in

Review Komik Blue Lock Karya Muneyuki Kaneshiro

Komik Blue Lock – Komik sudah menjadi bacaan yang disukai oleh banyak orang karena gambar dan alur cerita yang disajikan sangat menarik. Sehingga, yang awalnya hanya penasaran dengan jalan ceritanya, kini banyak orang yang mulai mengikuti jalan cerita dari komik tersebut karena memiliki jalan cerita yang bagus.

Pernahkah kamu membaca komik mengenai sepak bola? Jika kamu menyukai olahraga atau sepak bola, komik ini sangat cocok untuk kamu baca. Komik Blue Lock merupakan kisah mengenai sepak bola Jepang.

Jalan cerita yang disajikan komik Blue Lock sangat bagus dan menarik sehingga kamu tidak akan menyesal membaca komik ini. Selain itu, akan banyak adegan para striker sepak bola yang akan membuat kamu terpana karena adegan sepak bola yang ditampilkan sangatlah seru dan memanjakan mata!

Oleh karena itu, bagi kamu yang penasaran dengan komik ini. Yuk, mari lihat review singkat dari komik ini ya!

 

Sinopsis Komik Blue Lock

Pada tahun 2018 tim nasional sepak bola Jepang harus tereliminasi pada babak delapan besar final Piala Dunia. Karena kegagalan memenangkan Piala Dunia, persatuan sepak bola Jepang membuat sebuah training camp yang dinamakan Blue Lock. Pada training camp ini, mereka mengumpulkan 300 orang striker sepak bola pada tingkat pelajar SMA.

Hal ini dilakukan agar tim nasional Jepang dapat memenangkan Piala Dunia. Seorang pelatih sepak bola bernama Jinpachi Ego, ia berpendapat bahwa yang dibutuhkan Jepang adalah striker sepak bola yang penuh dengan keegoisan. Dari 300 orang striker itu, hanya 1 orang yang akan terpilih.

Yoichi Isagi seorang striker tidak terkenal dan bersama kawan-kawan lainnya mengikuti latihan yang dimana mereka saling bersaing satu sama lain dan membuat mereka menjadi egois!

 

Review Komik Blue Lock

Komik Blue Lock merupakan karya Muneyuki Kaneshiro. Komik ini menceritakan tentang sebuah training camp bernama Blue Lock yang berisi 300 striker sepak bola pelajar tingkat SMA. Tujuan adanya hal ini supaya tim nasional sepak bola Jepang dapat menjadi juara Piala Dunia pada tahun berikutnya.

Cerita yang disajikan penulis komik ini sangatlah beda dari yang lain. Biasanya, untuk genre cerita mengenai olahraga akan mengandalkan kekompakan tim tetapi kali ini, komik Blue Lock menyajikan jalan cerita yang berbeda. Itulah yang membuat komik ini menjadi unik.

Setiap striker yang ada di training camp benar-benar diajarkan menjadi seseorang yang egois agar bisa menjadi striker kebanggaan tim nasional Jepang. Desain karakter yang ditampilkan juga sangat menarik.

Jalan cerita yang unik dan berbeda dalam komik ini akan membuat kamu menyukainya. 300 pelajar tingkat SMA yang bersaing satu sama lain agar mendapatkan posisi striker andalan tim nasional Jepang sangatlah bagus dan menarik.

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

Profil Penulis

Komik Blue Lock merupakan karya Muneyuki Kaneshiro. Ia adalah seorang seniman maupun penulis dari Osaka, Jepang. Saat masih SMP, ia bergabung dengan band yang bernama Darts dan pernah tampil di acara televisi populer. Muneyuki sudah memiliki cita-cita sebagai seniman manga sehingga ia mendaftar di Universitas Kyoto Seika.

Universitas Kyoto Seika terkenal dengan program manga dan animenya. Saat masih bersekolah, ia memulai debutnya dengan karya “Kisah Sekolah Dasar Dokuchi” yang dibuat one shot dan menerima penghargaan Manga Pendatang Baru Majalah Shonen Mingguan ke-80.

Lalu pada tahun 2011, Muneyuki memulai debutnya sebagai mangaka dengan karyanya “As the Gods Will” yang dimuat di Bessatsu Shonen Magazine. Selain itu, ada beberapa karya yang telah dibuatnya, yaitu Billion Dogs, Invisible Joe, Jagaaan, Grashros, dan Blue Lock.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Jalan cerita yang unik
  • Setiap karakter menonjol dengan skill yang dimiliki
Cons
  • Dialog antar tokoh terkadang terkesan garing

 

Setiap komik pastinya ada banyak hal yang disukai dan tidak disukai oleh para pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating komik Blue Lock karya Muneyuki Kaneshiro.

Kelebihan dalam komik ini adalah memiliki jalan cerita yang unik. Bagi pecinta genre olahraga pastinya kalian selalu membaca cerita yang memiliki kerjasama tim dibandingkan cerita individualis antar tokoh. Namun, dalam komik Blue Lock sangatlah berbeda dari biasanya.

Komik ini memiliki cerita yang membuat karakternya harus individualis karena saling bersaing satu sama lain untuk menjadi striker andalan tim nasional Jepang.

Lalu, setiap karakter menonjol dengan skill yang dimiliki. Penulis komik ini benar-benar memperlihatkan keahlian dari setiap karakter sehingga pembaca akan menyukai kelebihan dan kekurangan setiap karakter di dalam cerita ini.

Kekurangan dalam novel ini adalah dialog antar tokoh terkadang terkesan garing. Namun, dari keseluruhan cerita semuanya sangat bagus dan menarik.

Komik ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di goodreads. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 4.29 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca sangat menyukai jalan cerita yang ada di dalam komik ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai komik Blue Lock karya dari Muneyuki Kaneshiro. Komik ini memiliki jalan cerita yang menarik dan unik sehingga mendapatkan rating yang cukup tinggi dari pembacanya.

Kisah para striker remaja pada tingkat SMA yang mengikuti training camp dijamin akan sangat seru dan menarik sehingga membuat pembaca tertarik untuk mengikuti jalan cerita selanjutnya.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah Yoichi Isagi dan striker lainnya ada di dalam komik ini, kamu dapat membaca komik ini dengan membelinya toko Gramedia terdekat atau klik gramedia.com ya!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Fiska Rahma Rianda

 

Rekomendasi Komik

1. Blue Lock 2

 

 

Komik Blue Lock 2 merupakan karya Muneyuki Kaneshiro. Komik ini merupakan kisah selanjutnya dari seri sebelumnya. Di tengah kritikan yang berasal dari masyarakat dan media massa yang kian bergejolak, lalu sorot sinis dari gelandangan Jepang yang bernama Sae Itoshi, akhirnya para kandidat training camp Blue Lock melakukan babak penyisihan.

Babak penyisihan itu menggunakan sistem kompetisi, yaitu 2 dari 5 tim akan dinyatakan lolos. Isagi dan lainnya mengalami pertandingan yang sangat berat karena harus melawan semua striker untuk pertama kalinya. Pada akhirnya, tim Isagi menjadi salah satu pemenang dari babak penyisihan tersebut.

Kemudian, Isagi dan timnya harus melawan tim W di pertandingan berikutnya. Apakah Isagi bersama Tim Z mampu mengalahkan Tim W? Simak kisah selanjutnya di dalam komik ini.

 

2. Blue Lock 3

 

Komik Blue Lock 3 merupakan karya Muneyuki Kaneshiro. Komik ini merupakan kisah selanjutnya dari seri sebelumnya. Di cerita sebelumnya, Tim Z berhasil menjadi salah satu yang memenangkan seleksi babak penyisihan pertama. Selanjutnya, mereka harus melawan Tim W dengan semangat yang lebih tinggi.

Segala usaha dan tekad mereka lakukan agar dapat memenangkan babak penyisihan berikutnya. Namun, terjadi sebuah masalah di dalam Tim Z sehingga membuat tim ini mengalami perpecahan. Lalu, Hyoma Chigiri juga mengalami masalah yang ingin menyerah dengan semua pertandingan ini.

Oleh karena itu, tim Z perlu mempunyai banyak usaha dan tekad agar dapat berhasil mengalahkan Tim W. Akankah mereka berhasil memenangkan babak penyisihan selanjutnya? Ditambah lagi ada Wanima bersaudara yang merupakan jagoan dari Tim W yang akan membuat mereka harus bertanding dengan penuh semangat tinggi.

 

3. Blue Lock 4

 

Komik Blue Lock 4 merupakan karya Muneyuki Kaneshiro. Komik ini merupakan kisah selanjutnya dari seri sebelumnya. Dalam seri ini menceritakan pertandingan terakhir dari babak penyisihan tahap 1 training camp Blue Lock telah dimulai. Isagi dan kawan-kawannya di Tim Z akan mengikuti pertandingan yang menentukan takdir mereka semua.

Hal itu dikarenakan satu-satunya pilihan mereka hanyalah menang, kalah atau seri langsung tereliminasi. Tim Z harus melawan Tim V yang merupakan tim paling kuat di blok 5 yang dipimpin oleh Seishiro Nagi, si jenius striker. Sehingga membuat Tim Z harus ekstra lebih kuat agar dapat mengalahkan Tim V.

Apakah Tim Z akan berhasil mengalahkan Tim V sebagai tim terkuat? Kunci dari kemenangan ini adalah kemampuan memasukkan gol dengan banyak. Tidak ada pilihan lainnya selain memenangkan pertandingan!

 

4. Blue Lock 5

 

Komik Blue Lock 5 merupakan karya Muneyuki Kaneshiro. Komik ini merupakan kisah selanjutnya dari seri sebelumnya. Tim Z yang harus melawan Tim V dalam pertandingan terakhir sedang berusaha mengejar skor hingga 3 – 3 pada menit ke-15 babak kedua. Para pemain Tim Z berhasil menyamakan kedudukan dan membangkitkan diri.

Tim Z berusaha untuk menemukan kembali permainan mereka supaya dapat mengalahkan Tim V. Akankah Isagi dan lainnya berhasil menambah gol dan memenangkan pertandingan di babak terakhir ini?

 

5. Blue Lock 6

 

Hai, penyerang, menanglah sendiri! Bab baru, seleksi tahap 2 mulai! Isagi dan teman-teman tim Z berhasil lolos seleksi tahap 1 Blue Lock, satu per satu membuka lembaran baru, dan melanjutkan ke seleksi tahap 2 yang lebih menantang kemampuan para individu.

Yang menanti mereka di tempat selanjutnya adalah Blue Lock Man, sistem kiper yang paling canggih. Apa saja materi training-nya!? Seluruh aspek seleksi tahap 2 akan terkuak! Pertemuan dengan para penyerang yang tak dikenal dan pertandingan baru dengan aturan yang mengejutkan telah menanti Isagi!

Komik “Blue Lock 6” merupakan komik dalam seri Blue Lock. Di mana cerita dalam komik ini bermula dari tersingkirnya Jepang dari Piala Dunia FIFA 2018, yang mendorong Persatuan Sepak Bola Jepang untuk memulai sebuah program mencari pemain sekolah menengah yang akan memulai pelatihan untuk persiapan Piala 2022. Isagi Yoichi, seorang penyerang, menerima undangan ke program ini.

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/42854305-1-blue-lock-1
  • https://bacaterus.com/review-blue-lock/

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy