in

Review Novel Semua Ikan di Langit Karya Ziggy Z

Semua Ikan di Langit – Pernahkah kamu membaca suatu kisah dari sudut pandang sebuah kendaraan? Novel ini akan memberikan kesan yang berbeda melalui tokoh utamanya yang merupakan sebuah bus Damri.

Novel Semua Ikan di Langit karya Ziggy Z merupakan sebuah novel fantasi yang memiliki banyak makna di dalam ceritanya. Kamu akan diajak berfantasi oleh Ziggy melalui kisah si bus Damri yang mengelilingi angkasa serta melewati dimensi ruang dan waktu.

Jangan heran jika novel ini memenangkan juara pertama dalam sayembara novel DKJ pada tahun 2016. Bahkan, dewan juri berpendapat bahwa tulisan yang terdapat di dalam novel ini di atas rata-rata.

Masih ragu untuk memiliki novel Semua Ikan di Langit? Kali ini kita akan membahas mengenai isi yang terdapat di dalam novel ini. Yuk, mari simak review singkatnya ya!

 

Sinopsis Novel Semua Ikan di Langit

Kisah bus Damri yang mengajak pembacanya berpetualang bersamanya. “Saya” yang merupakan bus Damri yang tidak pernah bosan berkeliling kota melalui trayek Dipatiukur – Leuwipanjang tiba-tiba pada suatu hari diajak oleh ikan Julung-Julung untuk menemani “Beliau”  berjalan-jalan. Beliau merupakan sosok anak laki-laki yang misterius.

Dimulai dari sekarang sampai akhir dari suatu dunia, perjalanan mereka menjadi angkasa luas yang melewati dimensi ruang dan waktu. Kisah perjalanan mereka yang dibalut fantasi benar-benar seperti dongeng.

Pekerjaan Saya memang dianggap membosankan, mengelilingi tempat yang sama dan itu-itu saja. Lalu diisi kaki-kaki yang berkeringat, diusik cicak-cicak yang kurang ajar, dan lainnya.

Namun, untuk kali ini Saya akan mengelilingi tempat dengan melewati dimensi ruang dan waktu bersama “Beliau”. Perjalanannya tersebut mempertemukannya juga dengan tokoh-tokoh unik lainnya yang bahkan ikut dengannya.

Bagi kamu pecinta fantasi tentu saja novel ini sangat cocok dibaca karena kisah Saya dan Beliau dapat membuat pembaca terhanyut di dalamnya. Lalu, bagaimana perjalanan Saya ketika bertemu dengan berbagai macam tokoh?

 

Review Novel Semua Ikan di Langit

Novel Semua Ikan di Langit merupakan karya Ziggy Z yang bergenre fantasi. Pembaca akan diajak berkeliling dengan “Saya” yang merupakan bus Damri yang melintasi dimensi ruang dan waktu. Perjalanan Saya ditemani oleh “Beliau” yang merupakan sosok anak laki-laki misterius yang berpakaian dengan mantel tuanya.

Perjalanan mereka mempertemukannya dengan tokoh-tokoh lain, seperti Nad si kecoa asal negeri Rusia yang sedang berusaha menyelamatkan diri dan keluarganya. Tidak hanya dengan Nad saja, mereka bertemu dengan tokoh-tokoh unik lainnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Penyampaian yang dilakukan oleh Ziggy benar-benar layaknya sebuah dongeng. Kamu akan dibuat berfantasi liar dengan perjalanan Saya dan Beliau. Banyak tempat yang dikunjungi oleh mereka, seperti ke angkasa, ke laut, ke Jerman ketika tahun 1944, dan masih banyak tempat lainnya.

Sosok “Beliau” akan membuat pembaca penasaran dengannya. Hal itu karena ia sangatlah misterius. Ia juga menciptakan sesuatu dengan caranya sendiri, seperti membuat galaksi dari permen dan selalu membawa peralatan jahitnya kemanapun.

Pembaca akan dibuat berimajinasi liar dan lepas karena gaya bahasa yang digunakan oleh Ziggy. Kisah cerita yang disajikan juga berkesan seperti dongeng. Tidak heran jika novel ini memenangkan sayembara DKJ karena jalan ceritanya yang luar biasa.

 

Profil Penulis

https://www.gramedia.com/best-seller/kisah-kisah-di-balik-nama-ziggy-zezsyazeoviennazabrizkie/

Novel Semua Ikan di Langit merupakan karya dari seorang penulis yang bernama Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Ia lahir pada 19 Oktober 1993 di Bandar Lampung. Namanya bukanlah nama pena, melainkan benar-benar nama asli dari penulis novel satu ini.

Ia sudah mempunyai hobi menulis sejak lama. Sebelum novel ini, ia sudah membuat beberapa cerita salah satunya dengan tema anak dan remaja, yaitu Fantasteen. Selain itu, ia juga pernah memenangkan sayembara novel DKJ pada tahun 2014. Karyanya yang berjudul Di Tanah Lada berhasil memenangkan juara kedua pada saat itu.

 

Kelebihan, Kekurangan, dan Rating

Pros & Cons

Pros
  • Jalan cerita yang penuh fantasi
  • Tokoh-tokoh unik dalam cerita
Cons
  • Makna cerita kurang mudah dipahami

 

Setiap novel pastinya terdapat banyak hal yang disukai dan kurang disukai oleh pembacanya. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas kelebihan, kekurangan, dan rating novel Semua Ikan di Langit  karya dari Ziggy Z.

Kelebihan yang ada di dalam novel ini adalah jalan cerita yang disajikan dalam cerita ini penuh dengan fantasi. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, setiap tempat yang dikunjungi oleh Saya dan Beliau dapat melintasi dimensi ruang dan waktu.

Setiap tempat memiliki latar yang berbeda dan penulis menggambarkan tempat tersebut dengan penuh fantasi sehingga pembaca dibuat berimajinasi dengan liar.

Lalu, setiap tokoh yang ditemui oleh Saya dan Beliau sangatlah unik. Contohnya, seperti si kecoa yang berasal dari Rusia. Layaknya orang biasa namun divisualisasikan ke bentuk penggambaran yang unik dan beda dari yang lain.

Kekurangan dalam novel ini adalah makna cerita yang kurang mudah untuk dipahami. Pembaca harus membaca dengan seksama dan khusyuk agar mengerti jalan cerita yang dimaksud oleh penulis. Namun, cerita fantasi ini sangat layak untuk dibaca bagi kamu pecinta fantasi.

Novel ini mendapatkan rating yang cukup tinggi di goodreads. Rating yang didapatkan Novel ini sebesar 4.13 dari 5 bintang. Ini menunjukan pembaca sangat menyukai jalan cerita yang ada di dalam novel ini.

 

Penutup

Itulah review singkat mengenai novel Semua Ikan di Langit karya Ziggy Z. Novel ini memiliki jalan cerita yang penuh fantasi dan menarik sehingga mendapatkan rating yang cukup tinggi dari pembacanya.

Kisah bus Damri dan anak laki-laki misterius yang akan membawa kamu ke sebuah fantasi yang seru. Ada juga beberapa cerita yang akan membuat kamu terbawa suasana karena pesan yang disampaikan oleh penulis. Tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita juga dibuat unik, sehingga kamu dapat berimajinasi dengan karakter yang ditampilkan.

Jika kamu menyukai cerita fantasi yang memiliki cerita unik, kamu tidak akan menyesal membaca buku ini. Yuk, simak kisah selanjutnya dengan membeli buku ini di toko Gramedia terdekat  atau bisa juga mengunjungi gramedia.com, ya.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Fiska Rahma Rianda

Rekomendasi Novel

1. Laut Bercerita

 

Novel ini merupakan karya dari Leila S. Chidori yang terbit pada tahun 2017. Novel ini adalah bentuk perwujudan suatu sejarah Indonesia yang dikemas secara fiksi. Dikisahkan para aktivis yang diculik oleh pasukan rahasia dan tak pernah kembali sehingga keluarga mereka pun sampai sekarang masih mencari jawaban atas kehilangan mereka.

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama menggunakan sudut pandang dari tokoh “Laut”. Laut merupakan seorang mahasiswa aktivis pada masa itu. Ia dan kawan-kawannya menyusun rencana untuk berpindah-pindah tempat hingga suatu hari mereka tertangkap oleh pasukan rahasia.

Sudut pandang kedua adalah dari Asmara yang merupakan adik Laut. Dari pandangan Asmara diperlihatkan bagaimana perasaan keluarga korban ketika kehilangan para aktivis tersebut yang bahkan tak pernah kembali.

 

2. Tujuh Kelana

 

Novel Tujuh Kelana yang terbit pada tahun 2018 merupakan karya Nellaneva. Dikisahkan Zarra dan Dion secara tidak sengaja menemukan sebuah permata merah yang merupakan fragmen kunci suatu gerbang. Lalu, mereka juga membuat fragmen kunci ini dapat muncul di cahaya terang ketika manusia lain dan kaum pelindung tidak dapat melakukan itu.

Diceritakan ada tujuh permata yang sama telah tersebar di seluruh dunia yang ternyata adalah kunci dari suatu gerbang ajaib di Pulau Keramat. Kunci ini tersebar di seluruh dunia dikarenakan agar tidak digunakan oleh orang yang salah. Hal itu dikarenakan di dalam gerbang terdapat kekuatan yang besar.

Hingga suatu hari kunci gerbang itu menyala sendiri dikarenakan ada seseorang yang menginginkan kekuatan besar tersebut. Hanya Zarra dan Dion yang dapat menemukan kunci-kunci tersebut. Bagaimanakah kelanjutan kisah mereka berdua?

 

3. Bumi

 

Novel Bumi merupakan novel fantasi karya Tere Liye yang terbit pada tahun 2014. Novel ini menceritakan kisah seorang anak bernama Raib yang berusia 15 tahun. Raib memiliki kemampuan istimewa yaitu dapat menghilang secara tiba-tiba.

Tidak ada yang mengetahui kemampuan istimewanya tersebut. Novel ini merupakan rangkain awal dari sekelompok anak yang memiliki kemampuan istimewa. Sekelompok anak tersebut adalah Raib, Ali, dan Seli. Pada suatu hari mereka menjelajahi dunia paralel bumi.

Mereka bertemu dengan klan lain lalu berhadapan dengan Tamus yang ingin menguasai bumi. Bagi kamu pecinta novel petualangan dengan genre fantasi. Yuk, simak kisah selanjutnya di dalam novel ini!

 

4. Aroma Karsa

 

Novel Aroma Karsa yang terbit pada tahun 2018 merupakan karya Dee Lestari. Novel ini menceritakan Raras Prayagung yang terobsesi dengan Puspa Karsa. Puspa karsa sendiri merupakan sebuah tanaman yang dipercaya hanyalah bagian dari dongeng, ternyata nyata adanya.

Raras pun berusaha untuk memburu tanaman tersebut. Alasan Raras memburu Puspa Karsa adalah ada yang mengatakan kalau tanaman ini dapat mengendalikan kehendak dan bisa diidentifikasi melalui aroma

Hingga suatu hari ia bertemu dengan Jati Wesi. Jati Wesi sendiri merupakan seseorang yang memiliki kemampuan penciuman yang tajam. Hal itulah yang membuatnya hebat dalam meracik parfum.

Raras pun mendekati Jati agar dapat membantunya menemukan Puspa Karsa. Jati pun semakin lama semakin dalam mengenal keluarga Prayagung. Akankah keajaiban Puspa Karsa benar adanya? Simak terus kelanjutannya dalam novel ini.

 

Tiga dalam Kayu

 

Di masa depan, perpustakaan tak ubahnya pekuburan prehistoris. Di sanalah kita bertemu dengan seorang gadis, dan sebelas buku yang menceritakan sejarah dengan cara masing-masing. Cerita dalam buku-buku itu sering terasa ganjil, kadang terasa begitu asing, kadang pula sebaliknya: terasa dekat, seperti kita tahu tentang apa sebetulnya cerita-cerita itu.

Setiap buku menyajikan cerita yang sepenuhnya berlainan dari buku lain, tetapi kita–sebagaimana gadis itu–tahu bahwa ada satu hal yang menghubungkan sebelas buku itu. Selanjutnya, kita diajak tenggelam dalam dunia di luar buku yang tak kalah ganjil, asing, dan dekat.

Ide-ide ganjil, brutal, serta penulisan yang apik menjadikan buku Tiga dalam Kayu buku yang membingungkan namun menarik bagi kebanyakan orang. Sesuai rating, buku ini baik dibaca untuk 18 tahun ke atas.

Sumber:

  • https://www.fimela.com/fashion/read/3767555/vemales-review-novel-semua-ikan-di-langit-karya-ziggy-z

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy