in

Review Buku China’s Disruptors: Wajah Baru China

China’s Disruptors – Istilah China’s Disruptors mengacu pada sekelompok perusahaan China yang telah memperoleh popularitas dan mengganggu industri tradisional dengan inovasi yang mereka buat. Istilah China’s Disruptors ini biasanya digunakan untuk menggambarkan perusahaan-perusahaan besar di China, seperti Alibaba Group, Tencent, Baidu, dan JD.com, yang telah banyak mengubah keseimbangan pasar bisnis Amerika Serikat.

Negara dengan sebutan negeri tirai bambu tersebut memiliki sejarah panjang hingga menjadi negara dengan perkembangan ekonomi yang baik. Kelahiran pengusaha China dimukai saat Mao Zedong mendirikan negeri China modern dan disebut sebagai Republik Rakyat China (RRC) pada tahun 1949 setelah China melewati masa penjajahan dari bangsa lain.

Mao Zedong yang melahirkan revolusi komunis memenangkan perang saudara melawan Kuomintang. Selama periode itu, China mengadopsi model perekonomian yang sangat terpusat dan terencana dengan kolektivitas pertanian dan nasionalisasi industri.

Kebangkitan China dan para pengusaha yang dianggap sebagai disruptor ini membuat China menjadi negara baru. Di negeri yang memiliki penduduk lebih dari 1,4 miliar tersebut, seluruh perusahaan dijalankan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun secara kolektif yang artinya tidak ada sama sekali perusahaan swasta.

Buku yang ditulis oleh Edward Tse ini adalah buku bagi kita yang ingin mempelajari tumbuh dan kembangnya perekonomian serta teknologi China berkat para pengusaha-pengusaha yang dianggap sebagai disruptors. Buku ini akan memberikan jawaban kepada kita tentang pertanyaan-pertanyaan seputar laju perkembangan bisnis China. Bagaimana China bisa menjadi negara yang sukses dalam persaingan dunia bisnis? Sebenarnya apa yang dilakukan oleh para pengusahanya sehingga China menjadi negara yang maju?

 

Review Buku China’s Disruptors 

Pros & Cons

Pros
  • Buku ini ditulis dengan analisis yang mendalam, mengingat Edward Tse menghabiskan 20 tahunnya untuk belajar tentang bisnis bersama para senior di China.
  • Pembaca juga akan diberikan pemahaman tentang mengapa China menjadi bangsa yang besar dalam ekonomi dari konteks sejarah
  • China’s Disruptors bisa menjadi buku inspirasi bagi para pengusaha untuk mencari jalan yang inovatif dalam berbisnis.
Cons
  • Buku yang diterbitkan pada tahun 2015 ini memiliki sudut pandang terbatas yang cenderung positif dan terlalu fokus pada keberhasilan-keberhasilan perusahaan teknologi China. 

 

Selama dua dekade terakhir, terjadi ledakan besar di dunia bisnis China yang membuat negara tirai bambu tersebut mengalami laju perekonomian dengan skala yang cepat. Transformasi ekonomi yang semula tertutup dan lemah kini dijalankan dengan sistem usaha negara yang bergerak di bisnis global.

Produk China yang kini semakin baik dan di waktu yang bersamaan banyak juga perusahaan yang menggunakan teknologi standar global. Sementara hal tersebut terjadi, banyak perusahaan-perusahaan lain di seluruh dunia yang bertanya-tanya tentang bagaimana mereka dapat membuat lonjakan besar.

Edward Tse dalam buku China’s Disruptors ini mengungkapkan bagaimana China dapat mencapai ttitik tersebut. Tse juga menjelaskan tentang makna kebangkitan China bagi Amerika Serikat dan negara lainnya. Buku yang diterbitkan pada tahun 2015 ini membahas perubahan ekonomi dan perkembangan teknologi di China, serta bagaimana dampak yang dirasakan oleh industri global.

Buku ini menggambarkan bagaimana China telah menghasilkan sejumlah besar perusahaan teknologi inovatif yang telah mengganggu industri tradisional dan meraih kesuksesan dalam waktu yang relatif singkat. Penulis menjelaskan bagaimana perusahaan-perusahaan seperti Alibaba, Tencent, Baidu, dan JD.com telah mengubah cara orang berbelanja, berkomunikasi, dan berbisnis di China.

Perusahaan-perusahaan yang disebutkan di atas seringkali menciptakan berbagai platform digital yang dapat menghubungkan konsumen dengan penjual atau penyedia jasa. Hal tersebut tentunya menciptakan interaksi yang luas dan cara mereka melakukan perkenalan produk atau jasa menjadi cara yang inovatif.

Alibaba contohnya, merupakan perusahaan disruptor terbesar China yang menciptakan platform e-commerce terkemuka seperti Taobao dan Tmall yang mengubah cara orang membeli barang secara online. Bahkan di Indonesia sendiri, Alibaba berinvestasi di Tokopedia, Lazada, Layanan logistic J&T, serta layanan e-money Dana.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Ada juga Tencent yang mengembangkan WeChat, sebuah platform komunikasi dan pembayaran yang sangat populer di China. Baidu sebagai mesin pencarian internet terbesar di China. China’s Disruptors telah banyak menciptakan dunia baru bagi wajah China sehingga perekonomian China pun mengalami perubahan besar dalam skala global.

Melalui penelitian dan wawancara dengan para pemimpin perusahaan teknologi China, Edward Tse, seorang konsultan strategi global ternama yang menghabiskan masa 20 tahunnya untuk bekerja dengan para eksekutif dan petinggi China, menjelaskan faktor-faktor yang telah memungkinkan perusahaan-perusahaan tersebut tumbuh pesat dan menjadi kekuatan global. Buku ini juga membahas tantangan dan risiko yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan China, termasuk masalah regulasi, persaingan, dan pengaruh politik.

Salah satu hal yang perlu diingat juga adalah peran pemerintah China yang membiarkan mereka tumbuh besar dengan harapan agar masyarakat China pun ikut menikmati kemakmuran ekonomi dari para pengusaha-pengusaha Disruptors tersebut.

Buku ini memberikan wawasan tentang bagaimana China telah menjadi pusat inovasi dan teknologi yang menarik bagi investor dan pengusaha di seluruh dunia. Dengan menyoroti perubahan drastis dalam perekonomian China dan peran perusahaan disruptor dalam mengubah dunia bisnis, buku ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang fenomena yang terjadi di China.

Edward Tse sebagai penulis buku China Disruptors ini menuliskan bahwa para pengusaha yang dianggap disruptors atau pengganggu ini memiliki ambisi dan bakat kewirausahaan serta kemampuan menjadi pemimpin yang baik yang pada akhirnya membuat China menjadi bangsa yang besar.

Salah satunya adalah Jack Ma, pemilik Alibaba Group itu saat dirinya memiliki karyanya kurang dari 20 orang, ia sudah memikirkan bahwa Alibaba Group tidak mau menjadi nomor satu di China, tetapi ingin menjadi nomor satu di dunia.

 

Mengapa Perlu Membaca Buku China’s Disruptors?

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia perkembangan bisnis dan teknologi China, buku ini sangat direkomendasikan. Di dalam buku ini pembaca akan mendapatkan gambaran jelas tentang dunia bisnis China, mereka telah membuat industri baru dengan menghadirkan berbagai inovasi.

Selain itu, mengapa perlu membaca buku China’s Disruptors ini karena penulis menyajikan informasi yang mendalam tentang perusahaan-perusahaan teknologi China, pembaca akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut beroperasi, tentang strategi yang mereka pakai, dan juga tentang dampak terhadap perekonomian.

China’s Disruptors juga menjelaskan perekonomian bisnis China yang dilihat dari konteks sejarah. Pembaca akan diajak untuk menyelami bagaimana China telah berubah dari negara yang berfokus pada manufaktur menjadi negara pusat inovasi teknologi.

Buku ini juga membahas mengenai pengaruh China terhadap perekonomian global. Edward Tse akan memberikan penjelasan pada pembaca tentang bagaimana perusahaan-perusahaan seperti Alibaba, Tencent, Baidu, dan JD.com memberikan kontribusi untuk perubahan ekonomi global dan bagaimana China menjadi pesaing utama dalam bisnis teknologi.

Kendati demikian, buku ini mungkin memiliki sudut pandang yang cenderung positif atau terlalu fokus ada keberhasilan perusahaan-perusahaan China, hal ini bisa jadi menyebabkan kurangnya paparan terhadap tantangan dan kritik yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang dijelaskan dalam buku China’s Disruptors ini.

Meskipun begitu, buku ini menjadi sumber inspirasi dan inovasi bagi para pengusahaa, pemimpin bisnis, atau pun para pengamat industri. Melalui analisis yang dalam dan studi kasus yang disampaikan oleh Edward Tse pembaca akan memperoleh wawasan tentang faktor-faktor apa saja yang bisa menciptakan inovasi, pertumbuhan bisnis yang cepat, dan juga transformasi industri.

Edward Tse sebagai penulis menyampaikan kata demi kata dalam buku ini menjadi enak dibaca. Penjelasan-penjelasan dan fakta-fakta dijabarkan secara tersusun membuat buku ini berkualitas. Hal ini berangkat dari Edward Tse sendiri yang merupakan seorang CEO konsultasi strategi global yang membuat analisisnya menjadi lebih tajam dan berwawasan.

 

Profil Edward Tse, Penulis Buku China’s Disruptors

Edward Tse adalah seorang konsultan bisnis dan penulis yang dikenal karena pengetahuannya tentang pasar China dan inovasi bisnis di negara tersebut. Dia adalah pendiri dan CEO Gao Feng Advisory Company, sebuah perusahaan konsultan manajemen global yang berbasis di China.

Edward telah menerima berbagai penghargaan, seperti “China’s Leading Global Strategy Consultant”, dan “Chinas Management Guru”. Tse sebelumnya memimpin bisnis China di Boston Consulting Group dan Booz Allen Hamilton selama 20 tahun.

Edward Tse telah bekerja di industri konsultasi selama lebih dari 30 tahun dan memiliki pengalaman luas dalam membantu perusahaan multinasional dan perusahaan China untuk beradaptasi dengan pasar yang terus berubah. Tse telah memberikan saran kepada perusahaan-perusahaan di berbagai sektor, termasuk teknologi, manufaktur, keuangan, dan energi.

Edward Tse juga memberikan konsultasi kepada organisasi-organisasi sektor publik seperti Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia, dan Pemerintah China tentang isu-isu yang berkaitan dengan kebijakan reformasi dan badan usaha milik negara serta daya saing ekonomi dunia.

Selain itu, Edward Tse adalah seorang penulis yang produktif dan telah menerbitkan beberapa buku yang menggabungkan pengetahuannya tentang China dan bisnis. Salah satu karyanya yang terkenal adalah buku “China’s Disruptors”, yang membahas perusahaan teknologi China yang telah mengganggu industri tradisional. Buku ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang inovasi dan perubahan di China.

Dengan latar belakang dan pengalamannya, Edward Tse diakui sebagai seorang ahli dalam bidang bisnis China dan sering diundang untuk berbicara dalam konferensi bisnis internasional serta memberikan wawasan tentang pasar China kepada para pemimpin bisnis global.

Itulah pembahasan review dari buku China Disruptors. Nah, setelah membaca review ini sampai selesai, langsung dapatkan bukunya di gramedia.com, ya. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Melani Wulandari

 

Rujukan:

  • https://www.gramedia.com/blog/review-buku-chinas-disruptors-kisah-pengusaha-yang-mengubah-china/
  • https://www.gramedia.com/blog/jack-ma-dan-6-pengusaha-sukses-di-buku-chinas-distruptors/
  • https://www.bschool.cuhk.edu.hk/staff/tse-edward/

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy