in

Review Novel Fickle and Brittle

Fickle and Brittle – Kisah romantis saat masa SMA memang menjadi hal yang tak dapat dilupakan begitu saja. Biasanya di masa-masa ini memiliki banyak kenangan indah bersama teman-teman maupun pasangan. Sama halnya seperti kisah romantis yang ada di dalam novel ini.

Tidak hanya tentang kisah romantis masa SMA saja, di dalam novel ini kamu juga akan mendapatkan arti dari sebuah persahabatan dan betapa berartinya orang-orang terdekat ketika kamu merasa tidak percaya diri. Novel ini akan memperlihatkan dengan baik bagaimana arti dari semua itu.

Kali ini kita akan membahas mengenai isi dari novel Fickle and Brittle karya Lula. Yuk, simak kelanjutan kisah romantis dan persahabatan yang dikemas dalam novel ini ya!

 

Sinopsis Novel Fickle and Brittle

Satu bulan yang lalu…

Saat ini masih terlalu dini untuk Riever. Ia melihat sendiri bagaimana telapak tangan lelaki yang lebih tua darinya itu mendarat pipi Hosea yang merupakan sahabatnya sejak kelas 1 SMA. Suara antara kulit yang saling bertemu satu sama lain menghasilkan suara di kamar dan lorong rumah sakit yang hening.

Riever terkejut melihat kejadian itu di balik kaca pintu kamar inap itu. Ia segera membuang muka agar tak melihat kejadian yang tidak membuatnya nyaman. Saat itu belum sampai 24 jam sejak lelaki itu menjalani operasi otot ligamen.

Padahal sakit di kakinya belum mereda, namun pipi lelaki itu harus menerima tamparan dari ayahnya. Sejak kejadian itu, Riever selalu mengingatnya bak kaset yang rusak di kepalanya. Ia pun menjadi bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Lalu ia pergi ke toilet untuk menenangkan diri sambil meremas-remas tangannya. Jantungnya berdegup dengan kencang kemudian membasuh mukanya untuk menghilangkan raut cemas di wajahnya. Ia juga memastikan wajahnya di depan cermin agar Hosea tak melihat wajah cemasnya.

 

Review Novel Fickle and Brittle

Novel Fickle and Brittle merupakan karya Lula. Novel ini memiliki jalan cerita yang bagus dan menarik. Pembaca akan melihat bagaimana arti dari persahabatan dan orang-orang terdekat yang selalu ada ketika dibutuhkan.

Novel ini merupakan kisah romantis antara Riever dan Hosea yang dibalut juga dengan kekeluargaan. Karakter Hosea yang menyebalkan di awal cerita namun lama-kelamaan akan diperlihatkan seberapa besar rasa sayangnya kepada Riever. Kisah romantis yang diperlihatkan penulis di dalam novel akan membuat kamu senyum-senyum sendiri karena tingkah laku mereka berdua.

Konflik yang disajikan dalam novel ini agak berat namun perlahan-lahan akan mengerti apa yang dimaksudkan oleh penulis novel. Oleh karena itu, novel ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai tema romantis, persahabatan, dan kekeluargaan. Penasaran dengan kisah romantisnya?

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

Profil Penulis

Novel Fickle and Brittle merupakan karya dari Lula. Awalnya, ia merupakan seorang ekstrovert lalu berubah menjadi introvert karena lama berdiam diri di rumah saat pandemi. Kemudian, ia mengisi waktu luangnya dengan membuat karya berupa tulisan di twitter serta yang dijadikan buku.

Motivasinya membuat cerita Fickle and Brittle adalah karena rasa kangen dengan masa-masa SMA dan suasana DBL, sehingga muncul sebuah ide membuat tulisan tentang anak basket dan anak introvert yang bertemu di lorong sekolah.

Bagi kamu yang penasaran dengan sosok Lula, kamu dapat mengunjungi twitternya dengan username @haezchanie dan instagramnya @haezchanie.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Kisah romantis yang unik
  • Terdapat pesan-pesan yang dapat dijadikan pembelajaran
Cons
  • Konflik agak berat sehingga perlu membaca dengan seksama

 

Setiap novel pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating novel Fickle and Brittle karya dari Lula.

Kelebihan novel ini adalah kisah romantis yang unik. Novel ini menceritakan kisah romantis antara Riever dan Hosea yang berawal dari teman biasa. Namun, lama-kelamaan mereka mempunyai perasaan satu sama lain. Karakter Hosea yang agak menyebalkan kepada Riever akan membuat pembaca sedikit geram tetapi akan tersenyum saat membaca kisah mereka berdua.

Lalu, terdapat pesan-pesan yang dapat dijadikan pembelajaran. Novel ini tidak hanya menampilkan kisah romantis saja. Tetapi, ada hal lain yang dapat dijadikan pembelajaran bagi kita semua, seperti rasa kekeluargaan dan persahabatan antar tokoh.

Kekurangan dalam novel ini adalah konflik agak berat sehingga perlu membaca dengan seksama. Konflik yang disajikan dalam novel akan membuat kamu berpikir dan penasaran namun jika membacanya dengan baik, kamu akan memahami konflik yang disajikan oleh penulis.

Novel ini mendapatkan rating yang cukup bagus. Rating yang didapatkan novel ini sebesar 4 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca sangat menyukai jalan cerita yang ada di dalam novel ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai novel Fickle and Brittle karya dari Lula. Novel ini memiliki jalan cerita yang menarik sehingga mendapatkan rating yang cukup bagus dari pembacanya.

Kisah romantis antara Riever dan Hosea akan membuat kamu terhibur dan tertawa karena sangat menghibur. Di sisi lain, novel ini juga menunjukan nilai-nilai kekeluargaan dan persahabatan antar tokoh yang membuat kamu akan tersentuh.

Bagi kamu yang penasaran dengan kisah romantis antara Riever dan Hosea yang ada di dalam novel ini, kamu dapat membaca novel ini dengan membelinya toko Gramedia terdekat ya!

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Novel

1. Mariposa

 

Novel Mariposa merupakan karya Luluk HF. Novel ini menceritakan tentang perjuangan Acha seorang gadis cantik yang ingin mendapatkan cinta dari Iqbal. Acha terus berusaha untuk memperjuangkan cintanya agar Iqbal luluh padanya. Iqbal sendiri merupakan lelaki dingin yang tidak pernah menyukai perempuan lain.

Padahal, Iqbal sudah menolaknya berkali-kali. Tetapi Acha pantang menyerah dan terus mengejar cinta Iqbal. Selama Iqbal masih berwujud manusia dan bukan sapi terbang, Acha akan selalu mengejar Iqbal agar menyukainya.

Kisah romantis mereka berdua akan membuat pembaca gemas karena perbedaan karakter keduanya. Bagi kamu pecinta genre romantis-komedi akan sangat cocok membaca kisah antara Acha dan Iqbal. Yuk, segera beli bukunya di toko Gramedia terdekat ya!

 

2. Sunshine Becomes You

 

Novel Sunshine Becomes You merupakan karya Ilana Tan. Karyanya sudah banyak dikenal oleh banyak orang, seperti Winter in Tokyo, Summer in Seoul, dan masih banyak lainnya. Novel ini menceritakan tentang kisah cinta yang memberikan alasan untuk tetap bertahan hidup. Kisah ini dimulai oleh Alex Hirano yang tinggal di kota New York.

Alex awalnya tidak ingin berdekatan dengan seorang gadis yang sudah membuatnya cacat. Lalu, gadis bernama Mia Clark itu tertawa sehingga membuat Alex berpikir tawa gadis secerah matahari itu adalah seorang malaikat kegelapannya. Mata hitam yang tajam dan dingin itu menatap ke arah Mia yang seharusnya ketakutan.

Di saat Alex tersenyum, Mia merasakan jantungnya berdegup dengan kencang dan terasa bumi menelannya secara perlahan. Lalu bagaimanakah kisah selanjutnya antara Alex dan Mia? Apakah Mia jatuh cinta pada Alex?

 

3. Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995

 

Novel Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 merupakan karya Pidi Baiq. Novel ini menceritakan kisan antara Dilan dan Ancika pada tahun 1995. Kehidupan Dilan setelah putus dengan Milea dan bertemu orang-orang baru membuatnya menjadi lebih dewasa dari sebelumnya.

Hubungan Ancika dan Dilan awalnya hanyalah sebatas sahabat. Namun, lambat laun keduanya saling menyukai satu sama lain. Dilan yang saat itu sudah menjadi mahasiswa ITB sedangkan Ancika masih siswa SMA tidak menghalangi keduanya untuk tetap bersama.

Dilan dan Ancika seolah-olah memang sudah ditakdirkan untuk bersama. Lalu, bagaimana dengan perasaan Dilan ke Milea? Apakah Dilan sudah move on dari Milea? Mengingat dulu  Dilan dan Milea merupakan pasangan yang memiliki chemistry yang baik. Simak kisah selanjutnya di novel ini!

 

4. Pulang

 

Novel Pulang merupakan karya Tere Liye. Novel ini menceritakan sebuah kisah perjalanan dari seorang lelaki bernama Bujang yang sangat sukses dalam bidang shadow economy. Keteguhan dan kepintarannya membuat ia menjadi berada di puncak kesuksesan.

Bujang yang merupakan seorang mafia memiliki berbagai kekuasaan sehingga banyak yang takut padanya. Bahkan, seorang presiden juga tidak mampu berkutik di hadapannya. Tetapi, semua perjalanannya untuk mencapai itu semua dilewati dengan berbagai masalah dan pengkhianatan.

Di saat ia terlalu fokus menjalani perusahaan milik Tong ini, ia sampai tidak sempat menyampaikan kata perpisahan kepada ayah dan ibunya yang sudah pulang ke hadapan Tuhan.

Novel ini memperlihatkan kisah Bujang yang awalnya hanya sosok lelaki kecil yang berubah menjadi sukses karena tekad dan usahanya. Pada akhirnya, ia pun mengerti apa makna dari kata “pulang” yang sebenarnya.

 

Dikta & Hukum

 

Novel Dikta & Hukum merupakan sebuah karya fanfict dengan menjadikan orang nyata sebagai tokoh cerita seperti artis atau idol terkenal. Identitas tokoh dalam cerita akan berbeda karena hanya sebuah imajinasi atau fantasi saja. Novel Dikta & Hukum menceritakan tentang seorang tokoh bernama Dikta yang merupakan mahasiswa hukum tingkat akhir di sebuah universitas ternama dan menjadi salah satu mahasiswa terpintar.

Dikta merupakan tokoh idaman semua wanita karena penggambarannya yang sempurna. Ia kaya, rajin, pintar, baik, penyayang dan tentunya berparas tampan. Di sisi lain terdapat tokoh bernama Nadhira yang merupakan anak SMA kelas 12 dengan karakter berbanding terbalik dengan Dikta, pemalas dan mageran. Nadhira dikenal sebagai orang yang banyak mau, keras kepala dan suka mengeluh. Berbeda dengan image Dikta yang dikenal sebagai sosok yang serius dan disiplin.

Siapa sangka jika Dikta dijodohkan dengan gadis SMA bernama Nadhira itu dengan sifat dan watak mereka yang amat sangat berbanding terbalik bagai langit dan bumi. Demi menjaga perasaan kedua orang tuanya, mereka terpaksa harus terjebak dalam hubungan yang semakin rumit ini.

Seiring berjalannya waktu, Nadhira mulai menaruh rasa suka pada Dikta dan benar saja kali ini Nadhira benar-benar jatuh cinta pada sosok yang sejak dulu hanya dianggapnya sebagai kakak. Meskipun begitu kisah percintaan mereka yang rumit akan dibahas dan rahasia-rahasia Dikta yang selama ini dipendam akan mulai terungkap.

Sumber:

  • https://books.google.co.id/books/about/Fickle_Brittle.html?id=PEC8EAAAQBAJ&source=kp_book_description&redir_esc=y

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy