in

Review Komik C.M.B. Karya Motohiro Katou

C.M.B. – Komik sudah menjadi bacaan yang disukai oleh banyak orang karena gambar dan alur cerita yang disajikan sangat menarik. Sehingga, yang awalnya hanya penasaran dengan jalan ceritanya, kini banyak orang yang mulai mengikuti jalan cerita dari komik tersebut karena memiliki jalan cerita yang bagus.

Pernahkah kamu membaca cerita dengan tema detektif cerdas? Jika kamu menyukai misteri dan sejarah, komik ini sangat cocok untuk kamu baca. Komik C.M.B merupakan kisah tentang kehidupan seorang pemuda Jepang, yaitu Shinra Sakaki yang sudah yatim piatu. Kemudian, ia diangkat oleh tiga ayah lalu mendidiknya dengan pembelajaran sejarawan.

Jalan cerita yang disajikan komik C.M.B sangat bagus dan menarik sehingga kamu tidak akan menyesal membaca komik ini. Selain itu, akan banyak pengetahuan mengenai sejarah yang akan membuat kamu penasaran karena adegan yang ditampilkan sangatlah seru dan memberi banyak ilmu pengetahuan!

Oleh karena itu, bagi kamu yang penasaran dengan komik ini. Yuk, mari lihat review singkat dari komik ini ya!

 

Sinopsis Komik C.M.B.

Komik C.M.B. menceritakan perjalanan seorang pemuda asal Jepang bernama Shinra Sakaki yang sudah menjadi yatim piatu sejak kecil. Lalu, ia diangkat oleh tiga ayah dan mendidiknya dengan berbagai pembelajaran tentang arkeologi dan sejarah.

Berbagai pengetahuan mengenai arkeologi dan sejarah pun diajarkan kepada Sakaki. Ia diberikan sebuah hadiah tiga cincin kuno dengan menggunakan inisial C.M.B. Dengan menggunakan cincin tersebut, Sakaki dapat masuk ke berbagai fasilitas serta mendapatkan dana sebesar apapun.

Kemudian, ia membuat sebuah museum aneh yang bisa dinaiki dengan memanjat pohon dan pergi ke sekolah. Lalu saat di sekolah, ia bertemu dengan Tatsuki Nanase yang pada akhirnya ikut memecahkan misteri yang berkaitan dengan arkeologi serta sejarah.

 

Review Komik C.M.B.

Komik C.M.B. merupakan karya dari Motohiro Katou. Komik ini menceritakan tentang perjalanan Shinra Sakaki dengan Tatsuki Nanase dalam memecahkan kasus yang berkaitan dengan arkeologi dan sejarah.

Jalan cerita yang ada di dalam komik sangat bagus. Berbagai pengetahuan mengenai arkeologi dan sejarah disajikan dengan baik. Terdapat banyak kasus yang harus dipecahkan di dalam komik ini sehingga membuat kamu juga akan ikut berpikir bagaimana menyelesaikannya.

Gambar karakter di dalam komik juga disajikan dengan bagus sehingga pembaca akan melihat ekspresi para tokoh dengan baik.

Komik ini sangat cocok dibaca untuk kamu yang menyukai cerita detektif cerdas. Lalu, terdapat sejarah atau fakta-fakta ilmiah yang membuat kamu juga sambil belajar mengenai hal tersebut.

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

Profil Penulis

Komik ini merupakan karya Motohiro Katou. Motohiro merupakan mangaka asal Jepang yang telah membuat beberapa karyanya berupa manga. Karyanya yang paling dikenal adalah Q.E.D. dan C.M.B. 

Di awal karirnya, ia sudah mencoba membuat sebuah karya yang berhubungan dengan permainan video di Enix. Kemudian, pada saat ini ia menerbitkan karyanya di Kodansha. Ia juga pernah menerima sebuah penghargaan manga Kodansha untuk karyanya yang berjudul Q.E.D.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Jalan cerita yang menarik
  • Terdapat banyak pengetahuan arkeologi dan sejarah
Cons
  • Alur cerita harus dipahami dengan seksama

 

Setiap komik pastinya ada banyak hal yang disukai dan tidak disukai oleh para pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating komik C.M.B. karya Motohiro Katou.

Kelebihan dalam komik ini adalah jalan cerita yang menarik. Pembaca akan diajak untuk menyelidiki kasus yang berhubungan dengan arkeologi atau sejarah. Komik ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai misteri yang dibalut dengan sejarah.

Lalu, terdapat banyak pengetahuan arkeologi dan sejarah. Petualangan Shinra Sakaki dan Tatsuki Nanase dalam menyelidiki kasus akan memberimu banyak pengetahuan mengenai arkeologi dan sejarah. Sehingga pembaca akan sambil belajar ketika membaca komik ini.

Kekurangan dalam komik ini adalah alur cerita harus dipahami dengan seksama. Hal itu dikarenakan banyak kasus yang akan diselidiki oleh Sakaki dan Nanase. Sehingga pembaca harus fokus dalam membaca komik ini.

Komik ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di website goodreads. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 4.07 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca sangat menyukai jalan cerita yang ada di dalam komik ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai komik C.M.B. karya dari Motohiro Katou. Komik ini memiliki jalan cerita yang menarik dan bagus sehingga mendapatkan rating yang cukup tinggi dari pembacanya

Petualangan Shinra Sakaki dan Nanase dalam menyelidiki kasus yang berkaitan dengan arkeologi dan sejarah sangat seru dan memberikan banyak pembelajaran bagi pembaca. Sehingga pembaca pastinya akan sangat tertarik dengan jalan cerita dalam komik ini.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah petualangan Shinra Sakaki dalam menyelidiki kasus yang ada di dalam komik ini, kamu dapat membaca komik ini dengan membelinya toko Gramedia terdekat ya atau bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Fiska Rahma Rianda

 

Rekomendasi Komik

1. Blue Lock

 

Pada tahun 2018 tim nasional sepak bola Jepang harus tereliminasi pada babak delapan besar final Piala Dunia. Karena kegagalan memenangkan Piala Dunia, persatuan sepak bola Jepang membuat sebuah training camp yang dinamakan Blue Lock. Pada training camp ini, mereka mengumpulkan 300 orang striker sepak bola pada tingkat pelajar SMA.

Hal ini dilakukan agar tim nasional Jepang dapat memenangkan Piala Dunia. Seorang pelatih sepak bola bernama Jinpachi Ego, ia berpendapat bahwa yang dibutuhkan Jepang adalah striker sepak bola yang penuh dengan keegoisan. Dari 300 orang striker itu, hanya 1 orang yang akan terpilih.

Yoichi Isagi seorang striker tidak terkenal dan bersama kawan-kawan lainnya mengikuti latihan yang dimana mereka saling bersaing satu sama lain dan membuat mereka menjadi egois!

 

2. Psychic Detective Yakumo – The Alternate Story 1

 

Komik ini merupakan salah satu seri dari cerita Yakumo. Novel ini menceritakan tentang seseorang bernama Yakumo Saito. Yakumo merupakan orang yang memiliki mata merah di sebelah kiri dan mata tersebut mempunyai kemampuan khusus. Kemampuan khusus tersebut adalah dapat melihat roh halus orang yang sudah meninggal atau hantu.

Ia berpendapat bahwa roh halus yang masih bergentayangan menandakan ada sesuatu yang belum diselesaikan oleh roh halus itu. Lalu, jika roh halus itu sudah tidak ada urusan lagi di dunia, pasti ia sudah kembali dengan damai. Sehingga Yakumo bersama Ozawa Haruka mulai melakukan investigasi roh halus.

Komik Psychic Detective Yakumo – The Alternate Story 1 merupakan karya Manabu Kaminaga. Komik ini memiliki jalan cerita yang seru. Ilustrasi yang ditampilkan oleh Suzuka Oda juga sangat memanjakan mata para pembacanya. Petualangan Yakumo dan Haruka akan membuat kamu merinding!

 

3. My Hero Academia

 

Komik ini menceritakan sebuah kisah tentang Izuku Midoriya atau Deku yang tidak mempunyai kekuatan super atau quirk di dunia yang penuh dengan kekuatan super. Padahal hampir semua orang yang hidup di sana memiliki kekuatan super sehingga membuat impiannya menjadi sulit untuk digapai.

Walaupun tidak memiliki kekuatan dalam dirinya, Deku tetap memiliki hati layaknya seorang pahlawan. Suatu hari Deku bertemu dengan All Might dan ia mengatakan Deku dapat menjadi seorang pahlawan. Lalu All Might pun memberikan kekuatannya kepada Deku.

Deku yang mendapatkan kekuatan dari All Might pun tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia sering melatih fisik dan kekuatannya demi dapat sekolah pahlawan di U.A. Ia pun berhasil masuk ke sana dan menjalani kisah layaknya murid SMA sampai berhasil menjadi pahlawan nomor satu di dunia.

 

4. Attack on Titan

 

Komik Attack on Titan merupakan karya dari Hajime Isayama. Komik ini sangat populer sehingga banyak orang yang menyukai jalan ceritanya. Dikisahkan seorang tokoh utama bernama Eren Jaeger yang ingin membalaskan dendamnya untuk membunuh titan karena sudah membuat ibunya terbunuh.

Pada saat itu secara tiba-tiba titan datang menyerang umat manusia dan menghancurkan tembok. Titan-titan tersebut memangsa banyak manusia termasuk ibunya Eren. Eren pun akhirnya hidup bersama Mikasa dan Armin.

Beberapa tahun kemudian, mereka bertiga menjadi kadet untuk pelatihan membasmi titan-titan yang menyerang umat manusia. Namun, siapa sangka titan yang dulu menyerang tempat tinggal mereka muncul kembali dan menyebabkan kekacauan.

Eren pun merasa marah dan ingin membunuh titan tersebut. Akankah Eren berhasil untuk membunuh titan tersebut?

 

One Punch Man 05

 

Saitama adalah seorang pahlawan super yang sanggup mengalahkan semua musuhnya dalam satu pukulan. Namun, kekuatannya yang luar biasa ini justru membuat dia bosan karena tidak ada musuh yang mampu menghadapinya.

Di tengah kebosanan tersebut, Saitama bertemu Genos, seorang cyborg yang kemudian menjadi muridnya. Bersama Genos, Saitama kemudian mendaftar ke Asosiasi Pahlawan demi meningkatkan reputasi kepahlawanannya, sekaligus mencari kandidat musuh yang cukup kuat untuk menghadapinya.

One Punch Man adalah komik yang ceritanya ditulis oleh ONE dan art-nya digarap oleh Yusuke Murata yang namanya sudah lebih dulu dikenal sebagai penggambar manga populer lainnya, yakni Eyeshield 21. Komik ini begitu populer di Jepang dan kancah internasional berkat karakter Saitama yang kekuatannya tergolong unik sebagai pahlawan super.

Di dalam komik ini, pembaca akan disodorkan dua sisi Saitama. Yakni sisi Saitama yang datar dan sering bertingkah bodoh, serta sisi pahlawan supernya yang sangat badass. Serialisasi One Punch Man sendiri pertama kali dimulai pada tahun 2012 dan masih berlangsung hingga sekarang. Kesuksesan serial komik ini juga melahirkan dua musim adaptasi anime yang semakin memperluas kepopulerannya.

Sinopsis

Raja Laut yang begitu kuat seakan tak terkalahkan. Memang, dia bukan apa-apa bagi Saitama, tapi tidak demikian bagi Hero lain. Bahkan Hero kelas S saja kesulitan. Kalau begitu, bagaimana jadinya nasib mereka dan para warga biasa?

 

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/id/book/show/6555482

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy