in

Review Novel Series American Royals 1

American Royal – Kisah mengenai keluarga kerajaan biasanya penuh dengan drama. Namun, itu menjadi hal yang paling disukai oleh pembaca. Pergosipan kaum bangsawan dengan segala konflik yang tidak sesuai dengan permasalahan umum di kalangan orang biasa. Ada juga jamuan mewah dan pesta dansa yang menghadirkan latar romantis untuk memulai cerita cinta.

Pembaca biasanya memiliki ketertarikan untuk mengetahui kisah keluarga kerajaan, mulai dari kehidupan istana dan berbagai spekulasi di balik kemewahan para anggota kerajaan, serta romansa kaum bangsawan. Walaupun menghadirkan kisah yang klasik, cerita mengenai keluarga kerajaan masih banyak diminati oleh pembaca hingga sekarang.

Ada banyak judul novel bertema keluarga kerajaan yang seru untuk dibaca. Beberapa bahkan terbit dalam bentuk novel series. Artinya, jalan ceritanya diciptakan berurutan dan memiliki bagian-bagian yang berbeda. Novel series biasanya tidak selesai dalam satu judul, melainkan terus berlanjut hingga kisah berikutnya dan mengalami perkembangan pada bagian konflik atau tokoh-tokoh yang terlibat.

American Royals karya Katharine McGee adalah salah satu novel series bertema keluarga kerajaan yang sudah terbit hingga series empatnya. Sedangkan, series pertamanya terbit pertama kali pada tanggal 1 September 2019 berjudul American Royals. Novel tersebut juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul yang sama, dan terbit pada tanggal 16 Februari 2023 oleh Bhuana Ilmu Populer.

American Royals menjadi series terlaris di New York Times. Katharine McGee sukses menggambarkan kehidupan kerajaan yang dikemas dengan sentuhan modern, tapi tidak memudarkan sisi tradisional dari monarki.

Grameds mungkin belum ada kesempatan untuk melihat atau merasakan secara langsung kehidupan keluarga kerajaan, namun Grameds dapat membayangkannya melalui kisah-kisah yang ditampilkan dalam buku bacaan.

 

Mengenal Katharine McGee, Penulis Novel American Royals 1

Katharine McGee berasal dari Houston, Texas, Amerika Serikat. Katharine merupakan lulusan sastra Inggris dan Prancis di Universitas Princeton. Dia juga mendapatkan gelar MBA dari Stanford. Sejak berkuliah, Katharine telah berspekulasi mengenai royalti Amerika dan menulis tesis berjudul “Castle Jealousy”. Katherine berpendapat bahwa Amerika telah kehilangan sesuatu yaitu tidak memiliki keluarga kerajaan sendiri.

Selamat bertahun-tahun tinggal di New York, Katharine bekerja sebagai editor di siang hari dan menulis di malam hari. Novel pertamanya terbit pertama kali tanggal 22 Agustus 2016 berjudul The Thousandth Floor.

Series American Royals dan The Thousandth Floor berhasil melambungkan namanya hingga menjadi penulis buku terlaris di New York Times. Katherine McGee aktif membagikan kabar mengenai hasil karya-karyanya melalui instagram peribadinya, yaitu @katharinemcgee. Kini Katharine tinggal bersama suami dan putranya di kampung halamannya di Houston, Texas, Amerika Serikat.

 

Sinopsis Novel American Royals 1

Judul Buku : American Royals

Penulis Buku : Katharine McGee

The Architecture of Love | Di balik Pena

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Halaman : 528

Bagaimana jika Amerika memiliki keluarga kerajaan? American Royals menghadirkan universe lain dari pemerintahan Amerika. Negara Amerika berhasil memenangkan perang revolusi dan menjadikan Jenderal George Washington sebagai raja, sehingga pemerintahan Amerika berubah menjadi monarki.

Selama dua setengah abad, House of Washington masih bertahta. Setelah perubahan undang-undang, maka pemerintahan kerajaan akan diwariskan pada anak pertama. Beatrice sebagai anak perempuan pertama harus siap menerima tanggung jawabnya sebagai seorang calon ratu. Beatrice juga menjadi ratu pertama di Amerika, karena sebelumnya kepemimpinan hanya diduduki oleh laki-laki. Beatrice sudah mempelajari banyak hal untuk menjadi seorang ratu, seperti berperilaku baik dan teladan, serta masih banyak lagi.

Hari penobatan semakin dekat, Beatrice ragu terhadap dirinya sendiri untuk memimpin negara. Dia merasa tertekan atas pilihan yang diinginkan atau tidak diinginkannya, ditambah lagi dengan ultimatum yang dikeluarkan oleh orang tuanya agar segera mencari suami.

Di tengah rasa kalutnya, pengawal pribadi Beatrice yang bernama Connor hadir sebagai pendengar dan penasehat yang baik untuknya. Diam-diam Beatrice jatuh cinta pada Connor, begitupun sebaliknya. Namun, hubungan keduanya menimbulkan drama lain karena perbedaan kelas sosial.

Beatrice memiliki dua adik kembar bernama Samantha dan Jefferson. Samantha menjadi adik perempuan nomor dua yang tidak memiliki tekanan untuk menjadi sempurna dan lebih menikmati hak istimewanya sebagai seorang bangsawan.

Sementara itu, Jefferson adik nomor tiga Beatrice memiliki kisah cinta yang sama rumitnya dengan Beatrice. Jefferson memiliki kekasih bernama Daphne, dia sangat mencintai Daphne. Namun, Daphne memiliki niat jahat kepada Jefferson, bahkan Daphne tidak benar-benar mencintainya, dia hanya menginginkan popularitas dan gelar kebangsawanan.

Jika Jefferson adalah anak pertama, mungkin tahta kerajaan akan menjadi miliknya dan dia akan diangkat menjadi raja. Namun karena Jefferson adalah anak ketiga, maka dia hanya diberi gelar pangeran saja.

Hubungan Jefferson dan Daphne dipenuhi kebohongan dan berakhir putus. Daphne berselingkuh dengan sahabatnya Jefferson yang bernama Ethan. Jefferson juga tidak sengaja mencium seorang gadis biasa bernama Anna. Akhirnya, Jefferson memilih Anna sebagai kekasih barunya. Daphne tidak terima posisinya digantikan oleh seorang gadis biasa yang bukan dari keluarga bangsawan. Daphne mengirim berbagai teror pada Anna, bahkan dia juga sempat mengancam Anna secara langsung.

Anna mencoba menjelaskan segalanya pada Jefferson, dia juga tidak sanggup terus berhubungan dengan laki-laki yang memiliki derajat jauh diatasnya. Jefferson berasal dari anggota keluarga kerajaan, sedangkan Anna hanya gadis biasa. Lalu, bagaimana kisah cinta antara Jefferson dengan Anna?

 

Review Novel American Royals 1

Dua putri bersaing memperebutkan mahkota tertinggi.

Dua gadis bersaing memperebutkan hati sang pangeran.

Ini adalah kisah para bangsawan Amerika.

American Royals karya Katharine McGee memiliki ide cerita yang menarik dengan membangun imajinasi mengenai sebuah kerajaan di tanah Amerika. Bagi pembaca yang mengikuti film The Princess Diaries atau The Prince and Me akan merasakan atmosfer yang sama dalam novel ini.

American Royals memiliki empat sudut pandang penceritaan. Pada halaman awal cerita berfokus pada kehidupan Beatrice, mulai dari persiapannya untuk menjadi seorang ratu hingga drama percintaan yang dialaminya bersama dengan pengawalnya sendiri yaitu Connor.

Cerita berlanjut pada adik perempuan Beatrice bernama Samantha. Kehidupannya berbeda dengan sang kakak, karena Samantha tidak memiliki tekanan untuk menjadi seorang ratu. Samantha menjadi bangsawan yang cukup bebas. Namun, karena hal itu pula membuat orang tuanya kurang memperhatikan Samantha. Ayah dan Ibu lebih banyak memperhatikan Beatrice dibandingkan dirinya.

Kisah ketiga tidak datang dari anggota keluarga kerajaan, melainkan sahabat Samantha bernama Anna, gadis biasa yang memiliki hubungan spesial dengan saudara kembar Samantha yaitu Pangeran Jefferson. Selama berhubungan dengan Jefferson, Anna merasa ada banyak hal yang tidak sejalan dengan kehidupan sehari-harinya, mulai dari sorotan lebih dari warga Amerika maupun kaum bangsawan, dianggap tidak sebanding dengan Jefferson, dan teror-teror yang diterimanya dari mantan kekasih Jefferson.

Kisah keempat berasal dari Daphne, mantan kekasih Jefferson. Di awal cerita pembaca akan merasa kesal dengan karakter Daphne yang licik dan manipulatif. Namun, karakter Daphne ini memiliki perkembangan karakter yang menarik.

Novel dengan total 528 halaman ini memang terbilang tebal, tapi memiliki jalan cerita yang ringan. Setiap karakternya digambarkan jelas dan tidak bertele-tele. Konflik dalam novel ini cukup banyak, sehingga menimbulkan drama panjang dari masing-masing kehidupan tokohnya.

American Royals termasuk kategori novel dewasa, tapi sebenarnya buku ini masih cocok dibaca oleh kalangan remaja. Tokoh-tokoh yang ditampilkan termasuk usia 17 dan 18 tahun. Bahasa yang digunakan juga tidak terlalu vulgar. Walaupun ada beberapa adegan ciuman atau hubungan seksual, namun adegan tersebut tidak diceritakan secara detail.

 

Kelebihan dan Kekurangan American Royals 1

Pros & Cons

Pros
  • Memiliki cerita yang unik tentang sistem kerajaan di Amerika.
  • Penggambaran karakter pada setiap tokoh jelas.
  • Menampilkan kisah romansa yang manis dan ringan.
Cons
  • Terlalu banyak drama yang ditampilkan dalam novel.
  • Tidak banyak informasi mengenai sistem kerajaannya.

 

Hal utama yang menjadi sorotan dalam novel American Royals yaitu kisah cinta yang manis dan ringan. Rasanya seperti kembali ke masa kecil dengan dongeng-dongeng putri dan raja ala disney.

Karakter yang digambarkan dalam novel jelas berdasarkan sudut pandang penceritaannya masing-masing, mereka memiliki momen dan latarnya tersendiri. Karakter paling menarik yaitu Beatrice, calon ratu pertama di Amerika. Dia adalah anak perempuan pertama yang harus mengunci rapat kesenangan pribadinya, karena ingin membahagiakan keluarga kerajaan dan seluruh warganya. Jauh di lubuk hatinya, Beatrice ingin hidup bebas seperti adik perempuannya yaitu Samantha.

American Royals memiliki kekurangan yang agaknya membuat beberapa pembaca kurang nyaman. Drama yang ditampilkan dalam novel terlalu banyak, semua konflik yang terjadi karena kesalahpahaman antara satu tokoh dengan tokoh lainnya, bahkan melebar hingga menimbulkan drama baru lainnya. Hampir seperti menonton reality show ala keluarga kerajaan.

Novel ini juga tidak menceritakan banyak mengenai sistem politik atau kerajaannya. Cerita hanya berfokus pada kisah cinta empat tokoh utamanya yaitu Beatrice, Samantha, Nina, dan Daphne. Berdasarkan komentar pembaca di situs Alibrate.com, mereka ingin mengetahui lebih banyak mengenai sistem kerajaan dari keluarga Washington. Pembaca juga berharap series duanya dapat menampilkan informasi mengenai sistem kerajaannya.

Di balik kekurangan yang ada, American Royals tetap memiliki ide cerita yang unik. Dunia yang diperintahkan oleh raja-raja Amerika dibangun dengan baik, menghibur, dan membuat pembaca penasaran untuk melanjutkannya ke tiga series berikutnya.

 

Penutup

American Royals karya Katharine McGee menjadi buku bacaan yang sempurna untuk menghabiskan waktu atau sekedar bersantai. Buku ini cocok untuk pembaca yang ingin menikmati sebuah cerita tanpa banyak kerumitan. Walaupun memiliki jalan cerita yang klise, tapi tetap saja sebuah kerajaan di Amerika menarik untuk dibayangkan.

Grameds, itulah ulasan mengenai novel series karya Katharine McGee yang berjudul American Royals. Kisah mengenai Beatrice dan dua saudaranya akan terus berlanjut hingga series empat yang berjudul Reign: American Royals IV. Jika Grameds penasaran dengan perjalanan awal dari keluarga kerajaan Washington, Grameds dapat membaca dan membeli novel American Royals 1 di Gramedia.com.

 

Penulis: Dwi Puji Lestari

 

Sumber artikel

  • Buku American Royals 1 Karya Katharine McGee
  • https://www.gramedia.com/products/american-royals-1
  • Amazon: American Royals
  • https://www.amazon.com/American-Royals-Katharine-McGee/dp/1984830171
  • Komentar pembaca Alibrate.com
  • https://www.alibrate.com/libro/american-royals-american-royals-1-/5e530d40793a7f5b6842a153?reviewsPage=5
  • Komentar pembaca goodreads
  • https://www.goodreads.com/book/show/43744300-american-royals

 

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy