in

Review Novel Si Anak Savana Karangan Tere Liye

Si Anak Savana – Apakah kamu pernah membayangkan betapa indahnya petualangan savana? Bagaimana, ya, rasanya berada di tengah-tengah kehidupan binatang liar yang mengagumkan dan memesona? Jika Grameds ingin merasakan sensasi itu tanpa meninggalkan kenyamanan rumah, maka buku Si Anak Savana karya Tere Liye adalah jawabannya.

Dalam kisah epik ini, Tere Liye membawa pembaca dalam sebuah perjalanan menakjubkan. Dalam buku Si Anak Savana, persahabatan, petualangan, dan pertumbuhan menyatu dalam harmoni yang menarik dan mencerahkan jiwa.

Tere Liye sukses menggambarkan dengan indah kekayaan dan panorama alam yang memikat, membuat Grameds bisa merasakan sinar matahari yang menyengat, mendengar deru angin, dan mencium aroma tanah yang khas saat membacanya, lho.

Namun, Si Anak Savana bukan hanya tentang pemandangan yang menakjubkan. Cerita ini membawa kita dalam perjalanan emosional yang mendalam. Ditemani oleh karakter-karakter yang kuat dan menginspirasi, kita akan terlibat dalam petualangan yang penuh keberanian, kesetiaan, dan keajaiban tak terduga. Penasaran? Yuk, simak review-nya, Grameds!

 

Profil Penulis Si Anak Savana

Tere Liye adalah seorang penulis Indonesia yang terkenal dan diakui dalam dunia sastra. Lahir pada tanggal 21 Mei 1979 di Lahat, Sumatera Selatan, Tere Liye menunjukkan bakat menulis sejak usia muda.

Tere Liye memulai debutnya sebagai penulis dengan novel Rindu pada tahun 2004. Namun, popularitasnya melejit dengan seri novel Hafalan Shalat Delisa yang terbit pada tahun 2005. Novel ini mengisahkan perjuangan seorang anak perempuan kecil bernama Delisa yang harus menghadapi tragedi besar dan menemukan kekuatan dalam iman dan keyakinannya.

Sejak itu, Tere Liye telah menulis dan menerbitkan banyak novel yang sukses secara komersial dan mendapat apresiasi luas dari pembaca. Beberapa karyanya yang terkenal antara lain Pulang, Bumi, Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, Ayahku (Bukan) Pembohong, Sepotong Hati yang Baru.

Gaya penulisan Tere Liye terkenal karena keahliannya dalam menghadirkan karakter yang kuat, emosi yang mendalam, dan pesan moral yang mendalam. Buku-bukunya sering mengangkat tema-tema sosial, keagamaan, dan pertumbuhan pribadi, termasuk dalam Si Anak Savana. Tulisannya memiliki kekuatan untuk menyentuh hati pembaca dan menginspirasi mereka.

Selain menulis novel, Tere Liye juga aktif dalam menulis skenario dan mengembangkan karya-karya lain seperti cerita pendek, esai, dan artikel. Karya-karyanya telah diadaptasi menjadi film, seri televisi, dan drama panggung, nih, Grameds.

Prestasi Tere Liye tidak hanya terbatas pada popularitas di Indonesia, tetapi juga dikenal di kancah internasional. Ia telah menerima beberapa penghargaan dan nominasi, termasuk penghargaan Khatulistiwa Literary Award dan Indonesia Readers’ Choice Awards.

Tere Liye adalah penulis yang berdedikasi dan karyanya terus menginspirasi jutaan pembaca di Indonesia dan di luar negeri. Kepiawaiannya dalam menggambarkan perjalanan emosional dan nilai-nilai kehidupan membuatnya diakui sebagai salah satu penulis paling berpengaruh di Indonesia saat ini.

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

Review Buku Si Anak Savana

Buku Si Anak Savana menghadirkan kisah yang mengagumkan tentang ketekunan dan persahabatan yang tulus di Kampung Dopu, sebuah komunitas yang terletak di dekat savana yang memukau. Dalam cerita ini, para pembaca akan diajak untuk mengenal Wanga, Sedo, Rantu, Bidal, dan Somad, kelompok anak-anak yang menjalin hubungan persahabatan yang erat dan murni.

Kampung Dopu memiliki daya tarik yang tak terbantahkan, dengan savana yang mempesona yang menjadi latar belakang sehari-hari mereka. Pemandangan indah sapi dan kuda yang sedang merumput menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan anak-anak ini. Selain itu, kelebihan utama dari Kampung Dopu adalah nilai-nilai kebersamaan yang kuat, kesadaran akan pentingnya saling peduli antarwarga, serta semangat gotong-royong yang melekat pada setiap individu.

Sejak awal bab, pembaca akan dibuat penasaran dengan misteri hilangnya sapi-sapi di Kampung Dopu. Tantangan dan ketegangan mencapai puncaknya saat akhirnya terungkap alasan di balik hilangnya sapi-sapi itu, sekaligus mengungkapkan nasib Wak Ede, salah satu penduduk Kampung Dopu yang terkenal karena sifatnya yang ramah. Kejadian ini membawa pembaca dalam suasana yang lebih gelap dan menggugah, menciptakan ketegangan yang melibatkan hati dan jiwa.

Tere Liye menampilkan Si Anak Savana dengan alur yang menarik, menggabungkan cerita dengan sudut pandang orang ketiga yang memiliki wawasan yang luas. Seperti karya-karya Tere Liye yang lain, buku ini mengandung makna yang mendalam, termasuk pesan-pesan berharga seperti pentingnya untuk tidak tergantung pada ramalan, menjauhkan diri dari keserakahan atas harta, serta memupuk rasa syukur yang melimpah.

Dengan membaca Si Anak Savana, Grameds dapat mengambil pesan penting, lho, yaitu betapa pentingnya ketekunan dalam mengejar impian, serta pentingnya saling tolong-menolong dalam menghadapi kesulitan. Buku ini juga mengajarkan pentingnya rasa saling peduli dan nilai-nilai agama dan sosial yang kuat.

Selain itu, buku ini juga mengajarkan kita untuk mencintai dan bangga dengan tanah air dan tempat kelahiran kita. Dikemas secara menarik, Si Anak Savana sangat direkomendasikan terutama untuk anak-anak, karena menyajikan pelajaran berharga yang dapat menginspirasi dan membimbing mereka yang sedang tumbuh dan berkembang.

 

Kelebihan dan Kekurangan Buku Si Anak Savana

Pros & Cons

Pros
  • Penggambaran yang detail dan indah tentang alam.
  • Buku ini mengajarkan persahabatan yang tulus.
  • Memiliki banyak pesan moral yang berharga.
  • Gaya penulisan yang menarik.
  • Memberikan inspirasi tentang keberanian.
  • Memberikan pesan lingkungan yang aktual.
  • Cerita yang disajikan sangat menghibur dan edukatif. 
Cons
  • Karakter yang terlalu stereotipikal.
  • Plot yang terlalu terduga.
  • Pembangunan cerita yang cenderung lambat.

 

Kelebihan Buku Si Anak Savana

Salah satu kelebihan utama dari  Si Anak Savana adalah penggambaran yang indah dan detail tentang alam. Tere Liye dengan mahir menghadirkan pemandangan savana yang megah, memikat pembaca dengan kekayaan flora dan fauna yang ada di sana. Pembaca akan merasakan keajaiban alam dan keindahan lingkungan yang ditampilkan dalam cerita.

Selain itu, Si Anak Savana juga menampilkan persahabatan yang sederhana namun tulus antara Wanga, Sedo, Rantu, Bidal, dan Somad. Kebersamaan dan kepedulian antarkarakter menciptakan ikatan yang kuat, dan memberikan pesan tentang pentingnya persahabatan yang sejati. Pembaca akan terinspirasi oleh hubungan yang dibangun di antara mereka dan melihat pentingnya saling mendukung dan menjaga satu sama lain.

Tere Liye dengan cermat menyisipkan nilai-nilai moral dalam cerita ini. Pembaca akan menemukan pesan-pesan penting tentang keberanian, kesetiaan, persahabatan, dan pentingnya menjaga lingkungan. Buku ini juga mengajarkan pembaca untuk menghargai alam semesta, menghormati satwa liar, dan memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

Tere Liye memiliki gaya penulisan yang menarik dan mengalir, membuat pembaca terpikat sejak awal hingga akhir cerita. Ia mampu menggambarkan suasana dan emosi dengan detail, sehingga pembaca dapat merasakan intensitas petualangan dan ikut terlibat dalam perjalanan karakter utama. Gaya penulisan yang khas dan berkesan ini menjadikan Si Anak Savana sulit untuk ditinggalkan begitu saja.

Si Anak Savana juga menghadirkan kisah tentang keberanian dan inspirasi. Buku ini mengajak pembaca untuk berani menghadapi ketakutan dan menemukan kekuatan di dalam diri mereka sendiri. Bagus banget, kan, Grameds?

Pada intinya, buku ini menyajikan cerita petualangan yang seru dan menghibur. Keberanian dan tantangan yang dihadapi oleh anak-anak dari Kampung Dopu akan membuat pembaca terpikat dan ingin terus mengikuti perjalanan mereka.

Si Anak Savana adalah karya yang berhasil menggabungkan petualangan seru, pesan moral, dan keindahan alam menjadi satu kesatuan yang menarik. Buku ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan inspirasi dan wawasan yang berharga bagi pembaca, terutama bagi anak-anak dan remaja. Tere Liye menunjukkan kepiawaiannya dalam menciptakan kisah yang menggugah hati dan menyampaikan pesan-pesan penting dalam cara yang menarik dan menggugah.

Kekurangan Buku Si Anak Savana

Terlepas dari kelebihannya, Si Anak Savana pun memiliki beberapa kekurangan. Beberapa karakter dalam Si Anak Savana mungkin terasa terlalu stereotipikal atau datar. Meskipun mereka memiliki peran yang penting dalam cerita, pembaca mungkin mengharapkan lebih banyak pengembangan karakter yang mendalam dan nuansa psikologis yang lebih kompleks.

Selain itu, beberapa pembaca mungkin merasa bahwa plot cerita dalam Si Anak Savana terlalu terduga atau memiliki pola yang serupa dengan cerita petualangan sejenis. Hal ini bisa mengurangi tingkat kejutan dan kecemasan yang sebaiknya ada dalam sebuah petualangan yang menegangkan. Namun, hal ini dapat dimaklumi, mengingat buku ini cocok dibaca oleh anak-anak.

Bagi beberapa pembaca, pembangunan cerita dalam Si Anak Savana mungkin terasa lambat. Beberapa adegan atau deskripsi detail mungkin terasa berlebihan dan memperlambat alur cerita, sehingga mengurangi tingkat kecemasan dan kegembiraan yang seharusnya ada dalam sebuah petualangan yang seru.

Meskipun Si Anak Savana memiliki beberapa kekurangan, tetap penting untuk diingat bahwa pengalaman membaca setiap individu dapat berbeda. Kekurangan-kekurangan itu tentu tidak menghilangkan nilai keseluruhan dari buku yang luar biasa ini, ya, Grameds. 

 

Penutup

Si Anak Savana karya Tere Liye adalah sebuah petualangan yang memikat dan menginspirasi. Dengan penggambaran yang indah tentang savana, persahabatan yang tulus, dan pesan-pesan moral yang kuat, buku ini berhasil menyampaikan cerita yang menarik dan memberikan pelajaran berharga.

Melalui karakter-karakter yang penuh keberanian dan ketulusan, Grameds akan terbawa dalam perjalanan yang menggugah emosi dan menghidupkan alam liar di dalam imajinasi kita. Kelebihan buku ini, seperti penggambaran alam yang memukau, pesan lingkungan yang aktual, dan gaya penulisan yang menarik, akan membuat pembaca merasa terlibat dan ingin terus membaca hingga halaman terakhir.

Si Anak Savana juga mampu menginspirasi pembaca, terutama anak-anak dan remaja, untuk berani mengejar impian mereka, membangun persahabatan yang tulus, dan menjaga lingkungan sekitar. Buku ini bisa mengajarkan nilai-nilai moral yang penting, sambil membawa kita dalam petualangan yang menegangkan dan memikat.

Jadi, jika Grameds mencari sebuah buku yang menggugah hati, penuh petualangan, dan sarat dengan pesan-pesan moral, Si Anak Savana adalah pilihan yang tepat. Dengan keindahan alam, persahabatan yang tulus, dan pesan yang relevan, buku ini akan membawa Grameds ke dalam dunia savana yang magis, sekaligus menginspirasi kita untuk menjaga dan menghargai lingkungan sekitar.

Buku ini sangat direkomendasikan terutama bagi Grameds yang ingin merasakan petualangan yang menegangkan sambil mengambil pelajaran berharga. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi savana yang memukau serta kisah keberanian dan persahabatan dalam Si Anak Savana karya Tere Liye. Segera miliki bukunya, hanya di gramedia.com!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Nama penulis: Resna Anggria Putri


Rujukan:

  • https://www.gramedia.com/products/si-anak-savana?queryID=735480c2d71e475fa1216312473f8ba0
  • https://www.gramedia.com
  • https://pixabay.com/photos/tree-savanna-nature-africa-travel-2874196/

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy