in

Review Komik Death Note

Death Note – Pernahkah kamu mendengar sebuah buku kematian? Uniknya, buku kematian itu dikendalikan oleh seorang manusia yang dibantu oleh malaikat maut. Komik Death Note akan menceritakan kisah tersebut secara rinci.

Kisah Light Yagami yang menemukan sebuah buku kematian di tepi jalan akan membuat pembaca penasaran dengan kisah selanjutnya. Selain itu, ada detektif yang akan mencari sosok keberadaan Light karena terus-menerus menggunakan buku kematian itu.

Jalan cerita yang ditampilkan akan membuat kamu ketagihan karena pertarungan adu pintar antara Light Yagami dan detektif L sangatlah menarik untuk dibaca. Apakah yang akan terjadi pada Light? Apakah Light berhasil mengalahkan detektif L untuk terus menggunakan buku death note tersebut?

Kali ini kita akan membahas isi dari komik Death Note karya Tsugumi Ohba. Yuk, mari kita review secara ringkas ya!

Sinopsis Komik Death Note

Dikisahkan seorang siswa SMA bernama Light Yagami yang menemukan sebuah buku di tepi jalan saat ia pulang sekolah. Light merupakan siswa cerdas yang memiliki masa depan cerah. Ia pun mengambil buku tersebut yang merupakan Death Note.

Awalnya, ia merasa buku itu hanyalah lelucon, namun karena penasaran ia mencoba buku itu dan ternyata berhasil. Saat itu, pertama kalinya Light bertemu dengan Ryuk, sosok malaikat maut pemilik Death Note. Lalu, Light pun bertekad membuat dunia impian tanpa kejahatan.

Banyak sekali kriminal yang ditulis oleh Light di dalam Death Note. Hal itu membuat ia merasa menjadi Tuhan di dunianya tersebut. Aksinya yang membunuh kriminal tersebut membuatnya mendapat julukan sebagai Kira atau kill.

Lalu munculnya L sebagai detektif untuk mencari siapa itu Kira. L juga sangat cerdas sehingga membuat rencana Light menjadi terhambat. Hal itu membuat Light marah dan ingin membunuh L. Tetapi, L menggunakan samaran dan bukan nama asli. Sehingga Light berusaha untuk mencari tahu siapa nama asli L agar bisa membunuhnya.

Apakah yang akan dilakukan Light agar bisa membunuh L? Apakah L akan berhasil menghentikan Light sebagai Kira?

 

Review Komik Death Note

Komik Death Note merupakan karya Tsugumi Ohba. Komik ini sangatlah populer karena jalan ceritanya yang bagus dan menarik. Kisah siswa SMA yang menemukan Death Note di tepi jalan membuatnya menjadi sosok pembunuh secara tidak langsung kepada banyak kriminal di Jepang.

Karakter dalam novel juga sangat menonjol, seperti Light dan L. Mereka berdua menjadi rival karena sama-sama memiliki otak yang cerdas. Namun, keduanya memiliki tujuan yang berbeda.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Light yang ingin membuat dunia tanpa kejahatan tetapi harus membunuh banyak kriminal. Lalu, L seorang detektif yang berusaha menghentikan Light dari perbuatannya tersebut. Sehingga mereka berdua saling menyimpang satu sama lain.

Kisah yang diceritakan dalam komik akan membuat pembaca berpikir apakah yang dilakukan Light sudah benar? Apakah sudah benar membunuh banyak kriminal yang mengganggu ketenangan hidup? Namun, di sisi lain ada yang berpikir bahwa mereka juga berhak untuk tetap hidup dan masih humanis.

Kalau kamu ada di dalam dunia Death Note, apakah kamu mendukung yang Light lakukan? Atau mendukung L untuk menghentikan Light sebagai Kira?

Profil Penulis

Komik Death Note merupakan karya Tsugumi Ohba. Ia lahir pada 1969 di Tokyo, Jepang. Death Note merupakan karyanya yang paling terkenal hingga dianimasikan ke televisi. Identitas aslinya sangat tertutup rapat, sehingga tidak banyak yang diketahui tentangnya.

Kebiasaan L yang selalu duduk berjongkok sambil minum secangkir teh merupakan inspirasi dari dirinya sendiri. Ada yang berpendapat bahwa namanya ini hanyalah nama pena. Sedangkan nama aslinya belum diketahui lebih lanjut.

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating Komik

Pros & Cons

Pros
  • Karakter utama yang berbeda dari karakter utama lainnya
  • Jalan cerita yang unik dan menarik
Cons
  • Alur cerita agak rumit

 

Setiap komik pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating komik Death Note karya Tsugumi Ohba.

Kelebihan dalam novel ini adalah karakter utama yang berbeda dari karakter utama lainnya. Light Yagami merupakan karakter utama dalam komik ini. Tetapi, ia memiliki karakter antagonis karena terus membunuh para kriminal untuk menciptakan dunianya sendiri yang tanpa kejahatan.

Bahkan, ia tidak segan membunuh orang-orang yang menghalangi rencananya tersebut, salah satunya adalah L. Ia membunuh L karena terus berusaha mencari siapa dirinya dan menghalangi rencananya.

Lalu, jalan cerita yang unik dan menarik. Diceritakan dalam komik ini sebuah Death Note yang jatuh dari langit dan ditemukan oleh Light di tepi jalan. Dengan menggunakan Death Note, Light dapat membunuh siapapun yang diinginkan dengan mengetahui nama aslinya. Hal ini membuat pembaca tertarik dengan jalan cerita yang disuguhkan.

Komik ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di goodreads. Rating yang dihasilkan sebesar 4.46 dari 5 bintang. Ini menunjukan bahwa komik ini sangat disukai oleh para pembacanya.

Penutup

Itulah hasil review singkat mengenai komik Death Note karya Tsugumi Ohba. Komik yang menceritakan kisah Light Yagami yang menemukan sebuah Death Note di tepi jalan dan menggunakannya untuk membunuh para kriminal demi menciptakan dunia tanpa kejahatan.

Perseteruan antara Light dan L tentunya sangat seru dan membuat kamu ketagihan untuk mengikuti jalan cerita dalam komik ini. Light yang cerdas dan L yang cerdas membuat perseteruan mereka semakin sengit.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah selanjutnya cerita ini. Kamu dapat membeli komik ini di toko Gramedia terdekat ya! Dijamin kamu tidak akan menyesal membaca komik ini!

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Komik

1. Detektif Conan

 

Komik Detektif Conan merupakan karya dari Aoyama Gosho. Detektif Conan cukup populer di kalangan pecinta anime karena kisahnya yang unik dan menarik. Dikisahkan seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo, suatu hari ia sedang mendengarkan percakapan seseorang berjubah hitam namun ketahuan.

Setelah ketahuan Shinichi dipaksa minum sebuah obat yang menyebabkan tubuhnya mengecil seperti anak SD. Karena tubuhnya mengecil, ia pun terpaksa harus menyamar sebagai Conan. Hanya beberapa orang terdekat saja yang mengetahui identitas asli dari Conan.

Namun, karena kepintarannya dalam mengungkapkan misteri sebuah kasus, ia sering kali membantu detektif Kogoro untuk menyelesaikan permasalahan setiap kasus. Selain itu, ia juga berusaha untuk mencari pelaku yang membuat tubuhnya mengecil. Berhasilkah Conan menemukan mereka?

2. Another

 

Komik Another merupakan komik horor karya Yukito Ayatsuji. Dikisahkan seorang siswa SMP Yomiyama Utara  bernama Mitsuki yang 26 tahun lalu duduk sebagai siswa di kelas 3-3. Ia menjadi murid yang disukai oleh gurunya dan teman-temannya karena rupawan dan pandai akademik maupun non-akademik.

Namun, tiba-tiba ia mengalami kecelakaan dan merenggut nyawanya. Tetapi, teman-temannya dan gurunya masih menganggap Misaki seolah-olah hidup. Mereka  menyediakan bangku kosong saat upacara kelulusannya. Perlakuan mereka tersebut membuat sosok Misaki ikut muncul di dalam foto album kelulusan.

Seiring berjalannya waktu, kelas 3-3 berubah menjadi kelas kutukan. Setiap murid baru yang masuk ke dalam kelas tersebut akan meninggal dengan tragis. Hal itu tentu saja membuat banyak orang penasaran apa yang terjadi pada kelas tersebut.

3. Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba

 

Salah satu komik aksi yang seru untuk kamu baca. Komik Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba menceritakan seseorang bernama Tanjiro yang tiba-tiba kehilangan anggota keluarganya karena ulah iblis. Ia baru saja pulang ke rumah dan menemukan semua anggotanya terbunuh. Hanya ada satu anggota keluarganya yang tersisa, yaitu Nezuko.

Nezuko merupakan adik perempuan Tanjiro yang masih hidup tetapi ia bukan lagi manusia seutuhnya. Nezuki sudah berubah menjadi iblis. Tanjiro pun berusaha untuk menyelamatkan Nezuko walaupun adiknya sudah berubah menjadi iblis. Oleh karena itu, Tanjiro membawa Nezuko untuk menyembuhkan adiknya.

Komik ini menjadi salah satu komik aksi yang juga dapat kamu baca. Tidak hanya menyajikan aksi saja, unsur komedi juga terdapat di dalam komik ini. Kamu akan dibuat gemas dengan tingkah lucu Nezuko.

4.  Uzumaki

 

Karya lainnya dari sang mangaka Ito Junji, yaitu komik Uzumaki. Komik ini juga memiliki genre horor yang dapat membuat pembacanya merinding. Komik ini menceritakan mengenai warga Kurozu-cho yang merupakan sebuah kota fiksi. Mereka diganggu oleh kekuatan supranatural yang melibatkan spiral atau uzumaki.

Kirie Goshima seorang gadis SMA yang hidup di kota tersebut awalnya menjalani kehidupannya dengan normal. Suatu hari ia mulai merasakan hal aneh yang terjadi pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarganya.

Semua hal yang ada sekitarnya benar-benar terasa aneh di dalam pandangannya. Ia pun merasa harus melarikan diri dari kota aneh tersebut. Namun, semuanya sudah terlambat sehingga ia terjebak di sana. Apakah yang akan terjadi pada Kirie? Berhasilkah ia pergi dari kota tersebut?

One Punch Man 05

 

Saitama adalah seorang pahlawan super yang sanggup mengalahkan semua musuhnya dalam satu pukulan. Namun, kekuatannya yang luar biasa ini justru membuat dia bosan karena tidak ada musuh yang mampu menghadapinya.

Di tengah kebosanan tersebut, Saitama bertemu Genos, seorang cyborg yang kemudian menjadi muridnya. Bersama Genos, Saitama kemudian mendaftar ke Asosiasi Pahlawan demi meningkatkan reputasi kepahlawanannya, sekaligus mencari kandidat musuh yang cukup kuat untuk menghadapinya.

One Punch Man adalah komik yang ceritanya ditulis oleh ONE dan art-nya digarap oleh Yusuke Murata yang namanya sudah lebih dulu dikenal sebagai penggambar manga populer lainnya, yakni Eyeshield 21.

Komik ini begitu populer di Jepang dan kancah internasional berkat karakter Saitama yang kekuatannya tergolong unik sebagai pahlawan super.

Di dalam komik ini, pembaca akan disodorkan dua sisi Saitama. Yakni sisi Saitama yang datar dan sering bertingkah bodoh, serta sisi pahlawan supernya yang sangat badass.

Serialisasi One Punch Man sendiri pertama kali dimulai pada tahun 2012 dan masih berlangsung hingga sekarang.

Kesuksesan serial komik ini juga melahirkan dua musim adaptasi anime yang semakin memperluas kepopulerannya.

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/book/show/13615.Death_Note_Vol_1?ac=1&from_search=true&qid=g2S85OrBhZ&rank=1

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy