in

Review Novel Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi

Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi – Sebuah novel detektif yang memiliki jalan cerita yang bagus dan menarik. Kisah Enola Holmes sang detektif muda yang cerdas dalam menganalisis kasus kejahatan. Perjalanan Enola untuk diakui menjadi detektif seperti kakaknya membuat kamu akan terpukau!

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan detektif cerdas asal Inggris yang bisa memecahkan kasus dengan mudah. Tentunya detektif tersebut adalah Sherlock Holmes. Ternyata, Sherlock memiliki adik perempuan yang sama cerdasnya seperti dirinya.

Adik perempuannya itu adalah Enola Holmes. Enola sendiri masih berumur 16 tahun tetapi ia juga ingin menjadi seorang detektif seperti Sherlock. Namun, tentu saja ada rintangan dalam mencapai mimpinya itu. Mycroft yang merupakan kakak tertua mereka tidak menyetujui impian Enola. Di sisi lain, Enola terus berusaha untuk diakui oleh kakaknya dan orang lain dengan menyelidiki sebuah kasus. Berhasilkah Enola menangani kasus tersebut?

Kali ini kita akan membahas mengenai isi dari novel Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi karya Nancy Springer. Yuk, simak kelanjutan kisah romance dan kerja sama tim yang dikemas dalam novel ini ya!

 

Sinopsis Novel Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi

Sepucuk surat datang di Ferndell Hall untuk Enola Holmes. Tampaknya, Enola akan mengungkapkan teka-teki besar yang selama ini mengikutinya di dalam setiap perjalanannya. Dengan ornamen gipsi, ia merasa yakin bahwa surat tersebut dari ibunya yang ditujukan untuknya.

Lalu, Dr. Ragostin masih memiliki kasus yang harus diselesaikan. Duque Luis del Campo telah kehilangan istrinya secara misterius. Perempuan itu telah masuk ke dalam stasiun kereta bawah tanah di Baker Street, namun tidak pernah keluar lagi dari sana.

Di dalam novel ini, Enola tidak hanya bergerak untuk orang yang membutuhkan pertolongannya saja, tetapi, ia mulai terbuka untuk orang-orang di sekitarnya dan mulai membuka hatinya untuk kedua kakaknya. Lalu, apakah Enola berhasil menolong orang-orang di sekitarnya?

 

Review Novel Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi

Novel Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi merupakan karya Nancy Springer. Enola Holmes merupakan adik bungsu dari Mycroft dan Sherlock Holmes. Namun, ia juga memiliki kecerdasan seperti kedua kakaknya. Hal ini ditunjukan dengan cara Enola menyelesaikan kasusnya dengan baik.

Secara keseluruhan novel ini memiliki jalan cerita yang bagus dan menarik. Karakter di dalam novel juga sangat bagus dan mendidik para pembaca. Seperti karakter Enola yang terus berjuang untuk menyelesaikan kasus dengan caranya sendiri.

Kasus yang diselidiki juga dijelaskan dengan baik sehingga pembaca mengerti bagaimana menyelesaikan kasus tersebut. Novel ini benar-benar cerita yang menyenangkan dan menghibur, sehingga kamu akan ketagihan membaca novel ini.

 

Profil Penulis

Novel Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi merupakan karya dari Nancy Springer. Ia lahir pada 5 Juli 1948. Ia merupakan seorang penulis fantasi, sastra, misteri, dan fiksi ilmiah dari Amerika Serikat. Karyanya yang berupa novel Larque On The Wing pernah memenangkan Tiptree Award pada tahun 1942.

Selain itu, ia menerima penghargaan dari Edgar Award dari Mystery Writers of America untuk novelnya yang berjudul Toughing It pada tahun 1995 dan Looking for Jamie Bridger pada tahun 1996. Ia sudah menulis lebih dari 50 buku selama karirnya.

Ia menulis novel Enola Holmes pertama kali pada tahun 2006 dan memiliki 7 sekuel. Novel Enola Holmes juga tak kalah populer dengan karyanya yang lain. Bahkan, Enola Holmes sudah diadaptasi ke film layar lebar.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Karakter dalam cerita sangat mendidik
  • Jalan cerita yang sederhana
Cons
  • Karakter Enola terlalu menerapkan unsur feminis

 

Setiap novel pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating novel Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi karya dari Nancy Springer.

Kelebihan dalam novel ini adalah karakter dalam cerita sangat mendidik. Di dalam cerita memperlihatkan karakter Enola yang terus berusaha untuk mengejar impiannya dengan caranya sendiri. Karakter Enola juga sangat mandiri dan peduli dengan sesama.

Lalu, jalan cerita yang sederhana. Jalan cerita yang disajikan dalam novel ini juga sederhana. Perjalanan kisah Enola yang ingin menjadi detektif muda dan harus melewati tantangan yang mengganggunya akan membuat pembaca menyukai jalan cerita novel ini.

Kekurangan dalam novel ini adalah karakter Enola terlalu menerapkan unsur feminisme. Di dalam novel, Enola ingin hidup bebas layaknya kedua kakaknya. Ia berpikir untuk tidak menikah dan menjadi ibu rumah tangga karena merepotkan dan terikat.

Padahal, tidak selamanya menjadi ibu rumah tangga akan merepotkan dan terikat. Namun, bukan berarti karakter Enola yang mandiri itu tidak bagus. Karakter Enola yang pemberani dan mandiri tentunya bagus untuk dicontoh.

Novel ini mendapatkan rating yang cukup tinggi. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 4.29 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca sangat menyukai jalan cerita yang ada di dalam novel ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai novel Enola Holmes #6: Kasus Perpisahan Gipsi karya dari Nancy Springer. Novel ini memiliki jalan cerita yang menarik sehingga mendapatkan rating yang cukup tinggi dari pembacanya.

Kisah seru perjalanan Enola Holmes menyelesaikan kasus akan membuat kamu penasaran. Berbagai misteri dan tantangan yang harus dilewati tentunya akan membuat kamu menyukai jalan cerita di dalam novel ini.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah seru dan menegangkan yang ada di dalam novel ini, kamu dapat membaca novel ini dengan membelinya toko Gramedia terdekat atau bisa mendapatkannya di gramedia.com ya!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Novel

Nah, biar kalian semakin banyak mengoleksi novel detektif, maka bisa melihat rekomendasi novel detektif di bawah ini, ya.

1. Kisah Misteri Enola Holmes: Kasus Kode Rahasia Crinoline

 

Novel Kisah Misteri Enola Holmes: Kasus Kode Rahasia Crinoline merupakan karya Nancy Springer. Novel ini menceritakan tentang Enola Holmes yang terkejut dengan sosok wanita tua bernama Mrs. Tupper. Wanita itu ternyata adalah kuncinya! Wanita tua yang lemah, tuli, bahkan pernah ikut perang Krimea.

Kemudian muncul sebuah pucuk surat ancaman ke rumahnya, namun secara tiba-tiba wanita tua itu menghilang. Enola pun segera bertindak untuk menemukan wanita tua yang sudah dianggap seperti ibunya. Ia pun mulai melakukan penyelidikan untuk menemukan wanita tua itu. Lalu, ia menemukan sebuah kode.

Di dalam sebuah crinoline tua, ia menemukan sebuah pesan yang berisi kode rahasia. Pesan yang ada di dalamnya membuat ia kembali pada cahaya di masa perang Krimea yang disebut sang wanita berlentera dan masa lalu yang seharusnya tidak terungkapkan.

 

2. Kisah Misteri Enola Holmes – Misteri Nona Bertangan Kidal

 

Novel Kisah Misteri Enola Holmes – Misteri Nona Bertangan Kidal merupakan karya Nancy Springer. Novel ini menceritakan kisah Enola Holmes yang menyamar sebagai Ivy Meshle. Ivy Meshle merupakan seorang sekretaris muda, ia menyamar untuk mendapatkan informasi mengenai putri bangsawan yang menghilang.

Putri bangsawan tersebut sudah menghilang sejak beberapa waktu yang lalu. Tetapi, Enola menemukan banyak keanehan dalam kasus ini. Ketika ia membaca buku diary dari nona itu, mengapa ditulis dari arah sebaliknya? Lalu bagaimana Enola merasa suara hatinya bisa disuarakan saat membaca buku diary tersebut?

Putri bangsawan itu bernama Lady Cecily. Di sisi lain, Sherlock Holmes menemukan sebuah kode dan berhasil memecahkannya. Kode tersebut merupakan yang biasa dipakai oleh Enola dan ibunya untuk berkomunikasi. Sehingga ia berusaha untuk menemukan adik perempuannya itu!

 

3. Kisah Misteri Enola Holmes : Kasus Menghilangnya Sang Marquess

 

Novel Kisah Misteri Enola Holmes : Kasus Menghilangnya Sang Marquess merupakan karya Nancy Springer. Novel ini menceritakan adik perempuan dari Mycroft dan Sherlock, yaitu Enola Holmes. Saat itu Enola sedang berulang tahun namun ibunya tiba-tiba menghilang dan memberikannya sebuah petunjuk untuk dipecahkan olehnya.

Enola pun berusaha menghubungi kedua kakaknya untuk mendapatkan bantuan mencari ibunya. Namun, ia dimasukkan ke dalam sekolah asrama perempuan karena Enola dianggap merepotkan. Hal itu membuat Enola kabur dari asrama tersebut dan memecahkan kasus itu dengan caranya sendiri.

Berbagai kejadian dan rintangan harus dilewati oleh Enola dalam perjalanannya memecahkan kasus tersebut. Berhasilkah Enola memecahkan kasus tersebut? Apakah ia akan bertemu kembali dengan ibunya?

 

4. Sherlock Holmes: Misteri Di Lembah Ketakutan

 

Novel Sherlock Holmes: Misteri Di Lembah Ketakutan merupakan karya Sir Arthur Conan Doyle. Novel ini menceritakan tentang tragedi pembunuhan yang terjadi lagi dan membuat gempar penduduk di sekitar Birlstone Manor. John Douglas yang merupakan seorang jutawan kaya raya ditemukan meninggal di dalam ruangannya.

Penyelidikan pun dilakukan oleh Sherlock sampai banyak bukti terkumpul. Ia menemukan fakta bahwa Nyonya Douglas ternyata diam-diam mempunyai hubungan dekat dengan rekan mendiang suaminya. Lalu muncul masalah bahwa kasus ini disampaikan oleh kaki tangan Profesor Moriarty yang terkenal cerdas dan licik.

Apakah motif pembunuhannya? Dendam masa lalu? Cinta segitiga? Adakah keterlibatan Profesor Moriarty dalam kasus ini? Sherlock Holmes dan Dr. John Watson akan menghadapi kasus paling rumit dan membahayakan di dalam novel ini!

 

(Immortal) A Study In Scarlet : Sherlock Holmes

 

Dr. John Watson mengalami luka-luka dalam perang, dan ketika dia kembali ke London, dia tidak mampu membeli apartemen yang layak huni untuk masa pensiunnya, jadi dia diperkenalkan dengan seorang pria aneh yang merupakan “detektif konsultan”, yang pertama dan hanya di dunia.

“A Study in Scarlet” merupakan novel pertamanya yang berkisah tentang awal pertemuan Sherlock Holmes dengan Dr. Watson. Berangkat dari kisah inilah petualangan Sherlock dan Watson dimulai dan dari kisah ini jugalah yang pada akhirnya akan mengantarkan kita pada kisah-kisah petualangan mereka yang lain.

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/6659801-the-case-of-the-gypsy-good-bye

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy dan website saya luvne.com