in

Review Buku Hidup Sederhana: Hadir di Sini dan Saat Ini

Akhir-akhir ini, semakin banyak permasalahan yang dihadapi, semakin banyak pula pikiran rumit yang kita rasakan. Contohnya seperti saat kita memikirkan masa depan, pekerjaan, dan lain sebagainya sehingga membuat kita memandang hidup kita itu sangat complicated. Sebenarnya, cara kita memandang hidup itu sangat berpengaruh dengan kegiatan kita sehari-hari loh, Grameds.

Apabila kita memandang hidup dengan negatif dan rumit, maka kita pun akan menjalani hari dengan kerumitan, begitu pun sebaliknya. Untuk menghindari hidup yang rumit, yuk kita mulai hidup secara sederhana. Memiliki pandangan hidup sederhana dapat membuat pikiran kita menjadi lebih jernih dan dapat merasakan keindahan dan keberkahan yang telah Tuhan berikan kepada kehidupan kita.

Artikel kali ini akan membahas tentang buku karya Desi Anwar yang berjudul Hidup Sederhana: Hadir di Sini dan Saat ini. Di buku ini akan dijelaskan bagaimana agar kita dapat memandang hidup secara sederhana dan sebagai renungan untuk kita semua agar dapat menjalani hidup dengan lebih relax.

 

Tentang Buku Hidup Sederhana: Hadir di Sini dan Saat Ini

Buku karya Desi Anwar ini diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama pada tanggal 30 Juni tahun 2019. Hidup Sederhana: Hadir di Sini dan Saat Ini merupakan buku keempat yang ditulis oleh penulis dan seorang jurnalis bernama Desi Anwar. Buku ini merupakan kumpulan dari hasil renungan, pemikiran, dan pengalaman Desi Anwar untuk menjalani hidup yang sederhana.

Selain itu, karya Desi Anwar ini memiliki 194 halaman dan 53 bab yang ditulis dengan sangat menarik. Setiap judul bab di buku ini menjelaskan bahwa hidup sederhana itu dimulai dari diri kita sendiri dan diikuti oleh lingkungan sekitar. Tanpa membuang waktu lagi, cus kita langsung ke bagian sinopsis dari buku karya Desi Anwar ini yuk, Grameds!

 

Sinopsis Buku Hidup Sederhana: Hadir di Sini dan Saat ini

Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama ini berisi tentang renungan serta pemikiran yang telah ditulis berdasarkan pengalaman Desi Anwar. Di buku ini, Desi menuliskan pengalaman hidup, kenangan masa kecil, pandangan hidup, dan kebiasaan yang biasa dilakukannya dalam menghadapi hal-hal rumit yang datang di kehidupan sehari-harinya.

Selain itu, buku ini juga berisi renungan untuk kita sebagai manusia yang kadang lupa untuk bersyukur kepada Tuhan karena terlalu sibuk dengan rutinitas. Terkadang, kita juga jarang menyisihkan waktu untuk beristirahat dan menstabilkan kesehatan jiwa maupun raga dari aktivitas yang melelahkan. Hal tersebut terlihat sepele, tetapi hal sepele tersebut cukup sulit dilakukan apabila kita tidak sengaja menyempatkan waktu untuk diri kita sendiri.

Buku ini hadir untuk menyadarkan kita bahwa aktivitas-aktivitas itulah yang sebenarnya dapat membantu kita untuk bisa memandang hidup menjadi sederhana dan lebih memaknai kehidupan. Sebagai manusia, kita suka sekali membuat hidup yang sederhana menjadi rumit, seperti hidup yang penuh dengan harap, penuh dengan rasa cemas, dan penuh dengan rasa takut, sehingga membuat kepala ingin pecah.

Selain itu, kita juga suka sekali membiarkan diri kita dibayang-bayangi masa lalu dan membiarkan diri kita mencemaskan masa depan dan kita mengabaikan masa sekarang. Di dalam buku ini juga akan menyadarkan kita betapa pentingnya menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terkasih sehingga hal-hal kecil tersebut dapat membuat hidup kita jauh lebih penting dan bermakna.

 

Review Buku Hidup Sederhana: Hadir di Sini dan Saat Ini Karya Desi Anwar

Setelah mengetahui sinopsis dari buku karya Desi Anwar yang berjudul Hidup Sederhana: Hadir di Sini dan Saat ini, yang akan dibahas di artikel ini adalah review mengenai buku tersebut. Menurut Yoseph Budi Kurniawan, buku ini walaupun menggunakan bahasa baku, tetapi memiliki tata bahasa yang tertulis rapi dan mudah dipahami oleh pembaca.

Selain berisi pengalaman dan renungan dari penulis, buku ini juga disertai dengan hasil foto-foto yang diambil oleh penulis dari berbagai penjuru dunia sehingga membuat buku ini lebih menarik. Hasil foto yang dilampirkan tersebut membuat para pembaca seolah merasakan setiap momen kesederhanaan yang sudah disediakan oleh dunia dan dapat mengajak pembaca untuk merenungi sebuah makna kehidupan bahagia yang sebenarnya berada di sekitar kita tanpa kita sadari.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jumlah halaman di setiap bab dari buku ini juga tidak terlalu panjang sehingga tidak perlu menghabiskan waktu terlalu banyak untuk membaca dan tidak membuat pembaca bosan. Melalui tulisannya di buku ini, Desi membagikan renungan dan pengalamannya dalam menjalani hidup sederhana tanpa menggurui pembaca, ia menuliskan pengalaman kebahagiaannya dengan teknik story telling dengan yang rapi.

Menurut Wafa Hanifah, buku karya Desi Anwar ini mengajarkan kita bahwa banyak hal kecil yang perlu kita syukuri untuk mendekatkan kita pada tujuan-tujuan yang ingin diraih, seperti membuat menikmati teh di pagi hari, membuat jurnal harian, merawat tanaman di sore hari, meluangkan waktu untuk olahraga, dan menikmati keindahan alam yang sudah disediakan oleh Tuhan.

Di buku ini juga dijelaskan bahwa melakukan leyeh-leyeh atau bersantai adalah hal yang normal untuk kita lakukan di sela melakukan rutinitas yang melelahkan agar kita dapat mengisi kembali energi yang telah terbuang, sehingga kita dapat kembali bersemangat.

Namun, terdapat beberapa bab yang materinya terlalu umum dan cukup membosankan, tetapi buku ini tetap berhasil membuat pembaca mengerti dan tertarik dengan apa yang penulis tulis. Buku ini cocok untuk dibaca oleh semua kalangan untuk menambah wawasan betapa pentingnya hidup secara sederhana.

Kelebihan dan Kekurangan

Pros & Cons

Pros
  • Memiliki tata bahasa yang rapi dan mudah dipahami oleh pembaca.
  • Dapat membuka pikiran pembaca bahwa memiliki pemikiran hidup sederhana itu sangat penting.
  • Jumlah halaman yang tidak terlalu panjang di setiap babnya tidak membuat pembaca bosan.
Cons
  • Terdapat beberapa bab yang materinya terlalu umum sehingga cukup membosankan

 

Tentang Desi Anwar dan Karya-karyanya

Sumber: Wikipedia.org

Perempuan yang memiliki nama lengkap Desi Anwar ini merupakan seorang penulis dan seorang presenter berita kelahiran Bandung, 11 Desember 1962. Desi Anwar adalah anak ketiga dari pasangan suami istri Khaidir Anwar dan Wahidar. Ia memiliki dua kakak yang bernama Dewi Fortuna Anwar dan Sri Danti Anwar.

Kedua orang tua Desi memiliki profesi sebagai seorang akademisi dan seorang ilmuwan.    Selama menjadi seorang presenter, Desi pun memiliki beberapa penghargaan loh, Grameds. Apa saja si  penghargaan-penghargaan yang didapat oleh Desi Anwar? Penghargaan tersebut, yaitu Penghargaan Pembawa Acara Berita Terbaik yang diadakan oleh Tabloid Citra pada tahun 1994-1997, Penghargaan Pembawa Acara Berita Terbaik yang diadakan oleh Panasonic Awards pada tahun 1997 dan 1998, Penghargaan Kandidat Pembawa Acara Berita Terbaik yang diadakan oleh Asian Television Awards pada tahun 1998.

Selain menjadi seorang pembawa acara, Desi juga memiliki hobi jalan-jalan dan fotografi. Dari hobinya tersebut, ia pun membuat karya yang berjudul A Romantic Journey: Notebook of A Traveller. Desi Anwar mengawali kariernya sebagai pembawa acara di stasiun televisi RCTI untuk membawakan acara berita Nuansa Pagi, Seputar Indonesia, Buletin Siang, dan Buletin Malam.

Pekerjaan tersebut ia jalani hingga tahun 1999 lalu ia memutuskan untuk pindah ke situs portal berita Astaga.com. Setelah setahun tidak bekerja di dunia televisi, Desi kembali masuk ke dunia redaksi televisi di tahun 2000 dan bergabung dengan stasiun berita pertama di Indonesia, yaitu stasiun berita Metro TV. Di stasiun televisi Metro Tv, ia memiliki jabatan sebagai GM Marketing and Business Development.

Selain kerjaannya sebagai GM Marketing, Desi pun sesekali ikut tampil untuk membawakan acara di Metro TV, seperti acara Economic Challenges with Desi Anwar dan Face to Face with Desi Anwar. Lalu, ia bergabung di stasiun televisi swasta CNN Indonesia yang resmi mengudara pada tanggal 17 Agustus 2015, tepat dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70 sebagai Jurnalis dan Dewan Redaksi.

Di stasiun televisi tersebut, ia membawakan acara Insight with Desi Anwar yang pernah juga ditayangkan di stasiun televisi Trans7 untuk edisi khusus Presiden Joko Widodo serta Jejak Petualang. Selain itu, ia juga turut membawakan program CNN Indonesia News Report dan CNN Indonesia Prime bersama Alfito Deannova Gintings di stasiun Trans TV saat awal kemunculan CNN Indonesia.

Selain buku Hidup Sederhana: Hadir di Sini dan Saat ini, Desi Anwar juga memiliki karya-karya lain yang tak kalah menarik loh, Grameds. Berikut beberapa karya Desi Anwar yang cocok dijadikan teman santai di sela kegiatan yang cukup melelahkan.

1. Hidup Sederhana (2014)

 

2. Lima Cerita: Kisah-Kisah Menjadi Dewasa (2019)

 

Di buku ini, Desi Anwar menuliskan rangkaian cerita pendek yang membawa kita merasakan kumpulan emosi yang biasa kita rasakan dalam menghadapi hidup, seperti pada saat menghadapi kematian, menghadapi proses pendewasaan, menghadapi jatuh cinta, dan menghadapi rasa patah hati.

3. Going Offline (2020)

 

Buku ini mengajak kita para pembaca untuk sejenak meletakkan gadget yang selalu kita gunakan 24/7 dan menemukan kembali kesenangan sederhana yang kita dapatkan di kehidupan nyata.

4. Offline: Finding yourself In The Age of Distractions

 

Buku yang ditulis menggunakan bahasa Inggris ini menjelaskan kepada pembaca bahwa banyak yang dapat kita rasakan dan nikmati di kehidupan nyata bersama orang-orang terdekat dibandingkan menghabiskan waktu di dunia maya.

  1. The Art of Solitude (2021)

Sumber: Gramedia.com

 

Buku yang ditulis menggunakan bahasa Inggris ini menjelaskan kepada pembaca bahwa kesendirian bukanlah suatu hal yang menakutkan atau penderitaan yang harus ditakuti dan dihindari. Dengan kesendirian, dapat memberikan seni yang mencerahkan sekaligus menyembuhkan untuk jiwa-jiwa yang sedang lelah.

 

Penutup

Setelah membaca seluruh artikel ini dari awal sampai akhir, kira-kira yang mana nih buku karya Desi Anwar yang membuat Grameds penasaran sehingga membuat Grameds ingin membeli buku tersebut? Buku Hidup Sederhana: Hadir di Sini dan Saat Ini cocok dibaca oleh semua kalangan untuk menambah wawasan betapa pentingnya hidup secara sederhana.

Buku tersebut bisa Grameds dapatkan di web Gramedia.com dan jangan sampai menyesal karena kehabisan ya! Buku karya Desi Anwar yang lain juga tersedia loh di Gramedia.com. So, jangan sampai kelewatan karena akan banyak promo yang menanti Grameds! Produk yang tersedia dijamin berkualitas, pengiriman cepat, dan pastinya 100% original. Yuk, tunggu apa lagi Grameds, segera dapatkan novel-novel yang sudah menanti untuk Grameds miliki dan dapatkan di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Tasya Salsabila

Sumber rujukan: 

  • Gramedia.com
  • https://www.goodreads.com/id/book/show/23637985
  • https://pembangunansosial.fisipol.ugm.ac.id/review-buku-hidup-sederhana-hadir-di-sini-dan-saat-ini/
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Desi_Anwar

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy