in

Review Novel Eknath: Kisah Cinta Dokter Hewan

Eknath adalah salah satu novel yang diangkat dari AU atau Alternative Universe. AU dapat diartikan sebagai dimensi cerita unik dengan dunia nyata. Karakter-karakter dalam buku AU ini biasanya adalah sosok yang benar ada di dunia nyata, tetapi segala identitasnya di dalam cerita berbeda atau menjadi inspirasi dalam dunia fantasi kepenulisan.

Alternative Universe ini bisa ditemukan di akun-akun sosial media yang banyak digandrungi oleh anak muda. Karena seiring berjalannya waktu, istilah AU ini juga mulai bertebaran dan dikenal untuk menyebut cerita fiksi. Salah satunya bisa ditemukan di platform Twitter.

Banyaknya cerita AU yang berseliweran menjadi ajang untuk para kaum muda belajar menulis. Menariknya, karakter-karakter yang diambil untuk cerita-cerita AU adalah karakter anime, K-Pop, atau bahkan karakter yang sudah ada.

Penambahan fake chat yang lebih menarik sehingga penulis sekaligus pembaca akan dengan mudah memvisualisasikan dan mendapatkan gambaran jelas tentang karakter di dalam cerita. Fake chat tersebut berisi obrolan antar karakter yang menambah suasana seakan lebih hidup.

Nah, bagi kamu penggemar cerita Alternattive Universe apalagi pengguna aktif twitter pasti sudah tidak asing dengan karya dari akun bernama @sotogakpaketomat yang menulis cerita AU berjudul Eknath.

Eknath ini pertama kali dipublikasikan di twitter pada September 2022 lalu dan sampai sekarang berhasil mendapatkan lebih dari lima puluh tiga ribu retweet dan 129 ribu suka. Memang novel yang diadaptasi dari cerita AU berjudul Eknath ini bercerita tentang apa, sih?

 

Sinopsis dan Review Novel Eknath

Eknath adalah karya @sotogakpaketomat yang menghadirkan cerita menarik tentang Kaluna, seorang dokter hewan yang memiliki dua kecintaan dalam hidupnya: hewan dan musik. Ia adalah seorang penggemar berat band East Coast, dan Juan, sang gitaris band tersebut, adalah idola dan inspirasi bagi Kaluna. Lagu-lagu dari band tersebut selalu menghiasi playlist Kaluna, dan ia sering mendengarkannya di klinik dokter hewan bernama Mojo Pet Care, tempat di mana ia bekerja.

Takdir mempertemukan Kaluna dengan kejadian tak terduga. Suatu hari, ia harus menggantikan jadwal kerja temannya, Ashley, yang dengan sepihak menukar jadwalnya dengan Enzi tanpa memberitahu Kaluna sebelumnya. Ashley meminta tolong kepada Kaluna untuk menggantikannya dalam wawancara dengan seorang calon administrator klinik, karena Ashley sendiri harus mengurus urusan surat izinnya yang mendesak.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Awalnya, Kaluna merasa kesal dengan perubahan jadwal ini. Hari Senin adalah hari liburnya yang ditunggu-tunggu, dan ia merasa terganggu dengan kejadian tak terduga ini. Namun, dengan sikap profesionalnya, Kaluna berusaha menenangkan diri dan mengubah emosinya menjadi positif. Ia tidak ingin emosi negatifnya mempengaruhi pertemuan dengan calon administrator yang sangat penting bagi kelancaran operasional klinik Mojo Pet Care.

Saat Kaluna sudah siap menghadapi calon administrator, sebuah kejutan besar menanti. Juan Eknath, sang gitaris band favoritnya, muncul di klinik dengan membawa seekor kucing dalam pet cargo. Kabar tentang El, kucing kesayangan Juan, yang tiba-tiba mengalami batuk yang tak kunjung sembuh, telah sampai kepada Kaluna. Kedatangan Juan dengan El di Mojo Pet Care adalah kejadian yang tidak pernah terpikirkan oleh Kaluna sebelumnya.

Kaluna merasa campur aduk antara kegembiraan dan keterkejutan. Ia tidak hanya memiliki kesempatan untuk bertemu dengan idolanya secara langsung, tetapi juga memiliki tanggung jawab profesional sebagai dokter hewan untuk membantu menyembuhkan El, kucing Juan. Inilah momen yang tak terduga namun penuh harapan bagi Kaluna, karena ia dapat menggabungkan kecintaannya pada musik dengan pekerjaannya sebagai dokter hewan.

Seiring berjalannya waktu, Kaluna menjalin hubungan baik dengan Juan dan El. Ia mengobati El dengan penuh keahlian dan memberikan saran serta perawatan yang diperlukan. Sementara itu, Kaluna dan Juan pun berbagi cerita tentang kecintaan mereka terhadap musik dan band East Coast. Keduanya menemukan hubungan yang kuat dan saling memahami di antara ketertarikan mereka yang sama.

Eknath tidak hanya menceritakan kisah perjalanan Kaluna sebagai seorang dokter hewan, tetapi juga menggambarkan bagaimana hobi dan ketertarikan dapat membawa orang-orang bersama. Dalam dunia yang tak terduga dan penuh kejutan, terkadang musik dan kecintaan kita terhadap suatu hal dapat membawa kita pada pengalaman dan pertemuan yang luar biasa. Dan bagi Kaluna, bertemu dengan Juan dan El adalah pengalaman yang tak akan pernah ia lupakan.

Lalu, bagaimana akhir dari Kaluna, Juan, dan El? Biar nggak penasaran dengan akhir ceritanya, langsung dapatkan bukunya di gramedia.com, ya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Novel Eknath

Pros & Cons

Pros
  • Ceritanya memiliki alur yang ringan dan sederhana sehingga mudah diikuti serta dipahami.
  • Mengajarkan kita untuk memiliki komunikasi yang baik dengan pasangan.
  • Novel ini juga seakan memberi peringatan untuk yang ingin memelihara hewan agar dijaga dengan baik, karena mereka juga adalah makhluk hidup yang tidak mau matinya sia-sia.
Cons
  • Karena novel ini diangkat dari kisah AU sehingga jelas penggambaran tokoh Juan Eknath dibuat sangat sempurna, padahal di dalam sebuah novel harus dibarengi dengan realitas, karena realitasnya laki-laki seperti Juan Eknath bisa jarang ditemui bahkan mungkin tidak ada.

 

Kelebihan Novel Eknath

Kalau kamu sedang ingin mencari bacaan ringan, sederhana, sekaligus menggemaskan tentang kisah cinta maka novel Eknath ini bisa menjadi salah satu pilihan. Novel Eknath ini menawarkan kegembiraan tersebut ketika kita mulai membacanya.

Tentang dokter hewan, gitaris band rock-pop, hingga kisah percintaan diantara keduanya dijelaskan dengan manis. Juan Eknath yang terinspirasi dari seorang artis K-Pop seolah menjadi jembatan halu bagi siapa saja yang menyukai dunia K-Pop. Karena Juan Eknath sendiri digambarkan menjadi sosok laki-laki sempurna yang memperlakukan perempuan bak seorang putri kerajaan.

Pembaca akan dibawa dengan alur yang sederhana. Di dalam novel ini juga mengajarkan kita untuk memiliki komunikasi yang baik dengan pasangan. Karena komunikasi adalah kunci untuk memiliki hubungan yang kuat.

Novel Eknath juga berhasil menyampaikan pesan-pesan tersiratnya, seperti ketika kita mau memelihara hewan kita harus siap dulu. Kalau seandainya belum siap lebih baik ditunda dahulu. Sebab, hewan juga membutuhkan semua hal baik untuk kelangsungan hidupnya. Mereka juga sebagai makhluk hidup tidak ingin mati dengan sia-sia.

Kekurangan Novel Eknath

Selain memiliki kelebihan, novel Eknath ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan di dalam novel ini terletak dari penokohan Juan Eknath yang digambarkan terlalu sempurna dengan menjadi sosok laki-laki yang mengambil semua bahasa cinta. Maka dari itu, beberapa pembaca mengingatkan untuk tidak menjadikan novel ini sebagai novel halusinasi, karena tokoh seperti Juan Eknath jarang ditemui dan bahkan bisa jadi tidak ada.

 

Penutup

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam novel Eknath. Novel remaja yang diangkat dari AU ini bagus untuk dibaca, Terutama bagi kamu yang sedang ingin mencari hiburan dengan kisah-kisah yang ringan dan sederhana sekaligus menggemaskan yang bisa membuat kamu senyum-senyum sendiri ketika membacanya.

Nah, untuk Grameds yang ingin kelanjutan dan akhir cerita dari Eknath: Kisah Cinta Dokter Hewan yang Bertemu dengan Biasnya, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Melani Wulandari

 

Rekomendasi Novel Terkait

Dikta & Hukum

 

Novel Dikta & Hukum merupakan karya fanfict yang menceritakan tentang Dikta, seorang mahasiswa hukum tingkat akhir di sebuah universitas ternama dan menjadi salah satu mahasiswa terpintar di kampusnya. Ia menjadi laki-laki idaman semua perempuan karena penggambarannya yang sempurna.

Di lain sisi, ada Nadhira, si anak SMA kelas 12 yang berbanding terbalik dengan Dikta. Nadhira adalah perempuan pemalas dan mageran yang dikenal sebagai perempuan yang banyak mau, keras kepala, dan suka mengeluh. Tanpa diduga, mereka berdua dijodohkan oleh kedua orang tuanya dan harus terjebak dengan hubungan yang semakin rumit.

 

Haga Ganteng & Printer

 

Novel ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Anami, mahasiswa yang sering numpang print tugas kuliah pada tetangganya, Haga, yang dikenal dengan kegantengannya. Bagi Anami, printer memiliki makna yang sedikit berbeda karena melalui printer menjadi alat penunjang awal kedekatannya dengan Haga, cowok yang dingin dan super cuek tapi ganteng.

Karena urusan printer tersebut, tanpa mereka sadari, hubungan keduanya semakin dekat. Hingga suatu ketika, Anami melihat Haga memposting foto seorang perempuan dengan emoticon berbentuk hati di twitternya.

Kisah romansa mereka kemudian dimulai dengan datangnya konflik persahabatan dan masa lalu Haga. Lalu, bagaimana kisah selanjutnya antara Haga dan Anami?

 

Samuel

 

Novel Samuel bercerita tentang kehidupan tokoh utama yang memiliki nama lengkap Samuel Erlangga. Samuel dikenal dengan pria tampan yang memiliki kepribadian tegas, tidak baperan, dan agak kejam. Tapi, ketika di rumahnya, Samuel menjadi anak yang manja apalagi saat sudah bertemu dengan susu botol spiderman buatan ibunya.

Samuel memang menyembunyikan kehidupan aslinya dibalik topeng. Di depan banyak orang, Samuel memperlihatkan pada semua orang bahwa ia memiliki kehidupan yang sempurna. Hal tersebut terjadi sejak dua tahun yang lalu. Wanita yang dicinta Samuel harus meninggal karena kesalahannya.

Dihantui rasa bersalah yang mengantarkan Samuel menjadi pribadi seperti itu, ia tidak memiliki hubungan romantis dengan wanita lainnya. Hingga datanglah perempuan bernama Azura Anastasia, anak dari sahabat ayahnya yang sudah dijodohkan dengan Samuel sejak masih kecil.

 

Miss Echa: 10 Kisah Cinta

 

Miss Echa adalah judul sebuah buku yang berisi kumpulan 10 cerita pendek tentang perempuan. Diterbitkan pada pertengahan November, sepertinya ingin mengejar momen Hari Ibu atau Hari Natal (mengingat beberapa cerpen di dalamnya bernuansa Kristiani).

Alesha, yang dipanggil Miss Echa oleh murid-muridnya di TK Internasional, gadis mandiri berusia 25 tahun yang tidak merasa perlu berpasangan dengan laki-laki. Usaha sang ibu untuk menjodohkannya selalu gagal. Terakhir, Ibu ingin mendekatkan Alesha dengan Ben, anak sahabatnya. Namun di awal perkenalan saja keduanya sudah saling berantipati.

Miss Echa adalah satu dari sekian wanita dalam buku kumpulan kisah karya Belinda Gunawan ini. Para wanita itu memiliki cerita cinta yang unik. Dan rumit. Mereka mayoritas dewasa, ada yang masih lajang, ada yang nyaris menjadi lajang, ada pula yang sudah kembali melajang.

Namun, pergumulan cinta mana bisa matang bila tidak melibatkan kaum pria? Maka para pria pun hadir tak hanya sebagai pemanas asmara, tetapi juga sebagai pelembut ego perempuan. Yang tak kalah penting, ternyata urusan cinta para wanita ini juga melibatkan campur tangan wanita lain. Sosok ibu. Bisa ibu kandung, bisa ibu mertua. Bahkan mantan ibu mertua! Nah lo, ujung-ujungnya bakal merecoki atau mengademkan suasana?

Dan tebak, selain bersenang-senang, pembaca bakal mendapat pelajaran apa selesai membaca kesepuluh kisah ini?

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy