in

Review Novel Shine: Kerasnya Kehidupan Bintang Korea

Shine merupakan sebuah novel karya Jessica Jung yang menceritakan tentang kisah perjuangan kehidupan di balik kesempurnaan seorang idol K-Pop dan berbagai pengorbanan yang harus dipertaruhkan untuk dapat mewujudkan impian tersebut.

Shine menjadi novel yang sangat tepat untuk para penggemar K-Pop maupun yang ingin mengetahui seluk-beluk di balik gemerlapnya industri hiburan K-Pop yang tengah mendunia saat ini. Kamu akan mempelajari perjalanan menjadi seorang bintang Korea melalui tokoh Rachel Kim yang ditulis oleh Jessica Jung, mantan anggota dari sebuah girl group legendaris SNSD.

Bagi sebagian orang mungkin sudah pernah membaca novel ini, apakah kamu salah satu yang pernah membaca novel Shine? Jika belum, maka biar semakin yakin untuk membacanya, maka Grameds bisa simak review singkat ini, sampai selesai, ya.

 

Penulis Novel Shine

Berbekal pengalamannya yang pernah berkiprah dalam industri hiburan K-Pop selama beberapa tahun, Jessica Jung menuliskan sebuah novel fiksi berjudul Shine yang memiliki alur cerita sesuai dengan pengalamannya tersebut.

Jessica Jung (Jung Su-yeon) adalah seorang penyanyi, aktris, perancang busana, dan influencer internasional berkebangsaan Korea-Amerika. Ia lahir di San Fransisco pada 18 April 1989. Jessica tumbuh besar di Korea Selatan, tempat ia menjalani pelatihan sebagai penyanyi K-Pop di bawah naungan S.M Entertainment pada tahun 2000.

Jessica Jung terpilih menjadi salah satu anggota Girls Generation (SNSD) dengan posisi sebagai vokalis utama dan memulai debutnya pada tahun 2007. Adik perempuannya, Krystal Jung, menjadi salah satu anggota dari girl band f(x), yang juga berada di bawah naungan S.M. Entertainment. Keduanya adalah bintang Korea yang sangat dikenal pada saat itu.

Pada tahun 2011, Jessica Jung menjadi model dalam acara Seoul Fashion Week untuk pertama kali, ia memeragakan busana dari desainer Lee Juyoung. Kemudian Jessica menjadi model iklan untuk berbagai brand seperti Coming Step, Banila Co., dan Hyundai i30. Jessica juga terpilih menjadi model untuk make-up pop-up store pertama Chanel di Korea bersama Tiffany.

Jessica Jung menjadi salah satu dari sepuluh artis Korea yang fotonya tampil dalam pameran “2012 Love Collection” yang diselenggarakan oleh Cartier. Ia telah banyak menjalani pemotretan untuk berbagai majalah di seluruh dunia, tampil di film, juga di televisi.

Pada 30 September 2014, SM Entertainment secara resmi menyatakan bahwa Jessica sudah tidak aktif lagi di Girls Generation (SNSD), namun tetap di bawah naungan SM Entertainment. Di tahun yang sama, Jessica merilis koleksi busananya yang sukses, Blanc & Eclare.

Setahun kemudian, Jessica memutuskan keluar dari S.M. Entertainment dengan pengumuman resmi dari agensi tersebut. Shine adalah novel pertamanya yang dirilis pada tahun 2020.

 

Sinopsis Novel Shine

Melalui novel Shine, Jessica Jung sebagai mantan vokalis SNSD akan mengajakmu masuk ke dunia K-pop yang penuh warna dan intrik, di mana ada harga yang harus dibayar untuk meraih kesuksesan dan cinta. Novel ini akan membuatmu mengetahui apa yang harus dilalui seorang gadis, Rachel Kim, untuk mencapai impiannya sebagai bintang K-pop yang bersinar.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Shine bercerita kisah tentang seorang remaja Korea-Amerika berusia tujuh belas tahun bernama Rachel Kim. Ia sedang menjalani masa trainee selama enam tahun di DB Entertainment, salah satu perusahaan musik K-Pop terbesar yang telah mendebutkan banyak grup populer di Korea.

Trainee adalah istilah yang ditujukan bagi seseorang yang sedang menjalani pelatihan untuk menjadi seorang artis atau idola pada suatu label agensi atau perusahaan. Aturan saat menjadi trainee DB Entertainment cukup sederhana: latihan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, tampil sempurna, dilarang berkencan. Rachel Kim bersedia mempertaruhkan segalanya demi mencapai impiannya menjadi seorang penyanyi.

Dalam mencapai impiannya itu, Rachel menanggung tekanan yang diberikan keluarganya dan harus bertahan menghadapi kebencian dari trainee-trainee lain yang merasa bahwa Rachel memperoleh perlakuan istimewa dari petinggi-petinggi perusahaan. Status Rachel yang seorang blasteran Korea-Amerika juga kerap membuatnya mendapatkan diskriminasi serta bullying di antara trainee-trainee lainnya.

Hanya Jason, member baru yang sedang naik daun di DB Entertainment yang bisa memahami kesulitannya. Rachel dan Jason pun menjadi semakin dekat hingga keduanya memutuskan untuk berkencan. Meski menghabiskan waktu bersama Jason adalah hal yang menyenangkan, namun Rachel takut jika hubungannya diketahui oleh DB Entertainment dan mengancam kesempatannya untuk bisa debut menjadi seorang idola K-pop.

Ketika skandal-skandal mulai muncul dalam industri yang berusaha keras mempertahankan citra kesempurnaan tersebut, apakah Rachel cukup kuat untuk menjadi pemenang? Atau apakah ia akan berakhir dalam keadaan hancur?

Sekilas Novel Shine

Ebooks gramedia

 

Ebooks gramedia

Review Novel Shine

“Selayaknya akan banyak pengorbanan yang harus kita ikhlaskan untuk dapat mencapai impian kita.” 

Kalimat itu mungkin menjadi gambaran tentang isi novel Shine karya Jessica Jung yang bercerita tentang perjuangan seorang trainee untuk menjadi idola K-Pop.

Novel dengan tebal 300 halaman ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2020 dengan bahasa Indonesia. Rachel Kim, karakter utama dalam novel ini adalah gadis yang baik, cantik, hebat, dan memiliki mimpi besar yang ia perjuangkan dengan sekuat tenaga. Karakter Rachel yang sedikit canggung dan terkadang insecure, menjadi sisi manusiawi yang dihadirkan Jessica Jung ke dalam tokoh Rachel yang sudah tampak sempurna.

Novel ini mengungkapkan segelintir rahasia di balik gemerlapnya industri musik K-Pop seperti diskriminasi dan konflik persaingan yang terjadi di antara para trainee, latihan keras yang harus dijalani setiap hari, diet ketat yang dipantau setiap minggunya, larangan berpacaran, perbedaan perlakuan yang diterima, serta skandal yang sengaja dibuat untuk mendongkrak popularitas.

Meskipun telah mengorbankan begitu banyak hal–bahkan masa muda mereka–untuk bisa mengikuti pelatihan sebagai trainee, namun hal itu ternyata tidak menjamin bahwa mereka pasti akan debut menjadi seorang idola. Dalam kehidupan nyata juga tak jarang muncul berita mengenai trainee yang melakukan percobaan bunuh diri karena gagal debut menjadi penyanyi idola, setelah menjalani pelatihan keras selama bertahun-tahun.

Novel ini akan meninggalkan perasaan menyesakkan bagi para pembaca yang ikut larut ke dalam cerita yang menggambarkan betapa kerasnya kehidupan yang dijalani oleh para idola K-Pop. Melalui novel ini, Jessica Jung berhasil menghidupkan lokasi dan suasana real di Korea.

Meskipun ber-genre fiksi remaja muda, Jessica Jung mengakui bahwa tulisan pertamanya ini terinspirasi dari pengalaman pribadi ketika menjadi anggota grup SNSD. Bahkan, karakter adik dari tokoh utama di novel ini juga terinspirasi dari adiknya sendiri, yaitu Krystal Jung.

Yuk, untuk kamu pencinta K-pop, biar nggak penasaran lagi langsung dapatkan bukunya di gramedia.com ya. Atau kamu juga bisa klik gambar buku di bawah ini, Grameds.

 

Pros & Cons

Pros
  • Novel ini menambah pengetahuan pembaca tentang rahasia di balik gemerlapnya industri musik K-Pop.
  • Konflik yang dihadirkan beragam seputar mimpi, keluarga, pertemanan, romansa, dan persaudaraan.
  • Novel terpopuler yang membahas kehidupan dunia Idola K-Pop dan telah meraih predikat buku terlaris New York Times.
Cons
  • Novel ini bukan cangkir untuk semua orang dengan segala usia, disarankan untuk pembaca yang berusia di atas 17 tahun.
  • Konflik romansa agak klise karena mirip seperti drama korea.

 

Novel Shine ini menggunakan alur maju dengan sudut pandang orang pertama. Selain banyak mengulas tentang kerasnya kehidupan yang harus dijalani untuk menjadi seorang idola K-Pop, dihadirkan juga kisah romansa menggemaskan yang akan membuatmu ikut tersenyum oleh tingkah Rachel dan Jason.

Meski begitu, Jessica Jung berupaya untuk menghidupkan konflik cerita yang tidak melulu soal romansa, tetapi juga seputar mimpi, keluarga, pertemanan, dan persaudaraan. Hal ini terlihat dari salah satu konflik tentang rasa bersalah Rachel kepada adiknya, Leah.

Konfliknya lainnya yang cukup kompleks yakni konflik persaingan antara trainee satu dan yang lainnya, hubungan artis satu manajemen yang melanggar regulasi, konflik keluarga antara Rachel dan ibunya, serta konflik dengan diri Rachel sendiri yang penuh rasa bersalah.

Mungkin sebagian pembaca akan heran mengapa karakter Jason tidak terlalu diperdalam di novel ini. Namun dilihat dari endingnya yang agak menggantung, sekuelnya mungkin menjawab kekhawatiran ini. Ya, novel ini merupakan novel dwilogi yang memiliki kelanjutan cerita.

Novel Shine mungkin bukan merupakan cup of tea bagi semua orang, disarankan hanya dibaca untuk kamu yang berusia di atas 17 tahun. Selain itu, kisah romansa Rachel dan Jason yang agak klise seperti di drama Korea mungkin tidak bisa menjadi hiburan manis bagi semua orang.

Meski begitu, novel ini memberikan pesan positif kepada para pembaca untuk selalu berjuang dan pantang menyerah dalam menggapai mimpi yang ingin diwujudkan. Novel ini bahkan meraih predikat buku terlaris New York Times dan menjadi pilihan editor buku di Amazon.

Dapatkan novel Shine di toko gramedia terdekat atau di gramedia.com. Kamu juga bisa beli versi digitalnya melalui ebooks.gramedia.com. Yuk, cari tahu kehidupan di balik gemerlapnya industri musik Korea dan beli novelnya sekarang juga!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ananda Aprilia

Rekomendasi Buku Terkait

Bright

 

“Bright” adalah sekuel dari “Shine”, buku Jessica Jung sebelumnya. Novel ini bercerita tentang Rachel Kim yang merupakan salah satu dari sembilan penyanyi dalam girl grup k-pop bernama Girls Forever. Rachel jelas merupakan salah satu anggota Girls Forever yang lebih populer dan terkenal, dia selalu diberi banyak baris dalam lagu dan sering kali berperan dalam peran tipe “center” dan dipilih untuk kegiatan khusus, dan popularitasnya di puncak grup sangat besar.

Kemudian suatu hari yang cerah dia dipaksa keluar dari grup karena suatu alasan, ternyata karena teman satu grupnya berpikir bahwa dia lebih tertarik menjalankan label fesyennya “RACHEL K” daripada benar-benar berada di grup.

God And Goddess Of K-Pop

 

Buku ini ditulis dengan menggunakan kosakata yang ringan dan alurnya santai, sehingga para pembaca dapat menikmati buku ini dimana saja.

Pop Korea adalah subgenre musik pop yang berasal dari Korea Selatan. Pop Korea dan Drama Korea merupakan dua bagian yang tak terpisahkan dari Gelombang Korea, yang menyebar di berbagai negara di seluruh dunia.

Referensi:

  • Jung, Jessica. 2020. Shine. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy