in

Review Novel Kisah Misteri Enola Holmes – Misteri Nona Bertangan Kidal

Enola Holmes: The Case of the Left Handed Lady – Kisah Misteri Enola Holmes – Misteri Nona Bertangan Kidal – Apakah kamu tahu siapa itu Enola Holmes? Bagi kamu yang menyukai cerita bertemakan misteri pasti sudah tidak asing lagi dengan tokoh Enola. Enola Holmes merupakan adik perempuan dari Mycroft dan Sherlock Holmes.

Novel ini akan menceritakan kisah perjalanan Enola Holmes yang ingin menjadi seorang detektif. Namun, keinginannya itu mendapatkan pertentangan dari sang kakak tertua, Mycroft. Tetapi, Enola tentu saja tidak menyerah begitu saja pada impiannya. Sehingga ia pun berusaha menjadi detektif untuk menyelesaikan kasus dengan caranya sendiri.

Walaupun masih muda, Enola merupakan perempuan yang cerdas sama seperti kedua kakaknya. Pada kali ini, Enola harus menyelidiki sebuah kasus seorang putri bangsawan yang menghilang. Bisakah Enola menemukan putri bangsawan tersebut?

Mari kita bahas novel Kisah Misteri Enola Holmes: Misteri Nona Bertangan Kidal karya Nancy Springer. Yuk, bahas novel ini secara ringkas ya!

 

Sinopsis Novel Kisah Misteri Enola Holmes: Misteri Nona Bertangan Kidal

Kisah Enola Holmes yang menyamar sebagai Ivy Meshle. Ivy Meshle merupakan seorang sekretaris muda, ia menyamar untuk mendapatkan informasi mengenai putri bangsawan yang menghilang.

Putri bangsawan tersebut sudah menghilang sejak beberapa waktu yang lalu. Tetapi, Enola menemukan banyak keanehan dalam kasus ini. Ketika ia membaca buku diary dari nona itu, mengapa ditulis dari arah sebaliknya? Lalu bagaimana Enola merasa suara hatinya bisa disuarakan saat membaca buku diary tersebut?

Putri bangsawan itu bernama Lady Cecily. Di sisi lain, Sherlock Holmes menemukan sebuah kode dan berhasil memecahkannya. Kode tersebut merupakan yang biasa dipakai oleh Enola dan ibunya untuk berkomunikasi, sehingga ia berusaha untuk menemukan adik perempuannya itu!

Lalu, apakah kode itu berhasil untuk memecahkan masalah? Yuk, biar nggak penasaran lagi langsung dapatkan bukunya di gramedia.com, ya.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

 

Review Novel Kisah Misteri Enola Holmes: Misteri Nona Bertangan Kidal

Novel Kisah Misteri Enola Holmes: Misteri Nona Bertangan Kidal karya Nancy Springer. Novel Enola seri kedua ini lebih menceritakan misteri yang disajikan dibandingkan dengan novel yang sebelumnya. Sehingga pembaca akan difokuskan pada cara Enola menyelidiki misteri dalam cerita.

Kali ini Enola sedang menyelidiki sebuah kasus putri bangsawan yang menghilang dan ia harus segera menemukan bangsawan itu. Selain menyelidiki kasus, ia juga harus bersembunyi dari kedua kakaknya, yaitu Mycroft dan Sherlock yang terus mencarinya.

Enola sendiri melarikan diri dari asrama perempuan karena ingin bebas dan mencari ibunya yang tiba-tiba menghilang. Cara Enola bersembunyi dari kedua kakaknya juga sangat menghibur karena harus menyamar agar tidak ketahuan.

Petualangan Enola kali ini akan jauh lebih seru dibandingkan dengan seri sebelumnya. Berbagai rintangan harus dihadapinya agar berhasil menemukan putri bangsawan yang menghilang!

 

Profil Penulis

Novel Kisah Misteri Enola Holmes: Misteri Nona Bertangan Kidal karya Nancy Springer. Ia lahir pada 5 Juli 1948. Ia merupakan seorang penulis fantasi, sastra, misteri, dan fiksi ilmiah dari Amerika Serikat. Karyanya yang berupa novel Larque On The Wing pernah memenangkan Tiptree Award pada tahun 1942.

Selain itu, ia menerima penghargaan dari Edgar Award dari Mystery Writers of America untuk novelnya yang berjudul Toughing It pada tahun 1995 dan Looking for Jamie Bridger pada tahun 1996. Ia sudah menulis lebih dari 50 buku selama karirnya.

Ia menulis novel Enola Holmes pertama kali pada tahun 2006 dan memiliki 7 sekuel. Novel Enola Holmes juga tak kalah populer dengan karyanya yang lain. Bahkan, Enola Holmes sudah diadaptasi ke film layar lebar.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Karakter dalam cerita sangat mendidik
  • Jalan cerita yang sederhana
Cons
  • Alur cerita agak lambat

 

Setiap novel pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating novel Enola Holmes: Misteri Nona Bertangan Kidal karya Nancy Springer.

Kelebihan dalam novel ini adalah karakter dalam cerita sangat mendidik. Di dalam cerita memperlihatkan karakter Enola yang terus berusaha untuk mengejar impiannya dengan caranya sendiri. Karakter Enola juga sangat mandiri dan peduli dengan sesama.

Lalu, jalan cerita yang sederhana. Jalan cerita yang disajikan dalam novel ini juga sederhana. Perjalanan kisah Enola yang ingin menjadi detektif muda dan harus melewati tantangan yang mengganggunya akan membuat pembaca menyukai jalan cerita novel ini.

Kekurangan dalam novel ini adalah alur cerita agak lambat. Dibandingkan seri novel sebelumnya, novel ini memiliki alur yang agak lambat karena penyelidikan kasus yang dilakukan Enola cukup banyak hal yang perlu dicari agar kasus tersebut cepat selesai. Namun, petualangan Enola dalam mencari putri bangsawan itu tetaplah sangat seru.

Novel ini mendapatkan rating yang cukup tinggi. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 4.01 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca sangat menyukai jalan cerita yang ada di dalam novel ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai novel Enola Holmes: Misteri Nona Bertangan Kidal karya dari Nancy Springer. Novel ini memiliki jalan cerita yang menarik sehingga mendapatkan rating yang cukup tinggi dari pembacanya.

Kisah seru perjalanan Enola Holmes menyelesaikan kasus akan membuat kamu penasaran. Berbagai misteri dan tantangan yang harus dilewati untuk menemukan putri bangsawan yang hilang tentunya akan membuat kamu menyukai jalan cerita di dalam novel ini.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah seru dan menegangkan yang ada di dalam novel ini, kamu dapat membaca novel ini dengan membelinya toko Gramedia terdekat ya!

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Novel

1. Melangkah

 

Novel Melangkah merupakan karya JS. Khairen. Novel ini memiliki tema petualangan di Indonesia. Selain itu, penulis juga menambahkan imajinasi di dalam ceritanya. Novel ini menceritakan tentang lampu padam di seluruh Pulau Jawa dan Bali secara misterius. Sebuah ancaman yang nyata kekuatan baru yang akan menguasai Nusantara.

Pada waktu bersamaan, ada empat sahabat yang baru saja mendarat di Sumba untuk mendapati nasib banyak manusia ada di tangan mereka berempat. Empat sahabat itu juga melawan pasukan berkuda yang memiliki kekuatan listrik. Tidak hanya itu, mereka juga harus melawan buronan bertopeng tingkat tinggi yang mempunyai rencana mengerikan.

Novel ini berisi seputar kisah tentang persahabatan, lalu ego anak dengan orangtua, dan logika serta perasaan. Apakah yang akan terjadi selanjutnya dengan mereka semua?

 

2. Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi

 

Novel Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi merupakan karya Nancy Springer. Sepucuk surat datang di Ferndell Hall untuk Enola Holmes. Tampaknya, Enola akan mengungkapkan teka-teki besar yang selama ini mengikutinya di dalam setiap perjalanannya.

Dengan ornamen gipsi, ia merasa yakin bahwa surat tersebut dari ibunya yang ditujukan untuknya. Lalu, Dr. Ragostin masih memiliki kasus yang harus diselesaikan. Duque Luis del Campo telah kehilangan istrinya secara misterius. Perempuan itu telah masuk ke dalam stasiun kereta bawah tanah di Baker Street, namun tidak pernah keluar lagi dari sana.

Di dalam novel ini, Enola tidak hanya bergerak untuk orang yang membutuhkan pertolongannya saja. Tetapi, ia mulai terbuka untuk orang-orang di sekitarnya dan mulai membuka hatinya untuk kedua kakaknya.

 

3. Ronggeng Dukuh Paruk

 

Novel Ronggeng Dukuh Paruk merupakan karya Ahmad Tohari. Novel ini merupakan novel trilogi dan menjadi bagian yang pertama dari trilogi tersebut. Diceritakan dalam novel ini keadaan sebuah kampung di daerah Jawa. Menjelaskan mengenai keadaan adat istiadat masyarakat di Dukuh Paruk.

Dukuh terletak di wilayah Jawa dengan keadaan yang memprihatinkan dan melarat serta mempunyai penduduk yang malas dan bodoh. Namun, Dukuh ini memiliki ciri khasnya, yaitu Ronggeng. Di dalam novel menceritakan sebuah tokoh bernama Srintil yang dinobatkan menjadi ronggeng baru. Bagi mereka, ronggeng adalah lambang desa.

Tanpa adanya ronggeng, Dukuh menjadi kehilangan jati diri. Srintil pun sangat terkenal dan disukai. Namun, suatu kejadian menghancurkan Dukuh itu. Pedukuhan dibakar dan banyak warga yang ditahan. Namun, karena kecantikannya Srintil tak diperlakukan semena-mena. Tetapi hal itu membuat Srintil sadar akan hakikatnya menjadi manusia.

 

4. Home Sweet Loan

 

Novel Home Sweet Loan merupakan karya Almira Bastari. Novel ini menceritakan kisah empat orang yang sudah berteman sedari SMA yang bekerja di perusahaan sama walaupun beda nasib. Pada saat 31 tahun, mereka semua mencari rumah idaman yang setidaknya dekat Jakarta. Kaluna, yang bekerja sebagai pegawai bagian umum tetapi gajinya tidak sampai dua digit.

Perempuan ini bermimpi ingin membeli rumah agar keluar dari situasi tiga kepala keluarga yang berada di dalam satu tempat tinggal. Namun, di sisi lain ia juga dicecar oleh kekasihnya untuk mengadakan pesta pernikahan yang mewah. Lalu, Tanisha yang merupakan ibu satu anak yang berhubungan jarak jauh dengan suami.

Kamamiya yang ingin menjadi selebgram yang mencari apartemen mewah, dan Danan anak tunggal kaya raya yang suka hura-hura. Bagaimanakah nasib mereka selanjutnya? Apakah mereka dapat membeli rumah impiannya?

 

(Immortal) A Study In Scarlet : Sherlock Holmes

 

Dr. John Watson mengalami luka-luka dalam perang, dan ketika dia kembali ke London, dia tidak mampu membeli apartemen yang layak huni untuk masa pensiunnya, jadi dia diperkenalkan dengan seorang pria aneh yang merupakan “detektif konsultan”, yang pertama dan hanya di dunia.

“A Study in Scarlet” merupakan novel pertamanya yang berkisah tentang awal pertemuan Sherlock Holmes dengan Dr. Watson. Berangkat dari kisah inilah petualangan Sherlock dan Watson dimulai dan dari kisah ini jugalah yang pada akhirnya akan mengantarkan kita pada kisah-kisah petualangan mereka yang lain.

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/606926.The_Case_of_the_Left_Handed_Lady

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy