkat dari dirinya yang masih duduk di bangku SMA.

Ester memiliki cita-cita untuk bertemu dan berinteraksi dengan semua pembaca karyanya, travelling keliling dunia dengan keluarga, dan hidup nyaman, sehat, serta terberkati di dalam lindungan Tuhan.

Rewrite My Heart pertama kali terbit dengan cetakan pertama pada Maret 2023. Karena peminat novel remaja selalu banyak, maka novel karangan Ester Sipayung ini kemudian mengalami cetakan ulang kedua pada Mei 2023.

Bagaimana memang cerita yang ditawarkan oleh Ester dalam karyanya yang berjudul Rewrite My Heart ini?

 

Sinopsis dan Review Novel Rewrite My Heart

Rewrite My Heart karya Esterspy atau Ester Sipayung ini memiliki kisah yang unik dengan dua ending. Yang pertama sad ending, dan yang kedua happy ending. Para pembaca bisa memilih sendiri ending yang diinginkan. Novel ini tidak hanya bercerita tentang persahabatan dan jatuh cinta saja, tetapi juga tentang konflik keluarga.

Sepasang sahabat sejak umur mereka tiga tahun memiliki kemampuan otak yang jauh berbeda. Sagara menjadi anak yang berprestasi hingga seding menjadi pemenang ajang olimpiade, sedangkan Kiana tak punya prestasi akademik apapun.

Sampai pada akhirnya, Kiana memiliki tekad untuk memenangkan olimpiade walau banyak sekali persoalan hidup yang menghampirinya. Sampai di suatu titik, Kiana mendengar kabar kecelakan pesawat Sagara, sahabat masa kecilnya, disambung lagi dengan hubungan persahabatan yang renggang karena Sagara harus melanjutkan studinya ke Australia.

The Architecture of Love | Di balik Pena

“Kiananya Saga, Saganya Kiana, Selamanya” begitulah prinsip mereka. Kiana Sharetta Hauri dan Sagara Aiden pertama kali bertemu di Australia saat mereka berumur tiga tahun. Sejak saat itu, mereka berdua bagai pinang dibelah dua, tak dapat terpisahkan. Sagara bahkan sengaja pindah ke Indonesia saat keluarga Kiana kembali ke tanah kelahiran mereka.

Ternyata, persahabatan mereka tidak semulus itu. Kiana selalu diolok-olok karena berbanding terbalik dengan Saga dalam hal akademik dan dikatakan tidak pantas bersahabat dengan Saga. Terlebih lagi dengan kehadiran sang adik kelas, Zayara Audy, kebanggaan sekolah sekaligus murid akselerasi yang jatuh cinta pada Sagara.

Kiana pun lama-lama muak karena selalu menjadi bahan olokan satu sekolah, bahkan guru-gurunya ikut merendahkan Kiana. Apakah persahabat antara Kiana dan Sagara dapat bertahan selamanya? Atau, mereka harus menulis ulang hati masing-masing dan membuka lembaran baru?

 

Kelebihan dan Kekurangan Novel Rewrite My Heart

Pros & Cons

Pros
  • Alurnya mudah untuk diikuti
  • Kisah tentang persahabatan dan terjebak hubungan friendzone yang disampaikan dengan baik
Cons
  • Penggambaran karakter tokoh terlalu banyak lewat narasi sehingga terasa kurang kuat

 

Kelebihan Novel Rewrite My Heart

Novel Rewrite My Heart karya Esterspy ini merupakan novel yang manis dengan alur yang ringan sehingga sangat mudah diikuti dan dipahami. Barangkali karena masuk kategori novel remaja, cerita yang diciptakan oleh Esterspy juga adalah cerita anak remaja.

Tentang persaingan di dunia akademik, persahabatan, hingga jatuh cintanya anak SMA. Kalau kamu pernah terjebak dalam hubungan friendzone, buku ini cocok sekali untuk dibaca. Penggambaran Kiana dan Saga sebagai dua orang yang saling menyukai dan tidak bisa mengungkapkannya disampaikan dengan baik selayaknya hubungan friendzone itu sendiri bagaimana.

Pembaca akan dibawa dengan alur yang seperti maju mundur. Kendati demikian, interaksi antara Kiana dan Saga yang gemas akan membuat pembaca senyum-senyum sendiri. Novel remaja ini juga menyampaikan pesan yang baik. Pesan-pesan yang disampaikan oleh penulis adalah bahwa semua orang itu pintar dengan caranya masing-masing, karena pintar tidak hanya dilihat dari bidang akademik saja, kemudian jangan sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain sehingga lupa dengan potensi diri yang harus dikembangkan.

Kekurangan Novel Rewrite My Heart

Selain memiliki kelebihan, novel Rewrite My Heart ini juga memiliki kekurangan. Meskipun dalam teknik penulisan penggambaran tokoh bisa melalui narasi, dialog, atau bahkan sikap tokoh. Akan tetapi, di dalam novel ini penggambaran tokoh yang kebanyakan melalui narasi membuat karakter si tokoh menjadi terasa kurang kuat.

 

Penutup

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam novel Rewrite My Heart. Novel remaja karangan Esterspy ini bagus untuk dibaca, terutama bagi kamu yang masih duduk di bangku SMA. Karena cerita yang diciptakan oleh penulis dalam buku ini tidak jauh dari bagaimana ruang lingkup kehidupan anak-anak SMA pada umumnya.

Apakah Grameds masih penasaran dengan akhir cerita dari novel Rewrite My Heart? Yuk, langsung dapatkan bukunya di gramedia.com, ya. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Melani Wulandari

 

Rekomendasi Buku Terkait

Antares

 

Novel ini bercerita tentang Antares Sebastian Aldevaro yang biasa dipanggil Antares atau Ares dan Zeanne Queensha Bratadikara yang kerap dipanggil Zea. Antares bercerita tentang dua remaja SMA yang bergabung dalam klub motor, dan seiring berjalannya waktu mereka saling jatuh cinta.

Antares diceritakan memiliki paras yang tampan bak dewa-dewa dalam mitologi Yunani, sementara Zea adalah seorang siswa pindahan dari Bandung yang berwajah cantik. Novel ini bukan hanya tentang Antares yang bertemu dengan Zea si gadis lugu dan polos. Karena dibalik wajah cantiknya, Zea menyimpan rapat sejuta rahasia yang tak terduga.

 

Love Scenario

 

Novel ini bercerita tentang Syakila, sejak kepindahannya ke SMA Komet ia dibenci tanpa sebab oleh cowok paling keren seantero penjuru sekolah. Cowok itu adalah Marco. Setiap kali mereka bertemu dalam kondisi apapun ada saja hal yang diributkan oleh mereka. Keributan itu terus berlangsung setiap hari.

Venus, teman Marco bahkan memberikan sebuah usulan “cara paling mudah membunuh seseorang adalah dekati, buat jatuh cinta, lalu tinggalkan”. Marco yang awalnya tidak percaya dengan cara tersebut akhirnya tetap melakukannya hingga ia terjebak dengan permainannya sendiri.

 

Cake Shop

Pukul delapan malam, Zora mondar-mandir tidak karuan di kamar tidur apartemennya yang temboknya dicat berwarna putih keabuan. Ia bergumam sendiri, “Sehari nggak nge-stalk Kak Marel?” sambil menjatuhkan diri ke Kasur.

Novel ini bercerita tentang Zora Marjorie yang membuat akun cake shop palsu untuk memantau crushnya bernama Marelio Alexander. Ide itu datang karena cowok yang disukai Zora menggunakan aplikasi premium di mana ia bisa mendeteksi orang-orang yang mengunjungi profilnya di Instagram. Tidak disangka, justru Zora bertemu dengan Ezio Arcello, pelanggan pertamanya dan menjadi awal mula perjalanan kisah keduanya.

 

Hold Me

 

Novel yang telah dibaca sebanyak 9 juta kali di Wattpad tersebut menceritakan tentang pertemuan yang tidak disengaja antara Sofia dan Adrian. Pertemuan tak disengaja itu justru membuat mereka semakin dekat hingga benih-benih cinta memenuhi hati keduanya.

Namun, hari-hari bahagia tersebut ada yang mengusik. Yaitu Dion, sahabat Sofia yang marah besar ketika mengetahui bahwa Sofia menjalin hubungan dengan Adrian. Ada kebohongan dan kejadian yang membuat mereka saling menyakiti, terluka, dan akhirnya menjauh. Akankah cinta keduanya kembali Bersatu?

 

My Lecture, My Husband

 

My Lecture, My Husband adalah novel yang menceritakan tentang kehidupan seorang mahasiswa bernama Inggita Almira Arundati yang mengalami kehidupan barunya bersama Sadewa Bentara Arya, seorang dosen yang terkenal kaku dan galak di kampusnya, bahkan dinobatkan sebagai kanebo kering dan sudah Inggrita sumpahi agar hidupnya selalu susah.

Inggita dan Arya menjalani kehidupan perjodohan Bersama dosen galak tersebut di belakang sahabat-sahabatnya. Bersama novel ini juga sedikit banyak memberikan gambaran kepada pembaca tentang dunia perkuliahan dan harus terlibat dengan sosok dosen perfeksionis. Penulis novel My Lecture, My Husband ini menggunakan bahasa yang santai dan ringan sehingga mudah dimengerti. Novel ini juga telah diadaptasi dalam sebuah serial televisi dengan judul yang sama.

 

Dikta & Hukum

 

Novel Dikta & Hukum merupakan sebuah karya fanfict dengan menjadikan orang nyata sebagai tokoh cerita seperti artis atau idol terkenal. Identitas tokoh dalam cerita akan berbeda karena hanya sebuah imajinasi atau fantasi saja. Novel Dikta & Hukum menceritakan tentang seorang tokoh bernama Dikta yang merupakan mahasiswa hukum tingkat akhir di sebuah universitas ternama dan menjadi salah satu mahasiswa terpintar.

Dikta merupakan tokoh idaman semua wanita karena penggambarannya yang sempurna. Ia kaya, rajin, pintar, baik, penyayang dan tentunya berparas tampan. Di sisi lain terdapat tokoh bernama Nadhira yang merupakan anak SMA kelas 12 dengan karakter berbanding terbalik dengan Dikta, pemalas dan mageran. Nadhira dikenal sebagai orang yang banyak mau, keras kepala dan suka mengeluh. Berbeda dengan image Dikta yang dikenal sebagai sosok yang serius dan disiplin.

Siapa sangka jika Dikta dijodohkan dengan gadis SMA bernama Nadhira itu dengan sifat dan watak mereka yang amat sangat berbanding terbalik bagai langit dan bumi. Demi menjaga perasaan kedua orang tuanya, mereka terpaksa harus terjebak dalam hubungan yang semakin rumit ini.

Seiring berjalannya waktu, Nadhira mulai menaruh rasa suka pada Dikta dan benar saja kali ini Nadhira benar-benar jatuh cinta pada sosok yang sejak dulu hanya dianggapnya sebagai kakak. Meskipun begitu kisah percintaan mereka yang rumit akan dibahas dan rahasia-rahasia Dikta yang selama ini dipendam akan mulai terungkap.

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy