in

Review Komik Tomie Part 2 Karya Ito Junji

Tomie Part 2 Ito Junji – Komik sudah menjadi salah satu bacaan yang paling disukai oleh banyak orang. Apalagi untuk para pecinta anime Jepang, mereka tidak hanya menonton animenya saja. Biasanya mereka akan membaca komiknya juga untuk mengetahui lebih dalam jalan cerita dari anime tersebut.

Banyak juga para pecinta anime yang menjadikan komik sebagai koleksi. Hal itu karena ingin menunjukan bahwa mereka sangat menyukai komik tersebut. Sehingga ada beberapa orang yang terkadang memperlihatkan kecintaan terhadap komik tersebut dengan mengoleksi semua seriesnya.

Berbagai macam genre juga disajikan di dalam komik. Salah satunya adalah komik dengan genre horor seperti Tomie. Komik ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu part 1 dan part 2. Cerita horor Tomie tentu saja membuat pembaca akan merinding saat membacanya.

Kali ini kita akan membahas mengenai isi komik ini agar kamu tidak penasaran lagi. Yuk, simak baik-baik review singkat mengenai komik ini ya!

 

Sinopsis Komik Tomie Part 2

Komik Tomie mengisahkan seorang gadis cantik bernama Tomie yang diidamkan oleh banyak lelaki. Karena kecantikannya tersebut banyak sekali lelaki yang ingin memiliki Tomie. Namun, Tomie memanfaatkan kecantikannya tersebut dengan membayar mahal jika salah satu dari mereka semua ingin memilikinya.

Pada suatu hari, Tomie pulang dari sekolahnya dan terjadi hal tak terduga. Para lelaki yang ingin memiliki Tomie membuat rencana untuk memutilasi Tomie dan membagi tubuhnya secara merata. Sehingga Tomie pun meninggal dengan cara yang mengenaskan.

Setelah itu, para lelaki tersebut pun sadar dan bersepakat untuk mengumpulkan kembali potongan tubuh Tomie membuangnya agar tidak ketahuan.

Namun, keesokan harinya terjadi kejadian yang menggemparkan isi sekolah. Tomie masuk sekolah dan membuat orang-orang yang membunuhnya terkejut. Sejak saat itulah teror dari si cantik Tomie pun dimulai.

 

Review Komik Tomie Part 2

 

Komik horor yang akan membuat pembacanya merinding melihat kisah si cantik Tomie. Komik ini merupakan karya dari Ito Junji. Setiap orang yang berpapasan dengannya akan meninggal. Tentu saja kesan misterius Tomie benar-benar terasa seperti di part sebelumnya.

Gambar yang disajikan di dalam komik juga dibuat creepy dan menegangkan oleh penulis. Kesan unik yang ditampilkan dalam komik ini adalah berbagai macam tampilan Tomie yang menjelma layaknya banyak hantu.

Berbagai misteri yang terlihat dalam komik tentu saja membuat pembaca akan penasaran sekaligus merinding dengan wujud-wujud yang ditampilkan oleh Tomie. Tomie dapat berubah wujud ibarat hantu-hantu di Indonesia, seperti kuyang, hantu kepala buntung, dan masih banyak lainnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Bagi kamu pecinta komik horor tentunya pasti akan menyukai komik ini. Gambar yang ditampilkan benar-benar memberikan kesan yang menyeramkan. Sehingga kamu akan dibuat merinding oleh si cantik Tomie.

 

Profil Penulis

Komik Tomie merupakan karya dari Ito junji. Ito Junji adalah seorang mangaka asal Jepang yang lahir pada 31 Juli 1963. Ia dikenal sebagai salah satu mangaka horor di negeri sakura tersebut. Selain Tomie, ia juga membuat beberapa karya horor lainnya.

Karya-karya horor yang membuatnya terkenal adalah Tomie, Uzumaki, dan Gyo. Semua karakter yang dibuatnya merupakan berasal dari lingkungannya. Contohnya, karakter Tomie terinspirasi dari teman sekelasnya yang meninggal secara tragis.

Begitu pula dengan beberapa karakter lainnya yang terinspirasi dari lingkungannya juga. Dari karyanya yang berjudul Tomie, namanya menjadi semakin dikenal dan mendapatkan penghargaan pertama semasa hidupnya.

 

Kelebihan,Kekurangan, dan Rating Komik Tomie Part 2

Pros & Cons

Pros
  • Visualisasi gambar sangat bagus
  • Kesan horor sangat terasa
Cons
  • Banyak misteri yang belum terjawab

 

Setiap komik pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating komik Tomie Part 2 karya dari Ito Junji.

Kelebihan dalam komik ini adalah gambar visual yang disajikan oleh penulis sangatlah bagus dan terasa nyata. Karakter Tomie benar-benar dibuat semenyeramkan mungkin agar pembaca ikut merinding dengan si cantik satu ini.

Lalu, kesan horor juga sangat terasa bagi yang membaca komik ini. Kesan horor dan teror Tomie kepada setiap orang yang ditemuinya dibuat sangat menyeramkan dan creepy. Tomie juga dibuat seperti banyak macam hantu sehingga tampilannya berubah-ubah tetapi tetap akan membuat pembaca merinding.

Kekurangan dalam novel ini adalah banyak misteri yang belum terjawab, seperti asal-usul Tomie yang tentunya membuat pembaca akan penasaran dengan riwayat hidupnya. Namun, komik ini sangat cocok dibaca untuk kamu pecinta genre horor.

Lalu, komik ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di goodreads. Rating yang didapatkan komik ini sebesar 4.53 dari 5 bintang. Ini menandakan bahwa pembaca sangat menyukai dan menikmati kisah Tomie yang meneror banyak orang.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai komik Tomie Part 2 karya dari Ito Junji. Komik ini memiliki jalan cerita yang horor dan menarik sehingga mendapatkan rating yang cukup tinggi dari pembacanya.

Kisah si Tomie yang selalu meneror kepada setiap orang yang ditemuinya benar-benar ditampilkan secara menyeramkan dan menegangkan. Bahkan banyak sekali wujud Tomie yang ditampilkan dalam komik ini.

Tentu saja itu membuat kesan horor semakin terasa. Apalagi wujud yang ditampilkan oleh penulis dibuat secara creepy dan memberikan kesan mistis ke pembacanya.

Bagi kamu pecinta horor tentu saja tidak akan menyesal untuk membaca komik ini. Kamu akan selalu dibuat penasaran dengan berbagai misteri yang terdapat dalam komik ini. Yuk, segera membaca komik ini dengan membelinya di toko Gramedia terdekat ya atau bisa di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Fiska Rahma Rianda

 

Rekomendasi Komik

1. Uzumaki

 

Karya lainnya dari sang mangaka Ito Junji, yaitu komik Uzumaki. Komik ini juga memiliki genre horor yang dapat membuat pembacanya merinding. Komik ini menceritakan mengenai warga Kurozu-cho yang merupakan sebuah kota fiksi. Mereka diganggu oleh kekuatan supranatural yang melibatkan spiral atau uzumaki.

Kirie Goshima seorang gadis SMA yang hidup di kota tersebut awalnya menjalani kehidupannya dengan normal. Suatu hari ia mulai merasakan hal aneh yang terjadi pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarganya.

Semua hal yang ada sekitarnya benar-benar terasa aneh di dalam pandangannya. Ia pun merasa harus melarikan diri dari kota aneh tersebut. Namun, semuanya sudah terlambat sehingga ia terjebak di sana. Apakah yang akan terjadi pada Kirie? Berhasilkah ia pergi dari kota tersebut?

 

2. New Year’s Curse

 

Komik horor lainnya yaitu New Year’s Curse karya Sakamoto Isao. Di dalam komik ini terdapat 6 cerita yang akan membuat kamu merinding ketika membacanya. Keenam cerita tersebut, yaitu New Year’s Curse, Yoshiko-chan, She Falls Jump Over and Over Again, The World I like The Most, Palmistry & Sachiko, dan The Transfer Student.

Setiap cerita yang ada di dalamnya memberikan kesan horor dan menegangkan layaknya sebuah film horor. Dikisahkan pada suatu kota, akan ada orang yang meninggal di setiap tahun baru. Lalu siapakah yang akan meninggal selanjutnya?

Gambar-gambar yang disajikan oleh penulis tentunya dibuat secara detail sehingga pembaca akan terbawa suasana horor yang ada di dalam cerita. Bagi kamu pecinta genre horor, kamu tidak akan menyesal membaca komik horor satu ini.

 

3. Another

 

Komik Another merupakan komik horor karya Yukito Ayatsuji. Dikisahkan seorang siswa SMP Yomiyama Utara  bernama Mitsuki yang 26 tahun lalu duduk sebagai siswa di kelas 3-3. Ia menjadi murid yang disukai oleh gurunya dan teman-temannya karena rupawan dan pandai akademik maupun non-akademik.

Namun, tiba-tiba ia mengalami kecelakaan dan merenggut nyawanya. Tetapi, teman-temannya dan gurunya masih menganggap Misaki seolah-olah hidup. Mereka  menyediakan bangku kosong saat upacara kelulusannya. Perlakuan mereka tersebut membuat sosok Misaki ikut muncul di dalam foto album kelulusan.

Seiring berjalannya waktu, kelas 3-3 berubah menjadi kelas kutukan. Setiap murid baru yang masuk ke dalam kelas tersebut akan meninggal dengan tragis. Hal itu tentu saja membuat banyak orang penasaran apa yang terjadi pada kelas tersebut.

 

4. Fragments of Horror

 

Komik horor lainnya karya dari Ito Junji yang berjudul Fragments of Horror. Komik ini terdiri dari delapan cerita pendek. Setiap cerita dibuat sangat menyeramkan dan akan membuat pembaca merinding ketika melihatnya.

Kedelapan cerita tersebut terdiri dari, Futon, Wooden Spirit, Tomio – Red Turtleneck, Gentle Goodbye, Dissection Girl, Black Bird, Magami Nanakuse, dan Whispering Woman.  Ito Junji menyajikan setiap cerita dengan bagus sehingga pembaca tidak akan menyesal membaca komik horor satu ini.

 

5. Akasha : Ito Junji – Best Of Best Short Story Collection

 

Cerita dalam komik ini mengandung materi yang diperuntukan untuk pembaca dewasa. Berisi cerita seram dengan ilustrasi detail yang seram. Tidak dianjurkan untuk dibaca anak-anak di bawah umur.

Ito Junji: Best of Best merupakan kumpulan 10 cerita pendek yang telah dipilih khusus untuk para pembaca setia karya mangaka horor ternama di Jepang, Ito Junji. Volume ini mencakup sepuluh cerita pendek Junji Ito, yang dipilih secara eksklusif dari katalog penerbit Sh?gakukan dan disajikan serta disertai dengan galeri enam ilustrasi berwarna. Disajikan dalam bentuk aslinya untuk pertama kalinya dalam bahasa Inggris, antologi mewah berukuran mewah ini hadir dengan bagian penuh warna.

10 Judul Cerita Pendek: Army of One, Human Chair, Venus in The Blind Spot, The Licking Woman, Umezu Sensei and Me, Other Love of This World, The Possession of Profesor Kirida, Enigma of Amigara Fault, The Sad Tale of the Principal Post, Momento.

 

6. Junji Ito`s Cat Diary Yon and Mu

 

Pentolan komik horor Jepang, Junji Ito, menyuguhkan kesehariannya sebagai “Komikus Horor J” dalam komik ini. Tadinya dia penyuka anjing, tapi jadi memelihara kucing atas keinginan tunangannya, A-ko. Mu, si anak kucing keturunan ras luar. Dan Yon, kucing manja berwajah terkutuk. Di luar dugaan J, para kucing tak kunjung akrab dengannya. Ayo semangat, J! Horor dan humor itu perbedaannya tipis. Inilah komik humor kucing besutan komikus horor!

Sumber:

  • https://www.riodestila.com/2023/04/review-komik-ito-junji-compilation-2-tomie-part-2.html
  • https://www.thefamouspeople.com/profiles/junji-ito-48034.php

.

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy