in

Review Novel Rumah Hujan Karya Dewi Ria Utari

Bagaimana, ya, jika misteri dan romansa dipadukan dalam sebuah karya sastra yang memikat? Tentu, buku tersebut akan menjadi bacaan yang menarik, ya, Grameds, terutama bagi mereka yang menyukai kisah romantis yang dibumbui misteri dan tragedi.

Nah, dalam novel Rumah Hujan karya Dewi Ria Utari, pembaca diajak untuk mengikuti perjalanan yang membingkai kisah yang penuh misteri dan keajaiban. Di antara halaman-halaman novel ini, terdapat kehidupan yang terjalin dengan masa lalu yang rumit dan hubungan yang tak terduga.

Penulis memadukan tragedi, misteri, romantisme, dan kejutan-kejutan tak terduga dengan gaya penuturan yang khas, menciptakan sebuah cerita yang menggugah emosi dan menghanyutkan. Dengan kemampuannya dalam merangkai kata dan membangun karakter-karakter yang kompleks, Dewi Ria Utari telah menciptakan karya yang menarik perhatian pembaca dan memberikan pengalaman membaca yang mendalam.

Melalui ulasan ini, kita akan menjelajahi lapisan-lapisan cerita, kelebihan, dan kekurangan novel Rumah Hujan, dan mengapresiasi kepiawaian penulis dalam menghadirkan sebuah karya sastra yang memikat.

Penasaran dengan alur dari novel Rumah Hujan karya Dewi Ria Utari? Biar Grameds nggak penasaran dan semakin yakin untuk membeli bukunya, maka bisa simak review singkat ini dulu, ya.

 

Mengenal Penulis Novel Rumah Hujan

Dewi Ria Utari, atau lebih dikenal dengan nama Fransisca Dewi Ria Utari, adalah seorang penulis dan jurnalis yang lahir pada tanggal 15 Agustus 1977 di Jepara, Jawa Tengah. Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi di jurusan Komunikasi Massa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret, Surakarta pada tahun 2000, Dewi Ria Utari memulai perjalanan profesionalnya di dunia jurnalistik.

Ia memiliki pengalaman yang luas dalam bekerja di beberapa media terkemuka di Indonesia. Selama bertahun-tahun, ia telah berkontribusi dalam pembuatan berita, feature, dan artikel-artikel yang beragam, membantu membentuk opini publik, dan menyampaikan informasi dengan tepat dan berimbang. Beberapa media di mana ia pernah bekerja antara lain Detik Com, koran Tempo, harian Jurnal Nasional.

Selain kiprahnya dalam jurnalistik, Dewi Ria Utari juga memiliki bakat dalam menulis karya fiksi. Sejak awal kariernya, ia telah menulis cerpen-cerpen yang diterbitkan di berbagai media massa. Ketajamannya dalam merangkai kata-kata dan menggambarkan emosi dan suasana dalam cerita telah memikat perhatian banyak pembaca. Salah satu karya terkenalnya, Rumah Hujan, adalah sebuah novel yang menggabungkan unsur-unsur misteri, romansa, dan kejutan-kejutan tak terduga.

Novel Rumah Hujan merupakan pengembangan dari cerpen dengan judul yang sama yang pernah ditulisnya pada tahun 2005. Keberhasilan novel ini dalam menciptakan alur cerita yang menarik dan memukau membuktikan kepiawaian Dewi Ria Utari dalam merangkai cerita yang penuh daya tarik.

Gaya penulisan Dewi Ria Utari ditandai dengan kejelian dalam mengamati dan mendalami karakter-karakternya. Ia mampu menghadirkan karakter-karakter yang kompleks, dengan latar belakang dan motivasi yang rumit. Pemaparan detail yang teliti dan keahliannya dalam menggambarkan emosi dan konflik batin karakter-karakternya membuat pembaca benar-benar terhubung emosional dengan cerita yang disampaikan. Selain itu, gaya penulisan Dewi Ria Utari juga kental dengan nuansa magis dan keajaiban yang menggetarkan, menciptakan pengalaman membaca yang menarik dan menghanyutkan.

Karya-karya Dewi Ria Utari telah mendapatkan pengakuan dan pujian dari para pembaca. Ia dianggap sebagai salah satu penulis yang mampu menyampaikan pesan-pesan yang mendalam melalui tulisannya. Kehadirannya di dunia sastra Indonesia telah memberikan warna yang berbeda dan menginspirasi para pembaca untuk menjelajahi berbagai tema dan emosi dalam karya sastra.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Dengan bakatnya dalam menulis dan wawasannya yang mendalam tentang kehidupan dan masyarakat, Dewi Ria Utari terus berkontribusi dalam menghasilkan karya-karya yang memikat dan membangkitkan pemikiran pembaca. Kehadirannya sebagai seorang penulis dan jurnalis tetap berpengaruh dalam membentuk pemahaman dan narasi tentang isu-isu sosial dan kemanusiaan yang relevan.

 

Review Novel Rumah Hujan

Sumber: gramedia.com

Rumah Hujan karya Dewi Ria Utari adalah sebuah novel yang menarik dan penuh dengan misteri. Melalui cerita ini, penulis mengajak pembaca untuk menjelajahi berbagai dimensi, baik masa lalu maupun masa kini, serta merasakan pengalaman yang tak kasatmata.

Pada awalnya, Rumah Hujan membawa kita masuk ke dalam kehidupan Dayu, seorang wanita yang terjebak dalam kenangan masa lalunya. Rumah tersebut bukan hanya menjadi tempat untuk membuka kembali kenangan Dayu tentang Cakra, tetapi juga mengungkap kisah-kisah yang terhubung dengan Narpati, sosok misterius yang muncul dalam hidup Dayu.

Salah satu aspek menarik dari novel ini adalah kemampuan Dayu untuk merasakan kehadiran sosok dan energi yang tak kasatmata. Meskipun awalnya Dayu tidak menginginkan kemampuan ini, hal tersebut berkaitan dengan hubungannya dengan ibunya. Melalui pertemuan dengan Cakra, yang mencintai ibunya, Dayu menemukan petunjuk-petunjuk tentang masa lalu dan alasan mengapa keberadaannya tidak pernah diinginkan oleh sang ibu.

Perkenalan Dayu dengan Cakra tidak hanya membawanya pada jawaban tentang masa lalunya, tetapi juga mengantarkannya pada cinta yang membawa kegetiran, kehampaan, dan kegelapan. Narpati, sosok yang misterius dan menarik, memperkenalkan Dayu pada tawaran yang sulit baginya untuk dielakkan. Di tengah perjalanan ini, Dayu harus berhadapan dengan dilema dan memutuskan arah hidupnya.

Gaya penuturan Dewi Ria Utari dalam novel ini tetap khas seperti karya-karyanya sebelumnya. Ia berhasil memadukan tragedi, misteri, romantisme, dan kejutan-kejutan tak terduga. Hal ini menjadikan Rumah Hujan sebagai karya yang menarik dan membuat pembaca terus terjebak dalam alur ceritanya.

Sebagai pengembangan dari cerpen dengan judul yang sama yang ditulisnya pada tahun 2005, novel Rumah Hujan berhasil membawa pengalaman yang lebih mendalam dan kompleks kepada para pembaca. Dalam novel ini, Dewi Ria Utari mampu menyuguhkan cerita yang menyentuh hati dengan penggambaran karakter yang kuat dan jalinan hubungan yang rumit.

Secara keseluruhan, Rumah Hujan adalah sebuah novel yang layak dibaca bagi para pecinta fiksi dengan sentuhan misteri dan romantisme. Melalui penulisan yang cerdas dan gaya penceritaan yang khas, Dewi Ria Utari berhasil menghadirkan cerita yang menarik dan penuh dengan kejutan. Rumah Hujan tidak hanya mengungkap misteri masa lalu dan hubungan antara karakter-karakternya, tetapi juga mengeksplorasi tema-tema kehidupan yang mendalam.

 

Kelebihan dan Kekurangan Novel Rumah Hujan

Pros & Cons

Pros
  • Alur cerita yang penuh kejutan dan misteri, membuat pembaca penasaran dan tertarik untuk terus membaca.
  • Karakter yang kuat dan kompleks.
  • Sentuhan magis yang membuat cerita jadi semakin menarik. 
Cons
  • Pembaca bisa saja kesulitan mengikuti alur cerita yang kompleks.
  • Pacing yang mungkin terasa lambat bagi sebagian orang.
  • Di beberapa bagian, penulis cenderung memberikan penjelasan yang berlebihan tentang pikiran dan perasaan karakter.
  • Terdapat typo di beberapa bagian.

 

Kelebihan Novel Rumah Hujan

Salah satu kelebihan utama dari novel Rumah Hujan adalah kemampuannya untuk menjaga pembaca dalam ketegangan dan kebingungan yang konstan. Melalui alur cerita yang penuh dengan kejutan dan misteri, penulis berhasil membangun ketertarikan dan rasa ingin tahu yang kuat dalam diri pembaca. Setiap bab membawa pengungkapan baru dan memperdalam pemahaman kita tentang karakter-karakter dan hubungan mereka.

Novel ini juga menonjolkan penggambaran karakter yang kuat dan kompleks. Penulis berhasil menggambarkan dimensi emosional dan konflik batin yang dalam pada setiap karakter utama. Baik Dayu, Cakra, maupun Narpati memiliki latar belakang dan motivasi yang rumit, membuat mereka terasa hidup dan terhubung emosional dengan pembaca. Ini tentu memberikan kedalaman yang lebih pada cerita dan membuat kita benar-benar terlibat dalam perjalanan mereka, ya, Grameds. 

Rumah Hujan menggabungkan unsur magis ke dalam alur cerita dengan cara yang halus. Kemampuan Dayu untuk merasakan kehadiran sosok dan energi yang tak kasatmata menambahkan elemen gaib yang menarik. Hal ini menciptakan suasana yang ajaib dan memperkaya pengalaman pembaca dengan nuansa magis yang menawan.

Kekurangan Novel Rumah Hujan

Meskipun kompleksitas cerita dapat menjadi kelebihan, dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa menjadi kelemahan. Beberapa pembaca mungkin mengalami kesulitan dalam mengikuti alur cerita yang kompleks dan memahami hubungan antara karakter-karakter yang rumit. Bagi mereka yang lebih menyukai cerita yang lebih linier, Rumah Hujan mungkin terasa sedikit membingungkan.

Selain itu, novel Rumah Hujan memiliki pacing yang cenderung lambat, dengan fokus yang kuat pada pengembangan karakter dan suasana. Meskipun ini memungkinkan pembaca untuk benar-benar terhubung dengan karakter-karakter, bagi beberapa pembaca, hal ini dapat terasa agak menjemukan dan mengganggu alur cerita. Pacing yang lambat juga dapat membuat cerita terasa terlalu panjang dan mengulur waktu pembaca dalam menemukan jawaban atas misteri yang diungkapkan.

Di beberapa bagian, penulis cenderung memberikan penjelasan yang berlebihan tentang pikiran dan perasaan karakter. Hal ini dapat membuat cerita terasa terlalu eksplisit dan membatasi interpretasi dan imajinasi pembaca. Beberapa pembaca mungkin lebih menyukai gaya penulisan yang memberikan ruang bagi pembaca untuk merenung dan menafsirkan sendiri cerita. Selain itu, terdapat pula typo di beberapa bagian.

Meskipun memiliki kekurangan-kekurangan tersebut, novel Rumah Hujan tetap menawarkan pengalaman membaca yang menarik dan penuh dengan elemen misteri yang memikat. Kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, seperti kejutan yang tak terduga, karakter yang kompleks, dan sentuhan magis, memberikan daya tarik yang khas dan membedakan novel ini dari karya-karya lainnya.

 

Penutup

Bisa disimpulkan, secara keseluruhan, Rumah Hujan adalah sebuah novel yang menarik dan menggugah, serta bisa memikat Grameds dengan perpaduan antara misteri, romansa, dan keajaiban. Dewi Ria Utari berhasil menciptakan sebuah cerita yang menarik dan menghadirkan pertanyaan-pertanyaan yang mendalam. Bagi para penggemar sastra dan pencinta kisah-kisah yang penuh misteri, tentu Rumah Hujan adalah sebuah novel yang layak untuk dibaca dan dijelajahi.

Jadi, tunggu apalagi, Grameds? Yuk, miliki novel Rumah Hujan untuk menambah koleksi bukumu. Dapatkan novel Rumah Hujan karya Dewi Ria Utari hanya di gramedia.com!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Nama penulis: Resna Anggria Putri

 

Rujukan:

  • https://www.gramedia.com/products/conf-rumah-hujan-single-edition?queryID=2bae2f80db8827188c5d65f26d6c2e77
  • https://www.gramedia.com
  • https://idwriters.com/writers/dewi-ria-utari/
  • https://www.goodreads.com/author/show/3015698.Dewi_Ria_Utari

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy