in

Review Novel Ghosting Writer

Ghosting Writer – Sebuah novel yang relate untuk kamu pecinta dunia kepenulisan. Novel menceritakan sebuah kisah suka duka menjadi seorang penulis. Pernahkah kamu mengenal istilah Ghosting Writer? Jika pernah, apa tanggapan kamu mengenai hal tersebut?

Tidak hanya menceritakan seseorang yang menyukai dunia kepenulisan. Novel ini juga menceritakan sebuah kisah dari seseorang yang mengejar impiannya. Namun, pastinya untuk meraih semua impian tersebut tidaklah mudah.

Berbagai rintangan pun harus dihadapi dan salah satunya adalah orang tua. Ketika orang tua memiliki perbedaan pendapat mengenai impian kamu. Apakah yang akan kamu lakukan? Novel ini menceritakan semuanya dengan baik dan seru. Yuk, mari kita bahas mengenai isi novel ini secara singkat!

 

Sinopsis Novel Ghosting Writer

Sebuah kisah mengenai seseorang yang ingin menjadi seorang penulis. Wilma sudah lama menjadi penulis di T3, sebuah platform online yang disediakan untuk para penulis. Namun, Wilma merasa kesal dengan ghosting writer yang mendapatkan peringkat pertama.

Padahal ia sudah susah payah mempromosikan karya tulisannya ke berbagai media sosial tetapi ghost writer tersebut dengan mudahnya mendapatkan peringkat tertinggi tanpa adanya promosi. Tentu saja hal itu membuat Wilma kesal.

Tidak hanya itu, ada juga kakak kelasnya yang selalu menggodanya sehingga membuatnya kesal. Ganindra terus menggoda Wilma dan mengatakan selalu merayunya dengan gombalan jayus yang membuatnya merinding.

Sebenarnya apa sih maunya Ganindra kepada Wilma? Apakah Ganindra suka dengan Wilma? Di lain sisi, Wilma berusaha untuk mengalahkan ghosting writer tersebut.

 

Review Novel Ghosting Writer

Kisah Wilma yang berusaha mengejar impiannya yang menjadi seorang penulis dibuat dengan cara yang menarik. Di dalam novel ini kita dapat melihat bagaimana menjadi seorang penulis yang baik. Selain itu, novel ini juga menceritakan hubungan anak dan orang tua yang berusaha mengejar impian mereka.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Berbagai impian yang diinginkan oleh anak belum tentu disetujui oleh orang tua. Novel ini berhasil membuat pembaca relate dengan kehidupan sehari-hari. Wilma yang ingin menjadi penulis tetapi tidak disetujui oleh ibunya. Namun, ia tetap berusaha untuk mengejar impiannya.

Hal itu tentu saja membuat Wilma menjadi dilema. Selain itu, gaya penulisan yang dibuat oleh penulis novel sangatlah unik. Pembaca dapat ikut terhanyut ketika membaca novel ini.

Tidak hanya itu, banyak pelajaran yang dapat diambil melalui novel ini. Tentang seseorang yang terus mengejar impiannya, orang tua yang dilema mengenai masa depan anak, dan saling mendukung tanpa menjadikan orang tersebut menjadi lawan dalam meraih mimpi tersebut. Porsi romantis di dalam novel juga dikemas dengan baik dan tidak berlebihan, sehingga pembaca pun dapat menikmati jalan cerita dalam novel ini dengan baik.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Alur cerita yang menarik
  • Karakter yang positif vibes
  • Memiliki pesan yang bagus dalam kehidupan
Cons
  • Tata kalimat kurang tertata dengan baik

 

Setiap novel pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating novel Ghosting Writer  karya dari Aya Widjaja. Kelebihan dalam novel ini adalah alur cerita yang dibuat dengan menarik. Kisah yang disajikan oleh penulis novel ini sangatlah relate dengan kehidupan sehari-hari.

Dapat dilihat bahwa seorang anak yang ingin mengejar impiannya namun orang tuanya tidak setuju dengan impian tersebut. Dari konflik inilah yang membuat alur cerita menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Lalu, karakter dalam novel yang memiliki citra positif vibes. Karakter Wilma yang terus mengejar impiannya walaupun ibunya tidak setuju jika ia menjadi penulis. Hal itu memperlihatkan bahwa Wilma memiliki karakter yang pekerja keras dan tidak mudah menyerah sehingga pembaca pun akan tersentuh dengan usaha yang dilakukannya.

Selain itu, novel ini juga memiliki pesan yang bagus untuk para pembacanya. Kisah seseorang yang berusaha mencapai impiannya, bagaimana orang tua menyikapi perbedaan pendapat dengan anaknya, dan berusaha untuk bersaing dengan cara yang sehat.

Kekurangan dalam novel ini adalah tata kalimat yang kurang tertata dengan baik. Ada beberapa kalimat yang kurang nyambung dan perlu membacanya dengan seksama. Namun, hal itu tidak mengurangi betapa bagusnya novel ini.

Novel ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di goodreads. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 4.07 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca sangat menyukai jalan cerita yang ada di dalam novel ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai novel Ghosting Writer karya Ayu Widjaja. Novel ini memiliki jalan cerita yang menarik sehingga mendapatkan rating yang cukup tinggi dari pembacanya.

Kisah Wilma yang ingin menjadi penulis namun tidak disetujui oleh ibunya. Pembaca akan melihat betapa gigihnya perjuangan Wilma untuk menggapai impiannya. Lalu juga diperlihatkan bahwa orang tua ingin anaknya mendapatkan yang terbaik.

Terdapat dua sisi yang berbeda tetapi memiliki pandangan yang sama-sama baik mengenai masa depan. Jika kamu menjadi Wilma, apa yang akan kamu lakukan? Simak kisah selanjutnya dari Wilma di novel satu ini dengan membelinya di toko Gramedia terdekat atau dapat membelinya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Fiska Rahma Rianda

 

Rekomendasi Novel

1. Alster Lake

 

Dikisahkan seorang perempuan bernama Alea yang tidak sengaja meninggalkan bukunya di perpustakaan. Lalu seseorang menemukan buku tersebut sampai keduanya bertemu. Alea pun terkejut karena orang tersebut merupakan penulis yang disukai oleh Alea. Buku Alster Lake yang sedang dibaca Alea merupakan karya dari Dean Bjorn.

Mereka pun menjadi akrab dan memiliki ketertarikan yang sama pada Jerman. Dean pun mulai jatuh cinta pada Alea. Ia pun mulai menyatakan perasaannya pada Alea. Alea tentu saja menerimanya karena ia juga sudah menyukai Dean sejak lama.

Beberapa waktu telah berlalu mereka menjalin sebuah hubungan. Lalu masalah muncul menerpa hubungan mereka sehingga harus mengakhiri semuanya. Pada suatu hari Alea menemukan buku yang berjudul Alster Lake 2. Buku tersebut mengisahkan tentang dirinya. Akhirnya, Alea merasa harus menyelesaikan masalah yang belum selesai.

 

2. Dikta & Hukum

 

Novel Dikta & Hukum merupakan novel adaptasi dari fanfict yang ditulis oleh penulis yang membuat cerita dengan menggunakan idolanya menjadi tokoh cerita. Dikisahkan Dikta merupakan seorang mahasiswa hukum tingkat akhir dan menjadi mahasiswa terpintar di universitasnya.

Dikta menjadi tokoh idaman para wanita karena karakternya yang hampir sempurna. Ia pintar, rajin, kaya raya, baik, dan pastinya tampan. Di sisi lain terdapat perempuan bernama Nadhira yang masih kelas 12 SMA.

Pada suatu hari Dikta dan Nadhira dijodohkan oleh kedua orang tuanya. Namun, karakter Nadhira berbanding terbalik dengan Dikta. Nadhira memiliki karakter yang pemalas, keras kepala, suka mengeluh, dan selalu menunda-nunda pekerjaan.

Perbedaan karakter keduanya menjadi tantangan sendiri buat keduanya. Lama-kelamaan pun Nadhira mulai jatuh cinta pada Dikta. Lalu bagaimana dengan perasaan Dikta pada Nadhira?

 

3. Haga Ganteng dan Printer

 

Ketika kebanyakan orang menganggap printer merupakan alat untuk mengeprint tugas kuliah atau pekerjaan kantor, lain halnya dengan Anami. Makna printer bagi Anami adalah untuk mendekati Haga, yaitu lelaki yang disukainya.

Anami selalu nebeng untuk ngeprint tugas menggunakan printer Haga. Namun, Haga dikenal sebagai cowok yang dingin, cuek, dan susah didekati. Lama-kelamaan hubungan antara mereka berdua menjadi dekat. Namun, pada suatu hari Haga memposting foto dengan perempuan lain menggunakan emoticon hati.

Hal itu tentunya membuat Anami sedih. Zidane dan Dirga yang merupakan sahabat Haga mencoba untuk menghibur Anami. Ternyata ada seseorang yang merasa sedih juga dengan kedekatan Anami dan Haga.

Apakah Hanami akan tetap bertahan dan terus mendekati Haga melalui printernya? Atau Anami akan sadar kalau selama ini masih ada orang lain yang diam-diam menyukainya?

 

4. Claires

 

Novel Claires merupakan karya dari Valerie Patkar. Novel ini menceritakan kisah Claires yang hubungan percintaannya terjebak oleh orang ketiga. Awalnya, ia bertemu dengan seorang bernama Ares Nota. Namun, lelaki tersebut ingin mencoba menguji hubungan percintaan Claires dengan kekasihnya, yaitu Kai.

Hubungan Claires dan Kai hampir sempurna sehingga membuat Ares ingin mencoba menggoda Claires. Namun, siapa sangka Claires menjadi tergoda sampai terbawa perasaan dengan ulah Ares. Awalnya Ares pun hanya sekadar iseng ingin menguji kesetiaan Claires, tetapi ia akhirnya terjebak juga dengan permainannya sendiri.

Tentu saja hal tersebut seperti menumpahkan minyak dalam api. Hubungan mereka pun menjadi rumit karena adanya orang ketiga yang mengganggu keharmonisan mereka. Apakah yang akan dilakukan oleh Claires? Apakah ia akan tetap bersama kekasihnya? Atau lebih memilih Ares?

 

5. Romantis Boy

 

“Romantis Boy” merupakan novel karangan Hendra Putra, yang juga merupakan penulis dari novel Tears: Berharap Aku Berhenti Menangis KarenamuTears: Berharap Aku Berhenti Menangis Karenamu, Pangeran Kelas, dan #dearmantan.

Novel “Romantis Boy” sendiri mengisahkan cerita cinta ala remaja SMA. Dua tokoh utamanya adalah Sergio dan Karin, dua teman masa kecil yang kembali dipertemukan di bangku SMA. Keseharian keduanya tak luput dari pertengkaran.

Karakter Sergio yang jahil untuk mencari perhatian, dan Karin yang sering dijahili hingga gadis itu sebal, membuat interaksi antara keduanya terlihat menggemaskan. Perkembangan hubungan antara keduanya merupakan cerita yang menarik untuk disimak.

Sumber:

  • https://www.goodreads.com/id/book/show/123169826

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy