in

Review Novel The Underling Purpose

The Underling Purpose – Novel seri terakhir dari The Broadcasting Series karya Aranindy. Novel yang menceritakan tentang survival game dan diisi dengan banyak teka-teki yang akan membuat kamu penasaran!

Cerita yang disajikan juga tidak kalah seru dibandingkan seri sebelumnya. Survival game dalam novel ini akan semakin menegangkan. Akan terdapat 12 pemain di dalam acara itu dan diharuskan berpasangan. Novel ini akan berpusat pada romance dan kerja sama tim.

Kali ini kita akan membahas mengenai isi dari novel The Underling Purpose karya Aranindy. Yuk, simak kelanjutan kisah romance dan kerja sama tim yang dikemas dalam novel ini ya!

 

Sinopsis Novel The Underling Purpose

Diceritakan Mishmash Tower (MMT),sebuah reality show terbaru yang dibuat oleh Soma TV dari stasiun swasta di Indonesia. Acara tersebut merupakan gabungan dari speed dating, survival show, serta kerja sama tim.

Terdapat 12 pemain terpilih yang akan dikurung di lantai paling atas dalam sebuah gedung misterius. Misi mereka adalah mengharuskan berpasangan dan melewati berbagai tantangan agar sampai di lantai dasar.

Setiap tantangan yang mereka lewati ada di setiap lantai sehingga membuat mereka harus menghadapinya terlebih dahulu. Mereka akan melakukan berbagai cara untuk menyelesaikan tantangan tersebut.

Di tengah taktik, pengkhianatan maupun rahasia. Siapakah yang akan menjadi pemenangnya?

 

Review Novel The Underling Purpose

Novel The Underling Purpose merupakan karya Aranindy. Novel ini merupakan seri kelima atau terakhir dari The Broadcasting Series. Berbagai tantangan yang harus dihadapi pemain juga semakin susah dan tidak waras. Hal itu membuat novel ini menjadi menegangkan.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Walaupun ada tema romance dalam novel ini, tetapi penulis tidak terlalu menonjolkan kisah romance antar pemain. Penulis lebih menonjolkan cara pemain harus menghadapi tantangan di setiap lantai.

Jalan cerita yang ditampilkan juga sangat seru sehingga akan membuat pembaca ketagihan dan menyukai novel ini. Walaupun Keyandra dan Kegan yang menjadi sorotan utama dalam cerita ini, tetapi penulis tidak pilih kasih terhadap pemain lain.

Hal itu ditunjukan bahwa selain mereka berdua, pemain lain juga mendapatkan kesempatan untuk memenangkan setiap tantangan. Tentu saja persaingan antar tim benar-benar sangat ketat, tetapi hal itu yang membuat novel ini semakin seru.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Jalan cerita yang menarik
  • Setiap karakter dalam cerita dibuat dengan porsi yang merata
Cons
  • Banyak tokoh dalam novel memiliki nama yang hampir mirip

 

Setiap novel pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating novel The Underling Purpose karya dari Aranindy.

Kelebihan dalam novel ini adalah jalan cerita yang menarik. Diceritakan adanya sebuah reality show yang membuat tema tentang survival game. Terdapat 12 orang yang mengikuti acara itu dan harus berpasangan.

Dari sini lah kita akan melihat berbagai cara yang dilakukan setiap pasangan agar dapat menjadi juaranya. Setiap tantangan juga sangat seru dan menegangkan sehingga pembaca akan menyukai cerita ini.

Lalu, setiap karakter dalam cerita dibuat dengan porsi yang merata. Karakter utama dalam cerita ini adalah Keyandra dan Kegan. Biasanya penulis lain akan membuat karakter utama menjadi hal yang paling ditonjolkan di dalam cerita. Tetapi berbeda dengan di dalam novel ini.

Setiap tokoh mendapatkan kesempatan untuk menang di berbagai tantangan. Sehingga tokoh-tokoh di dalam cerita mendapatkan porsinya masing-masing dengan baik.

Kekurangan dalam novel ini adalah banyak tokoh di dalam novel memiliki nama yang hampir mirip. Jika kamu tidak memiliki daya ingat yang kuat, pastinya harus membaca novel ini dengan seksama agar mengetahui tokoh secara mendalam. Namun, novel ini sangat seru untuk kamu yang menyukai tema survival game.

Novel ini mendapatkan rating yang cukup tinggi. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 4.48 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca sangat menyukai jalan cerita yang ada di dalam novel ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai novel The Underling Purpose karya dari Aranindy. Novel ini memiliki jalan cerita yang menarik sehingga mendapatkan rating yang cukup bagus dari pembacanya.

Kisah seru mengenai reality show bertemakan survival game akan membuat kamu ketagihan untuk membaca novel ini. Banyak teka-teki yang membuat para pembaca penasaran siapa yang menjadi juara di dalam acara itu.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah seru dan menegangkan yang ada di dalam novel ini, kamu dapat membaca novel ini dengan membelinya toko Gramedia terdekat atau bisa mendapatkannya di gramedia.com ya!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Novel

1. The Paragon Plan

 

Novel The Aragon Plan merupakan karya dari Aranindy. Novel ini menceritakan kisah seorang aktor jenius, Elgar Birendra yang menjadi tokoh utama pria di film Estuaria. Melalui program finding Estuaria, ia mendapatkan tugas untuk mencari aktris yang akan menjadi lawan mainnya di film tersebut.

Terdapat tiga aktris yang menjadi kandidat film, yaitu Felli Kusuma yang ceria, Arin Putri yang sifatnya dingin, dan Katyana Magani yang berkepribadian anggun. Ketiganya merupakan aktris terkenal yang akan berlomba untuk mendapatkan peran sebagai Gisha, tokoh utama di dalam film.

Namun di antara ketiganya, salah satunya berhasil mengusik Elgar karena diam-diam memiliki kebusukan yang sama sepertinya. Sang asisten produser, Tomi mengistirahatkan dirinya sejenak dan berpikir apakah audisi semacam ini akan sukses atau tidak. Bagaimana kelanjutan dari acara tersebut?

 

2. The Antagonist Program

 

Novel The Antagonist Program merupakan karya lainnya dari Aranindy. Novel ini menceritakan Galen Devabrata dan Mari Sahir sebagai pemeran utama dalam program acara Sang Ratu Pilihan. Banyak orang yang berpendapat bahwa keduanya merupakan protagonis dalam acara tersebut.

Namun, kehadiran Elora Pratista sebagai tokoh antagonis mengacaukan pikiran Galen. Dalam waktu empat bulan mereka harus terus bersama. Galen merasa dilema dengan pilihan yang ada di depan matanya. Siapakah yang akan dipilih oleh Galen?

Apakah Mari si protagonis yang telah menjadi temannya sejak kecil? Atau Elora si antagonis yang banyak menyimpan rahasia?

Tahukah kamu mengapa tokoh antagonis susah matinya? Hal itu dikarenakan ia punya tugas untuk membuat karakter lain menderita terlebih dahulu. Antagonis tidak akan mati sebelum tugasnya terlaksana dengan baik.

 

3. Little Women: Gadis-Gadis March

 

Novel Little Women: Gadis-Gadis March merupakan karya Louisa May Alcott. Dikisahkan empat perempuan kakak beradik yang tinggal di sebuah rumah sederhana. Ayah mereka menjadi prajurit perang saudara di Washington sehingga membuat mereka hanya hidup dengan ibunya.

Empat anak perempuan tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda. Meg adalah anak tertua yang feminim, Jo anak kedua yang tomboy, Beth anak ketiga yang penurut, dan Amy anak keempat yang senang melukis. Kesehari-harian mereka digunakan untuk belajar, bekerja dan menunggu kabar dari ayahnya.

Novel ini merupakan novel sastra klasik asal Amerika yang terbit pertama kali di tahun 1869. Novel ini sangat populer sehingga banyak yang menerjemahkan ke dalam bahasa asing lainnya. Bagi kamu yang penasaran dengan kehidupan keluarga March, kamu dapat membeli novel ini toko Gramedia terdekat ya!

 

4. The Confidante Plot

 

Novel Confidante Plot merupakan karya Aranindy. Novel ini menceritakan tentang sebuah program televisi bernama Paradoks Cermin dari Soma TV. Acara itu merupakan reality show suspense – dating game show yang berisi peran-peran penting yaitu confidante atau si penengah, karakter protagonis male lead dan female lead, karakter antagonis, serta karakter pendukung lainnya.

Tujuan utama diadakannya Paradoks Cermin adalah mempersatukan pemeran utama pria dan wanita di babak final. Namun, dengan adanya karakter antagonis yang bertugas mengganggu protagonis akan menambah ketegangan di dalam villa. Ditambah komentar dari netizen dan kebisingan di belakang layar yang akan membuat semakin tegang.

Dalam waktu tiga bulan, mereka semua akan ditempatkan di private villa dan menyembunyikan karakter masing-masing yang diperankan. Adanya manipulasi, persaingan, dan trik lainnya akan hadir dalam Paradoks Cermin.

 

5. Animal Farm

 

Novel Animal Farm merupakan karya dari George Orwell. Novel ini menceritakan sebuah alegori politik yang diperankan oleh hewan-hewan peternakan. Hewan-hewan tersebut melakukan pemberontakan karena menginginkan dunia yang bebas dan adil.

Namun, pemberontakan tersebut menjadi tidak baik dikarenakan dipimpin oleh para babi yang diktator. Novel ini dianggap sebagai sebuah kritik terhadap pemerintahan Uni Soviet ketika dijabat oleh Stalin dan negara-negara lain yang kepemimpinannya diktator. Novel ini sempat dilarang beredar di Uni Soviet pada masa perang dingin.

Novel ini menjadi salah satu dari 100 novel terbaik (1923 – 2005). Novel Animal Farm menempati urutan ke-31 di dalam daftar perpustakaan modern pada abad ke-20. Sehingga novel ini layak dibaca karena memiliki alur cerita yang bagus.

 

6. Semu (Fake)

 

Semu (Fake) merupakan novel dengan alur yang mendebarkan tentang identitas dan kehidupan digital kita. Bayangkan sebuah dunia di mana satu-satunya teman Anda adalah virtual, dan perusahaan teknologi besar mengontrol akses ke makanan, perawatan kesehatan, dan rekreasi.

Ini adalah dunia Jess. Namun saat menginjak usia empat belas tahun, Jess bisa bersekolah bersama anak-anak lain untuk pertama kalinya. Kebanyakan dari mereka membenci dunia ‘nyata’, tetapi Jess mulai mempertanyakan apakah dunia digital itu ‘sempurna’.

Kembali ke rumah, obat penyelamat hidup adiknya Chloe semakin mahal. Bertekad untuk membantu, Jess mempertaruhkan segalanya dengan menggunakan keterampilan yang dilarang di dunia maya, hanya untuk tersandung pada sesuatu yang eksplosif. Sesuatu yang akan menjungkirbalikkan seluruh dunianya. Terserah Jess untuk mencari tahu apa yang asli, dan apa yang palsu – kelangsungan hidup Chloe bergantung padanya.

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/123026591-the-underling-purpose

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy